gunung tertinggi di indonesia

10 Puncak Tertinggi Indonesia: Destinasi Wajib Para Pendaki!

Tahukah kamu kalau Indonesia dikenal sebagai negeri seribu gunung? Yup! Dengan lebih dari 400 gunung yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, nggak heran kalau negara ini dapat julukan tersebut.

Hingga kini, Indonesia punya setidaknya 127 gunung masih aktif dan terus memancarkan kekuatan alamnya. Namun, baik yang aktif maupun tidak, setiap gunung di Indonesia memiliki pesona dan keunikannya tersendiri, terutama bagi kamu yang haus akan petualangan!

Pengen tahu gunung-gunung mana saja yang menjulang tinggi di atas awan dan wajib masuk dalam bucket list pendakianmu? Yuk, jelajahi bersama Bob apa saja puncak-puncak tertinggi di Indonesia yang siap menawarkan pengalaman luar biasa!

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Puncak gunung tidak hanya menawarkan tantangan fisik bagi kamu, tetapi juga menyuguhkan keindahan alam yang memukau, mulai dari hutan tropis yang lebat hingga pemandangan salju abadi. Jika kamu siap menjelajah lebih tinggi, lanjut baca untuk mengenali lebih dekat puncak-puncak menantang yang ada di tanah air!

Baca Juga: Mengenal Komunitas Pendaki Gunung Indonesia, Buatmu yang Butuh Teman Naik Gunung

1. Puncak Jaya

puncak jaya wijaya,gunung tertinggi di indonesia

Photo: Asso Myron via Unsplash

Puncak Jaya, atau lebih dikenal sebagai Carstensz Pyramid, adalah gunung tertinggi di Indonesia dan satu-satunya puncak di Asia Tenggara yang diselimuti salju abadi! Terletak di Pegunungan Sudirman, Papua, puncak ini mencapai ketinggian 4.884 meter. Puncak Jaya sendiri termasuk di dalam daftar Seven Summits—tujuh puncak tertinggi di dunia!

Yang unik dari Puncak Jaya adalah salju tropis yang jarang ditemukan di wilayah Indonesia yang notabene dilewati oleh garis khatulistiwa. Ditambah lagi, medan pendakian yang menantang, tebing-tebing terjal, hingga gletser yang megah, membuat puncak gunung ini semakin menggoda untuk dijelajahi. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati pemandangan luar biasa yang memadukan bentangan pegunungan, hutan Papua yang eksotis, dan langit biru yang seolah tak berujung.

Meski terpencil, Puncak Jaya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi kamu yang suka tantangan. Tapi jangan khawatir, kamu juga tetap bisa menikmati keindahan alam Papua tanpa mendaki, lho! Ada destinasi lain seperti Lembah Baliem, yang terkenal sebagai pemukiman Suku Dani, dan Taman Nasional Lorentz, situs warisan dunia yang penuh keanekaragaman hayati! Tertarik ke sini?

2. Puncak Mandala

gunung tertinggi di indonesia, puncak mandala

Photo: Ivan Samudra via Unsplash

Terletak di Pegunungan Jayawijaya, Papua, Puncak Mandala adalah salah satu spot summit tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.760 meter. Meskipun tak sepopuler Puncak Jaya, Puncak Mandala menawarkan pendakian yang sama beratnya dengan medan yang ekstrem, dipenuhi hutan lebat, tebing curam, serta udara tipis di ketinggian.

Sebelumnya, Puncak Mandala juga diselimuti salju abadi, tetapi perubahan iklim telah menyebabkan saljunya hampir menghilang. Meski begitu, pemandangan di sekitarnya tetap memukau, dengan hutan tropis yang luas dan hamparan pegunungan yang seolah tak ada habisnya. Dari puncaknya, kamu akan disuguhi panorama spektakuler yang meliputi lembah-lembah dalam dan puncak-puncak pegunungan yang menjulang tinggi.

Karena lokasinya yang terpencil dan akses yang cukup sulit, belum banyak fasilitas wisata di sekitar Puncak Mandala. Namun, kawasan ini tetap menarik bagi kamu yang doyan berburu petualangan penuh tantangan di alam Papua yang indah dan masih jarang terjamah!

3. Gunung Kerinci

gunung kerinci, gunung tertinggi di indonesia

Photo: Vinsent Alexandro via Unsplash

Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung yang terletak di Provinsi Jambi, Sumatera Utara ini menjulang setinggi 3.805 meter di atas permukaan laut. Sebagai bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat, Gunung Kerinci juga menjadi habitat satwa langka seperti harimau Sumatera, lho!

Ketika kamu mencapai puncaknya, kamu akan disambut dengan pemandangan hamparan hutan hujan tropis, kebun teh yang hijau, dan bahkan Samudra Hindia di kejauhan. Selain itu, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan kawah gunung berapi yang dramatis plus matahari terbit yang cantik!

Pendakian menuju puncak Kerinci menawarkan pengalaman menantang, terutama bagi para pecinta alam. Namun, Bob sarankan kamu benar-benar seorang pendaki berpengalaman jika berniat untuk eksplor gunung ini. Sebab jalur pendakiannya melewati hutan lebat hingga kawasan vulkanik aktif, jadi harus ekstra hati-hati, ya.

Selagi kamu berada di sini, jangan lupa mampir ke Danau Gunung Tujuh, danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara yang terletak tidak jauh dari Gunung Kerinci. Selain itu, kawasan ini juga kaya akan keanekaragaman hayati, menjadikannya surga bagi para pencinta alam dan fotografi. Siap menikmati keindahan alam Sumatera yang menakjubkan?

Baca Juga: Legenda Gunung Rinjani dan Berbagai Mitos Menarik yang Meliputi Gunung Indah Ini

4. Gunung Rinjani

gunung rinjani, gunung tertinggi di indonesia

Photo: Bobobox Internal Asset

Mendaki Gunung Rinjani akan memberikan pengalaman visual yang mantap. Bagaimana tidak? Gunung setinggi 3.726 meter ini, yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dikelilingi oleh panorama mewah yang ditawarkan sepanjang jalur pendakian. Mulai dari hutan tropis, sabana luas, hingga pemandangan menakjubkan dari danau kawah Segara Anak di ketinggian 2.000 meter! Danau berwarna biru ini sekaligus menjadi ikon Rinjani dan sering dijadikan tempat berkemah bagi para pendaki.

Di puncak Gunung Rinjani, kamu bahkan bisa menyaksikan megahnya Gunung Agung di Bali, pemandangan Samudra Hindia yang luas, serta keindahan alam Lombok. Pendakian ke Rinjani memang cukup menantang, tetapi sangat sepadan dengan keindahan yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Di sepanjang jalur pendakian kamu juga akan menemukan sumber air panas alami, yang bisa kamu pakai untuk bersantai setelah lelah mendaki.

Di sekitar Rinjani, terdapat beberapa wisata alam menarik lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan. Seperti Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang berada di kaki gunung. Selain itu, desa-desa tradisional seperti Desa Sembalun dan Senaru yang menawarkan pengalaman budaya lokal Suku Sasak juga wajib banget kamu kunjungi. Nggak heran kalau menjelajah Gunung Rinjani dijamin akan membawamu pada petualangan dan keindahan alam yang luar biasa!

Bobocabin Rinjani - Lombok

Photo: Bobobox Internal Asset

Nah, setelah lelah melakukan trekking, jangan lupa untuk beristirahat di Bobocabin Gunung Rinjani, Lombok! Suasana pegunungan kental sekali terasa jika kamu menginap di sini, sebab pemandangan gunung yang terpaut 2 km dari cabin akan menyapamu di pagi hari. Seru banget, kan? Pesan cabin-mu di sini ya!

5. Gunung Semeru

gunung semeru

Photo: Sergey Guk via Pexels

Gunung Semeru, dengan puncak Mahameru setinggi 3.676 meter, adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dan salah satu yang paling ikonik di Indonesia! Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru punya pesona magisnya sendiri lewat alam vulkaniknya yang aktif. Di sini, kamu akan bertemu dengan kawah Jonggring Saloko yang secara berkala memuntahkan asap dan abu vulkanik—sebuah pemandangan dramatis yang dicari para pendaki!

Jalur pendakiannya pun tidak kalah memikat. Kamu akan diajak untuk melintasi hutan tropis, savana, dan danau cantik Ranu Kumbolo, yang sering menjadi tempat peristirahatan para pendaki. Kalau berkemah di sini, siap-siap untuk terpukau dengan keindahan Ranu Kumbolo yang dikelilingi bukit hijau dan kabut pagi yang menambah suasana makin magis!

Bobocabin Coban Rondo

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah selesai trekking dan camping di Semeru, rehat sejenak di Bobocabin Coban Rondo, Malang yang jaraknya hanya dua jam dari Taman Nasional Bromo Tengger. Esoknya, kamu bisa melanjutkan liburanmu dengan mengunjungi Air Terjun Coban Rondo. Air terjun cantik ini jaraknya hanya 12 menit dari cabin, lho! Makin lengkap deh petualanganmu di Jawa Timur!

6. Gunung Latimojong

gunung tertinggi di indonesia, gunung latimojong

Photo: Yub 12 via Unsplash

Pernah dengar Gunung Latimojong? Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi ini punya puncak bernama Rante Mario. Dengan ketinggian mencapai 3.478 meter, Latimojong punya jalur pendakian yang menantang tapi juga sekaligus memukau!

Terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, gunung ini terkenal dengan keasrian alamnya yang masih sangat alami, jalur pendakian yang bervariasi, serta keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa. Kamu akan diajak menyusuri jalur trekking yang melewati hutan lebat, lembah hijau, dan air terjun alami yang menyegarkan.

Pemandangan dari puncak Rante Mario pun nggak kalau cantik! Hamparan pegunungan yang membentang luas dan langit biru tanpa batas akan menyapamu. Di beberapa titik, kamu juga bisa menikmati pemandangan lembah dan hutan tropis yang sangat menenangkan jiwa.

Bobocabin Bunaken Hills Manado

Photo: Bobobox Internal Asset

Dari selatan Pulau Sulawesi, lanjutkan perjalananmu ke utara menuju surganya pemandangan bawah laut. Apalagi kalau bukan Bunaken!

Setelah check-in tanpa ribet di Bobocabin Bunaken Hills, Manado lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa eksplorasi pulau-pulau cantik di sekitar Bunaken seperti Manado Tua, Pulau Siladen, atau Pulau Nain. Penjelajahanmu di Sulawesi makin berkesan setelah trekking di Gunung Latimojong dan diving di Bunaken. Cuma di pulau ini kamu bisa dapatkan pesona pegunungan sekaligus pemandangan cantik bawah lautnya!

Baca Juga: Mau Coba Glamping dengan View Gunung? Ini 10 Pilihannya!

7. Gunung Slamet

gunung slamet, gunung tertinggi di indonesia

Photo: Sabulu Salam via Unsplash

Gunung Slamet, dengan ketinggian 3.428 meter, adalah gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah dan salah satu yang paling menantang untuk didaki. Terletak di antara lima kabupaten, termasuk Banyumas dan Purbalingga, Gunung Slamet menawarkan daya tarik berupa jalur pendakian yang terjal dan berbatu, tetapi penuh keindahan alam. Pendakian ini dijamin akan memberikan sensasi petualangan sejati bagi kamu yang ingin menaklukkan salah satu gunung terkuat di Pulau Jawa!

Pemandangan dari puncak Slamet menyuguhkan panorama luas pegunungan dan awan yang membentang, dengan kawah aktif yang mengeluarkan asap sebagai latar dramatis. Saat cuaca cerah, kamu bahkan bisa melihat pemandangan Gunung Ciremai di kejauhan! Tertarik mencoba untuk summit di sini?

8. Gunung Sumbing

gunung sumbing, gunung tertinggi di indonesia

Photo: M D Fahmi via Pexels

Gunung Sumbing menjulang setinggi 3.371 meter di Jawa Tengah, tepatnya di antara Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Sebagai gunung tertinggi kedua di provinsi ini, Sumbing selalu menarik perhatian para pendaki dengan jalur pendakian yang seru dan keindahan alam yang tiada tandingannya!

Daya tarik utama gunung ini adalah perpaduan hutan tropis yang rimbun, padang edelweiss yang menawan, hingga kawah besar yang menghiasi puncaknya—semua menawarkan pengalaman mendaki yang tak terlupakan!

Dari puncaknya, kamu bisa menikmati pemandangan spektakuler Gunung Sindoro yang berdiri gagah di seberang. Sejauh mata memandang, lautan awan dan sunrise yang memukau akan menambah keindahan perjalananmu menuju puncak. Belum lagi hamparan hijau kebun teh dan perkebunan tembakau yang mengelilingi kawasan Sumbing, dijamin bikin adem!

Lengkapi healing-mu di alam Jawa Tengah dengan menginap di Bobocabin Dieng, Wonosobo! Dari cabin, kamu bisa leluasa melanjutkan eksplorasi ke Dieng Plateau, yang terkenal dengan Telaga Warna, kompleks Candi Arjuna, dan keindahan sunrise di Bukit Sikunir. Bagi pencinta petualangan alam, Gunung Sumbing adalah destinasi yang sempurna!

9. Gunung Raung

gunung raung, gunung tertinggi di indonesia

Photo:  Dulz Muhammad via Unsplash

Berdiri megah setinggi 3.344 meter, Gunung Raung memang dikenal sebagai salah satu gunung paling ekstrem dan menantang di Pulau Jawa. Letaknya di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, gunung ini menawarkan pengalaman mendaki yang berbeda dari yang lain.

Siapkan kameramu karena di Gunung Raung kamu akan menyaksikan kaldera raksasa berbentuk cincin dengan kedalaman sekitar 500 meter—pemandangan epik yang hanya bisa ditemukan di sini. Lalu lanjutkan trekking menuju ke Puncak Sejati, puncak tertinggi Raung. Di sini, pengalamanmu akan diuji karena untuk mencapai puncaknya, kamu membutuhkan keahlian khusus dan peralatan seperti tali dan harness. Bagi pendaki pemula, Bob tidak merekomendasikan gunung ini untuk ditaklukkan, ya!

Sesampainya di puncak, kamu akan disambut oleh deretan panorama yang menakjubkan: lautan awan, deretan pegunungan sekitarnya, dan kaldera megah yang menjadikan Raung salah satu gunung paling ikonik di Indonesia. Kesulitan pendakianmu dijamin akan terbayar dengan pemandangan spektakuler sebagai hadiahnya!

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mengunjungi destinasi terdekat. Ada Kawah Ijen dengan api birunya yang fenomenal atau pesona Pantai Pulau Merah di Banyuwangi dengan sunset yang memukau. Lengkap dan puas banget!

Baca Juga: Yuk Cari Tahu, Ini 8 Tips Mendaki Gunung bagi Pemula

10. Gunung Ciremai

gunung tertinggi di indonesia, gunung ciremai

Photo: Ghozy Samudra via Unsplash

Tahu nggak kalau Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat? Yup, gunung dengan ketinggian 3.078 meter ini menawarkan pesona alam yang memukau dengan kawah gandanya yang super cantik!

Terletak di Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Ciremai menjadi pilihan utama bagi pendaki yang menginginkan petualangan di alam terbuka. Seperti yang sudah Bob sebutkan, gunung ini memiliki dua kawah; kawah barat dengan radius 400 meter terpotong oleh kawah timur yang radiusnya 600 meter. Di ketinggian sekitar 2.900 mdpl pada lereng selatan, kamu akan bertemu dengan bekas titik letusan yang dikenal sebagai Gowa Walet.

Selain pendakian, kawasan sekitar Gunung Ciremai juga kaya akan wisata alam, seperti Taman Nasional Gunung Ciremai yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Kamu juga bisa mengunjungi Curug Remis untuk bersantai setelah mendaki, menikmati kesejukan air sambil beristirahat!

Photo: Bobobox Internal Asset

Yuk, mulai rencanakan jadwal untuk eksplorasi keindahan alam Indonesia dari ketinggiannya yang eksotis! Setiap pendakian tidak hanya untuk mencapai puncak, tetapi juga pengalaman bertahan hidup di alam liar. Merasakan keajaiban alam yang luar biasa dan menikmati pemandangan yang akan selalu terukir dalam ingatan akan jadi bonus yang manis!

Setelah berpetualang, saatnya untuk bersantai dan mengisi kembali energi di Bobocabin yang tersedia di 18 titik yang tersebar di seluruh Indonesia! Di sini, kamu bisa menikmati kenyamanan dan suasana alam yang menenangkan, sambil merencanakan petualangan selanjutnya. Pesan cabin favoritmu di sini, ya!

Siap untuk menjelajahi dan menemukan keindahan luar biasa yang ditawarkan oleh Indonesia? Selamat berpetualang!

 

Penulis: Ratna Asih

Featured photo: Mario La Pergola via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles