museum di bandung

Sejarah hingga Seni, 10 Museum di Bandung Ini Menarik Dijelajahi

Bandung memang terkenal dengan wisata alam yang memanjakan mata. Namun rupanya, kota ini juga memiliki pesona lainnya yang mungkin nggak banyak orang tahu! Ya, apa lagi kalau bukan sejarah dan seninya?

Seluruh bukti sejarah dan karya seni terbaik di Bandung diabadikan secara rapi di berbagai museum yang tersedia di berbagai penjuru kota. Tak hanya terbatas pada sejarah ataupun karya seni Indonesia, kamu juga dapat mempelajari bidang ilmu lainnya seperti sains, kebudayaan, dan masih banyak lagi.

Penasaran dan ingin melihat langsung berbagai koleksi menarik tersebut? Jangan sampai lewatkan kunjungan ke 10 museum di Bandung berikut ini ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kebun Teh Bandung Paling Cocok Buat Healing

10 Museum di Bandung, dari Sejarah hingga Seni

1. Museum Geologi

museum geologi, museum di bandung

Photo: Museum Geologi via Google Maps

Lokasi: Jl. Diponegoro No.57, Cihaurgeulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Dikategorikan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia, gedung Museum Geologi telah berdiri sejak 16 Mei 1929. Pada masa penjajahan Belanda, museum ini merupakan bagian dari inisiatif penyelidikan geologi dan tambang di Indonesia dari Dinas Pertambangan Hindia Belanda.

Kini, museum di Bandung dengan gaya arsitektur Art Deco ini memamerkan sekitar 250.000 jenis batuan dan mineral, 60.000 koleksi fosil, serta artefak perkembangan budaya. Tak hanya itu, tersedia juga berbagai infografis menarik bagi kamu yang ingin mempelajari proses kegiatan geologi dan perkembangan makhluk hidup.

Untuk dapat menjelajahi keseluruhan museum, kamu hanya perlu membayar tiket senilai Rp2.000 untuk pelajar, Rp3.000 untuk umum, dan Rp10.000 untuk wisatawan asing. Pastikan untuk berkunjung pada pukul 10.00-13.00 WIB agar bisa berkeliling museum hingga puas, ya!

2. Museum 3D Amazing Art World

amazing art games, museum di bandung

Photo: amazingartgames via Instagram

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

Para pencinta karya seni eksentrik yuk merapat! Museum 3D Amazing Art World adalah museum yang menawarkan koleksi 150 lukisan dengan ilusi 3D berukuran life-size karya seniman lokal maupun internasional.

Melalui lukisan-lukisan yang berada di area indoor maupun outdoor ini, kamu akan dibawa ke berbagai dunia yang berbeda. Seperti dunia bawah laut, Hutan Pandora seperti di film Avatar, angkasa luas di atas karpet Aladdin, hingga ke masa lalu pada zaman dinosaurus!

Jangan lupa untuk mengabadikan momen lewat foto-foto aesthetic, ya. Seluruh karya lukisan dapat kamu nikmati pada pukul 09.00 – 18.00 WIB dengan harga sebagai berikut:

  • Weekday: Rp55.000
  • Weekend: Rp75.000
  • Musim liburan: Rp90.000

3. Museum Konperensi Asia Afrika

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Seperti namanya, museum di Bandung yang satu ini mengabadikan seluruh proses Konperensi Asia Afrika (KAA) yang bersejarah. Konferensi tersebut merupakan wadah bagi 29 delegasi negara-negara di Asia dan Afrika.

KAA kemudian menjadi salah satu momen yang paling bersejarah untuk diplomasi global. Tujuan dari koneferensi ini meliputi memajukan kerjasama antarbangsa, penyelesaian masalah kedaulatan dari kolonialisme, serta mencapai perdamaian dunia dengan memperkuat posisi negara-negara yang terlibat.

Museum KAA tidak mengenakan biaya tiket bagi para pengunjungnya. Saat ini pihak museum tengah melakukan uji coba perubahan jadwal buka museum terbaru selama bulan Oktober 2024, dengan jadwal sebagai berikut:

  • Rabu, Kamis, Sabtu: 09.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB
  • Jumat: 09.00-11.30 WIB dan 13.30-15.30 WIB

Baca Juga: Jejak Sejarah Jalan Braga dan 7 Kuliner Ikoniknya

4. Puspa IPTEK Sundial

Lokasi: Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Padalarang, Bandung, Jawa Barat 40553

Siapa nih yang gemar mempelajari bidang ilmu Saintek? Puspa Iptek Sundial adalah salah satu museum yang berisi berbagai peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun yang paling menarik dari museum ini adalah jam matahari ikonik yang mendapatkan rekor sebagai jam matahari terbesar di Indonesia!

Selain jam matahari, museum ini juga memiliki koleksi lebih dari 180 alat peraga interaktif yang dapat membantu para penggunanya untuk lebih mengerti tentang proses ilmiah dibalik berbagai gaya. Pada bagian outdoor, kamu dapat berkunjung ke Puspa Agro Organik yang memiliki Saung Kelinci, kebun organik, serta kolam tangkap ikan.

Kamu dapat menikmati seluruh koleksi dan fasilitas museum dengan harga tiket senilai Rp35.000 per orang. Namun tetap pastikan untuk datang pada jam operasional pukul 08.30-16.30 WIB, ya.

5. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

museum mandala wangsit siliwangi, museum di bandung

Photo: mandalawangsit_museum via Instagram

Lokasi: Jl. Lembong No.38, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Museum Wangsit Mandala Siliwangi adalah museum militer yang mengabadikan kisah perjuangan prajurit Siliwangi dan rakyat Jawa Barat dalam mempertahankan daerahnya. Gedung museum dulunya merupakan markas militer dari para prajurit tersebut, sebelum dialihfungsikan sebagai museum yang kini kita kenal.

Kamu dapat melihat langsung koleksi peralatan perang yang digunakan oleh para prajurit kala itu, yaitu senjata tradisional Sunda seperti tombak, panah, keris, dan kujang. Selain itu, terdapat beberapa koleksi senjata modern seperti meriam, panser rel, dan kendaraan lapis baja.

Museum ini beroperasi setiap hari pada pukul 08.00-14.00 WIB, tetapi akan tutup pada pukul 11.00 WIB pada hari Jumat. Jangan khawatir, karena kamu tidak akan dipungut biaya apa pun untuk dapat masuk ke dalam area museum.

6. NuArt Sculpture Park

nuart sclupture park, museum di bandung

Photo: via nuartsculpturepark.com

Lokasi: Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Bandung, Jawa Barat 40151

Para pecinta seni mungkin sudah tidak asing dengan nama seniman Nyoman Nuarta. Yap seniman yang satu ini adalah otak di balik berbagai patung ikonik di Indonesia, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta. Saat ini, ia pun telah dipercayakan sebagai arsitek di balik beberapa proyek IKN Nusantara.

Tertarik untuk melihat karya lainnya dari seniman keren satu ini? NuArt Sculpture Park merupakan museum galeri seni yang memamerkan ratusan seni patung karya Nyoman Nuarta, mulai dari awal karir hingga saat ini. Tak hanya mengagumi berbagai karya seni sang seniman, kamu juga dapat menghadiri berbagai art class dan workshop apabila jadwal sedang tersedia. 

Untuk dapat mengunjungi museum, kamu perlu membayar tiket senilai Rp50.000 untuk orang dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak dengan waktu operasional Selasa-Jumat pukul 08.30-17.00 WIB.

Baca Juga: Bobodeli: Hangatnya Sajian di Tengah Sejuknya Alam Pangalengan

7. Selasar Sunaryo Art Space

selasar sunaryo, museum di bandung

Photo: via selasarsunaryo.com

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198

Museum galeri seni lainnya yang tak boleh kamu lewatkan! Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) adalah sebuah wadah yang dibuat untuk mendukung pengembangan praktik dan pengkajian seni dan budaya Indonesia. Koleksi yang dipamerkan pun sangat beragam dan dapat berbeda dari waktu ke waktu; mulai dari karya seniman lokal maupun internasional dapat kamu temukan di sini!

Selain pameran karya seni, SSAS juga seringkali menjadi tempat pementasan teater, pemutaran film, pembacaan karya sastra, konser, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk mengunjungi SSAS pada hari Selasa-Minggu pukul 10.00-17.00 WIB untuk dapat menjelajahi seluruh keindahan karya seni yang tersedia.

Berikut informasi harga tiket selengkapnya:

  • Umum:
    • Single entry: Rp25.000
    • All-access: Rp45.000
  • Pelajar & Mahasiswa:
    • Single entry: Rp22.500
    • All-access: Rp40.500

8. Museum Barli

museum barli, museum di bandung

Photo: @barlimuseum_bdg via Instagram

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Masih dalam tema museum seni, Museum Barli adalah museum yang didirikan oleh mendiang pelukis Barli Sasmitawinata dengan tujuan untuk melestarikan hasil karyanya untuk generasi mendatang.

Museum ini memamerkan karya lukisan, patung, serta berbagai benda seni lainnya. Selain mengagumi karya seni, kamu juga dapat mengikuti kelas melukis saat kunjunganmu.

Kamu hanya akan dikenakan biaya apabila mengikuti kelas melukis, selain itu maka kamu perlu mengeluarkan uang sama sekali! Namun, pastikan untuk mengunjungi museum pada hari Selasa-Minggu pukul 10.00-17.00 untuk dapat mengakses museum.

9. Museum Wolff Schoemaker

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112

Terletak di lantai dasar Hotel Prama Grand Preanger, museum yang satu ini didedikasikan sebagai tempat untuk mengabadikan karya-karya seorang arsitek asal Belanda bernama Charles Prosper Wolff Schoemaker.

Beliau merupakan tokoh yang banyak berperan besar terhadap perkembangan Bandung. Baik sebagai guru besar dan rektor di kampus yang kini dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung, juga sebagai arsitek yang merancang berbagai gedung ikonik Bandung seperti Gedung Merdeka dan Observatorium Bosscha.

Kamu cukup membayar biaya tiket senilai Rp 10.000 dan berkunjung pada Senin-Sabtu pukul 11.00-17.00 untuk dapat menjelajahi museum yang satu ini.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Liburan di Bandung untuk Short Getaway

10. Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat, museum di bandung

Photo: via jabarprov.go.id

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan, No. 5, Babakan Ciamis, Sumurbandung, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Meski tampak seperti rumah huni, ternyata bangunan ini memiliki sejarah panjang. Gedung ini pernah menjadi pengadilan tingkat pertama pada masa penjajahan Belanda, tempat Soekarno pernah diadili atas tuduhan ingin menggulingkan pemerintah Hindia Belanda.

Soekarno kemudian memberontak dan mengeluarkan pembelaan dengan judul “Indonesia Menggugat”, yang menginspirasi nama dari gedung ini. Kini kamu masih dapat melihat tata ruangan sidang dan bahkan sel yang digunakan untuk menahan Soekarno.

Kerennya, museum ini dapat kamu kunjungi setiap hari pada pukul 08.00-16.00 tanpa biaya apa pun!

Serunya Jelajah Museum di Bandung dan Menginap di Bobobox

tempat penginapan murah di bandung

Photo: Bobobox Internal Asset

Nah, sekarang jadi lebih banyak referensi destinasi liburan di Bandung yang ingin kamu coba kan? Jangan lupa untuk rencanakan tempat menginap yang nyaman dan hemat agar waktu liburan di Bandung jadi lebih maksimal!

Bobopod Bandung tersedia di berbagai titik populer di Bandung, di antaranya adalah Alun-Alun, Paskal, Cipaganti, dan Dago. Dengan menginap di Bobopod, kamu bisa mendapatkan akses mudah ke berbagai tujuan ikonik Bandung dan juga menikmati fasilitas futuristik seperti kunci QR dan sistem pengaturan cahaya pada pod tempat kamu menginap!

Solusi hemat dan nyaman untuk liburan di Bandung, yuk download aplikasi Bobobox di sini untuk informasi reservasi dan penawaran selengkapnya.

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Featured photo: Muhammad Irfan via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles