Spot Terbaik untuk Snorkeling di Kuta Lombok

Jangan Terlewatkan! 4 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Kuta Lombok

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang Kuta Bali, tapi apakah kamu tahu bahwa Kita juga ada di Lombok?

Lombok adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terletak tidak terlalu jauh dari Bali, hanya dipisahkan oleh Selat Lombok. Wisatawan yang ingin melarikan diri dari keramaian Bali kerap akhirnya pergi ke Lombok, yang juga menawarkan pantai-pantai indah. 

Kuta kini menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang sedang naik daun di Pulau Lombok. Kamu bisa melakukan banyak hal menarik, mulai dari menyaksikan matahari terbit dan terbenam di pinggir pantai, snorkeling, berselancar, hingga mengenal suku Sasak lebih dalam.

Kuta Lombok juga punya banyak pantai dengan keunikannya masing-masing. Salah satu kegiatan favorit wisatawan di pantai-pantai daerah Kuta Lombok adalah snorkeling.

Berikut ini adalah informasi sekilas mengenai Kuta Lombok beserta pilihan spot terbaik untuk snorkeling di Kuta Lombok.

Sekilas Mengenai Kuta Lombok dengan Pesona Eksotisnya

the snorkeling place that are also beautifull

Sumber: lombok.com

Pulau Lombok menjadi rumah bagi sirkuit MotoGP Mandalika yang baru. Untuk menyambut MotoGP 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran mereka untuk berbagai infrastruktur dan akomodasi di pulau ini.

Kuta adalah salah satu daerah yang mendapat dukungan, dan kini kota ini memiliki resor-resor baru dan lebih banyak kegiatan yang bisa kamu nikmati selama kunjungan.

Kuta memiliki pantai-pantai dengan pasir putih yang membentang di sepanjang pesisirnya. Mulai dari Pantai Tanjung Aan yang populer hingga Pantai Seger yang merupakan permata tersembunyi, kamu akan selalu disambut dengan pemandangan air biru ekstrajernih.

Selain memiliki pantai yang cantik, Kuta juga menjadi lokasi salah satu acara adat terbesar di Lombok. Penduduk setempat, khususnya suku Sasak, mengadakan acara adat Bau Nyale setiap tahun. Mereka berkumpul di pantai untuk mengumpulkan sebanyak mungkin cacing nyale.

Waktu terbaik mengunjungi Lombok adalah di antara bulan Mei hingga Juni, karena umumnya cuacanya akan cerah tapi tidak terlalu panas. Alam yang lebih hijau juga akan memanjakan mata kamu.

Kamu bisa mencapai Lombok baik dengan pesawat maupun kapal. Dari bandara, kamu akan memerlukan waktu sekitar 20 menit berkendara untuk sampai ke Kuta.

Baca Juga: Pengen Liburan ke Pantai? Ini Dia 5 Pantai Terbaik di Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi!

Daya Tarik Snorkeling di Kuta Lombok

Daya Tarik Snorkeling di Kuta Lombok

Sumber: Lombok Network Holidays via Tripadvisor

Pantai-pantai di Kuta Lombok terkenal dengan bentangan pasir putihnya yang indah dan butirannya yang lembut. Air lautnya pun cantik berwarna biru dan tampak sangat jernih.

Pantai di Kuta Lombok juga memiliki gugusan terumbu karang yang cantik berwarna-warni dan melengkapi keindahan panorama bawah lautnya.

Melalui snorkeling, kamu dapat berinteraksi langsung dengan aneka ragam hayati yang menakjubkan. Selain terumbu karang yang cantik, kamu juga bisa menemui ikan warna-warni yang berenang bebas, juga tumbuhan laut yang menghiasi terumbu karang.

Namun, perlu menjadi catatan bahwa tak semua pantai di daerah Kuta Lombok memiliki air laut yang tenang dan cocok bagi pemula. Tak perlu khawatir, kamu bisa menyewa jasa pemandu profesional yang dengan sigap membimbing dan memandu kamu selama snorkeling.

Selain snorkeling, kamu juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam dari pinggir pantai, menyantap aneka hidangan seafood yang lezat, berselancar, dan menikmati beragam olahraga air.

Bahkan, jika kamu mengunjungi Kuta Lombok sekitar bulan Februari atau Maret, kamu berkesempatan menyaksikan dan mengikuti acara adat Bau Nyale yang hanya diselenggarakan setahun sekali oleh suku Sasak.

Bobocabin Bobobox

4 Pilihan Spot Snorkeling di Kuta Lombok

Dapatkan pengalaman bawah laut di empat spot terbaik untuk snorkeling di Kuta Lombok berikut:

1. Pantai Mandalika

Pantai Mandalika sebagai Spot Snorkeling di Lombok

Sumber: Harviyan Perdana Putra via ANTARA Foto

Pantai ini terletak tak jauh dari Sirkuit Mandalika. Kamu bisa mencapainya hanya dengan sekitar 20 menit naik kendaraan bermotor. 

Pantai ini terkenal dengan bentangan pasir putihnya yang dikatakan sangat lembut seperti butiran merica. Air lautnya juga biru jernih sehingga sangat cocok untuk snorkeling.

Tak perlu khawatir jika snorkeling di sini, karena tempat wisata ini termasuk salah satu yang dikembangkan oleh pemerintah sejalan dengan pembangunan Sirkuit Mandalika. Jadi, fasilitas di pantai ini tentunya lengkap, bersih, dan terawat.

Baca Juga: Ketahui Fakta Menarik Seputar Sirkuit MotoGP Mandalika Berikut Ini!

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Sumber: Suryanata Budi via Wikipedia

Spot snorkeling terbaik di Kuta Lombok berikutnya adalah Pantai Tanjung Aan. Bagaimana tidak? Pantai Tanjung Aan digadang-gadang sebagai salah satu wilayah terumbu karang terbaik di Lombok.

Selain snorkeling, Pantai Tanjung Aan juga terkenal sebagai tempat berselancar yang baik dan juga tempat yang tepat untuk menyantap seafood di Lombok. Jangan lewatkan pengalaman seru snorkeling dan wisata kuliner di Pantai Tanjung Aan bersama teman-teman!

3. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk

Sumber: gomandalika.com

Pantai Gerupuk juga menawarkan panorama bawah laut yang sangat indah. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit wisatawan untuk snorkeling, menyelam, dan berselancar.

Karena ombak di Pantai Gerupuk cukup menantang, sangat tidak disarankan untuk snorkeling sendirian di wilayah pantai ini. Jadi, pastikan kamu menyewa jasa pemandu snorkeling profesional yang ada di pantai ini, ya!

4. Pantai Seger Kuta

Pantai Seger Kuta

Sumber: lomboktourplus.com

Pantai Seger Kuta menawarkan panorama alam yang unik dan indah. Di pantai ini, kamu bisa menemui bebatuan unik nan cantik di pinggir pantai. Terdapat juga area bukit di pinggir pantai yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Jika berkunjung ke pantai ini, kamu bisa berangkat dini hari untuk menyaksikan matahari terbit di bukitnya, kemudian lanjut dengan snorkeling. Ombak pantai ini cenderung cukup tenang, jadi lokasi ini sangat cocok untuk snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut.

Pantai Seger Kuta juga merupakan lokasi acara adat Bau Nyale. Jika berkunjung saat acara sedang berlangsung, kamu juga boleh mengikuti keseruan menangkap cacing nyale di acara ini, lho!

Baca Juga: Main ke Tempat Pantai Pink di Lombok

Destinasi Snorkeling Lain di Lombok yang Mempesona

Selain pantai Kuta Lombok, masih banyak spot untuk snorkeling di Lombok yang bisa kamu kunjungi. berikut beberapa spotnya.

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan terletak di bagian utara pulau Lombok. Hal yang membuat spot ini menjadi destinasi yang menyenangkan adalah keberagaman ikan, terumbu karang, dan berbagai biota laut yang mendiami perairannya. Gili Trawangan juga menjadi rumah bagi kura-kura dan hewan barakuda, sehinga pulau ini menjadi tempat ideal untuk menikmati kegiatan snorkeling dengan bebas.

2. Pantai Gili Meno

Gili Meno yang terletak berdekatan dengan Gili Trawangan juga memiliki pesona dengan keindahan biota lautnya, termasuk penyu yang leluasa berenang di perairannya. Perjalanan ke Gili Meno dapat diakses melalui Pelabuhan Bangsal atau dengan mengikuti trip snorkeling yang seringkali tersedia di Gili Trawangan.

3. Gili Air

Gili Air juga dikenal sebagai destinasi snorkeling terbaik di Lombok dan sering dianggap sebagai surga bagi penggemar kegiatan tersebut. Keunikan pulau ini terletak pada suasana tenangnya, yang sangat ramah terutama bagi anak-anak. Karena tidak ada kendaraan bermotor di Gili Air, pengunjung dapat menjelajah pulau dengan menggunakan cidomo atau bersepeda.

Pulau Gili Air terletak berdekatan dengan Gili Trawangan dan Gili Meno, menjadikannya lokasi yang ideal bagi pecinta snorkeling. Apabila kamu menyukai kegiatan ini, kunjungilah Gili Air untuk merasakan sensasi snorkeling yang mengasyikkan.

Nikmati Pemandangan Alam Indah Lombok Langsung dari Kabin 

Pemandangan Alam Indah Lombok Langsung dari Kabin

Ingin bermalam di tengah alam Lombok? Bobocabin Gunung Rinjani jawabannya!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani tidurmu di tengah asrinya alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi untuk menunjang pengalaman menginapmu.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Lombok Network Holidays via Tripadvisor

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles