Sumber: Liputan6

Bosan dengan yang Itu-Itu Saja? Simak 20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja Selain Bakpia

Sebagai salah satu destinasi wisata populer, Jogja menawarkan banyak hal. Selain mengeksplor tempat-tempat wisata, liburanmu tidak akan lengkap tanpa mencicipi oleh-oleh khas Jogja seperti gudeg dan bakpia.

Kalau kamu bosan dengan oleh-oleh yang itu-itu saja, jangan khawatir. Ada berbagai jenis oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang bisa kamu nikmati.

20 Oleh-Oleh Khas Jogja Selain Bakpia

Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang telah Bob rangkum!

1. Gudeg

Gudeg

Sumber: Kompas

Sebagai makanan tradisional khas Jogja, gudeg merupakan oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Kelezatannya sebanding dengan hidangan internasional, terutama saat disajikan dengan nasi putih hangat.

Untuk kamu yang ingin praktis, saat ini sudah tersedia gudeg kemasan kaleng nan tahan lama untuk dibawa pulang.

2. Wedang Uwuh

Salah satu oleh-oleh khas Jogja selain bakpia adalah wedang uwuh. Minuman dari campuran rempah-rempah ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. 

Wedang uwuh mengandung berbagai bahan, seperti jahe, kayu secang, cengkih, dan kapulaga. Minuman kesehatan ini akan terasa manis dan pedas saat disesap. Kamu dapat membelinya dengan harga terjangkau di toko oleh-oleh terdekat.

3. Gatot Tiwul

Gatot Tiwul

Sumber: bisnisukm.com

Gatot tiwul adalah hidangan khas yang terbuat dari singkong, kemudian dimasak bersama gula merah, dan disajikan dengan parutan kelapa.

Makanan ini sering dihidangkan sebagai sarapan. Kamu bisa menjumpainya di tempat-tempat seperti Tiwul Ayu Mbok Sum, Gatot Tiwul Mbah Hadi, dan Tiwul Tumplek Sego Abang.

Baca Juga: 20 Kuliner Legendaris Jogja yang Wajib Kamu Coba

4. Salak Pondoh

Salak pondoh adalah salah satu jenis buah yang melimpah di Kabupaten Sleman, Jogja. Salah satu lokasi yang bisa kamu singgahi adalah perkebunan salak pondoh di Agrowisata Turi, tempat pengunjung diperbolehkan memetik salak langsung dari pohonnya.

5. Jadah Tempe

Jadah Tempe

Sumber: Kompas

Jadah tempe adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang tidak kalah terkenal dan lezat. Cita rasanya gurih dan manis dengan aroma yang menggugah selera. Hidangan ini terbuat dari ketan kelapa dan biasanya disantap bersama tempe bacem.

Salah satu jadah tempe yang tersohor di Jogja adalah Jadah Mbah Carik. Yuk, coba!

Baca Juga: Resep Botok Tempe tanpa Daun Pisang yang Enak

6. Yangko

Yangko terbuat dari tepung ketan dan hadir dalam berbagai varian rasa, termasuk durian, nanas, stroberi, dan cokelat. Kamu dapat menemukan yangko legendaris di tempat-tempat seperti Yangko Pak Prapto, Yangko Giant, dan Yangko Mira.

Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Keripik Belut

Keripik Belut

Sumber: Agrowindo

Keripik belut yang lezat dan renyah banyak tersedia di Godean, Jogja. Camilan gurih ini dapat menjadi pilihan yang sempurna jika kamu menyukai makanan ringan nan renyah. 

Proses pengolahan keripik belut telah menghilangkan rasa asinnya, jadi kamu dapat mencicipi kudapan ini tanpa khawatir.

8. Geplak

Di samping yangko, Jogja juga terkenal dengan geplak. Rasanya manis-gurih karena terbuat dari campuran tepung ketan dan gula kelapa yang dikukus hingga padat. Kamu bisa membelinya di berbagai penjual kue khas Jogja.

9. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk

Sumber: jogjakita.co.id

Peyek tumpuk bisa menjadi pilihan andalan bagi pencinta camilan gurih dan renyah. Peyek di Jogja sendiri umumnya terbuat dari kacang tanah atau teri. Kalau peyek tumpuk, yang membuatnya unik adalah bentuknya yang bulat alih-alih datar. 

Jika ingin mencoba, kamu dapat membeli peyek tumpuk di beberapa toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

10. Tahu Susu Bakso

Saat mengunjungi Sleman, pastikan untuk mencoba oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang dikenal dengan sebutan tasuba (tahu susu bakso). Tahu lembut ini sangat enak dimakan sebagai camilan berkat kombinasi dengan bakso di dalamnya.

Baca Juga: 7 Tea House Yogyakarta, Rasakan Pengalaman Ngeteh Paling Autentik

11. Batik

Batik

Sumber: jogja.idntimes.com

Batik adalah simbol kekayaan budaya Indonesia. Salah satu motif yang amat terkenal di Jogja adalah batik ceplok kates, kawung, parangkusumo, truntum, tambal, dan pamiluto. 

Kamu dapat menemukan batik warna hitam, putih, dan cokelat ini di berbagai tempat wisata, seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Kampung Batik Ngasem.

12. Kerajinan Kulit Manding

Kerajinan kulit Manding dapat kamu jumpai di Desa Wisata Manding di Kabupaten Bantul, Jogja. Terdapat sekitar 40 usaha kulit tradisional yang dijalankan oleh penduduk setempat. 

Di tempat ini, kamu dapat membeli oleh-oleh produk berkualitas seperti jaket, sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, gantungan kunci, dan berbagai barang lainnya.

13. Gerabahan Kasongan

Gerabahan Kasongan

Sumber: belibakpia.com

Gerabah Kasongan adalah hasil UKM yang menghasilkan berbagai produk kerajinan dari keramik. Kamu dapat membeli langsung berbagai produk kerajinannya dengan harga terjangkau di Desa Wisata Kasongan, Bantul.

14. Perak Kotagede

Jogja terkenal dengan produksi berbagai karya seninya yang luar biasa, termasuk kerajinan perak. Untuk itu, kamu dapat mengunjungi Kotagede, daerah yang tersohor di bidang satu ini.

Hampir seluruh wilayah Kotagede dipenuhi dengan beragam toko kerajinan perak yang indah dan menarik. Hal ini sampai membuat daerah ini dijuluki “Jewelry of Jogja”, lho!

15. Oseng Mercon Kaleng

Oseng Mercon Kaleng

Sumber: Shopee

Bagi penggemar rasa pedas, ada opsi oseng mercon kaleng yang bisa dijadikan oleh-oleh. Hidangan ini terdiri dari tetelan daging sapi yang dimasak bersama banyak cabai.

Kamu dapat membeli oseng mercon kaleng di toko-toko oleh-oleh atau langsung di warungnya. Harganya sendiri sekitar Rp45.000 per kaleng.

16. Kopi Merapi

Ketika berkunjung ke Gunung Merapi, kamu dapat mengunjungi Warung Kopi Merapi untuk menikmati seduhan kopi yang berasal dari perkebunan di lereng gunung tersebut. Harganya berkisar antara Rp15.000–Rp25.000 untuk satu kopi instan.

17. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Sumber: pergikuliner.com

Cokelat Monggo merupakan salah satu merek cokelat yang terkenal di Jogja. Cokelat ini diproduksi oleh para ahli cokelat asal Belgia menggunakan biji cokelat premium asli Indonesia.

Untuk mendapatkan Cokelat Monggo, kamu bisa membelinya di toko atau langsung mengunjungi pusat produksinya di Jalan Tugu Gentong RT 03 Sribitan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

18. Walang Goreng

Ingin mencicipi makanan yang cukup eksotis? Jika ya, kamu dapat mencari walang goreng sebagai oleh-oleh Jogja selain bakpia.

Seperti bisa ditebak dari namanya, walang goreng adalah belalang yang digoreng sampai renyah lalu dibumbui. Makanan ini umumnya dijual di pinggiran jalan di sekitar Gunung Kidul. Banyak wisatawan membeli walang goreng sebagai oleh-oleh karena keunikannya. 

Baca Juga: Inilah 20 Rekomendasi Kafe di Jogja yang Instagramable

19. Geblek

Geblek

Sumber: Danangtrihartanto via Wikimedia Commons

Jika kamu berada di daerah Kulon Progo, maka kamu bisa membawa pulang geblek sebagai oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang diberi bumbu bawang gurih, serta biasanya disantap bersama tempe bacem atau hidangan lainnya.

20. Ukel dan Banjar

Ukel merupakan makanan khas Kotagede yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula, telur, dan sedikit garam. Jajanan ini memiliki bentuk seperti angka delapan dan dilapisi dengan gula.

Masa simpan kudapan ini cukup lama, jadi cocok sebagai oleh-oleh khas Jogja selain bakpia. Kamu dapat menjumpai penjual ukel terutama di pasar-pasar tradisional. 

Liburan di Jogja? Menginap di Bobobox Malioboro Saja!

bobobox malioboro

Setelah lelah mencari oleh-oleh khas Jogja, tentunya kamu ingin beristirahat untuk mengisi kembali energi. Untuk yang satu ini, coba saja menginap di Bobobox Malioboro.

Selain aksesnya mudah karena berada di pusat kota, harganya pun terjangkau. Kapan lagi dapat hotel kapsul yang nyaman dan sudah dilengkapi kasur empuk, speaker Bluetooth, dan LED yang pengaturannya bisa kamu sesuaikan sendiri?

Pemesanan bisa dilakukan via situs resmi atau aplikasi Bobobox, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles