pemandian air panas di pangalengan

7 Rekomendasi Tempat Pemandian Air Panas di Pangalengan

Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat saat liburan. Selain memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, berenang juga dapat membantu pikiran menjadi tenang dan rileks.

Pangalengan menawarkan beragam tempat dengan fasilitas kolam renang yang cocok untuk mengisi waktu senggang saat liburan. Selain menikmati panorama alam yang indah, tempat-tempat ini juga menyediakan kolam renang yang cocok untuk keluarga.

Dalam artikel ini, Bob telah merangkum daftar pemandian air panas di Pangalengan yang layak untuk dikunjungi. Jangan lewatkan keseruan dan keasyikan berenang di kolam renang Pangalengan!

7 Tempat Pemandian Air Panas di Pangalengan

Berikut adalah beberapa destinasi wisata pemandian air panas di Pangalengan yang dapat menjadi pilihan tempat liburan bersama keluarga menjadi lebih berkesan dan menghangatkan.

1. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang

Sumber: Direktori Pariwisata

Pemandian Air Panas Cibolang adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Pangalengan. Di sini, pengunjung dapat menemukan tiga kolam dengan kedalaman yang berbeda.

Yang membuat kawasan wisata ini semakin menarik adalah lokasinya yang dikelilingi hamparan perkebunan teh hijau. Harga tiketnya pun terjangkau, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Sebaiknya, kamu datang ke Pemandian Air Panas Cibolang pada pagi hari agar dapat menikmati udara yang sejuk dan pemandangan indah di sekitar kolam renang.

Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang indah, pemandian air panas di Pangalengan ini adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan melepas penat.

Baca Juga: Mumet di Rumah? Ini Dia 5 Kebun Teh di Jawa Barat untuk Kamu Pencinta Pemandangan Hijau

2. Tirta Camelia

Tirta Camelia adalah tempat wisata yang menawarkan fasilitas kolam air panas dengan air jernih yang menyenangkan.

Terletak di tengah-tengah pesona alam yang indah, tempat ini dikelilingi oleh kebun teh yang memukau dan pepohonan yang menjulang tinggi.

Kolam renang Tirta Camelia merupakan milik PTPN VIII dan menggunakan sumber mata air dari kawah Gunung Windu.

Sejak didirikan tahun 1975, pemandian air panas di Pangalengan ini telah menyediakan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang dewasa, kolam renang anak, kolam air panas untuk berendam, kantin, musala, dan toilet.

Nikmati kesegaran berenang di kolam air panas sambil menikmati panorama alam yang memikat. Tirta Camelia adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam sambil menikmati suasana tenang dan nyaman.

3. Kolam Air Panas Sukaratu Pangalengan

Kolam Air Panas Sukaratu Pangalengan

Sumber: Keluyuran

Terletak di daerah Banjarsari, Kolam Air Panas Sukaratu Pangalengan adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Pemandian air panas di Pangalengan ini menjadi salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi pengunjung.

Keunikan kolam Air Panas Sukaratu Pangalengan terletak pada hangatnya air yang berasal dari kawah gunung. Hal ini membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di kolam.

Selain berenang, kamu juga dapat mengambil berbagai macam swafoto di sekitar perkebunan teh yang tidak jauh dari kolam renang.

Nikmati momen liburan yang menyenangkan sambil menikmati kehangatan air panas dan keindahan alam sekitarnya. Kolam Air Panas Sukaratu Pangalengan akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

4. Waterboom Kertamanah

Waterboom Kertamanah

Sumber: Renangloka

Waterboom Kertamanah adalah destinasi wisata yang sangat digemari oleh masyarakat, terutama keluarga.

Menawarkan kolam renang dengan konsep wahana air, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menyenangkan seperti flying fox, sirkuit ATV, dan waterboom.

Terletak di tengah-tengah kebun teh yang sejuk dan mempesona, Waterboom Kertamanah menjadi pilihan wisata menarik di daerah Pangalengan. Pengunjung dapat menikmati suasana alam yang indah sambil bermain dan berendam di kolam air panas yang nyaman.

Tidak hanya itu, harga tiket masuk pemandian air panas di Pangalengan tersebut juga terjangkau, menjadikannya destinasi yang ramah bagi pengunjung dari berbagai daerah. 

5. Carita Alam Pangalengan

Carita Alam Pangalengan

Sumber: Jabar Hits

Carita Alam Pangalengan, destinasi wisata yang terletak di Bandung, menyajikan pengalaman unik dalam menikmati air panas dari sumber alami.

Dengan layanan yang tersedia 24 jam, kamu dapat menikmati keindahan dan kesejukan alam di tempat ini kapan pun mereka menginginkannya.

Pemandian air panas Carita Alam Pangalengan ini menawarkan delapan kolam renang, termasuk kolam renang yang dirancang khusus untuk anak-anak lengkap dengan perosotan dan ember tumpah.

Salah satu daya tarik utama dari Carita Alam Pangalengan adalah kesempatan untuk berendam air hangat sambil menikmati suasana alam pegunungan yang masih rindang dan segar.

Kamu dapat merasakan sensasi relaksasi yang menyegarkan sambil menikmati pemandangan memukau di sekitar tempat ini.

6. Kawah Wayang

Kawah Wayang

Sumber: Pigijo.com

Kawah Wayang merupakan tujuan wisata alam yang menghadirkan keindahan kawah, pegunungan, dan perkebunan teh. Lokasinya dekat dengan Wayang Windu Panenjoan, dan menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung di Pangalengan.

Keindahan pemandangan di Kawah Wayang ini disebabkan oleh kawah yang dikelilingi oleh batuan alami berwarna indah. Pengunjung dapat mengambil foto-foto menarik di spot-spot foto yang tersedia. Yang menarik, harga tiket masuk mencakup akses ke kawah, kolam air panas, kolam renang biasa, dan spot jembatan untuk berfoto.

7. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul

Sumber: Kompas.com

Sunrise Point Cukul adalah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama orang dicintai. Daya tarik utama dari Sunrise Point Cukul tidak hanya terbatas pada keindahan matahari terbit yang disuguhkan. Ada aspek lain yang tak kalah menarik dari pesona alam yang ada di sana.

Di area Sunrise Point, terdapat sebuah villa Jerman tua yang memiliki kisah mistik yang sangat legendaris. Villa ini dikenal sebagai “villa merah” dan merupakan salah satu bangunan bersejarah di era kolonial Belanda.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luas dari kebun teh yang menghampar dan juga memiliki kesempatan untuk berkemah di Sunrise Point Cukul ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner yang Terdapat di Pangalengan Bandung 

4 Tips Berkunjung ke Pemandian Air Panas Agar Lebih Nyaman

1. Datang Sore atau Malam Hari

Berendam air panas memang cocok dilakukan pada saat sore/malam hari setelah pulang kerja atau menyelesaikan aktivitas di luar rumah.

Suasana yang tenang dan dingin pada waktu tersebut memperkuat sensasi relaksasi dan kesegaran yang didapatkan dari berendam air panas.

Pada saat sore atau malam hari, tubuh umumnya sudah mengalami peningkatan kelelahan akibat aktivitas sepanjang hari. Berendam air panas dapat membantu meredakan ketegangan otot dan menenangkan pikiran yang lelah.

Panasnya air dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, serta memberikan efek relaksasi yang menyeluruh.

2. Bawa Baju Ganti

Berendam di tempat yang menawarkan kesegaran dan keasyikan seringkali menjadi kegiatan spontan yang menyenangkan. Namun, terkadang orang terjebak dalam situasi di mana mereka tidak membawa baju ganti.

Hal ini bisa menjadi masalah yang mengganggu, karena pulang dengan baju yang basah dapat membuatmu risih dan bahkan memicu risiko kesehatan.

Dalam beberapa kasus, jika memungkinkan, kamu mungkin dapat membeli baju ganti di tempat berendam. Namun, harganya biasanya jauh lebih mahal dibandingkan harga normal di luar.

Ini dapat mengganggu anggaran liburan dan membuat pengalaman berendam menjadi kurang menyenangkan.

Baca Juga: Bercengkrama Dengan Keindahan Alam di Wanawisata Kampung Rahong Pangalengan

3. Bawa Peralatan Mandi

Bawa Peralatan Mandi

Sumber: Castorly Stock via Pexels

Seiring persiapan liburan, terkadang kita sering melupakan hal yang penting, seperti membawa peralatan mandi dari rumah.

Meskipun terlihat sepele, sabun dan sampo nyatanya adalah hal penting untuk menjaga kebersihan tubuh setelah berendam di pemandian air panas yang banyak dikunjungi orang lain.

Dengan menggunakan sabun, kamu dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin timbul akibat interaksi dengan air dan pengunjung lainnya.

Selain itu, sampo juga penting untuk membersihkan dan merawat rambut setelah berendam.

4. Pesan Kamar Privat

Jika kamu menginginkan pengalaman berendam yang lebih nyaman dan terhindar dari keramaian, kamu bisa coba memesan kamar privat.

Dengan kamar privat, kamu dapat merasakan ketenangan ekstra saat menikmati fasilitas berendam air panas.

Salah satu keuntungan utama memiliki kamar privat adalah kebersihan yang lebih terjamin. Air panas kamar privat biasanya disediakan khusus untuk tamu yang memesan, sehingga kualitas airnya lebih bersih.

Cari Tempat Menginap setelah Mandi Air Panas? Yuk, Coba Bobocabin Ranca Upas!

bobobox aja

Jika kamu bingung mencari penginapan setelah mandi air panas di Pangalengan, cobalah menginap di Bobocabin Ranca Upas.

Bobocabin ini terletak di Bandung Selatan dan menawarkan pemandangan danau yang dapat kamu nikmati langsung dari kabin.

Tidak hanya itu, fasilitas Wi-Fi super cepat juga disediakan agar kamu puas menonton film atau berselancar di dunia maya.

Untuk melakukan pemesanan, kamu cukup mengunduh aplikasi Bobobox. Jangan menunda pesananmu, karena Bobocabin kerap terjual habis setiap bulannya!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih

Foto header: Ian Liberry via Unsplash

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles