cafe di jogja yang instagramable

Inilah 20 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Instagramable

Tak hanya dipenuhi dengan destinasi wisata alam, budaya, dan kuliner, Jogja juga memiliki beragam cafe instagramable yang cocok banget bagi kamu para pencinta foto.

Cafe memang bukan sekadar tempat nongkrong dan menikmati kopi, tetapi juga sasaran berburu foto karena desain-desain tempatnya yang menarik.

Jika kamu pencinta cafe instagramable dan hendak berlibur ke Jogja, rekomendasi cafe di Jogja yang instagramable berikut ini bisa menjadi pilihan.

20 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Instagramable

Jogja, selain terkenal dengan pesona budaya dan alamnya yang memesona, juga menjadi surganya para pecinta kopi dan makanan lezat. Dalam keseharian warganya yang penuh keindahan seni dan tradisi, kota ini juga menyajikan berbagai cafe Instagramable yang siap memanjakan mata. Berikut beberapa rekomendasi cafe di Jogja yang patut kamu kunjungi untuk merasakan suasana kota ini.

1. Carroll Kitchen

Carroll Kitchen

Sumber: cophenmagazine.com

Alamat: Jalan Kledokan III A, Blok C, Kledokan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Carroll Kitchen merupakan tempat nongkrong instagramable di Jogja yang mengusung konsep botanical tropic ala Bali.

Buka sejak akhir 2019 lalu, kafe satu ini dihiasi dengan tanaman hijau dan juga dikelilingi oleh persawahan yang membuat suasana terasa segar, homey, dan menenangkan.

Selama nongkrong di Carroll Kitchen, kamu bisa memesan aneka menu lokal, Asia, dan western dengan harga mulai dari Rp15.000-an.

Selain itu, terdapat fasilitas Wi-Fi yang bisa kamu manfaatkan untuk sekadar browsing hingga mengerjakan tugas.

Baca juga: 6 Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam yang Keren

2. Kalluna

Kalluna

Sumber: @kalluna_id via Instagram

Alamat: Jalan Sajiono No.13, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Rekomendasi cafe di Jogja yang instagramable berikutnya adalah Kalluna.

Sama halnya dengan Carroll, Kalluna juga menyuguhkan suasana estetik yang mengingatkan kamu akan kafe-kafe cantik di Bali.

Bedanya, Kalluna mengusung gaya modern dengan sentuhan Bohemian dan dominasi warna putih serta desain tembok melengkung yang membuat kamu serasa di Yunani.

Untuk menunya, Kalluna menyediakan beragam makanan khas Indonesia, Asia, dan western. Kamu bisa memesan nasi goreng, sate maranggi, Caesar salad, dan lainnya dengan harga mulai Rp40.000-an.

3. Oppio Coffee

Oppio Coffee

Sumber: gudeg.net

Alamat: Jalan Nglengkong Besi No.11, Area Sawah, Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman

Jika mulai merasa pengap karena terus terkurung di dalam ruangan, healing sambil ngopi dan nongkrong ke Oppio Coffe bisa menjadi pilihan.

Oppio Coffe sendiri terdiri dari beberapa bangunan unik yang berfungsi sebagai bar serta area indoor untuk pelanggan.

Selain itu, ada juga area outdoor berumput yang luas dengan banyak kursi kayu dan ornamen cantik, termasuk ilalang, mobil Volkswagen kuning, api unggun, dan lampu hias yang terlihat indah saat malam tiba.

Sesuai namanya, cafe instagramable ini didominasi oleh menu kopi seperti Americanon, Caramel Milk, Cappucino, Avocado Coffee, dan lainnya dengan harga mulai dari Rp30.000-an.

4. Carney Co

Carney Co

Sumber: pinhome.id

Alamat: Jalan Garuni II, Kledokan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Mau refreshing di kafe estetik dan elegan dengan pemandangan sawah hijau yang memanjakan mata? Carney Co bisa menjadi pilihan.

Cafe di Jogja ini memiliki dua lantai. Lantai pertama menyediakan bar sedangkan lantai keduanya terkenal instagramable dengan keberadaan sofa-sofa dan bean bag empuk.

Selain itu, ada juga area outdoor yang juga dilengkapi dengan sofa, bean bag, kursi kayu, serta suguhan pemandangan sawah.

Untuk kulinernya, Carney Co menyediakan beragam menu makanan ringan, berat, dan minuman dengan harga mulai dari Rp20.000-an.

Baca juga: 7 Toko Oleh-Oleh Khas Jogja yang Patut Kamu Kunjungi Saat Menginap di Bobobox Malioboro

5. Café Brick

Café Brick

Sumber: yogyes.com

Alamat: Jalab Damai No.8, Tambakan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman

Buka sejak 2017, Café Brick merupakan tempat nongkrong dan nopi dengan konsep vintage ala London lengkap dengan hiasan vintage, seperti jam dinding, kursi, hiasan dinding, dan lainnya. 

Tampak luar, bangunan kafe memang menunjukkan arsitektur khas Eropa dengan dominasi bata merah ekspos.

Bangunan itu sendiri terdiri dari dua lantai. Di sampingnya terdapat terdapat semacam lorong yang menyerupai gang di London.

Menu makanannya terbilang beragam dengan harga mulai dari Rp30.000-an. Kamu bisa memesan nasi goreng, sandwich, English breakfast, dan masih banyak lagi.

6. Sepakat Coffee

Sumber: @sepakat_coffee via Instagram

Alamat: Jl. Wahid hasyim No.187A dn, Ngropoh, Condongcatur, Kabupaten Sleman

Berbeda dengan kafe-kafe sebelumnya, Sepakat Coffee hadir dengan nuansa modern industrial yang menciptakan kesan sederhana dan minimalis, tapi tetap nyaman dan asyik.

Meski terbilang kecil, cafe di Jogja yang instagramable ini terdiri dari beberapa area, yaitu indoor, semi-indoor, outdoor, dan rooftop.

Menu yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tidak terlalu suka kopi.

Ada Americano, cappuccino, coffee latte, burger, pasta, chicken rice, salad, mocktail, es kopi, frappe, smoothies, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp20.000–80.000-an.

Baca juga: 7 Tea House Yogyakarta, Rasakan Pengalaman Ngeteh Paling Autentik

7. REISBAN Coffee Shop

REISBAN Coffee Shop

Sumber: traveloka.com

Alamat: Jalan Menukan No.278, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta

REISBAN Coffe Shop merupakan kafe yang menyatu dengan sebuah hostel. Namun, kamu tidak perlu menginap untuk sekadar ngopi dan nongkrong di sini.

Keduanya menempati bangunan khas kolonial Belanda yang identik dengan penggunaan batu kali hitam di seperempat bagian bawah temboknya.

Kesan klasik, antik, dan nostalgic pun akan langsung terasa begitu kamu memasuki area kafe. 

Apalagi dengan adanya hiasan dinding, gramophone, motor, radio, telepon, jam, hingga kursi dan meja antik yang semakin menonjolkan suasana tempo dulu.

Untuk menunya, kamu bisa memesan makanan dan minuman seperti nasi goreng, platter, chicken rice, es kopi susu, Americano, cappuccino, long lack, mojito, dan lainnya. Harganya mulai dari Rp18.000-an.

8. Blanco Coffee and Books

Blanco Coffee and Books

Sumber: gudeg.net

Alamat: Jalan Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

Sesuai namanya, Blanco Coffee and Books merupakan tempat untuk ngopi yang sekaligus menyediakan rak berisi beragam buku sebagai bahan bacaan.

Blanco Coffee and Books sendiri terbilang kecil, tapi berlokasi di jalan yang sepi sehingga suasana di dalamnya tetap nyaman meski tengah ramai pengunjung.

Sambil membaca, kamu bisa menikmati signature drink yang ditawarkan, seperti The Hemingway, Bradburry, Coffee Crush, dan Choco Nut Frappuccino.

Selain itu, ada juga menu kopi basic, mocktail, es kopi susu, nonkopi, pastri, rice bowl, dan camilan ringan (platter, mac & cheese, nachos, dan fish and chips). Harganya mulai dari Rp22.000–38.000.

9. Roaster and Bear

Roaster and Bear

Sumber: tripadvisor.com

Alamat: Jalan P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

Sesuai namanya, Roaster and Bear menyuguhkan dekorasi yang didominasi oleh beruang dalam bentuk boneka besar, gambar di dinding, bantal sofa, hingga latte art-nya.

Latte art lucu bergambar beruang itu bisa kamu cicipi dengan memesan menu minuman seperti cappuccino dan cokelat panas seharga Rp40.000-an.

Selain kopi, tempat ini juga menyediakan menu makanan berat, termasuk nasi hainan, nasi goreng, iga bakar, ayam bakar, steak, pizza, salad, burger, serta minuman nonkopi.

10. Senja Coffee & Eatery

Senja Coffee & Eatery

Sumber: travelandword.com/

Alamat: Jl. Kaliurang No.36 km, RW.5, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Selanjutnya, ada Senja Coffe & Eatery yang bangunannya terbagi menjadi dua lantai.

Lantai bawah didominasi oleh warna cokelat dan hijau pastel yang membuat suasana begitu hangat dan nyaman.

Sementara itu, di lantai atas, kamu bisa menjumpai area semi-outdoor dan outdoor dengan desain estetik dan pemandangan hutan kota kampus UGM di sekelilingnya.

Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari espresso based, manual brew, signature coffee, tea dan juice, mocktail, milk based, lemonade dan butterbeer, cookies, croffle, croissant sandwich, rice bowl, salad, dan pastri. Harganya mulai dari Rp22.000–49.000-an.

11. Chingu Café

Sumber: travel.tribunnews.com

Alamat: Jalan Kaliurang, Yogyakarta

Selain menjadi pilihan untuk nongkrong bersama teman, Chingu Cafe juga cocok banget bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman bersantap dan jalan-jalan layaknya di Negeri Ginseng.

Kamu bisa mengenakan hanbok sambil bertualang di zama Dinasti Joseon, berpose di kawasan hits Dongdaemun, hingga nongkrong di sepanjang Sungai Cheonggyecheon. 

Kegiatan lain yang tidak boleh terlewatkan tentunya adalah mencicipi aneka makanan khas Korea, seperti tteokbokki, odeng, bingsu, corndog, Korean barbecue, kimchi jiggae, jajangmyeon, ramyeon, kimbap, dan lainnya. Harga jajanannya mulai dari Rp8.000-an.

12. Daheim kaffee•kollab•kultur

aheim kaffee•kollab•kultur

Sumber: cophenmagazine.com

Alamat: Jalan Pandega Marta No.39, Manggung, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Daheim merupakan sebuah kafe sekaligus coworking space yang menyuguhkan suasana ala Jerman lewat arsitektur khas Eropa serta ruangan-ruangan yang disewakannya.

Ada ruang Berlin, Dresden, Hamburg, Munchen, dan teater Mafaza.

Untuk hidangannya, kopi tentu menjadi menu yang tidak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa mencoba Americano, espresso, coffee latte, cappuccino, avocado latte, hazelnut latte, dan masih banyak lagi dengan harga sekitar Rp22.000.

Selain itu, ada juga menu nonkopi (seperti teh dan soft drink) serta makanan yang terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu pembuka; daging, nasi, roti, dan pasta; serta penutup.

13. BunJu Cafe & Mart

BunJu Cafe & Mart

Sumber: BunJu Cafe & Mart

Alamat: Jalan Cenderawasih No.32b, Mrican, Demangan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

BunJu Café & Mart bisa menjadi alternatif lain buat kamu yang ingin berburu foto sambil menikmati makanan dan jajanan khas Negeri Ginseng.

Uniknya, kamu juga bisa merasakan pengalaman berbelanja dan self-service layaknya di mini market Korea Selatan.

Untuk menunya, kamu bisa mencoba jajanan khas, seperti tteokbokki, dalgona, kimchi jiggae, hotteok, ramyeon, kimbab, mandu/pangsit, susu pisang, dan masih banyak lagi dengan harga sekitar Rp17.000–50.000-an.

14. Peacockoffie Palagan

Peacockoffie Palagan

Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar No.61C, Panggung Sari, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman

Peacockoffie merupakan kedai kopi asal Semarang yang kemudian membuka cabangnya di Jogja sejak 2009 lalu.

Buka 24 jam, kafe satu ini tak hanya menyuguhkan latar foto yang instagenic, tetapi juga menyediakan Wi-FI kencang serta meja-meja kayu yang dirancang khusus agar pengunjung nyaman dalam mengerjakan tugas atau bekerja.

Selain menawarkan menu berbahan dasar kopi, kafe ini juga menyediakan aneka camilan, pai, dan minuman menyegarkan dengan harga sekitar Rp15.000-an.

15. Narawita Healthy and Comfy Space

Narawita Healthy and Comfy Space

Sumber: ajandolan.com

Alamat: Jalan Anggrek, Blotan, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman

Narawita merupakan salah satu cafe hits di Jogja yang menyuguhkan suasana tradisional khas Jogja lengkap dengan persawahan dan pepohonan rindang yang mengelilinginya.

Tak sekadar instagramable, cafe satu ini juga menyediakan menu makanan sehat yang tidak terlalu manis, asin, dan bebas MSG dengan kisaran harga mulai dari Rp17.000–65.000.

16. Ekologi Desk

Cafe di Jogja Ekologi

Sumber: https://blog.tripcetera.com/id/cafe-di-jogja/

Alamat: Jl. Pandean Sari Blok IV No:10A, Candok, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283.

Kafe Ekologi Desk and Coffee merupakan co-working space yang sangat nyaman untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan. Lokasinya yang tenang dan terhindar dari keramaian sangat cocok bagi mereka yang mencari ketenangan. Ruang co-working space berada di lantai dua, sementara kafe itu sendiri terletak di lantai satu dengan desain minimalis yang dilengkapi dengan jendela-jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

17. Filosofi Kopi Jogja

Filosofi Kopi Jogja

Sumber: https://blog.tripcetera.com/id/cafe-di-jogja/

Alamat: Jl. Pandhawa No.001/17, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581.

Kedai Filosofi Kopi di Jogja muncul setelah kesuksesan film Filosofi Kopi 2 dan menempati bangunan joglo yang memancarkan nuansa Jawa yang kental. Tempat ini memiliki beberapa area, termasuk taman dengan lampu-lampu dan kursi meja santai, serta coffee bar dengan ruang lesehan di depannya.

Terdapat pula beberapa ruangan semi-terbuka yang nyaman untuk menikmati kopi sambil duduk santai. Meskipun ruangan-ruangan ini tidak memiliki pendingin udara, udara di sini sangat sejuk. Perlu dicatat bahwa Filosofi Kopi tidak menyajikan makanan berat, jadi pastikan perut kamu sudah terisi sebelum datang ke sini. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati kopi dalam suasana pedesaan yang tenang, jauh dari kebisingan perkotaan dan lalu lintas kendaraan.

18. Casario Cafe

cafe hits di kaliurang

Sumber: https://travelandword.com/25-cafe-hits-di-jogja-paling-instagramable-2022/

Alamat: Jl. pandanaran (jakal, KM 12), Bondosari, harjobinangun, kecamatan pakem, Sleman.

Setiap cafe baru di jogja selalu memberikan konsep atau tema yang berbeda. Seperti halnya di casario cafe ini dimana kamu bisa nongkrong di tepi sungai. Jadi di bantaran sungai tersebut dibuat papan dari kayu dan diatasnya terdapat meja serta bean bag untuk lesehan. Pengunjung bisa menikmati ragam menu sembari mendengarkan gemercik air yang menentramkan.

Selain area tersebut, casario cafe juga memiliki banyak seating area lainya baik didalam ruangan maupun luar ruangan. Setiap sudut terlihat begitu instagramable, asik banget buat foto foto.

19. Pendopo Lawas

cafe hits jogja dekat malioboro

Sumber: https://travelandword.com/25-cafe-hits-di-jogja-paling-instagramable-2022/

Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu sedang mencari sebuah kafe di Kota Jogja yang menawarkan live music dan berlokasi dekat dengan Malioboro, maka Pendopo Lawas adalah pilihan yang tepat. Tempat ini sering mengundang musisi terkenal seperti Tri Suaka dan teman-temannya untuk tampil. Lokasinya sangat mudah ditemukan di sebelah timur Alun-alun Utara Yogyakarta. Konsepnya mengusung gaya angkringan, jadi menu yang ditawarkan mirip dengan yang biasanya ada di angkringan. Harganya juga sangat terjangkau, dengan hanya Rp 20 ribu, kamu sudah bisa merasa kenyang..

20. Museum Louvre Paris Di De Celine

cafe hits di jogja kota 2022

Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Memang, Paris seringkali diidentikkan dengan Menara Eiffel, tetapi di sini kamu akan mendapatkan pandangan yang berbeda tentang Paris. Sebuah bangunan segitiga dengan dinding kaca, mirip dengan Museum Louvre, menjadi ikon dari kafe populer di Kota Jogja ini. Namun, bangunan ini tidak hanya sebagai elemen gimik semata, di dalamnya juga terdapat meja dan kursi yang nyaman untuk bersantai.

Tak jauh dari sana, kamu akan menemukan bangunan lain yang memiliki nuansa Eropa. Bangunan ini berwarna krim dan dilengkapi dengan pintu kaca yang menjadi bangunan utama dari kafe tersebut. Di depan bangunan ini, terdapat meja dan kursi bagi mereka yang ingin duduk di area terbuka.

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta Saat Menginap di Bobobox Malioboro

Hotel Strategis di Tengah Kota Jogja!

Hotel Strategis di Tengah Kota Jogja!

Sumber: bobobox via Instagram

Setelah seharian berwisata cafe instagramable di Jogja, Bobobox bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu.

Hotel satu ini menawarkan lokasi strategis di tengah Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Malioboro No.39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Masalah kenyamanan tidak perlu kamu ragukan lagi; interior pod yang cukup luas dengan kasur empuk pasti bikin kamu betah.

Nggak hanya itu, Bobobox juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantri, shared bathroom, musala, dan area komunal.

Unduh aplikasi Bobobox untuk pemesanan dan informasi selengkapnya.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles