Bobocabin Rinjani - Lombok - tempat liburan di lombok

22 Tempat Liburan di Lombok yang Bikin Gagal Move On!

Baik kamu yang suka mendaki gunung hingga menikmati deburan ombak di pantai, Lombok adalah destinasi yang sempurna. Pulau ini menyimpan sejuta pesona alam yang tidak hanya memanjakan mata tetapi juga hati. Tak heran jika banyak orang yang jatuh cinta dan ingin kembali lagi setelah liburan di Lombok. Namun, apa saja sih tempat liburan di Lombok? Ini bocorannya!

22 Tempat Liburan di Lombok

1. Gunung Rinjani

Bobocabin Gunung Rinjani, Lombok (1)

Photo: Bobobox Internal Asset

Gunung Rinjani adalah salah satu ikon utama Lombok yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi pecinta alam dan pendaki gunung. Dengan ketinggian 3.726 meter, Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Puncaknya menawarkan pemandangan luar biasa dari kawah dan Danau Segara Anak yang berwarna biru kehijauan. 

Tiket masuk untuk pendakian sekitar Rp5.000 – Rp7.500 saja per orang untuk wisatawan domestik. Sebaiknya kamu mendaftar dahulu lewat aplikasi e-Rinjani karena hanya ada 400 pendaki yang bisa masuk Gunung Rinjani melalui jalur Senaru, Sembalun, dan Torean setiap harinya.

Jika kamu menginap di Bobocabin Rinjani yang terletak tepat di kaki Gunung Rinjani, kamu bisa langsung menikmati suasana alam yang tenang dan asri, dekat dengan titik pendakian. Kamu juga bisa mengambil paket pendakian Gunung Rinjani berpemandu yang disediakan oleh Host Bobocabin Rinjani, lho. Pas banget untuk para pemula yang mau coba menaklukan Rinjani.

Baca Juga: Cari Tahu 6 Pilihan Jalur Pendakian Rinjani yang Bisa Kamu Coba

2. Bukit Merese

Bukit Merese menawarkan pemandangan yang memukau dengan padang rumput hijau yang luas, berlatarkan lautan biru nan cantik. Lokasinya yang berada di kawasan Kuta Lombok menjadikannya tempat sempurna untuk menikmati matahari terbenam. Banyak juga wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai latar foto prewedding. Tidak ada tiket masuk, tetapi siapkan energi untuk mendaki bukit yang tidak terlalu tinggi ini.

3. Batu Payung

Terletak di sebelah timur Pantai Tanjung Aan, Batu Payung adalah formasi batuan unik yang berdiri tegak di pinggir pantai. Tempat ini sering menjadi spot foto bagi wisatawan karena keunikannya. 

Untuk mencapai tempat liburan di Lombok ini, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari pantai terdekat atau naik perahu dari Tanjung Aan. Sewa perahu dari Pantai Tanjung Aan berkisar dari Rp250.000 per perahu.

4. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berada di ujung tenggara Lombok dan terkenal dengan tebing-tebing karangnya yang menjulang tinggi. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan laut lepas dan jika beruntung, Gunung Rinjani dari kejauhan. 

Di sana juga terdapat situs sejarah berupa meriam dan goa peninggalan Jepang. Banyak wisatawan juga yang memilih berkemah di sana untuk melihat matahari terbit yang luar biasa menakjubkan. Tidak ada biaya masuk, tetapi pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik karena jalur menuju Tanjung Ringgit cukup menantang.

5. Danau Segara Anak

Terletak di kaldera Gunung Rinjani, Danau Segara Anak adalah danau vulkanik yang mempesona dengan airnya yang jernih. Biasanya, para pendaki bermalam di tepi danau seluas 11 km persegi ini sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Danau ini juga dianggap suci oleh penduduk setempat. Kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp35.000 per orang.

6. Rumah Pohon Gangga

Nikmati sensasi bermalam di atas pohon dengan pemandangan pegunungan dan lembah di Rumah Pohon Gangga. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan kedamaian dan ketenangan alam Lombok. Lokasinya berada di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000 per orang.

Baca Juga: Mengenal Spot Instagramable Rumah Pohon Gangga dan Tiu Pituq di Lombok Utara

7. Gili Trawangan

gili trawangan - tempat liburan di lombok

Photo: Reena Yadav via Unsplash

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari tiga Gili yang terkenal di Lombok. Dengan pantai pasir putih dan air laut yang jernih, Gili Trawangan adalah surga bagi penggemar snorkeling dan diving. Pulau ini juga terkenal dengan kehidupan malamnya yang meriah. Tertarik untuk mengunjungi tempat liburan di Lombok ini?

8. Gili Meno

Gili Meno adalah pulau paling sepi di antara tiga Gili, ideal bagi mereka yang mencari ketenangan. Di sini, kamu bisa menikmati snorkeling di sekitar patung-patung bawah laut yang indah. Pulau ini juga merupakan rumah bagi penangkaran penyu.

Baca Juga: Menengok Keindahan 5 Pulau di Sekitar Lombok, Wajib Dikunjungi!

9. Gili Air

Gili Air menggabungkan keindahan alam Gili Meno dengan sedikit keramaian Gili Trawangan. Di sini, kamu bisa menikmati suasana yang lebih santai, sambil tetap memiliki akses ke aktivitas air seperti snorkeling dan diving

Beberapa taman air alami terdapat di sana. Ada 5 titik spesial yang wajib kamu kunjungi kalau snorkeling di Gili Air, yakni Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh, dan Malang Reef.

10. Air Terjun Madu

air terjun madu - tempat liburan di lombok

Photo: Benjamin Janos via Unsplash

Air Terjun Madu menawarkan pemandangan air terjun yang menenangkan, tersembunyi di tengah hutan di Lombok Utara. Air terjun ini cukup mudah dijangkau dengan berjalan kaki dari tempat parkir. Biaya masuk sekitar Rp5.000 per orang.

11. Pantai Malimbu

Ini dia tempat liburan di Lombok selanjutnya. Pantai Malimbu terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Dari sini, kamu juga bisa melihat Gili Trawangan dan Gili Meno di kejauhan. Pantai ini terletak di Lombok Utara, sekitar 10 km dari Pantai Senggigi. Daya tarik utamanya adalah Karang Bolong Malimbu yang populer sebagai tempat foto.

Berkunjung ke pantai ini gratis. Kamu bisa berjalan santai di sepanjang pantai, bermain pasir, atau berwisata air dengan menyewa kano atau perahu.

12. Pantai Pink

pink beach atau pantai pink lombok - tempat liburan di lombok

Photo: Mitch Hodiono via Unsplash

Liburan di Lombok rasanya tak sempurna jika tidak mengunjungi Pantai Pink. Juga dikenal sebagai Pantai Tangsi, pantai ini dikenal dengan pasirnya yang berwarna pink akibat pecahan karang merah. Pantai ini terletak di Lombok Timur dan menawarkan pemandangan yang luar biasa serta snorkeling yang seru. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk Rp10.000 per orang.

13. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah salah satu pantai paling terkenal di Lombok, yang sering menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pulau ini. Menariknya, pantai ini menawarkan pemandangan indah, berbagai restoran, dan pilihan akomodasi yang beragam. Untuk menikmati pemandangan indah di sana, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang.

Baca Juga: Jangan Terlewatkan! 4 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Kuta Lombok

14. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan terkenal dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung. Lokasinya yang dekat dengan Bukit Merese membuatnya tempat yang sempurna untuk bersantai setelah mendaki. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini termasuk berenang, snorkeling, dan bersantai di pantai. 

Lokasinya tidak jauh dari Bandara Lombok, dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang luas. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir Rp5.000 – Rp10.000 saja untuk bisa menikmati keindahannya.

15. Pantai Mawun

pantai di lombok - tempat liburan di lombok

Photo: Julie Romaniuk via Unsplash

Pantai Mawun terletak di Lombok Tengah dan menawarkan pantai yang tenang dengan air laut yang biru. Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, menjadikannya tempat yang ideal untuk piknik atau hanya bersantai menikmati alam. Wisatawan juga gemar berselancar di sana karena bagian sisi tepian bukit memiliki ombak yang cukup ideal.

Fasilitas di sana juga sudah lengkap dengan mushola, toilet, gazebo, hingga minibar. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 – Rp10.000 jika berkunjung ke sana.

16. Pantai Seger

Pantai Seger adalah surga bagi peselancar dengan ombak yang menantang. Lokasinya yang dekat dengan kawasan Mandalika membuatnya menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin mencoba surfing atau hanya menikmati pemandangan. Pastikan kamu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan, ya. Tarifnya hanya Rp5.000 – Rp10.000 saja, kok.

17. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika berbeda dengan Kuta di Bali. Di destinasi liburan Lombok ini, kamu akan menemukan pantai yang lebih sepi dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kawasan ini juga sedang berkembang menjadi salah satu destinasi wisata utama di Lombok.

Letaknya tak jauh dari Bandara Lombok, hanya 30 menit berkendara. Untuk main di pantai tersebut pun gratis, kamu cuma perlu bayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Beach Club di Lombok yang Paling Populer

18. Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah pulau kecil yang sering dijuluki sebagai “Pulau Pribadi” karena ketenangan dan keindahan alamnya. Pulau ini menawarkan pantai yang tenang dan spot snorkeling yang menakjubkan dengan terumbu karang yang masih terjaga.

Untuk mencapai pulau yang terletak di Sekotang Barat, Lombok Barat ini, kamu harus menyeberang menggunakan perahu dari pelabuhan penyebrangan di Desa Tawun. Harga sewa perahunya berkisar Rp300.000 yang bisa diisi sampai 10 orang.

19. Gili Kedis

Biasanya wisatawan akan sekaligus mengunjungi Gili Kedis jika menyewa perahu ke Gili Nanggu. Gili Kedis adalah pulau terkecil di antara Gili-Gili lainnya, tapi menawarkan keindahan yang tidak kalah menawan. Pulau yang namanya berarti ‘Pulau Burung Pipit’ ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati pantai pribadi, jauh dari keramaian.

20. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep terletak di kaki Gunung Rinjani dan menawarkan pemandangan yang spektakuler. Perjalanan menuju air terjun ini akan membawa kamu melewati hutan tropis dan jembatan bambu, menambah sensasi petualangan. Air terjun ini menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Apalagi, Air Terjun Tiu Kelep ini bisa kamu tempuh dalam 46 menit berkendara saja dari Bobocabin Gunung Rinjani, lho. Kamu bisa sekalian ambil paket trekking ke Air Terjun Tiu Kelep yang juga tersedia. Dalam itinerary 8-10 jam tersebut, kamu akan diajak menikmati air terjun sekaligus kulineran dengan pemandangan sawah yang membentang luas.

21. Desa Sade

desa adat sade lombok

Photo by wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Desa Sade adalah desa adat Suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi dan budaya asli Lombok. Di sini, kamu bisa melihat rumah tradisional Sasak, menenun kain, dan menikmati tarian tradisional. Pengalaman yang sangat menarik saat liburan ke Lombok.

Untuk wisatawan lokal akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp10.000 – Rp15.000 per orang. Sudah banyak tur berpemandu yang tersedia agar kunjunganmu terasa lebih bermakna. Kamu cukup membayar para pemandu seikhlasnya. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Merencanakan Liburan ke Lombok bersama Bobocabin

22. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun - tempat liburan di lombok

Photo: Surya Prakosa via Unsplash

Ini dia tempat liburan di Lombok yang juga tak boleh ketinggalan. Taman Wisata Pusuk Sembalun, yang hanya berjarak 15 menit berkendara dari Bobocabin Gunung Rinjani, menawarkan pemandangan spektakuler dari lembah Sembalun dengan latar Gunung Rinjani. 

Pemandangan tersebut bisa kamu nikmati dari gardu pandang di ketinggian 1.250 mdpl. Tempat ini juga terkenal dengan monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar jalan, jadi berhati-hatilah dengan barang bawaanmu.

Setelah menikmati keindahan alam di Taman Wisata Pusuk Sembalun, kamu bisa langsung kembali ke Bobocabin Rinjani untuk beristirahat di kabin yang super nyaman.

Kesimpulan

Bobocabin Rinjani - Lombok

Photo: Bobobox Internal Asset

Lombok memang menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang bisa memuaskan hati siapa saja, baik pecinta alam, sejarah, atau hanya ingin bersantai di pantai. Dari Gunung Rinjani yang megah hingga pantai-pantai eksotis, semua bisa kamu nikmati dalam liburan ke Lombok. 

Bobocabin Rinjani - Lombok

Photo: Bobobox Internal Asset

Jika kamu ingin merasakan pengalaman yang lebih dekat dengan alam, menginap di Bobocabin Rinjani bisa menjadi pilihan yang sempurna. Dengan desain yang unik dan fasilitas yang lengkap, Bobocabin Rinjani akan membuat liburanmu semakin nyaman dan berkesan.

Kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang megah tepat dari jendela kabin, tentunya itu akan jadi pengalaman bangun tidur yang berbeda, kan?

Tak hanya paket pendakian ke Gunung Rinjani, tapi Bobocabin Rinjani juga menawarkan berbagai paket aktivitas lainnya. Mulai dari fun games, team building, island hopping around Gili Kondo, kulineran di Sembalun, naik scooter ke rute Lawang, sunrise hike ke Bukit Pergasingan, dan masih banyak lagi. 

Bobocabin Rinjani - Lombok

Photo: Bobobox Internal Asset

Yuk, rencanakan bepergian ke berbagai tempat liburan di Lombok sekarang juga! Download aplikasi Bobobox dulu untuk reservasi kabinmu di Bobocabin Rinjani dengan praktis. Kamu juga bisa mendapat banyak informasi promo, lho. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa tempat wisata di atas ke dalam list itinerary-mu.

 

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles