pantai angker di Indonesia

Seram! 8 Pantai Angker di Indonesia Ini Punya Sejarah Mistis Lho!

Bobobox.co.id —  Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya yang menakjubkan. Banyaknya wisata alam, terutama pantai, membuat setiap orang ingin menjelajahi semuanya. Namun, siapa sangka, Indonesia juga memiliki pantai-pantai angker yang memiliki cerita mistis.

Bukannya takut, banyak orang yang bahkan malah semakin penasaran untuk berkunjung. Sebab, ternyata cerita atau sejarah mistis tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bagi mereka yang menyukai wisata mistis.

Nah kali ini, Bob akan bagikan informasi tentang 7 pantai angker di Indonesia yang punya sejarah mistis. Simak sampai habis ya!

8 Pantai Angker di Indonesia dengan Sejarah Mistis

Berikut ini beberapa tempat wisata pantai angker yang terkenal dengan cerita mistisnya. Jika kamu penyuka wisata mistis, kamu wajib kunjungi pantai-pantai ini!

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai angker yang pertama adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Kamu pasti pernah mendengar tentang kisahnya Sang Ratu Pantai Selatan, kan? Nah, dari pantai ini lah kisah tersebut berasal. Terletak di Kabupaten Sukabumi, Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Barat.

Selain karena pemandangan pantainya yang indah, serta pasar ikannya yang terbilang besar, Pelabuhan Ratu terkenal dengan kisah Nyi Roro Kidul. Konon di pantai ini terdapat pintu gaib menuju kerajaan Nyi Roro Kidul, Sang Ratu Pantai Selatan.

Selain itu, sebuah hotel di kawasan pantai ini yaitu Inna Samudera Beach Hotel terdapat kamar bernomor 308 yang dipercayai merupakan persinggahan Sang Ratu. Di dalam kamar tersebut terdapat lukisan Nyi Roro Kidul yang dilukis oleh Basuki Abdullah. Ruangan kamarnya didominasi dengan warna serba hijau yang katanya merupakan warna kesukaan Sang Ratu Pantai Selatan.

Lalu, ada larangan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau saat mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Konon, pengunjung yang memakai pakaian berwarna hijau akan menghilang dan tenggelam secara misterius.

pantai angker pantai pelabuhan ratu

sumber: inisukabumi.com

2. Pantai Panrang Luhu

Dari Sukabumi kita lompat ke Bulukumba, Sulawesi Selatan, terdapat pantai yang tidak kalah angkernya, Pantai Panrang Luhu. Di balik keindahan alam baharinya, Pantai Panrang Luhu menyimpan kisah mistis yang bikin merinding.

Konon, pantai ini terkenal kisah seorang ratu bernama Ratu Sang Kawana yang jatuh cinta kepada anaknya. Sebagaimana diketahui bahwa menurut tradisi, ibu dan anak tidak boleh menikah atau jatuh cinta satu sama lain. Hal tersebut tentu membuat warga Luwu geram.

Sehingga keduanya terusir dari Luwu. Atas dasar itu, keduanya menyimpan dendam dan akan menenggelamkan siapa pun yang berasal dari Luwu.

Pantai Panrang Luhu

sumber: pantainesia.com


Baca Juga: Uji Nyalimu Dengan Kunjungi Tempat-Tempat Angker Di Bogor Berikut Ini!


3. Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan)

Pantai angker berikutnya terletak di daerah Jember, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Pantai Papuma memiliki pesisir pantai yang terselimuti pasir putih dan batu karang yang indah. Namun, pantai ini juga terkenal sebagai pantai angker di Indonesia hingga kerap memakan korban.

Seringkali dikabarkan wisatawan yang menghilang secara misterius. Kebanyakan korban menghilang karena terseret ombak pantai yang kemudian tidak ditemukan lagi jasadnya. Konon, warga percaya bahwa hilangnya korban-korban tersebut sebagai tumbal oleh Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Selain itu, Pantai Papuma juga memiliki goa bernama Gua Lawa yang konon menjadi tempat bersemayam Dewi Sri Wulan, salah satu penguasa Pantai Selatan.

batu di tengah laut

sumber: dakatour.com

4.  Pantai Parangtritis

Pantai angker berikutnya ini pasti sudah sangat tidak asing bagi kamu yang pernah berwisata ke Yogyakarta. Ya, Pantai Parangtritis! Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata pantai yang populer di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul. Selain ramai dikunjungi para wisatawan, Pantai Parangtritis juga terkenal banyak disebutkan di cerita-cerita mistis.

Faktanya, yang membuat pantai ini menarik, selain keindahannya, juga memang cerita mistis di dalamnya. Sama halnya dengan Pantai Pelabuhan Ratu, pantai ini dikenal sebagai pintu gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul, Sang Ratu Pantai Selatan. Banyak yang menceritakan bahwa Kesultanan Yogyakarta memiliki ikatan erat dengan Sang Ratu.

Sehingga tidak heran jika pihak Keraton secara rutin memberikan dan mengadakan ritual sesaji di Pantai Parangtritis. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud komunikasi dan permintaan restu Sang Ratu agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dan mampu melindungi masyarakatnya.

Di pantai ini juga terdapat larangan mengenakan pakaian berwarna hijau. Jika pengunjung nekat memakainya, maka orang tersebut akan terseret ke dalam ombak dan diminta sebagai tumbal Sang Ratu.

pantai angker pantai parangtritis

sumber: 1001malam.com


Baca Juga: Berani Berkunjung? Ini Dia Tempat-Tempat Angker Di Jakarta!


5. Pantai Parangkusumo

Masih di daerah Yogyakarta, ada sebuah pantai dekat Pantai Parangtritis yang juga terkenal memiliki aura mistis. Pantai Parangkusumo adalah pantai berpasir hitam yang terkenal sebagai salah satu tempat paling mistis di Pulau Jawa.

Pantai ini dipercaya sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul. Tidak hanya demikian, pantai ini juga dipercaya sebagai salah satu gerbang utama Keraton Gaib Laut Selatan, yakni kerajaan Nyi Roro Kidul yang menguasai Laut Selatan.

Bahkan, ritual labuhan sering diadakan oleh pihak Keraton Yogyakarta di pantai ini. Ritual Labuhan ini dilakukan sebagai simbol ikatan dan kekuasaan antara Keraton dan penguasa Laut Selatan.

@antarejatour.com

Bobocabin Bobobox

6. Pantai Jembatan Panjang

Selanjutnya kita pindah ke Malang. Di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Sumber Bening, Bantur, terdapat pantai angker bernama Pantai Jembatan Panjang. Sesuai dengan namanya, daya tarik pantai ini adalah jembatan panjang yang melintas di atas pantainya.

Dan yang menariknya adalah jembatan yang menghubungkan daratan ke sebuah pulau kecil di tengah pantai ini tidak utuh. Tidak jarang tempat ini menjadi spot foto para wisatawan yang berkunjung. Selain itu, jembatan panjang tersebut juga terkesan mistis.

Konon, pembangunan jembatan ini selalu gagal. Hal tersebut dikaitkan dengan cerita mistis di mana penghuni gaib yang mendiami pulau tersebut tidak merestui pembangunan. Ini dikarenakan pembangunan jembatan katanya tidak memenuhi syarat. Syarat apa ya kira-kira?

pantai angker pantai jembatan panjang

sumber: triptus.com

6. Pantai Batu Lubang

Terbang ke Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Sorong terdapat Pantai angker yang berikutnya bernama Pantai Batu Lubang. Pesona alam Papua sudah tidak diragukan lagi, terutama wisata pantainya. Hamparan pasir putih, karang yang menjulang, dan airnya yang hijau bak batu zamrud menjadi pesona yang memanjakan mata.

Daya tarik Pantai Batu Lubang, sesuai dengan namanya, adalah batu karang yang berlubang yang membentuk gapura. Namun, di balik keindahannya, Pantai Batu Lubang menyimpan cerita mistis yang cukup menyeramkan.

Konon, wanita hamil tidak boleh melewati muara pantai ini karena jika dilakukan maka akan terjadi kecelakaan. Selain itu, di antara pasir putihnya, seringkali terdapat pasir hitam yang muncul secara misterius yang konon jika didekati akan terserap ke dalamnya. Seram juga ya!

pemandangan alam yang menakjubkan

sumber: wisato.id


Baca Juga: Uji Nyalimu Dengan Berkunjung Ke Destinasi Wisata Angker Di Bali Berikut Ini!


7. Pantai Padang Galak

Pantai angker yang terakhir adalah Pantai Padang Galak yang terletak di daerah yang terkenal dengan wisata pantainya, yaitu Denpasar, Bali. Keindahan pantai-pantai di Bali memang bukan rahasia lagi, termasuk Pantai Padang Galak.

Namun ternyata, di balik keindahannya terdapat cerita mistis lho! Konon di pantai ini terkenal dengan cerita Dewi penunggu yang suka menaik orang ke dalam pusaran laut. Orang yang terseret dan tenggelam ke dalam pusaran tersebut konon akan menjadi budaknya.

pantai angker pantai gadang galak

sumber: hibur.id

Bingung pilih penginapan? Menginap saja di Bobocabin Kintamani!

Setelah lelah bermain air dan wisata mistis, kamu tentunya perlu tempat untuk beristirahat agar siap menjelajah lagi esok harinya. Namun, kamu juga tidak mau penginapan biasa yang lagi-lagi letaknya di dekat pantai.

Jangan bingung, Bobocabin Kintamani jawabannya! Kamu akan mendapatkan fasilitas super lengkap, kabin bertema elevated camping, dan pemandangan Gunung Batur yang sejuk sekaligus. Menarik bukan?

Tunggu apa lagi? Segera booking dan unduh aplikasi Bobobox untuk informasi selengkapnya dengan klik link ini!

pemandangan alam dari kabin

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles