klappertaart, oleh-oleh khas manado

9 Rekomendasi Tempat Beli Oleh-Oleh di Manado, Awas Kalap!

Manado terkenal sebagai surga kuliner yang menggugah selera! Mulai dari cita rasa manis, gurih, hingga pedas dapat kamu temukan di sini. Salah satu alasannya adalah bumbu dan bahan yang tak ditemukan di daerah lain.

Kuliner selezat itu tentunya tidak cukup untuk kamu santap satu kali saja. Untungnya, kamu dapat membawa sedikit bagian dari surga kuliner Manado ke tempat asalmu dengan membeli berbagai jajanan menarik di berbagai tempat oleh-oleh khas Manado.

Tak terbatas pada makanan, kamu juga dapat membawa berbagai souvenir lainnya untuk dibagikan ke orang-orang terdekat. Langsung saja intip 9 toko cinderamata khas Manado terbaik berikut, termasuk berbagai produk dan sajian unik yang setiap toko tawarkan!

Baca Juga: Itinerary dan Tips Bepergian ala Backpacker ke Manado

9 Rekomendasi Tempat Beli Oleh-Oleh di Manado

1. Toko Manado Souvenir

Jam Operasional: 08.00-22.00 WITA

Lokasi: Jalan B.W.Lapian No.25 Lawangirung, Tikala Kumaraka, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95124

Mulai dari camilan praktis hingga pernak-pernik menarik dapat kamu temukan di sini! Seperti namanya, toko oleh-oleh yang satu ini menawarkan segala bentuk cinderamata yang dapat kamu bawa pulang.

Beberapa jenis camilan yang wajib kamu coba meliputi buah pala, kacang goyang, dan klappertaart. Namun, bintang utama dari berbagai camilan tersebut adalah sambal roa yang pedas gurih serta bagea kenari yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi hangat.

Terlebih lagi, kamu juga bisa menemukan berbagai gantungan kunci serta baju dengan sablon khas Manado yang dapat selalu mengabadikan semua memori seru selama liburan di Manado!

2. UD Kawanua

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: kawanuasouvenirshop via Instagram

Jam Operasional: 09.00-21.00 WITA

Lokasi: Jl. B.W.Lapian No.33, Tikala Kumaraka, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95124

Masih berlokasi di area yang sama, UD Kawanua juga menawarkan beragam oleh-oleh menarik yang dapat kamu bawa pulang. Dengan rentang harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp200.000, kamu bisa mendapatkan sambal roa, klappertaart, kayu putih asli, kipas warna-warni, hingga Batik Manado.

Bagi kamu yang membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, tak perlu bingung harus menaruh barang di mana! Kamu bisa meminta pihak toko untuk melakukan pengiriman ke kota asalmu. Hanya tambah biaya ongkos kirim, oleh-oleh akan diantar sampai depan pintu rumahmu!

Baca Juga: 9 Rumah Makan Seafood di Manado, Rasanya Menggoyang Lidah!

3. Miens Souvenir

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: miensoleholehmanado via Instagram

Jam Operasional: 07.00-23.00 WITA

Lokasi: Ruko Miens Market, Jl. B.W.Lapian, Tikala Kumaraka, Kec. Wenang, Sulawesi Utara, 95124

Jika kamu lebih mengutamakan souvenir dibandingkan oleh-oleh berupa makanan, maka Miens Souvenir adalah toko yang cocok untuk kamu kunjungi. Di toko ini, kamu dapat menemukan pernak-pernik mulai dari gantungan kunci, gelas, baju, kain, hingga kerajinan tangan hasil produksi masyarakat setempat.

4. Grand Merciful Building

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: mercifulbuildingmanado via Instagram

Jam Operasional: 24 jam

Lokasi: Jl. Sam Ratulangi 383, Kompleks Ruko Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara 95115

Cocok bagi si paling fleksibel! Grand Merciful Building adalah salah satu pusat oleh-oleh terdekat dari Alun-Alun Manado yang buka 24 jam agar kamu bisa puas berbelanja tanpa terburu-buru batasan waktu tutup toko.

Oleh-oleh yang ditawarkan pun dianggap sebagai yang paling lengkap, sehingga kamu dapat menemukan makanan, tas, baju, dan pernak-pernik khas Manado lainnya di sini. Terlebih lagi, kamu juga dapat mencoba tester untuk setiap hidangan makanan yang dijual di toko ini.

5. Hari-Hari Minimarket Cake & Bakery

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: via hariharimanado.com

Jam Operasional: 07.00-21.00 WITA

Lokasi: Jl. Daan Mogot No.44, Tikala Baru, Kec. Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara

Tempat beli oleh-oleh di Manado berikutnya adalah Hari Hari Minimarket & Bakery. Toko oleh-oleh yang satu ini bermula dari toko kelontong pada umumnya, sebelum kemudian berkembang dan mulai menjual roti dan kue tradisional hasil produksinya sendiri. Produk dari bakery inilah yang membuatnya menjadi salah satu toko oleh-oleh yang tak boleh kamu lewatkan!

Kamu bisa membawa pulang berbagai kue khas Manado seperti biapong, brudel, kolombeng, koyabu, lalampa, nasi jaha, nogosari, panada, susen, dan masih banyak lagi! Selain itu, tersedia juga berbagai menu umum untuk mengganjal perut, seperti roti berbagai rasa, puding, hingga kue lapis.

Baca Juga: Menengok Patung Yesus Manado: Salah Satu Monumen Rohani Ikonis Tertinggi di Indonesia!

6. Lenso Manado

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: lensomanado via Instagram

Jam Operasional: 08.00-21.00 WITA

Lokasi: Jl. Sam Ratulangi No.317, Tj. Batu, Kec. Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara 95115

Cocok untuk para sweet-tooth alias pencinta makanan manis! Lenso Manado menawarkan berbagai jenis bolu lembut dengan filling yang langsung meleleh di mulut. Tentunya terasa lebih lengkap dengan topping melimpah yang membuatnya semakin lezat.

Terdapat beberapa varian rasa yang dapat kamu coba, di antaranya adalah Bidadari Cheese, Jendral Coklat, Legenda Mocca, Green Tea Ajaib, dan masih banyak lagi! Harganya pun ramah di kantong, mulai dari Rp74.500 saja per kotaknya.

7. Cella Bakery

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: cellabakerymanado via Instagram

Jam Operasional: 07.00-22.00 WITA

Lokasi: Jalan Tikala Ares I No.6, Komo Luar, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95124

Merangkap sebagai coffee shop dan toko roti, Cella Bakery menawarkan oleh-oleh nikmat berupa kue dan camilan tradisional khas Manado! Di antaranya adalah kecipo kacang hijau, cucur, panada, pukis, apang, balapis, koyabu, dan masih banyak lagi.

Setelah berbelanja oleh-oleh, kamu juga dapat beristirahat sejenak sambil menikmati berbagai menu kopi seperti Kopi Susu Gula Merah, Mocca Jelly, hingga Vanilla Latte yang bikin segar.

8. Frangipani Rumah Klapertart

tempat beli oleh-oleh di manado

Photo: Frangipani Klapertart via Instagram

Jam Operasional: 08.00-21.00 WITA

Lokasi: Jl. 17 Agustus, Bumi Beringin, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Salah satu spesialis klappertaart terbaik di Manado, Frangipani menawarkan oleh-oleh andalan berupa klappertaart dan coconut cream pie lezat yang bisa menjadi teman makan saat menghabiskan quality time bersama orang-orang terkasih.

Tak hanya itu saja, lokasi ini juga cocok untuk dijadikan tempat singgah. Kamu akan disambut dengan suasana homey dan pemandangan pepohonan hijau yang memanjakan mata, sehingga seluruh rasa lelah selama perjalanan dijamin dapat hilang secara instan!

Baca Juga: 9 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Wajib Kamu Coba

9. Cakalang Fufu

Lokasi: Pasar-Pasar di Manado

Mudah ditemui dan ramah di kantong! Cakalang Fufu adalah ikan asap yang dibelah dan dijepit, kemudian dibersihkan dari sisik dan jeroan. Ikan tersebut kemudian diberi bumbu berupa garam dan soda, sebelum di asap di atas batok kelapa yang telah dibakar.

Proses pengasapan dapat memakan waktu empat jam, hingga daging ikan berubah warna menjadi kemerahan dan teksturnya menjadi sangat empuk. Setelah melalui proses pendinginan, cakalang fufu dapat bertahan hingga satu bulan dalam suhu ruang dan hanya perlu dipanaskan untuk dapat kembali disantap!

Itu dia rekomendasi tempat beli oleh-oleh di Manado yang paling terkenal. Menarik bukan? Dengan membawa buah tangan, kamu dapat berbagi pengalaman liburan dengan orang-orang terkasih sekaligus mengingat berbagai momen seru selama di Manado untuk waktu yang lebih lama!

Bobocabin Bunaken Hills Manado

Photo: Bobobox Internal Asset

Nah, sebelum merencanakan daftar oleh-oleh yang akan kamu beli selama di Manado, tentunya kamu harus mulai dari merencanakan perjalanan selama di Manado terlebih dahulu, tak terkecuali memilih akomodasi yang tepat.

Bobocabin Bunaken Hills, Manado adalah solusi glamping modern bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai dan pepohonan hijau Bunaken secara praktis. Tak hanya dapat beristirahat di kabin modern yang nyaman, kamu juga bisa menikmati fasilitas paket snorkeling maupun diving tanpa perlu repot mencari guide!

Yuk, segera download aplikasi Bobobox untuk informasi reservasi dan penawaran selengkapnya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Featured photo: Freepik

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles