pulau di lombok yang wajib dikunjungi

Menengok Keindahan 5 Pulau di Sekitar Lombok, Wajib Dikunjungi!

Lombok adalah destinasi layaknya surga dunia bagi para pencinta pantai. Pulau ini merupakan rumah dari berbagai pantai indah yang tepat sebagai tempat bersantai di waktu matahari tenggelam, snorkeling, hingga berselancar.

Terlebih lagi, Lombok memiliki lokasi yang strategis dan berdekatan dengan pulau-pulau lain. Wisatawan bisa melakukan island-hopping dan memaksimalkan waktu untuk mencoba berbagai kegiatan saat berkunjung ke Lombok.

Yuk, kenali lebih lanjut seputar Pulau Lombok dan keindahan lima pulau di sekitarnya agar itinerary liburanmu jadi lebih maksimal!

Sekilas Mengenai Lombok

Foto: Kaspars Upmanis via Unsplash

Lombok adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tidak terlalu jauh dari Bali, hanya dipisahkan oleh Selat Lombok. Wisatawan yang ingin melarikan diri dari keramaian Bali kerap akhirnya pergi ke Lombok berkat panorama pantai-pantainya yang tak kalah indah.

Selain karena pesona pantainya, Lombok juga tengah naik daun berkat gelaran MotoGP di Mandalika, tempat pembalap-pembalap kelas dunia bersaing untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Tak hanya itu, Lombok juga memiliki pemandangan pegunungan asri, wisata yang menggiurkan, dan budaya yang kaya serta menarik untuk dipelajari.

Tak jauh dari pulau ini, kamu akan menjumpai pulau-pulau dengan keberagaman flora dan fauna yang menarik dijelajahi. Hanya dengan perjalanan perahu yang pendek, kamu dapat mencapai pulau-pulau tersebut dengan mudah.

5 Pulau di Sekitar Lombok dan Daya Tariknya

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan

Foto: Tom Bixler via Unsplash

Pulau ini merupakan salah satu dari tiga gili atau pulau yang paling paling terkenal di sekitar Lombok. Gili Trawangan juga merupakan pulau yang paling besar di antara ketiga pulau populer tersebut.

Gili Trawangan menawarkan pemandangan pantai-pantai berpasir putih yang menarik, lengkap dengan bebatuan karang dan panorama tropis yang memanjakan mata. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti:

  • mengikuti kelas memasak dengan warga lokal
  • snorkeling untuk berenang bersama berbagai makhluk laut seperti penyu, belut, gurita, dan lainnya
  • menyelam dan menjelajahi bangkai kapal Glenn Nusa 1 atau Bounty
  • mencoba berbagai olahraga air seperti selancar, parasailing, waterskiing, dan lainnya
  • mengikuti kegiatan sunset cruise

Serunya, kamu tetap dapat beraktivitas di malam hari juga, lho! Gili Trawangan menawarkan kehidupan malam yang berwarna. Kamu dapat mengunjungi berbagai bar dengan hiburan DJ EDM atau live music.

Atau, jika kamu ingin mencoba beragam kuliner lezat, kamu juga dapat mengunjungi Trawangan Night Market untuk menjajal berbagai hidangan dengan harga murah.

Baca Juga: 20 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Kekinian dan Populer

2. Gili Air

Gili Air Pulau di Lombok

Foto: Fabienne via novo-monde.com

Terletak paling dekat dari Pulau Lombok, Gili Air merupakan bagian kedua dari tiga gili paling terkenal di sekitar Lombok. Pulau ini merupakan surganya snorkeling dan diving, dengan total hingga lima titik menyelam yang dapat kamu jelajahi.

Salah satu daya tarik utama snorkeling di area Gili Air adalah karena kamu dapat berenang langsung bersama penyu. Selain itu, Gili Air memiliki temperatur air hangat sepanjang tahun, jadi kamu bisa berlama-lama menjelajahi dunia bawah laut tanpa khawatir akan kedinginan. 

Selain menikmati keindahan bawah air, kamu juga dapat menjalani aktivitas-aktivitas seru berikut:

  • mencoba subwing, sensasi unik terbang di bawah permukaan laut
  • bersantai dan menonton berbagai pilihan film seru di outdoor cinema
  • mengikuti kelas yoga, mulai dari aqua yoga sampai rangkaian kelas dengan durasi lebih panjang
  • mengnilangkan penat melalui spa
  • aktif menjaga kelestarian alam dengan mengikuti kegiatan membersihkan pantai

Bobocabin Bobobox

3. Gili Meno

Gili Meno

Foto: Mathis Jrdl via Unsplash

Gili Meno merupakan pulau ketiga dari rangkaian tiga gili populer di sekitar Lombok. Pulau ini adalah yang terkecil dibandingkan dua pulau lainnya, tapi tetap menawarkan pesona tersendiri yang dijamin membuatmu betah.

Gili Meno memiliki danau air asin di sisi barat pulau dan titik air tanah lepas di sisi selatannya. Danau tersebut terletak di tengah-tengah pulau, dengan hutan bakau yang lebat di sekitarnya. Kamu dapat menjalani hari yang tenang dengan memancing di sini dan juga melihat langsung burung elang di sekitar area danau.

Pulau ini juga merupakan tempat penangkaran dan penetasan telur penyu, jadi kamu bisa mempelajari lebih banyak seputar siklus kehidupan penyu di sini.

Jika belum puas snorkeling, Gili Meno juga memiliki empat titik menyelam yang dapat kamu jelajahi. Salah satu spot penyelaman ikonis di sini adalah spot dengan patung-patung misterius!

4. Gili Kondo

Gili Kondo

Foto: salsawisata.com

Mendapatkan julukan surga tersembunyi, Gili Kondo merupakan pulau lainnya yang wajib kamu kunjungi di sekitar Lombok. Pemandangan eksotis yang asri dan ragam kegiatan yang tak kalah seru menantimu di pulau ini.

Di Gili Kondo, kamu bisa berenang dengan beragam biota laut atau menikmati suasana tenang dengan camping tepat di pinggir pantai. Saat camping, kamu pun berkesempatan untuk menyaksikan pemandangan cantik sunrise dan sunset di area pulau.

5. Gili Kedis

Gili Kedis

Foto: lombok.com

Gili Kedis adalah pulau paling kecil yang berada di sekitar Pulau Lombok. Meskipun demikian, pulau ini juga menyimpan kekayaan bawah laut yang tidak kalah dari pulau-pulau lainnya.

Berkat pemandangan pasir putih dan lautan birunya yang eksotis, pantai ini menjadi lokasi yang tepat jika kamu ingin waktu sendiri untuk mengosongkan pikiran. Kamu dapat mengadakan piknik kecil di pinggir pantai dan bersantai di bawah matahari.

Selain itu, hampir tidak ada gelombang ombak di pantai Gili Kedis. Para pemula pun dapat berenang dengan santai di area pantai.

Baca Juga: Jangan Terlewatkan! 4 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Kuta Lombok

Nikmati Asrinya Pegunungan di Bobocabin Gunung Rinjani! 

bobocabin lombok

Ingin mencari suasana baru setelah puas menjelajahi berbagai pantai di area Lombok dan sekitarnya? Bobocabin Gunung Rinjani menawarkan solusi akomodasi nyaman dengan panorama pegunungan yang memanjakan mata!

Tiap kabin telah dilengkapi dengan konsep futuristik Internet of Things seperti Smart Window dan B-Pad yang siap menunjang pengalaman menginapmu. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi yang bikin kamu makin betah untuk menginap di sini.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Tom Bixler via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles