danau

10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Senang berwisata alam? Menjelajah danau bisa jadi salah satu opsi yang seru dan menyenangkan. Danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang terbentuk karena aktivitas alam di masa lampau, bisa ratusan hingga jutaan tahun silam.

Danau dikelilingi daratan dan terisi air tawar maupun air asin. Nah, kamu penasaran dengan danau-danau terbesar di dunia? Ini dia daftar selengkapnya!

1. Laut Kaspia

laut kaspia

Photo: Dario Daniel Silva via Unsplash

Jangan tertipu namanya! Meski memiliki laut dalam namanya, Laut Kaspia masih dikategorikan sebagai danau karena masih dibatasi oleh daratan dan tidak terhubung langsung dengan laut lepas.

Danau Kaspia adalah danau pedalaman terbesar di dunia, mencakup perairan asin seluas sekitar 371.000 kilometer persegi. Saking besarnya, danau ini masuk ke dalam wilayah 5 negara, yaitu Kazakhstan, Rusia, Azerbaijan, Iran, dan Turkmenistan. Selain itu, danau ini juga merupakan persimpangan antara benua Asia dan Eropa. 

Cocok untuk dikunjungi oleh para pencinta satwa! Di kedalaman danau, hidup ratusan biota laut yang menarik – termasuk di antaranya adalah anjing laut. Sementara itu, pada pesisir danau kamu dapat menemukan kelinci, serigala, rubah, rakun, angsa, bebek, dan masih banyak lagi.

2. Danau Superior

danau superior

Photo: Hans Isaacson via Unsplash

Ukurannya lebih besar dari Negara Republik Ceko! Seperti namanya, Danau Superior memang jauh lebih superior dari danau lainnya dari segi ukuran.

Terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, danau yang satu ini merupakan danau terbesar di Benua Amerika sekaligus danau air tawar terbesar di dunia dengan luas permukaan mencapai 82.000 km persegi. Pada danau ini terdapat banyak hasil tambang berharga yang biasanya diperjualbelikan di wilayah sekitar, seperti besi, logam, perak, dan tembaga.

Tak hanya itu saja, danau ini memiliki kondisi ekosistem unik yang menyebabkan Danau Superior mendapatkan julukan “Danau Paling Oligotrofik di Dunia”. Artinya, danau ini memiliki nutrien yang sedikit namun memiliki air yang jernih dan tingkat oksigen yang tinggi di dasar.

Karena itulah tak semua spesies dapat hidup di perairan ini. Terdapat 88 jenis ikan yang hidup di Danau Superior – salah satunya adalah Lake Sturgeon yang bisa mencapai berat hingga 150 kilogram dan umur hingga 150 tahun.

3. Danau Victoria

danau victoria

Photo: Evans Dims via Unsplash

Danau terbesar di dunia selanjutnya adalah Danau Victoria, dengan luas 68.870 kilometer persegi yang juga membuatnya menjadi danau terbesar di benua Afrika dan danau tropis terbesar di dunia. 

Faktanya, danau ini juga merupakan reservoir utama dari Sungai Nil. Tak hanya itu saja, Danau Victoria juga merupakan rumah bagi lebih dari 80 pulau.

Meski memiliki perairan yang tampak cantik, kamu perlu berhati-hati karena Danau Victoria adalah salah satu danau yang tidak aman untuk berenang. Danau ini adalah tempat tinggal siput yang menjadi inang parasit yang dapat menyebabkan peradangan pada usus atau kandung kemih hingga kerusakan organ dalam jangka panjang.

4. Danau Huron

danau huron

Photo: Michael Rodock via Unsplash

Tak hanya luas, tapi juga unik! Danau Huron merupakan salah satu danau terbesar dengan luas 59.600 kilometer persegi dan merupakan muara air dari Danau Superior, Danau Ontario, dan Danau Erie.

Yang membuat danau ini unik adalah meski memiliki luas permukaan yang lebih kecil dari Danau Victoria, Danau Huron ternyata memiliki volume yang lebih besar. Selain itu, sejarah mencatat bahwa Danau Huron terbentuk dari pergeseran gletser atau lapisan yang mencair di akhir zaman es. 

5. Danau Michigan

danau michigan

Photo: Nicole Geri via Unsplash

Danau Michigan adalah danau ke-5 terbesar di dunia! Dengan wilayah permukaan seluas 57.750 kilometer persegi, danau ini membatasi 4 negara bagian Amerika Serikat yaitu Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan.

Tepi Danau Michigan merupakan tempat tinggal dari sekitar 12 juta penduduk. Area pemukiman tersebut juga merupakan wilayah turis yang ramai dikunjungi wisatawan. Aktivitas seru yang dapat kamu coba antara lain tur ke Mercusuar Point Betsie yang bersejarah, wisata kapal pesiar, dan masih banyak lagi!

Baca Juga: 100+ Tempat Liburan di Indonesia Terbaik dari Sabang sampai Merauke

6. Danau Tanganyika

danau tanganyika

Photo: Aaron Burden via Unsplash

Berusia jutaan tahun, Tanganyika adalah danau seluas 33.000 kilometer persegi yang menempati empat negara, yaitu Kongo, Tanzania, Burundi, dan Zambia. 

Menurut para ahli, cekungan di bagian tengah telah terbentuk sejak 9-12 juta tahun yang lalu! Pada bagian ini, air yang tergenang rupanya tidak pernah berganti selama jutaan tahun dan menjadi jenis air yang disebut sebagai air fosil.

Manusia tidak disarankan untuk berenang pada area dengan jenis air fosil karena air ini tidak mengandung oksigen di dalamnya dan justru mengandung hidrogen sulfida yang beracun. Namun, area danau lainnya menyimpan kekayaan ekosistem tersendiri – tepatnya untuk 250 jenis ikan cichlid dan buaya, salah satunya mencapai berat 900 kg!

7. Danau Baikal

danau baikal

Photo: Joanne de Graaff via Unsplash

Dalam bahasa Turki, Danau Baikal yang memiliki luas 31.722 kilometer persegi ini rupanya berarti danau kaya. Terbukti dari segi variasi fauna yang ada, mulai dari anjing laut air tawar, rusa kutub, elk, beruang , babi liar, polecat, cerpelai, hingga serigala dapat kamu temukan di sekitar area danau.

Tak hanya itu saja, Danau Baikal telah ada sejak 25 juta tahun yang lalu dan merupakan danau tertua di dunia. Selama jutaan tahun, danau ini telah menawarkan panorama pegunungan bersalju dan air jernih yang memanjakan mata. Kamu tentunya dapat seketika melepas penat di sini!

8. Danau Beruang Besar

danau beruang besar, great bear lake

Photo: Paxson Woelber via Unsplash

Seperti namanya, Danau Great Bear atau Beruang Besar adalah danau yang menjadi habitat dari populasi beruang grizzly terbesar di dunia. 

Tak hanya rumah bagi spesies beruang, wilayah danau juga merupakan tempat tinggal dari suku Sahtu Got’ine yang memiliki pemimpinnya sendiri. Hal ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah Kanada dalam upaya untuk mencegah kepunahan budaya dan bahasa lokal.

Selain mendapat dukungan dari pemerintah kanada, area danau yang memiliki luas 31.153 kilometer persegi ini telah dinyatakan sebagai salah satu wilayah Warisan Dunia UNESCO.

9. Danau Malawi

danau malawi

Photo: Omar Hakeem via Unsplash

Tak hanya Danau Beruang Besar, Danau Malawi juga adalah salah satu danau terbesar yang termasuk dalam Warisan Dunia UNESCO. Bukan hanya karena panoramanya yang ciamik, tetapi danau ini juga merupakan habitat dari ratusan jenis ikan endemik yang tak dapat ditemukan di danau lainnya.

Danau Malawi juga memiliki karakteristik yang unik! Terdapat tiga lapis air pada danau seluas 29.600 kilometer persegi ini. Tiap lapisan air tidak dapat bercampur satu sama lain dan dipisahkan oleh sejumlah bahan kimia dan temperatur, sehingga kekentalan pada tiap lapisan pun menjadi berbeda-beda.

10. Danau Toba

danau toba

Photo: Laurentiu Morariu via Unsplash

Indonesia juga ternyata punya danau terbesar! Danau Toba adalah danau terluas di Asia Tenggara, terkenal dari legenda pemuda bernama Toba yang hidup bersama istri yang merupakan jelmaan ikan mas.

Pada kenyataannya, Danau Toba tidak terbentuk karena pengkhianatan Toba terhadap istrinya, melainkan dari letusan gunung berapi yang sangat besar sekitar 70.000 tahun yang lalu.

Kini, Danau Toba menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung berkat suasana asri yang ditawarkan. Tak hanya dapat menikmati pemandangan cantik pepohonan hijau dan danau yang tenang, kamu juga dapat menjelajahi danau di atas kayak, mencicipi kuliner khas Batak, hingga berendam di sumber mata air terdekat!

Baca Juga: Bagaimana Cara ke Danau Toba dari Bandara Kualanamu?

Yuk, Liburan ke Danau Toba dan Menginap di Bobocabin!

bobocabin signature kaldera

Photo: Bobobox Internal Asset

Bagi kamu yang tertarik untuk menjelajahi area Danau Toba hingga puas, pastikan untuk menginap di tempat yang nyaman agar terus bertenaga! Bobocabin Kaldera, Toba, adalah solusi glamping modern yang tak hanya menawarkan istirahat berkualitas, tetapi juga berbagai paket seru untuk menemani kamu eksplor Toba secara maksimal.

Kamu dapat menikmati fasilitas tur ke berbagai lokasi wisata ikonik Toba, seperti Kaldera, Bukit Indah Simarjarunjung, Air Terjun Sipiso Piso, Kebun Teh Sidamanik dan masih banyak lagi. Tentunya lebih lengkap jika menutup hari dengan kembang api atau menonton film lewat proyektor yang dapat kamu sewa di Bobocabin.

Yuk, cek informasi selengkapnya seputar Bobocabin Kaldera, Toba, dan lakukan reservasi dengan download Aplikasi Bobobox di sini. Selamat liburan!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Featured photo: Amirul Hafis Badrulhisham via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles