Kota Misterius di Dunia

Mengenal 8 Kota Misterius di Dunia, Ada Indonesia Lho!

Dunia ini begitu luas dan menyimpan banyak misteri. Banyak tempat-tempat diklaim misterius berkat kejadian masa lalu yang menyeramkan, seperti kota-kota gaib yang menyimpan sejuta misteri.

Meski penuh misteri dan menyeramkan, kebanyakan orang malah jadi semakin penasaran dengan kisah tempat-tempat ini.

Simak deretan kota misterius di dunia yang mengundang rasa penasaran ini, temasuk yang ada di Indonesia!

Inilah Kota Misterius di Dunia

1. Atlantis

Atlantis

Kota misterius yang pertama adalah Atlantis, dan kamu mungkin sudah pernah mendengarnya. Kota Atlantis merupakan tempat legendaris yang pertama kali disebut oleh filsuf Plato dalam buku Timaeus dan Kritias.

Kota Atlantis dikabarkan hilang pada tahun 360 SM. Meskipun sebagian orang percaya kota Atlantis ini hanya karangan Plato, banyak juga yang meyakini bahwa kota ini memang ada.

Banyak yang mempercayai bahwa Atlantis tenggelam dan sejumlah lokasi bahkan disebut-sebut sebagai lokasi Atlantis sekarang berada, salah satunya Indonesia.

2. Desa Angikuni, Nunavut, Kanada

Desa Angikuni, Nunavut, Kanada

Gambar: Grid Kids

Pada November 1930, seorang pemburu melewati sebuah desa di tepi Danau Anjikuni di wilayah paling utara Kanada, yang biasa ia lewati setiap berburu.

Ia menyadari bahwa tak ada seorang pun di desa itu. Namun, anehnya, ia mendapati perapian yang masih menyala, persediaan makanan yang melimpah, dan pakaian. 

Penduduk desa seakan-akan lenyap begitu saja. Bahkan lebih menyeramkan lagi, saat kuburan di desa tersebut dibongkar, isinya kosong!

Baca juga: Penuh Misteri dan Konspirasi, Ini Dia 7 Kota Tertua di Indonesia dan Fakta Uniknya

3. Saranjana, Kalimantan

Kota gaib bernama Saranjana menjadi populer belakangan ini karena ramai diperbincangkan di media sosial.

Saranjana dikenal sebagai kota gaib Kalimantan yang memiliki peradaban yang maju bak kota impian.

Kisah tentang Saranjana sudah melegenda bagi masyarakat Kalimantan atau Borneo. Kota ini menjadi misterius karena keberadaannya tidak tercatat dalam peta Indonesia.

Masyarakat Kalimantan menyebut Saranjana sebagai kota tak kasat mata dan tak bisa dilihat oleh orang awam. Disebutkan bahwa Saranjana hanya bisa dilihat melalui mata batin.

Selain itu, penduduk Kota Saranjana diyakini memiliki paras yang rupawan. Penduduk kota ini juga diyakini memiliki banyak kendaraan mewah.

4. Eilean Mor, Outer Hebrides 

Pulau kecil di lepas pantai Skotlandia ini menyandang status misterius sejak akhir Desember 1900. Tiga lelaki penjaga mercusuar menghilang secara misterius tanpa jejak. 

Menurut Historic UK, peristiwa ini pertama kali diketahui saat ada satu kapal yang melalui mercusuar dan melihat lampunya tidak menyala.

Setelah diselidiki pun, tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan para laki-laki penjaga misterius ini.

5. Zapadnaya Litsa, Russia

Zapadnaya Litsa, Russia

Sumber: Murman via Shutterstock

Kota yang berfungsi sebagai markas ngkatan Laut ini merupakan tempat yang terkutuk yang disebut The Antechamber to Hell.

Hal ini bermula ketika Uni Soviet runtuh. Zapadnaya Litsa ditinggalkan bersamaan dengan kapal selam nuklir.

Kapal berkarat tersebut membawa bahan bakar radioaktif yang 30 kali lebih kuat dari ledakan Chernobyl.

Selain menyisakan bangunan-bangunan kosong, hanya ada beberapa warga yang selamat dari ledakan ini.

6. Aztlan, Amerika

Aztlan merupakan kota gaib yang juga dipercaya sebagai Atlantis-nya Amerika. Kota gaib ini diyakini memiliki peradaban yang kuat dan menjadi tempat tinggal suku Aztec.

Konon, Kota Aztlan ini berada di Amerika Utara. Namun, hingga saat ini belum ada yang berhasil menemukan lokasi keberadaannya.

Baca juga: Seram! 7 Pantai Angker di Indonesia Ini Punya Sejarah Mistis Lho!

7. Centralia, Pennsylvania

Centralia, Pennsylvania

Sumber: halfofmoon via Shutterstock

Kota Centralia di Pennsylvania, Amerika Serikat sudah diabaikan hampir 60 tahun lamanya. Mengerikannya, kota ini menjadi kota hantu akibat dari kebakaran tambang batubara.

Pada tahun 2017, kota ini ditinggali oleh tujuh orang. Ketujuh orang ini berjuang keras untuk tetap tinggal di kota hantu tersebut sampai mereka mati.

8. Wentira, Sulawesi

Kota gaib bernama Wentira juga banyak dipercaya oleh masyarakat. Konon, Wentira berada di perbatasan Jalan Poros Trans Sulawesi Tengah (Sulteng), tepatnya di Kota Palu.

Dilansir tulisan Scribd berjudul “Misteri Wentira”, Wentira konon disebut sebagai warisan Atlantis yang telah lama hilang ditelan bumi. Banyak orang mengaku pernah mengunjungi Wentira.

Dikisahkan ada orang yang pernah memesan mobil mewah BMW warna kuning ke alamat Wentira. Belakangan, diketahui bahwa orang yang memesan mobil tersebut adalah seorang laki-laki tua.

Anehnya, lokasi pengantaran mobil tersebut berada di hutan belantara. Muncullah beragam mitos yang dipercaya masyarakat.

Salah satu mitos ini menyebutkan bahwa orang yang melintas di sekitar Wentira harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali.

Baca juga: Mistis dan Penuh Misteri, 5 Destinasi Wisata Purwokerto Ini Dikenal Misterius!

Sensasi Menginap Modern di Tengah Alam Hijau

Sensasi Menginap Modern di Tengah Alam Hijau (2)

Sumber: bobobox.com

Berencana healing dengan liburan singkat, tapi bingung harus menginap di mana? Bobocabin jawabannya! 

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menginap di tengah alam dan mengabadikan momen campfire dan barbeque dengan internet kencang?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles