Tari tor tor berasal dari suku batak toba sumatra utara

Tari Tor Tor Berasal dari Mana? Kita Cari Tahu, yuk!

Sahabat Bob, kamu sudah pernah menginjakan kaki di Sumatera Utara belum? Tempat di mana keindahan alam dan kekayaan budaya saling berjalin dalam harmoni. Provinsi ini memiliki banyak daya tarik, salah satunya adalah tari tradisional yang sudah tercatat sebagai warisan budaya nasional.

Tari tradisional ini tak hanya indah, tetapi juga sarat makna bagi para masyarakat Sumatera Utara, terutama suku Batak. Lewat gerakan-gerakan yang khas dan musik yang menghentak, tari tor tor mampu menyampaikan sebuah cerita kehidupan warisan leluhur yang masih dipegang erat oleh para anak cucu.

Ingin tahu sebenarnya tari tor tor berasal dari mana dan apa keunikannya? Simak saja artikel ini sampai habis, ya!

Asal Usul dan Makna Tari Tor Tor, Apa yang Buat Gerakannya Menarik?

Asal usul tari tor tor berkaitan erat dengan keyakinan dan kepercayaan turun-temurun dalam masyarakat Batak. Tarian ini bermula dari pemahaman bahwa gerakan-gerakan dalam tari tor tor adalah simbolisasi dari perjalanan roh orang yang telah meninggal dunia menuju alam baka. 

Gerakan-gerakan yang khas dan meliuk-liuk dalam tarian ini dipercaya punya  makna yang mendalam tentang perjalanan spiritual seseorang setelah meninggal dunia, lho.

Selain gerakan yang dipercaya punya kekuatan magis, musik yang mengiringi tarian juga memegang peran yang sangat penting. Musik tradisional Batak yang terkenal dengan hentakannya konon bisa menghubungkan dunia nyata dengan dunia spiritual. 

Melalui irama dan alunan musik yang merdu, tari tor tor terlihat menjadi lebih hidup dan mampu menyampaikan pesan-pesan kehidupan serta nilai-nilai kearifan lokal turun-temurun.

Baca juga: Mengulas Sejarah Istana Maimun hingga Legenda Meriam Puntung di Medan

Ciri Khas Tari Tor Tor

Tari tor tor berasal dari suku batak toba sumatra utara

Photo via wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Selain belajar tari tor tor berasal dari mana, kamu juga perlu tahu ciri khasnya. Ciri khas tari tor tor terletak pada gerakan-gerakan yang dinamis dan penuh energi, menunjukkan kegagahan dan keelokan para penari.

Tidak hanya dari gerakan, ciri khasnya juga bisa dilihat dari kostum tari tor tor yang dipakai para penari. Mereka biasanya mengenakan pakaian adat Batak yang warna-warni dan berkilau, lengkap dengan aksesoris tradisional seperti ulos dan hiasan kepala.

Ciri khas tari tor tor lainnya adalah musik yang mengiringi tarian. Musiknya sangat unik karena menggunakan alat musik tradisional seperti gendang, taganing, dan seruling. Irama yang dimainkan diawali dengan melodi pelan, yang berlanjut dengan hentakan berurutan.

Perpaduan irama ini membuat tarian semakin hidup, apalagi jika dibarengi dengan sautan para penonton yang meriah. Tari tor tor biasanya ditampilkan dalam berbagai acara adat seperti pernikahan, upacara adat, atau festival budaya.

Ragam Gerakan Tari Tor Tor

Tari tor tor berasal dari suku batak toba sumatra utara

Photo via wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Setiap gerakan tari tor tor penuh makna dan kekuatan yang mampu menghipnotis siapapun yang menyaksikannya. Yuk, kita bedah ragam gerakannya satu-satu!

1. Gerak Pangurdot

Gerakan Pangurdot menunjukkan kemampuan tubuh secara keseluruhan sebagai inti dari gerakan tersebut. Selama melakukan gerakan naik dan turun, tumit dan telapak kaki berfungsi sebagai penopang tubuh yang sejalan dengan irama musik gondang. Ini merupakan salah satu gerakan yang beriringan dengan musik bersemangat.

2. Gerak Pangeal

Gerakan pangeal menunjukkan gerakan yang dimulai dari pinggang dan berlanjut hingga ke kepala. Dengan memutar pinggang dari kiri ke kanan, penari menampilkan keanggunan dan kekuatan dalam setiap langkahnya.

3. Gerak Pandenggal

Gerakan tari tor tor selanjutnya dikenal sebagai pandenggal. Pandenggal melibatkan putaran tubuh yang lembut dan gemulai. Mulai dari lengan, telapak tangan, hingga jari-jari, semua bergerak dengan selaras mengikuti irama musik. Gerakan ini memancarkan keindahan dan memerlukan tingkat keahlian tari yang tinggi.

4. Gerak Siangkupna

Gerakan siangkupna menitikberatkan pada leher, mengungkapkan keanggunan dan ekspresi dalam setiap gerakan, dan menekankan kefokusan serta sentuhan lembut para penari..

5. Gerak Haunanna

Gerakan ini berfokus kepada ekspresi para penari tor tor. Ekspresi yang ditunjukann lumayan beragam, mulai dari bahagia, tegas, hingga kesedihan. Selama tarian berlangsung, kamu bisa melihat bagaimana penari mampu mengomunikasikan berbagai emosi dan pesan melalui ekspresi wajah mereka.

Jenis Tari Tor Tor dan Fungsinya

Gimana, Sahabat Bob? Sudah mulai ada gambaran soal keunikan tari tor tor kan, dari penjelasan di atas? Yuk, lanjut bahas jenis tari tor tor dan fungsinya!

Secara general, fungsi tari tor tor adalah sebagai pertunjukan untuk menyambut tamu istimewa saat acara-acara besar, seperti upacara desa, pelantikan, hingga pernikahan. 

Tarian ini juga sering didemonstrasikan dalam acara pengangkatan seorang raja dan bahkan terlibat dalam ritual yang bersinggungan dengan dunia roh dan spiritualitas.

Akan tetapi, tari tor tor dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dengan fungsinya. Berikut adalah jenis tari tor tor dan fungsinya:

Baca juga: Tari Kecak: Sejarah, Makna, dan Tempat Pertunjukannya

1. Tari Tor Tor Pangurason atau Tari Pembersihan

Tarian ini umumnya dipentaskan sebagai bagian dari upacara pembersihan tempat atau lokasi sebelum acara besar diadakan. Sebelum memulai acara, masyarakat membersihkan tempat tersebut dengan menggunakan jeruk purut dengan harapan bahwa acara akan berjalan secara lancar dan terhindar dari segala bentuk bahaya serta bencana.

2. Tari Tor Tor Sipitu Cawan atau Tujuh Cawan

Tari tor tor sipitu cawan ditampilkan ketika seorang raja Batak dinobatkan atau diangkat. 

Tarian ini menggambarkan kisah tujuh putri dari dunia gaib yang turun ke bumi untuk mandi di sebuah telaga di puncak gunung Pusuk Buhit. 

Tarian ini memiliki makna simbolis yang dalam dalam kerangka adat dan kepercayaan.

3. Tari Tor Tor Tunggal Panaluan

Selanjutnya, ada tari tor tor tunggal panaluan. Tari ni umumnya diselenggarakan sebagai sebuah ritual yang digelar apabila suatu daerah tertimpa musibah atau bencana. Tariannya dilakukan oleh para dukun sebagai upaya untuk mendapatkan petunjuk dan jalan keluar guna mengatasi masalah yang sedang terjadi di desa tersebut.

Keunikan Tari Tor Tor dan Fakta Menariknya

tari tor tor berasal dari medan

Photo via warisanbudaya.kemdikbud.go.id

Tarian ini memiliki keunikan dalam perannya sebagai sarana komunikasi. Dalam konteks kegiatan adat dan festival, tari ini berperan sebagai sarana komunikasi yang menghadirkan interaksi dan pesan spiritual kepada para penonton. 

Selain itu, juga terdapat keistimewaan dalam penggunaan kain ulos pada kostumnya, di mana para penari mengenakan kostum yang terbuat dari kain ulos, jenis kain tradisional khas Batak yang berwarna-warni dan dihiasi dengan benang emas atau perak.

Sementara itu, fakta menarik tari tor tor adalah penyertaan musik gondang dalam setiap pertunjukannya. Musik ini diputar sebelum tarian dimulai dan dimaksudkan untuk memberikan berkat kepada semua peserta upacara. 

Tidak hanya itu, penari juga memiliki pantangan, termasuk larangan untuk tidak mengangkat tangan di atas batas tinggi bahu, yang diyakini akan membawa kesialan jika dilanggar.

Tarian tor tor juga terkenal dengan ritual “Tua Ni Gondang” di mana tuan rumah meminta sesuatu kepada pemain atau penggebuk gendang dengan adab yang sopan, dan jika permintaan itu dipenuhi, pemain musik akan memainkan gendangnya dengan irama khusus sebagai tanda kebaikan.

Nonton Tari Tor Tor Bersama Bobobox

bobocabin signature kaldera

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah tahu tari tor tor berasal dari mana, keunikan, jenis, hingga ragam gerakannya, pasti Sahabat Bob ingin menikmati tarianny langsung, kan?

Apabila kamu sedang berada di Sumatra Utara dan berencana menyebrang ke Pulau Samosir di Danau Toba, biasanya tari tor tor ini dipertunjukan di atas kapal, lho! Suasana spesial ini membuat pertunjukan terasa lebih spesial dengan kesan magis yang kental.

Bagi para Sahabat Bob yang ingin mencari pengalaman lebih interaktif, bisa mencoba “manortor” atau menari Tor Tor di Huta Siallagan, yang memungkinkanmu untuk merasakan pesona dan keindahan budaya Batak secara langsung.

Bobocabin Signature Kaldera Toba

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah merasakan pengalaman menortor langsung dengan para penari profesional, kamu bisa beristirahat di akomodasi modern, dikelilingi panorama Danau Toba yang memukau. Di mana lagi kalau bukan di Bobocabin Kaldera, Toba.

Bobocabin Kaldera menawarkan kabin-kabin modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih, mampu menyulap waktu istirahat dan liburan kamu jadi lebih nyaman dan unik, alias berbeda dari hotel atau jenis akomodasi lainnya.

Ada banyak fasilitas di Bobocabin Kaldera yang bisa kamu nikmati, termasuk AC, speaker bluetooth, jendela besar menghadap danau, kamar mandi pribadi (cabin deluxe), shower air hangat, dan masih banyak lagi.

Bobocabin Signature Kaldera Toba

Photo: Bobobox Internal Asset

Apabila kamu senang berkumpul sambil menikmati kehangatan api unggun, Bobobox Kaldera menyediakan area api unggun atau alat BBQ dan dagingnya yang bisa kamu sewa.

Tunggu apa lagi? Download aplikasi Bobobox dan booking cabin pilihanmu sebelum kehabisan!

 

Penulis: Samala Mahadi

Header image via wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles