kebun teh

Penting! Perhatikan Ini Sebelum ke Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Tak hanya pemandangan hijaunya yang nyaman di mata, semilir angin di lokasi juga akan membuatmu makin betah.

Salah satu kebun teh yang kini sedang jadi tujuan populer adalah Kebun Teh Wonosari! Memiliki luas mencapai sekitar 528 hektar, kebun teh di Malang ini menawarkan berbagai aktivitas seru yang dapat kamu coba.

Penasaran apa saja yang ada di kebun teh ikonik ini? Yuk, intip selengkapnya info lengkap mulai dari sejarah, daya tarik, harga tiket, hingga cara menuju ke lokasi!

Tentang Kebun Teh Wonosari Malang

kebun teh wonosari

Photo: Quang Nguyen Vinh via Pexels

Kebun Teh Wonosari adalah lokasi wisata agrikultur yang kini tengah ramai diperbincangkan. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Arjuno membuatnya menjadi tempat asri yang memberikan efek menenangkan bagi para pengunjung.

Berada di daerah yang jauh dari perkotaan, suhu pada area perkebunan bahkan bisa mencapai 19 derajat celcius! Tentunya semakin menambah suasana tentram yang dapat meringankan segala beban pikiran.

Selain suasana yang sejuk, ternyata terdapat sejarah menarik Kebun Teh Wonosari, lho.

Baca Juga: 9 Tempat Snorkeling Malang yang Paling Indah dan Menakjubkan

Sejarah Kebun Teh Wonosari

FYI, Kebun Teh Wonosari telah berdiri sejak tahun 1875 dan dulu merupakan kebun kopi dan kina.

Barulah pada tahun 1910 kegunaannya diubah menjadi lahan kebun teh oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah kemerdekaan Indonesia, pengelolaan kebun teh kemudian diambil alih oleh PTPN XII.

Upaya perubahan kebun teh ini menjadi lokasi agrowisata baru terealisasi pada tahun 1994, tak lama setelah peresmian kebun teh lainnya yaitu agrowisata Kebun Teh Gunung Mas di Jawa Barat. Banyak area yang disulap untuk menyambut pengunjung, mulai dari gudang pabrik yang beralih fungsi menjadi aula dan pembangunan jogging track untuk memfasilitasi kegiatan olahraga di perkebunan.

Kini, Kebun Teh Wonosari telah semakin berkembang dan memiliki berbagai fasilitas lainnya yang tak boleh kamu lewatkan!

Daya Tarik, Harga Tiket, dan Kegiatan di Kebun Teh Wonosari

Selain pemandangan yang memanjakan mata, Kebun Teh Wonosari juga menawarkan berbagai aktivitas seru untuk menunjang quality time kamu bersama orang-orang tersayang.

Perkebunan teh ini terbuka untuk umum mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Untuk dapat masuk ke dalam area kebun, kamu hanya perlu membeli tiket masuk senilai Rp15.000 saat weekday dan Rp20.000 saat weekend/libur nasional.

Tak perlu khawatir, kamu pasti tidak akan merasa bingung karena banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa kamu coba di Kebun Teh Wonosari! 

1. Menikmati Pemandangan Kebun Teh

kebun teh wonosari

Photo: jaikishan patel via Unsplash

Hal pertama yang tentunya tak boleh kamu lewatkan! Manfaatkan waktu di lokasi untuk menenangkan pikiran melalui pemandangan hijau hamparan perkebunan teh dan pepohonan rindang.

Setiap sudut perkebunan menawarkan daya tarik yang berbeda, sehingga kamu perlu sedikit menjelajah untuk dapat menikmati seluruh area kebun. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba, di antaranya:

  • Trekking di jalur pejalan kaki yang tersedia.
  • Menyewa sepeda gunung senilai Rp25.000 dan meniti jalur sepeda untuk berkeliling kebun.
  • Membeli tiket Kereta Kelinci senilai Rp10.000 untuk mengelilingi perkebunan dengan lebih santai.

Baca Juga: Glamping Alam Terbuka di Bobocabin Coban Rondo Malang

2. Memetik Teh Bersama Para Petani

kebun teh wonosari

Photo: Danurwendho Adyakusuma via Unsplash

Seru dan edukatif, aktivitas lainnya yang dapat kamu coba adalah pengalaman memetik teh di perkebunan asri yang satu ini. Tak perlu takut melakukan kesalahan, karena kamu akan dipandu oleh para petani teh profesional secara langsung.

Kebun Teh Wonosari merupakan lokasi tumbuhnya dua jenis teh, yaitu Teh Sinensis dan Teh Assamica. Setelah melakukan pemetikan kedua jenis teh tersebut, kamu juga dapat melihat langsung proses pengolahan teh di pabrik teh. Pada lokasi bersejarah ini, kamu juga dapat mempelajari sejarah kebun teh secara lebih lengkap langsung dari ahlinya.

Untuk dapat mengikuti kegiatan memetik teh, kamu perlu membayar biaya tambahan sekitar Rp135.000 per orang.

3. Bermain Flying Fox & ATV

ATV, kebun teh wonosari

Photo: Rachel Cain via Unsplash

Kalau kamu lebih suka kegiatan menantang, yuk cobain juga flying fox! Kamu bisa menikmati indahnya alam dari ketinggian dengan membayar tiket seharga Rp25.000 saja.

Jika kamu lebih suka menikmati pemandangan dari jalur darat, kamu dapat mencoba fasilitas ATV yang tersedia. Menawarkan jalur yang lebih menantang, fasilitas ini dapat kamu nikmati dengan harga sewa senilai Rp50.000 per orang.

4. Berendam di Kolam Renang Air Hangat

Membuat relaks dan ampuh menghilangkan segala beban pikiran, berendam di kolam renang air hangat adalah salah satu pilihan kegiatan yang dapat kamu coba saat berkunjung ke Kebun Teh Wonosari.

Nikmati kehangatan kolam renang ini dengan tarif masuk hanya Rp10.000 saat weekday dan Rp12.000 saat weekend/hari libur nasional.

5. Menikmati Sunset di Bukit Kuneer

sunset, kebun teh wonosari

Photo: Dawid Zawila via Unsplash

Ingin menikmati momen romantis bersama pasangan? Kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan sedikit pendakian hingga mencapai puncak perkebunan yang bernama Bukit Kuneer. Hanya dengan membayar tiket tambahan senilai Rp10.000 saja, kamu sudah bisa menyaksikan perpaduan menakjubkan pemandangan perbukitan hijau dengan sunset jingga yang cantik.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang untuk Pacar: Suvenir Romantis untuk Kesayangan

Cara Menuju Kebun Teh Wonosari dari Malang

Kebun Teh Wonosari berjarak sekitar 23 kilometer dari Alun-Alun Kota Malang, dan kamu bisa menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih selama 50 menit. Jalan yang perlu kamu ambil adalah melalui Jalan Raya Mondoroko, lalu ke Jalan Diponegoro, hingga sampai ke perkebunan.

Nah, itu dia semua hal yang wajib kamu ketahui sebelum mengunjungi Kebun Teh Wonosari! Sekarang kamu jadi bisa mengatur itinerary liburan ke Malang secara lebih rapi dan mendetail, deh!

kamar Bobopod Malang

Photo: Bobobox Internal Asset

Masih bingung mencari akomodasi yang nyaman selama berlibur di Malang? Yuk, cobain Bobopod Alun-Alun, Malang! Karena lokasinya strategis, kamu dapat dengan mudah mencapai berbagai tujuan wisata populer dan mencicipi kuliner legendaris Malang hanya dengan berjalan kaki saja, lho!

Sistem kode QR yang melengkapi tiap pod bisa mempermudah proses check-in dan check-out kamu. Istirahat pun makin berkualitas dengan adanya fitur pengaturan cahaya khas Bobopod yang dapat kamu atur sesuai kebutuhan.

Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang untuk reservasi dan informasi selengkapnya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Featured photo: Quang Nguyen Vinh via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles