25 Daftar Lagu Religi Islam Terbaik pada Tahun 2023

30 Daftar Lagu Religi Islam Terbaik pada Tahun 2023

Lagu menjadi salah satu media pengantar pesan-pesan dakwah yang efektif, serta untuk mengajarkan berbagai nilai-nilai kebaikan sesuai dengan ajaran Islam.

Tak hanya menjadi sarana dakwah, tentunya lagu religi Islam ini mampu menghibur setiap pendengarnya.

Daftar Lagu Religi Islam Terbaik

Lagu-lagu religi berikut ini tak hanya enak didengarkan saat bulan Ramadan, tapi juga di berbagai kesempatan.

Berikut ini adalah beberapa lagu religi Islam terbaik yang Bob rangkum untuk bahan playlist barumu:

1. Dengan NafasMu – Ungu, Selfi Yamma, Rara LIDA

Daftar lagu religi Islam terbaik yang pertama adalah lagu berjudul Dengan NafasMu yang dibawakan oleh Ungu, Selfi Yamma, dan Rara LIDA.

Lagu ini mengisahkan seseorang yang berniat tobat. Ia berjanji akan berubah menjadi muslim yang baik demi napas yang telah diberikan Allah SWT kepadanya.

2. Engkau Tak Sendiri – Opick feat. Reza Artamevia

Lagu duet antara Opick dan Reza Artamevia mengisahkan keberadaan Allah yang selalu ada di sisi umat-Nya.

Menurut lagu ini, seberapa berat jalan yang kita tempuh, Dia akan selalu menyertai dan memberikan petunjuk terbaik untuk menjalani hidup.

3. Para Pencari-Mu New Version – Ungu

Lagu yang satu ini pasti sangat familiar di telinga. Sebab, lagu ini menjadi salah satu soundtrack Para Pencari Tuhan, sinetron Ramadan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Ana Ana – Sabyan

Lagu religi Islam satu ini berisi selawat yang mengekspresikan kecintaan, keagungan, dan kebesaran Rasulullah SAW yang sangat mendalam.

5. Bimaulidil Hadi – Sabyan

Lagu ini terbilang baru karena baru rilis awal Maret 2022. Namun, lagu ini berhasil menjadi salah satu daftar lagu religi Islam terbaik, yang menceritakan keagungan lahirnya Nabi yang membawa cahaya di dunia.

6. Ramadan Gana – Maher Zain

Sesuai judulnya, lagu yang dibawakan oleh Maher Zain ini menceritakan umat muslim yang bahagia ketika menyambut datangnya Ramadan.

7. Bismillah Cinta – Ungu

Lagu ini mengisahkan kebahagiaan umat muslim dalam menyambut bulan Ramadan. Dengan penuh suka cita, mereka giat beribadah, berdoa, dan memohon ampun kepada Allah SWT.

8. Semesta Bersalawat – Cici Paramida & Siti KDI

Cici Paramida dan Siti KDI merupakan dua bersaudara pedangdut yang dikenal merilis lagu religi populer berjudul Semesta Bersalawat.

Lagu ini mengumandangkan salawat-salawat yang mengagungkan nama Rasulullah, sekaligus mengisahkan curahan kasih sayang umat muslim terhadap Nabi Muhammad SAW.

9. Syakir Daulay – Khadijah Istri Nabi

Pemain sinetron dan penyanyi Syakir Daulay juga ikut meramaikan Ramadan dengan meluncurkan lagu berjudul Khadijah Istri Nabi.

Lagu ini menceritakan keistimewaan sifat-sifat istri pertama Rasulullah, Khadijah, yang dikenal cerdas. Sifat-sifat mulai Khadijah ini sepatutnya bisa dijadikan pedoman tentang menjadi seorang muslimah yang taat beribadah.

10. Li Khamsatun: Antara Azab dan Ujian – Anisa Sabyan

Syair lagu religi Islam yang rilis menjelang Ramadan tahun 2020 ini bercerita tentang pandemi coronavirus yang melanda dunia.

11. Bulan Dirindu – Syauqi Ma-ruf Amin ft. Charly Van Houten

Bulan Dirindu - Syauqi Ma-ruf Amin ft. Charly Van Houten

Sumber: Musik – KapanLagi.com

Siapa sangka bahwa Syauqi, putra Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin, memiliki suara yang merdu. Bersama vokalis ST 12, Charly Van Houten, mereka membawakan lagu religi berjudul Bulan Dirindu. 

Lagu ini menceritakan para muslim yanng merindukan dan menantikan kehadiran bulan Ramadan yang penuh berkah.

12. Aisyah Istri Rasulullah – Siti Nurhaliza

Lagu yang didendangkan penyanyi solo perempuan asal Malaysia ini menceritakan berbagai keistimewaan sifat-sifat Siti Aisyah.

Karena sifatnya yang penyayang dan perhatian, ini bisa dijadikan panutan oleh semua muslim perempuan di dunia.

Baca Juga: Mulai Perjalanan Wisata Religimu dengan Mengunjungi Masjid-Masjid Terindah di Indonesia Berikut Ini

13. Ampuni Dosaku – Inka Christie

Lagu yang dibawakan Inka Christie ini merupakan salah satu lagu religi Islam yang enak didengarkan sambil menunggu berbuka puasa.

Lagu ini menceritakan kegelisahan seorang muslim yang menyadari berbagai kesalahan yang dilakukannya, sehingga terdorong memohon ampun dan kasih sayang pada Allah.

14. Tombo Ati – Opick

Ingin mendengarkan lagu religi Islam yang menenangkan hati? Lagu berjudul Tombo Ati atau Obat Hati yang dibawakan oleh Opick pasti bikin hati kamu terasa teduh.

Lagu ini menceritakan cara menjadi seorang muslim yang baik, yaitu dengan melakukan lima hal dasar.

Kelima hal yang dapat menguatkan iman ini adalah membaca Al-Qur’an, melaksanakan salat malam, berkumpul dengan orang saleh, serta memperbanyak puasa dan zikir malam.

15. Mohon Ampun – Gigi

Mohon Ampun - Gigi

Sumber: Indozone

Lagu religi populer yang kerap diputar di bulan Ramadan dan Idulfitri ini bercerita tentang hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

16. Salam Alaikum – Harris J

Anak muda pasti tahu tentang lagu religi Islam terbaik dari Harris J, seorang penyanyi muda asal Inggris ini.

Lagu ini bercerita tentang sesama muslim yang harus saling memperlakukan sesama dengan baik dan penuh kasih sayang.

17. Insha Allah – Maher Zein

Siapa yang tak kenal dengan Maher Zain? Laki-laki berdarah Timur Tengah ini dikenal memiliki banyak sekali daftar lagu religi Islam terbaik.

Salah satu lagu populernya berjudul Insha Allah, yang dirilis pada tahun 2010 silam dan dibuat menjadi beberapa versi bahasa, termasuk versi Melayu.

18. KuasaMu – Bunga Citra Lestari

Penyanyi kondang Bunga Citra Lestari juga dikenal memiliki salah satu lagu religi yang bikin kamu tak kuasa ikut berdendang.

Lagu KuasaMu menceritakan bagaimana Allah dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik dengan kasih sayang-Nya.

19. Andai Ku Tahu – Ungu

Band Ungu memang dikenal getol memproduksi berbagai daftar lagu religi Islam terbaik, seperti lagu Andai Ku Tahu yang dirilis pada tahun 2006.

Lagu ini menceritakan seseorang yang tak tahu kapan datangnya ajal. Ia pun memiliki ketakutan dan kekhawatiran jika amalnya tak cukup sebagai bekal menghadapi kematian.

20. Kumohon – Afgan

Selain membawakan berbagai lagu pop, Afgan ternyata juga punya banyak koleksi daftar lagu religi Islam terbaik.

Lagu berjudul Kumohon ini sendiri pernah dinyanyikan oleh diva Malaysia, Sheila Majid, pada tahun 1999.

21. Ramadan Datang – Tompi

Ramadan Datang - Tompi

Sumber: Sonora.id

Kalau lagu-lagu religi umumnya bernada syahdu, lain dengan yang ini.

Ramadan Datang yang dibawakan oleh Tompi memiliki lirik sederhana, tapi lagu ini kental akan nuansa musik yang riang dan gembira!

22. Salam Ramadan – Haddad Alwi ft. Gita Gutawa

Haddad Alwi merupakan salah satu penyanyi lagu religi Islam terkemuka di Indonesia. 

Bersama Gita Gutawa, penyanyi ini membawakan lagu tentang kebahagiaan umat muslim dalam menyambut bulan Ramadan yang penuh dengan berkah.

23. Ramadan yang Indah – Seventeen

Walau terkenal dengan lagu-lagu pop rock, Seventeen juga pernah mengeluarkan lagu religi bertemakan Ramadan.

Lagu ini mengungkapkan niat menyucikan hati dan menjalani masa pertobatan di bulan suci Ramadan.

24. Bimbo – Sajadah Panjang

Berikutnya adalah lagu Sajadah Panjang dari Bimbo, yang menceritakan filosofi kehidupan dan rasa hormat yang besar terhadap sosok seorang ayah.

25. ​​Fitriana – Sholawat Nariyah

Lagu religi Islam terbaik yang terakhir datang dari penyanyi Fitriana. Lagu ini mengekspresikan pujian untuk Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa cinta pada Sang Rasul.

26. Rahmatun Lil ‘Alameen – Maher Zain

Lagu religi Islami berikutnya datang dari Maher Zain, Lagu berjudul Rahmatun Lil ‘Alameen ini melantunkan pujian pada Rasulullah, lantunan dan makna lagu yang begitu menyentuh hati menjadikan lagu ini selalu berhasil masuk dalam deretan lagu reiligi Islami populer, terkhususnya di bulan Ramadhan.

27. Ya Nabi Salam ‘Alaika – Maher Zain

Rekomendasi lagu religi lainnya dari Maher Zain berjudul Ya Nabi Salam ‘Alaika, seperti yang tersirat dalam judulnya, lagu ini mengekspresikan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dengan kalimat dan pujian yang menyejukan hati pendengarnya. Lagu ini juga bisa menjadi salah satu rekomendasi lagi terbaik untuk didengarkan di bulan Ramadhan

28. Ramadan Gana – Maher Zain

Lagu “Ramadan Gana” dari Maher Zain menggambarkan kebahagiaan umat Muslim ketika menyambut bulan suci yang penuh ampunan dan pahala, yaitu bulan Ramadan. Pemilihan instrumen musik yang sangat indah dan menggugah hati, sangat cocok untuk didengarkan saat berbuka puasa bersama keluarga, didukung pula oleh kemerduan suara Maher Zain memberikan sentuhan yang menyejukkan hati.

Baca Juga: Tujuan Wisata Religi yang Membuat Ramadan Terasa Meriah!

29. Eid Mubarak – Harris J ft. Shujat Ali Khan

Lagu “Eid Mubarak” oleh Harris J ft. Shujat Ali Khan merupakan karya musik yang menyatukan pop dan elemen musik tradisional Pakistan. Dengan vokal merdu Shujat Ali Khan dan Harris J dalam menyampaikan lagu dengan sentuhan modern, lagu ini mencerminkan kesenangan dan keceriaan Idul Fitri.

Liriknya mengisahkan kebahagiaan, kedamaian, dan rasa syukur dalam menyambut momen spesial Idul Fitri, sementara melodi yang tradisional memberikan nuansa khas dari Pakistan. Dengan harmoni yang indah, “Eid Mubarak” berhasil menciptakan atmosfer hangat dan penuh kebersamaan selama perayaan Idul Fitri.

30. Baraka Allahu Lakuma

Lagu “Baraka Allahu Lakuma” adalah sebuah karya yang memancarkan keindahan dan spiritualitas dalam melodi yang tenang dan merdu. Dibawakan dengan penuh penghayatan oleh Maher Zain, lagu ini menciptakan suasana yang damai dan penuh berkat.

Liriknya mencerminkan doa dan harapan yang tulus, menyampaikan keberkahan dan rahmat Allah kepada pasangan yang baru menikah. Dengan sentuhan musik yang lembut dan vokal yang penuh rasa, lagu ini menginspirasi perasaan cinta, kesyukuran, dan ketenangan spiritual, menciptakan pengalaman mendengarkan yang mendalam dan memberikan kesan yang berkesan.

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan, di Bobopod Aja!

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Memasuki bulan puasa, kamu mungkin punya segudang agenda yang menuntut kamu bepergian ke berbagai tempat. Entah untuk bekerja, liburan, atau reuni berkedok buka puasa.

Walau begitu, jangan sampai kelelahan di perjalanan. Jika tubuh sudah lelah, cobalah untuk beristirahat di akomodasi yang nyaman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobopod. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobopod.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobopod juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: Bola.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles