wisata offroad baturraden (3)

3 Wisata Offroad di Baturraden Paling Seru untuk Uji Nyali

Baturraden merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang terkenal dengan wisata alamnya. Tidak heran sih sebab kecamatan ini berada di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 640 mdpl.

Bukan hanya untuk wisata alam! Konturnya yang berbukit dengan banyak sungai dan air terjun juga menjadikan Baturraden salah satu lokasi offroad terbaik untuk menjelajahi lereng Gunung Slamet.

Karena wilayahnya yang tak terlalu luas, tidak terlalu banyak pilihan tempat yang bisa kamu coba. Namun, kamu bisa memaksimalkan petualangan kamu dengan menjajal paket wisata offroad Baturraden berikut ini!

Rekomendasi Paket Wisata Offroad di Baturraden

Wisata offroad Baturraden di kaki Gunung Slamet tak hanya menyajikan keindahan alam memukau, tetapi juga pengalaman seru yang menguji nyalimu. Kamu akan melaju di atas kendaraan offroad melewati beragam medan terjal. Di saat yang sama, kamu pun punya kesempatan untuk menelusuri keindahan tersembunyi di kaki Gunung Slamet.

Baca juga: Wajib Mampir ke 13 Tempat Liburan di Jawa Tengah yang Populer Ini

1. Fun Short Offroad

wisata offroad baturraden

Photo: dinporabudpar.banyumaskab.go.id

Salah satu pilihan wisata offroad Baturaden yang bisa kamu coba adalah fun short offroad. Sesuai dengan namanya, paket wisata ini mengajak kamu untuk menikmati keindahan Baturraden dan Gunung Slamet sambil memacu adrenalin dalam waktu singkat.

Perjalanan bermula dari meeting point, biasanya Taman Meruni, lalu berlanjut ke Palawi dan Kebun Raya Baturraden yang menyimpan beragam koleksi tanaman. Dari sana, perjalanan berlanjut menuju titik nol pendakian ke Gunung Slamet.

Di kawasan ini, kamu akan melintasi hutan dan berhadapan dengan beberapa jalur offroad yang siap menguji nyali kamu. Di sepanjang perjalanan, kamu juga akan menikmati keindahan Kota Purwokerto hingga Gunung Slamet yang menjulang megah.

Setelah itu, petualangan pun berakhir dan kamu akan keluar melalui Kantor Asper lalu kembali ke titik awal pertemuan untuk sekadar mengisi perut yang lapar. Di sekitar Taman Meruni, kamu akan menjumpai deretan warung yang menjual aneka makanan dan minuman, termasuk mendoan khas Purwokerto yang lezat.

Paket short offroad ini biasanya berlangsung selama satu jam dengan harga Rp400.000/kendaraan dengan kapasitas maksimal tiga orang. Harga sudah termasuk sewa kendaraan Jimny, asuransi, driver, bahan bakar, dan tiket wisata. Karena singkat, paket ini cocok buat pemula yang belum terbiasa dengan medan terjal, trip bersama keluarga, atau kamu yang memiliki waktu terbatas.

Meeting point-nya sendiri tidak melulu di Taman Meruni dan bisa kamu tentukan sesuai kesepakatan dengan event organizer yang kamu gunakan. Namun, kalau Taman Meruni menjadi starting point wisata offroad-mu, kamu bisa mencapai tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan umum.

Dari Kota Purwokerto, tersedia Trans Banyumas yang menuju ke Terminal Baturraden. Selanjutnya, kamu bisa menaiki angkot berwarna hijau dari Terminal Baturraden sampai ke pintu masuk Taman Meruni.   

Berkendara dengan kendaraan pribadi pun tidak kalah mudah. Kalau bisa melewati Jalan Overste Isdiman-Jalan Prof. Dr. H.R. Boenyamin-Jalan Raya Baturraden-Jalan Peternakan-Taman Meruni.  

Baca juga: Sukawana Offroad Track: Jalur Ekstrem yang Menantang dan Seru di Bandung

2. Fun Safari/Medium Offroad

wisata offroad baturraden (2)

Photo: @safariseetosky via Instagram

Pilihan selanjutnya adalah Fun Safari/Medium Offroad. Paket wisata offroad Baturraden ini juga bermula dari starting point di Taman Meruni. Selanjutnya, perjalanan akan berlanjut menuju Palawi, Kebun Raya Baturraden, lalu memasuki trek yang mengarah ke kawasan Serang, Purbalingga.

Setelah itu, kamu akan tiba di objek wisata ‘Safari See to Sky’. Safari See to Sky ini menghadirkan deck atau semacam gardu pandang dengan latar belakang Kota Purwokerto dari ketinggian. Kamu bisa beristirahat sejenak di sini sambil berfoto dengan latar hijaunya alam Banyumas.

Dari sana, perjalanan kembali berlanjut dan kamu akan memasuki jalur Fun Short Offroad. Setelah itu, petualangan pun berakhir dan kamu bisa kembali ke penginapan ataupun pulang ke kota asal.

Secara keseluruhan, paket wisata offroad Baturaden ini berlangsung selama sekitar dua jam. Untuk menjajal wisata ini, siapkan saja uang sebesar Rp600.000/kendaraan. Sama seperti paket short trip, harganya juga sudah termasuk sewa mobil Jimny untuk maksimal tiga orang, driver, bahan bakar, asuransi, serta tiket wisata yang dilewati.  

Baca juga: Baturraden Botanical Garden: “Flora of Java” dengan Koleksi Tanaman Eksotis

3. Fun Long Offroad

wisata offroad baturraden

Photo: Hutan Pinus Limpakuwus via Google Maps

Kalau ingin lebih lama berjibaku dengan medan terjal dan keindahan alam lereng Gunung Slamet, paket Fun Long Offroad adalah pilihan yang tepat. Paket wisata offroad Baturraden ini juga akan membawa kamu dari Taman Meruni menuju Palawi-Kebun Raya Baturraden-Safari See to Sky.

Dari Bukit Safari, kamu akan melanjutkan petualangan offroad-mu dengan melintasi medan terjal dan hutan pinus Limpakuwus. Setelah itu, perjalanan menguji nyali pun berakhir dan kamu akhirnya bisa melepas lelahmu.   

Sesuai dengan namanya, paket long trip menawarkan perjalanan dengan durasi lebih panjang, yaitu sekitar tiga jam. Untuk menjajal wisata ini, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp850.000/kendaraan. Harganya sudah termasuk sewa kendaraan Jimny berkapasitas tiga orang, asuransi, driver, bahan bakar, dan tiket wisata.

Itulah tiga pilihan yang tersedia buat kamu yang sedang mencari paket wisata offroad Baturraden. Ketiganya dibedakan dengan durasi dan panjangnya rute yang ditempuh.

Namun, baik pendek, sedang, maupun panjang, kamu akan dimanjakan dengan beragam keseruan dan keindahan Baturraden. Salah satunya adalah pemandangan hutan pinus yang rimbun dan menyegarkan.

Selama perjalanan, kamu bisa mencuri-curi waktu untuk berfoto dengan latar belakang hutan tersebut. Selain itu, kamu juga akan dibawa melalui sejumlah medan terjal, termasuk jalan tanah, berlumpur, becek, sempit, menanjak, hingga berbatu.

Di titik-titik tertentu, driver bahkan bisa saja menyuguhkan aksi manuver yang semakin menambah sensasi petualangan. Siapkan saja badan kamu untuk mengikuti arah oleng kendaraan sehingga badan tidak terlalu pegal setelahnya.

Perlu diingat ya Sahabat Bob, harga serta rute yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Keduanya juga bisa saja berbeda tergantung pada event organizer yang kamu gunakan.

Uji Nyali Usai, Saatnya Lepas Lelah di Bobocabin Baturraden!

Bobocabin Baturraden Purwokerto

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah menjajal keseruan petualangan wisata offroad Baturaden, Bobocabin Baturraden bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Lokasinya sangat dekat dengan Kebun Raya Baturraden, Palawi, maupun Taman Meruni. Kamu pun tidak perlu pusing lagi mencari penginapan terdekat.

Mengusung konsep glamping yang dilengkapi dengan Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan tenangnya alam perbukitan Baturraden dalam balutan teknologi canggih. Salah satunya adalah fitur Smart Window. Fitur jendela ini bisa kamu atur ke mode transparan untuk menyaksikan keindahan alam di depan mata atau ke mode buram untuk menikmati privasi.

Meskipun jauh dari pusat kota, kamu tidak perlu khawatir soal masalah internet. Bobocabin tentunya sudah menyediakan fasilitas Wi-Fi kencang untuk mendukung segala kegiatan daringmu. Bukan cuma itu, selama menginap, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Bobobox untuk berbagai urusan. Di antaranya adalah check-in dan check-out, akses masuk kamar, hingga memesan makanan ke kabin.

Agar keseruan semakin lengkap, jangan lewatkan juga kesempatan untuk mencoba fasilitas menarik lainnya, termasuk api unggung dan barbecue. Yuk, langsung saja pesan kamar yang kamu mau di website Bobobox atau aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store.

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Brett Sayles via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles