_KIM8285

8 Contoh Permainan Outbound yang Seru

Apakah kamu familiar dengan permainan outbound? Permainan-permainan ini biasanya menggabungkan antara kekuatan fisik, mental, dan kecerdasan. Tidak hanya individu, permainan untuk outbound juga banyak dilakukan dalam kelompok, baik kecil maupun besar.

Permainan untuk outbound pun juga banyak variasinya, yang melatih segala aspek. Dalam ulasan ini, Bob akan beritahu kakak beberapa contoh permainan outbound yang seru, yang bisa kamu terapkan di acara outing atau family gathering kamu! Simak selengkapnya di ulasan ini, ya!

1. Benteng Takeshi

Benteng takeshi adalah permainan outbound seru yang penuh air! Permainan ini cocok untuk dimainkan banyak orang (lebih dari 5 orang) dan membutuhkan beberapa peralatan seperti pistol air dan bendera.

Setiap kelompok memiliki bendera sebagai “benteng” mereka. Tujuannya adalah untuk merebut bendera lawan dengan menembak mereka dengan pistol air. Pemain yang terkena tembakan menjadi tawanan tim lawan. 

Tapi jangan khawatir, tawanan dapat dihidupkan kembali dengan tepukan di pundak oleh teman sekelompoknya. Kelompok yang pertama merebut bendera, menang! Siap-siap buat basah-basahan, nih!

2. Bola Estafet

Pernahkah kamu bermain “memindahkan karet” dengan mulut? Nah, bola estafet adalah permainan seru yang mirip dengan konsep tersebut, tapi menggunakan sendok dan bola Ping Pong!

Permainan ini menantang kerjasama tim, di mana setiap anggota harus memindahkan bola pingpong dari satu sisi lapangan ke sisi lain hanya dengan menggunakan sendok yang dipegang dengan mulut. Bayangkan ekspresi dan mimik rekan tim kamu yang kocak banget, dijamin akan bikin kamu ketawa banget, deh!

Tim yang berhasil memindahkan bola dengan cepat dan tanpa terjatuh, akan menjadi pemenangnya. Seru banget, ya!

3. Estafet Air

Siap adu kekompakan dan kecepatan? Permainan estafet air ini cocok banget untuk kamu dan teman-temanmu! Permainan ini terbagi menjadi dua tim, di mana setiap tim akan berjajar memanjang ke belakang. 

Tantangannya adalah menyalurkan air dari ember di depan ke ember di belakang, tapi airnya harus melewati atas kepala dan tidak boleh ada air yang tumpah ke belakang! 

Tim dengan jumlah air terbanyak di ember paling belakang, dialah yang jadi pemenangnya!

4. Kereta Terpanjang

Permainan outbound seru ini mengasah kreativitasmu dalam waktu singkat! Permainan ini cocok untuk dimainkan bersama banyak orang (lebih dari 5 orang) dan hanya membutuhkan satu alat: benda yang ada di tubuh kamu.

Caranya mudah, semua rekan tim harus meletakkan semua benda yang dibawa secara berjajar di tanah. Kamu bisa adu panjang dengan kreativitasmu. 

Dijamin keseruan dan tingkah laku rekan tim bakal bikin permainan ini jadi asyik banget!

5. Kubus Sempurna

Permainan outbound Kubus Sempurna ini cocok untuk kamu yang ingin melatih kerjasama tim dan komunikasi. Siapkan tali panjang dan penutup mata, lalu ajak rekan tim kamu berdiri melingkar dan memegang tali bersama.

Tantangannya dan permainan ini adalah kamu harus  membentuk kubus tanpa membuka penutup mata! Rekan tim kamu harus bergerak sesuai instruksi dan komunikasi agar bisa membentuk kubus dengan sempurna. 

Permainan ini bukan hanya seru, tapi juga melatih kepemimpinan dan skill komunikasi antar anggota tim.

6. Mati Lampu

Permainan ini membutuhkan dua tim dan area bermain yang telah dibatasi oleh pemandu. Tim yang bermain akan memulai dengan membawa lilin yang menyala menuju tempat tujuan. Di sisi lain, tim lawan boleh melempar air untuk memadamkan lilin mereka!

Jika api lilin padam, tim yang bermain harus kembali ke awal dan memulai kembali. Tim yang tercepat mencapai tujuan dengan api lilin yang tetap menyala adalah pemenangnya.

7. Memindahkan Karet

Permainan satu ini pasti sudah banyak yang kenal: memindahkan karet dengan mulut. Permainan outbound ini adalah pilihan tepat untuk melatih kesabaran dan kekompakan tim. 

Cara bermainnya sederhana: bagi peserta menjadi beberapa kelompok, bariskan mereka dengan sedotan di mulut, dan pindahkan karet gelang melalui sedotan. 

Kelompok yang tercepat, menang! Permainan ini seru, lucu, dan dijamin bikin pengalaman outbound kamu tidak terlupakan deh!

8. Menara Air

Permainan outbound menara air menjadi salah satu pilihan tepat untuk menguji kekompakan tim. Di sini, strategi dan kerjasama tim menjadi kunci utama.

Pertama, siapkan ember dan gayung. Lalu, tim harus berbaring, menumpuk kaki membentuk menara, dan meletakkan ember di atasnya. Satu orang bertugas mengisi air, sementara yang lain menopang agar air tidak tumpah. Tim yang berhasil mengisi ember dengan cepat dan penuh, keluar sebagai pemenang!

Permainan ini seru, menegangkan, dan penuh tawa. Siap basah-basahan demi kekompakan tim?

9. Perang Naga

Perang Naga adalah permainan outbound seru yang melatih kepemimpinan dan kekompakan tim. Dua kelompok dengan minimal lima pemain bertanding dengan cara berbaris, mengikatkan tali rafia dan menyelipkan balon antar pemain. 

Pemain paling depan dibekali tusuk gigi untuk meletuskan balon lawan. Setiap anggota harus melindungi balon timnya dan kelompok dengan balon yang meletus paling banyak dinyatakan kalah.

10. Petakan Neraka

Petakan Neraka adalah permainan outbound seru yang menantang kemampuan berpikir analitis dan strategi tim. 

Pemandu permainan akan menyediakan satu kotak atau petak sebagai “surga”, dan kelompok pemain harus menentukan 4 wilayah petakan sebagai “neraka”. Petakan neraka boleh berjejeran namun maksimal 2 buah saja.

Pemain yang terjebak di “neraka” tidak dapat melanjutkan perjalanannya ke “surga” dan harus digantikan oleh rekan satu tim lainnya. Rekan satu tim yang masih bebas boleh memberikan saran dan strategi untuk membantu rekan mereka yang terjebak melewati “neraka” dan mencapai “surga”. Tim yang berhasil membawa paling banyak anggotanya ke “surga” tanpa terjebak di “neraka”, menjadi pemenang.

11. Pipa Bocor

Main basah-basahan lagi dengan Pipa Bocor, yuk! Pipa Bocor adalah permainan outbound seru yang menguji kekompakan dan kerjasama tim. Tim harus memindahkan air dari ember ke ember lain menggunakan pipa bocor yang penuh lubang. 

Setiap anggota tim harus berusaha menutup lubang agar air tidak keluar. Tim yang paling cepat memindahkan air tanpa menumpahkan, menjadi pemenang.

12. Telur Jatuh

Permainan outbound seru lainnya adalah telur jatuh. Disini, kamu dan rekan tim harus membuat sebuah alat dari bahan yang disediakan untuk melindungi telur yang dijatuhkan. Barang-barang tersebut bisa beragam seperti tutup panci, selotip, sedotan, dan lain sebagainya.

Setelah waktu habis, kamu bisa menguji kekuatan alat buatan dengan mengisinya dengan telur dan dijatuhkan dari ketinggian. Kelompok yang telurnya tidak pecah, menang!

Itulah beberapa rekomendasi permainan outbound yang seru dan bisa kamu terapkan di acara kamu. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Outing Seru Bareng Komunitas di Bobocabin!

Aktivitas outbound tadi menyenangkan banget, ya! Apalagi jika dimainkan bareng dengan teman-teman se komunitas kamu! Selain jadi sarana healing dan rekreasi, games tadi juga bisa bikin kalian makin dekat satu sama lain!

Salah satu tempat outing yang gak kalah seru ada di Bobocabin! Dengan paket Bobocabin for Community, kamu bisa main berbagai aktivitas seru seperti ATV, mengendarai Jeep Offroad, perang paintball, hingga bermain rafting!

Kamu juga bisa beristirahat dalam Bobocabin yang nyaman dengan fasilitas di dalamnya yang modern banget!

Tunggu apa lagi, rencanakan kegiatan outing-mu di Bobocabin segera, yuk! Simak informasi mengenai paket selengkapnya di sini, ya!

 

Penulis: Bryan Dharmanta

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles