glamping jambi

Memadukan Alam dan Kemewahan dengan Glamping di Jambi

Bagi Sahabat Bob yang merencanakan liburan ke Jambi dalam waktu dekat, bersiaplah terpesona dengan keindahan dan estetika alam di sana. Pasalnya, provinsi ini menawarkan berbagai pilihan wisata yang menarik, dari situs bersejarah hingga panorama alam yang menakjubkan.

Tak perlu khawatir soal akomodasi, Jambi menyediakan berbagai pilihan penginapan yang nyaman dan mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Seperti glamping di Jambi, penginapan next level ini mengundang para pelancong untuk merasakan sensasi berkemah di tengah alam yang indah dengan fasilitas dan kenyamanan yang memanjakan.

Namun, apa sih yang dimaksud glamping dan bagaimana keistimewaannya? Untuk mengetahui jawabannya, Sahabat Bob bisa simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Glamping?

glamping jambi

Photo: Martin Robles via Unsplash

Glamping, perpaduan kata glamorous dan camping, hadir sebagai tren baru dalam dunia wisata alam. Berbeda dengan camping tradisional, glamping menawarkan akomodasi yang lebih mewah dan nyaman, layaknya hotel di alam terbuka.

Hal itu terlihat dari fasilitas glamping yang mampu memanjakan para penginapnya, seperti tempat tidur empuk, pencahayaan, bahkan pendingin ruangan. Kamar mandi pribadi dan dapur siap pakai pun tersedia, melengkapi pengalaman glamping yang istimewa.

Meskipun mewah, glamping tetap menghadirkan sensasi berkemah yang autentik. Sahabat Bob masih bisa merasakan kesegaran embun pagi, kicauan burung, dan suara gemericik air sungai.

Rekomendasi Tempat Glamping di Jambi

Terdapat beragam tempat glamping di Jambi yang bisa Sahabat Bob coba. Adapun rekomendasinya bisa kamu baca pada uraian berikut.

Yuk, kita simak bareng-bareng!

1. Glamping Batanghari

  • Alamat: Jl. Lintas Sumatera, Sridadi, Kec. Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi
    Fasilitas: Masih dalam tahap pembangunan
  • Daya Tarik: Panorama hutan pinus
  • Harga: –

Glamping ini merupakan pengembangan tempat menginap yang menggabungkan kenyamanan hotel dengan nuansa berkemah di alam terbuka. 

Per Mei 2024, pada tahap pertama pembangunan sudah dibangun lima glamping dengan biaya pembangunan mencapai Rp1,2 miliar. 

Adapun lokasinya terletak di kawasan Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifuddin, yang menawarkan pengalaman berkemah dengan fasilitas modern di tengah alam yang asri, termasuk hutan pinus yang juga menjadi daya tarik wisata alam di sana.

2. Riverside Glamping Citraraya City Jambi

Riverside Glamping Citraraya City Jambi

Photo: @riverside_glampingjambi via Instagram

  • Alamat: Jalan Raya East Avenue Blok A No 1, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Fasilitas: Kolam renang, fasilitas anak, area api unggun, area outbound, dapur, perlengkapan BBQ, hingga balkon
  • Daya Tarik: Lokasi yang berada di tepi sungai hingga area outbound
  • Harga: Rp400.00–Rp535.000

Riverside Glamping Citraraya City Jambi merupakan destinasi camping yang luas dan menarik di Muaro Jambi. Terletak hanya 200 meter dari Danau Citra Raya City, pengunjung dapat menikmati pengalaman camping yang unik dengan fasilitas Wi-Fi dan perapian outdoor

Setiap unit dilengkapi dengan meja dan kipas angin, serta kamar mandi dengan fasilitas shower untuk kenyamanan. Lalu, terdapat Gongso Cafe yang menjadi tempat utama untuk menikmati hidangan lezat di sana dan juga ada pilihan tempat makan lainnya juga tersedia di sekitar properti.

Baca juga: 9 Rekomendasi Glamping di Dieng Wonosobo

Objek Wisata di Jambi

Selain akomodasi yang menarik, terdapat beragam objek wisata di Jambi yang bisa dijadikan destinasi liburanmu dan keluarga. Berikut rincian penjelasan mengenai objek wisata di Jambi yang bisa kamu simak!

1. Hutan Pinus Jambi

  • Alamat: Jl. Raya Palembang – Jambi, Kenali Asam Bawah, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi
  • HTM: Rp5.000 (dewasa) dan Rp3.000 (anak-anak)

Hutan Pinus di Jambi adalah destinasi yang sempurna bagi kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota. Terletak di jalan Jambi-Palembang KM 11, tepat di perbatasan antara Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Bungo, tempat ini menawarkan ketenangan di tengah pepohonan pinus yang rindang.

Setiap akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga keluarga. Suasana yang tenang dan sejuk membuatnya cocok untuk duduk santai bersama keluarga atau teman.

2. Danau Gunung Tujuh

  • Alamat: Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
  • HTM:

Melansir dari laman Taman Nasional Kerinci Seblat, Danau Gunung Tujuh adalah sebuah danau kaldera yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi pada masa lampau. Kaldera tersebut kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Letak danau yang dikelilingi gunung ini ternyata membuat air di danau tidak pernah kering. Hal ini karena pada beberapa gunung terdapat sumber air yang mengalir dan mengisi danau.

Maka itu, Danau Gunung Tujuh yang memiliki ketinggian 1.950 mdpl ini menawarkan panorama menakjubkan, udara sejuk, dan air danau yang dingin, sehingga menjadikannya destinasi wisata yang menarik.

3. Gunung Kerinci

  • Alamat: Di Perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi, dengan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan, di Pegunungan Bukit Barisan.
  • HTM: Rp20.000–Rp920.000

Gunung Kerinci, yang merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia, menawarkan beragam objek wisata yang menarik bagi pengunjung. Objek utamanya adalah pendakian ke puncak Gunung Kerinci sendiri yang menantang, disertai dengan pemandangan spektakuler dari Kawah Gunung Tujuh yang terkenal. 

Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan Air Terjun Putri dan mengeksplorasi kehidupan lokal di Desa Lingkat. Kawasan ini juga menawarkan pengalaman relaksasi di Air Panas Lingkat serta kekayaan alam yang melimpah di Hutan Lindung Gunung Kerinci.

Dengan semua ini, Gunung Kerinci tidak hanya menjadi destinasi wisata alam yang menakjubkan tetapi juga menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

4. Danau Kaco

  • Alamat: Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • HTM: Rp15.000 (wisatawan domestik) Rp150.000 (wisatawan mancanegara)

Objek wisata Jambi ini diketahui masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat yang diakui UNESCO sebagai warisan dunia karena keanekaragaman hayati yang melimpah.

Pasalnya, Danau Kaco terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, terutama saat bulan purnama ketika cahaya bulan memantulkan kilauan dari dasar danau, yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai Cahaya Intan. 

Untuk mengunjungi Danau Kaco, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 10-11 jam dari Kota Jambi ke Sungai Penuh, diikuti dengan perjalanan sekitar 45 menit ke Desa Lempur dan trekking selama 3–5 jam melalui hutan. Biaya tiket masuk untuk pengunjung domestik adalah Rp15.000 per orang dan Rp 50.000 per orang untuk turis mancanegara.

5. Pulau Berhala

  • Alamat: Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
  • HTM: –

Pulau Berhala yang lokasinya dekat dengan Jambi, tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah tetapi juga memiliki sejarah yang kaya. Meskipun secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Pulau Berhala menarik wisatawan dengan pantai eksotisnya yang bersih dan bukit berhutan yang menawarkan pemandangan laut yang spektakuler. 

Daya tarik lainnya termasuk makam Datuk Paduko Berhalo, tokoh sejarah Jambi, serta wisata penyu bertelur yang dapat dinikmati pengunjung pada bulan April hingga Agustus.

Baca juga: Lepas Penat dengan Menginap di 8 Glamping Ciater Subang Ini, yuk!

Rasakan Menginap di Glamping yang Seru Lewat Bobocabin

Bobocabin Bunaken Hills, Manado

Photo: Bobobox Internal Asset

Selain tempat glamping di atas, kamu juga bisa lo merasakan sensasi glamping yang unik dan modern di tengah alam yang indah lewat Bobocabin. 

Hadir dengan konsep glamping berteknologi canggih, Bobocabin menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan di berbagai destinasi wisata alam di Indonesia, seperti Bandung, Bali, Malang, Baturraden, Toba, Bunaken, Lombok, Sumba, dan masih banyak lagi.

Bobocabin Bunaken Hills Manado

Photo: Bobobox Internal Asset

Setiap kabin Bobocabin didesain dengan gaya modern dan minimalis, dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap untuk menjamin kenyamananmu selama berlibur. 

Nikmati suasana kabin yang hangat dengan mood lamp, atur pencahayaan alami dengan smart window, dan kendalikan semua kebutuhanmu dengan B-Pad, sebuah perangkat canggih yang memudahkanmu dalam satu sentuhan.

Lalu, Bobocabin juga menyediakan berbagai aktivitas seru untuk mengisi waktu luangmu selama berlibur. Nikmati BBQ bersama teman atau keluarga, bersantai di sekitar api unggun, jelajahi alam dengan trekking atau hiking, dan masih banyak lagi aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu coba di sekitar Bobocabin.

Tunggu apa lagi? 

Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang juga dan reservasi kabin favoritmu! Dapatkan berbagai promo menarik dan ciptakan momen liburan yang tak terlupakan bersama Bobocabin.

 

Penulis: Samala Mahadi

Header photo: Jupi Lu via Pixabay

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles