oleh oleh khas jogja yang tahan lama

20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama

Jogja sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata liburan populer bagi masyarakat Indonesia. Budaya dan tradisinya yang masih lekat, sejarahnya yang kaya, serta berbagai kuliner lezat menjadi daya tarik terbesar kota ini.

Selain itu, Jogja juga menawarkan oleh-oleh menggiurkan yang dapat kamu nikmati bersama keluarga, teman, maupun pasangan, bahkan lama setelah liburan berakhir.

20 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama

Unik dan sulit ditemukan di kota lain, berikut pilihan oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama!

1. Bakpia Pathok 25

bob.kemenparekraf.go.id

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

Mengunjungi Jogja rasanya tidak lengkap apabila tidak membawa pulang Bakpia Pathok. Bakpia bulat dan mungil ini hadir dalam banyak variasi rasa, mulai dari rasa kacang hijau klasik, cokelat, keju, nanas, durian, taro, green tea, hingga cappuccino.

Oleh-oleh ini pun tergolong tahan cukup lama. Setiap kotak bakpia umumnya dapat bertahan setidaknya seminggu di dalam kulkas.

2. Bakpia Kukus Tugu

Bakpia Kukus Tugu

Sumber: Bakpia Tugu Jogja

Tak hanya Bakpia Pathok, terdapat jenis bakpia lembut yang dibuat dengan cara dikukus. Bakpianya pun memiliki tekstur lebih lembut dengan isian yang seolah meleleh di mulut.

Bakpia Kukus Tugu dapat bertahan selama 7 hari di suhu ruang dan hingga 9 hari di lemari pendingin. Ada banyak variasi rasa yang bisa kamu coba, seperti kacang hijau, keju, cokelat, stroberi, klepon, dan masih banyak lagi.

3. Bakpia Princess Cake

Bakpia Princess Cake

Sumber: jogja-handicraft.com

Bosan dengan bakpia ukuran kecil? Kamu juga bisa membeli bakpia berdiameter 17 cm untuk di Bakpia Princess Cake milik selebritas terkenal, Syahrini.

Terdapat 7 varian rasa yang dapat kamu pilih, yaitu cokelat, stroberi, tiramisu, choco banana, double cheese, red bean, dan durian. Bakpia ini bisa bertahan selama 7 hari di dalam kulkas.

Baca Juga: 7 Kampung Batik Jogja, Sekarang Kamu Bisa Wisata Sekaligus Belajar Membatik

4. Bakpia Tape Jogja

Bakpia Tape Jogja

Sumber: Bakpia Tape Jogja

Karena popularitas bakpia, muncullah inovasi bakpia berbahan dasar baru. Bukan lagi terbuat dari tepung terigu yang lalu dipanggang dan diisi campuran kacang hijau dan gula, kini telah hadir bakpia berbahan dasar tape.

Bagi kamu yang ingin mencoba bakpia rasa baru ini, pastikan untuk mengunjungi Bakpia Tape Jogja. Selain tape, tersedia juga berbagai rasa lain seperti kacang, tiramisu, keju, cokelat, bluberi, dan durian.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Brownies Ubi Ungu

Brownies Ubi Ungu

Sumber: chalistaa_kitchen via Instagram

Brownies umumnya identik dengan rasa cokelat yang manis. Namun di Jogja, kamu juga dapat menemukan brownies unik dengan bahan dasar ubi ungu, lho!

Tekstur yang lembut dan rasa manis yang bikin nagih menjadikan brownies ini menu kudapan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Jadi, jangan lupa untuk membawanya sebagai oleh-oleh, ya.

6. Kue Ogura Oma Opa

Kue Ogura Oma Opa

Sumber: momaopa via paxelmarket.co

Jika kamu ingin mencoba oleh-oleh yang lebih kekinian, maka kamu wajib mencoba kue ogura dari Oma Opa Cakery!

Kue ogura sendiri adalah sejenis cotton cake yang memiliki tekstur yang sangat lembut dan moist. Terdapat 3 pilihan rasa yang tersedia, antara lain adalah keju, cokelat, dan durian. Tiap kotak kue ogura dapat dikonsumsi hingga 8 hari setelah pembelian bila ditaruh di kulkas.

7. Lapis Jogja

Lapis Jogja

Sumber: Dwianistya Waskito via Pinterest

Kue lapis memang sudah terkenal sebagai salah satu menu makanan khas Indonesia. Jogja juga ternyata merupakan salah satu kota yang juga menawarkan kue lapis lezat.

Gerai kue lapis di Jogja dapat ditemukan dengan mudah. Tiap gerai menawarkan jenis varian rasa yang berbeda-beda untuk menyesuaikan berbagai selera wisatawan.

8. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy

Sumber: Jogja Scrummy

Kue kekinian lainnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Jogja Scrummy milik aktor Dude Herlino. Kue berlapis yang satu ini merupakan perpaduan antara puff pastry renyah di bagian atas, dan brownies kukus dengan filling rasa menarik di bagian bawahnya.

Beberapa jenis rasa yang dapat kamu pilih antara lain adalah cokelat, keju, srikaya, dan masih banyak lagi.

9. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja

Sumber: Riana Dewi via kompasiana.com

Masih di topik kue kekinian, Mamahke Jogja adalah toko kue milik aktris Zazkia Adya Mecca yang menawarkan kue bolu tiga lapis. Ada tujuh varian rasa yang bisa kamu cicip, yaitu cokelat, keju, oreo cheese, choco banana, tiramisu, red velvet, dan green tea.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta Saat Menginap di Bobobox Malioboro

10. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Sumber: outingjogja.com

Pencinta cokelat wajib mampir! Cokelat Monggo menawarkan berbagai variasi rasa cokelat yang tak lazim ditemui di pasaran. Sebut saja cokelat rasa durian, cabai, mangga, hingga jeruk. Oleh-oleh ini cocok untuk diberikan kepada teman-teman yang hobi mencoba kuliner unik.

11. Yangko

Yangko

Sumber: omiyago.com

Terbuat dari adonan tepung ketan yang kemudian dibungkus tepung gula, yangko adalah oleh-oleh khas Jogja yang teksturnya kenyal seperti mochi.

Umumnya, yangko memiliki isian berupa campuran kacang dan gula halus. Namun, terdapat berbagai variasi rasa lainnya mulai dari cokelat hingga durian.

12. Geplak

Geplak

Sumber: Danangtrihartanto via commons.wikimedia.org

Jajanan manis lainnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah geplak. Makanan ini terbuat dari ketan dan gula kelapa yang lalu dikukus agar padat. Proses tersebut juga membantu geplak tidak mudah basi, menjadikannya salah satu oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama.

13. Gudeg Kaleng

Gudeg Kaleng

Sumber: gudegbagong via Instagram

Ingin membawa pulang gudeg nikmat untuk kerabat terdekat? Kini, kamu bisa membagikan kelezatan gudeg lewat Gudeg Kaleng!

Yap, seperti namanya, gudeg ini telah dikemas layaknya sarden. Jadi, kamu tidak perlu takut gudeg akan tumpah maupun basi dalam perjalanan. Tiap kemasan gudeg kaleng bahkan bisa bertahan hingga 1,5 tahun!

14. Tahu Susu Bakso (Tasuba)

Tahu Susu Bakso (Tasuba)

Sumber: tiket.com

Siapa sangka bahwa Jogja juga memproduksi tahu nikmat untuk melengkapi menu makanmu? Tahu susu bakso terbuat dari susu sapi murni yang segar, jadi teksturnya terasa sangat lembut. Selain itu, kudapan ini pun jadi memiliki nilai gizi tinggi.

Tahu susu bakso tersedia dalam bentuk makanan beku praktis. Meski dibuat tanpa bahan pengawet, tahu susu bakso umumnya tahan sampai 3 bulan jika disimpan dalam freezer.

15. Geblek Kulon Progo

Geblek Kulon Progo

Sumber: yummy.co.id

Makanan khas Kulon Progo satu ini kini telah tersedia juga di Jogja. Terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dan dinikmati bersama bumbu bawang, geblek adalah kudapan yang cocok disantap bersama teh atau kopi.

Kamu dapat membeli geblek dalam keadaan beku, jadi kamu hanya perlu menggorengnya di rumah.

16. Salak Pondoh

Salak Pondoh

Sumber: Ricardo via jpnn.com

Cocok sebagai oleh-oleh untuk pencinta buah, salak pondoh adalah salak manis dan segar yang bikin nagih. Tiap salak pondoh juga dapat bertahan untuk waktu yang relatif lama, dengan masa simpan sekitar 33 hari pada suhu 10–12°C.

17. Keripik Belut

Keripik Belut

Sumber: Kominfo via klatenkab.go.id

Bagi kamu yang hobi mencoba hal baru, jangan lupa untuk mencoba keripik belut khas Jogja. Camilan satu ini gurih dan cocok dijadikan teman makan nasi.

18. Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu

Sumber: i_amallea via cookpad.com

Selain keripik belut, Jogja juga menawarkan oleh-oleh keripik tempe sagu yang tak kalah menarik. Berbeda dengan keripik tempe pada umumnya, keripik tempe sagu memiliki tekstur yang lebih renyah.

19. Kopi Merapi

Kopi Merapi

Sumber: kk-advocates.com

Kalau kamu ingin membawa oleh-oleh yang cocok untuk penggemar kopi, Kopi Merapi jawabannya. Kamu dapat membeli biji kopi yang ditanam langsung di tanah vulkanik lereng Gunung Merapi, yang memberikannya cita rasa unik yang tidak bisa ditemukan pada biji kopi lain.

20. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Sumber: Tina Farida via topwisata.info

Terakhir, wedang uwuh juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama. Tersedia dalam bentuk kemasan, minuman tradisional khas Jogja ini terbuat dari rempah-rempah yang—jika diminum rutin—dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Baca Juga: 7 Tea House Yogyakarta, Rasakan Pengalaman Ngeteh Paling Autentik

Ingin Liburan dengan Akomodasi Terjangkau?

bobobox malioboro

Daripada menghabiskan bujet untuk akomodasi, lebih baik alokasikan anggaran untuk mengikuti berbagai aktivitas seru di Jogja. Carilah akomodasi yang nyaman, aman, tapi tetap ramah di kantong, seperti Bobobox Malioboro.

Bobobox adalah solusi menginap yang nyaman, aman, dan terjangkau. Dengan sistem kode QR, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Kualitas tidur pun pasti terjamin dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobobox.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles