Arti Bulu Mata Jatuh

Inilah Arti Bulu Mata Jatuh, Memangnya Benar Ada yang Lagi Kangen?

Bulu mata jatuh sebelah kiri? Katanya sih, itu artinya ada seseorang yang sedang kangen atau merindukan kamu. Benar nggak, tuh? Mitos atau fakta? Dari mana asalnya kepercayaan ini?

Faktanya, bulu mata yang jatuh kerap dianggap sebagai sebuah pertanda oleh sebagian masyarakat Jawa. Entah jatuh di kanan atau kiri, ini dapat membawa kabar baik atau buruk.

Dalam primbon Jawa, konon bulu mata jatuh sebelah kiri dan kanan memiliki makna berbeda-beda. Lalu, apa sajakah arti bulu mata jatuh sebelah kiri dan kanan menurut primbon Jawa?

Bulu Mata Jatuh dari Kacamata Medis

Jika dilihat dari kacamata medis, bulu mata yang rontok merupakan siklus alami yang sangat umum terjadi. Bulu mata biasanya akan rontok setiap periode 6 hingga 10 minggu.

Selain itu, bagi sebagian besar orang, bulu mata yang rontok bisa terjadi sebanyak 1 hingga 5 helai.

Bulu Mata dan Kepercayaan Primbon Jawa

bulu mata jatuh menurut primbon jawa

Sumber: Freepik

Tidak seperti perspektif medis, menurut primbon Jawa, bulu mata rontok atau jatuh adalah firasat bentuk kejadian yang identik dengan asmara.

Lalu, apakah benar bulu mata jatuh sebelah kiri berarti ada seseorang yang sedang merindukan kita?

Primbon Jawa menyebutkan bahwa jika bulu mata bagian atas jatuh, maka hal ini dianggap pertanda baik.

Kejadian yang dapat terjadi setelah bulu mata ini jatuh adalah bertemu dengan keluarga atau sanak saudara jauh yang telah lama berpisah.

Namun, jika bulu mata bawah yang jatuh, maka hal tersebut merupakan pertanda kamu akan bertemu dengan seorang spesial yang sudah lama tidak kamu jumpai.

Baca Juga: Mengenal Heterochromia, Penyebab Pupil Mata Beda Warna

1. Arti Bulu Mata Jatuh Sebelah Kanan

bulu mata jatuh sebelah kiri

Sumber: @alexagorn via Unsplash

Jika menilik pembahasan menurut primbon Jawa, jika bulu mata kanan seseorang rontok, maka artinya orang itu akan bertemu kembali dengan seorang yang spesial.

Pertemuan ini bukanlah sebuah pertemuan yang biasa. Alih-alih, jenis pertemuan ini adalah salah satu hal yang sangat didambakan selama ini.

Atau, jatuhnya bulu mata sebelah kanan menandakan hubungan asmara masa lalu yang akan kembali hadir di kehidupan kita.

2. Arti Bulu Mata Jatuh Sebelah Kiri

Jika bulu mata yang jatuh di sebelah kanan erat kaitannya dengan asmara, maka bulu mata sebelah kiri seringkali berhubungan dengan keluarga.

Jatuhnya bulu mata sebelah kiri seringkali dikaitkan dengan adanya anggota keluarga yang sedang merindukan kita.

Munculnya rasa rindu yang dialami anggota keluarga ini bukan hanya karena terpisah jarak, tapi juga dapat diartikan sebagai merindukan masa lalu yang dilalui bersama.

3. Arti Bulu Mata Atas Jatuh

Apakah bulu mata jatuh dapat mengabarkan kabar yang baik? Menurut primbon Jawa, bulu mata bagian atas yang jatuh ini sering dianggap sebagai pertanda baik.

Misalnya, jika bulu mata atas jatuh, seseorang bisa saja akan bertemu dengan sanak saudara jauh yang telah lama berpisah.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Arti Bulu Mata Bawah Jatuh

Lalu, bagaimana jika bulu mata bagian bawah yang jatuh? Apakah hal tersebut juga pertanda datangnya kabar baik?

Berdasarkan primbon Jawa, saat bulu mata bagian bawah rontok, hal tersebut menandakan seseorang akan bertemu sosok spesial yang telah lama nggak berjumpa, baik itu mantan kekasih atau sahabat jauh.

5. Arti Bulu Mata Jatuh di Pipi Kanan

arti bulu mata jatuh sebelah kiri

Sumber: Freepik

Saat bulu mata jatuh di pipi kanan, hal tersebut menandakan bahwa ada orang yang sedang merindukan kehadiran kita saat ini.

Namun, seseorang yang sedang merindukan kamu ini adalah sosok spesial yang pada masa lalu sempat membuatmu kecewa.

6. Arti Bulu Mata Jatuh di Pipi Kiri

Jika bulu mata jatuh di pipi kiri, ini menandakan bahwa orang yang bersangkutan akan mengalami peristiwa yang membuat hatinya terluka.

Beberapa contoh kesedihan ini dapat berupa perpisahan yang nggak diinginkan atau kehilangan sesuatu yang menyebabkan sakit hati.

Baca juga: 7 Tips Memilih Model Kacamata Sesuai Bentuk Wajah dan Hidung

Mitos atau Fakta Bulu Mata Jatuh

Nah, itu tadi arti bulu mata jatuh berdasarkan primbon Jawa. Bagaimana, sudah cek apakah bulu matamu ada yang jatuh atau nggak?

Walau begitu, beda halnya jika bulu mata jatuh ini dilihat dari sisi lain. Berikut beberapa mitos vs fakta tentang bulu mata yang jatuh, terlepas dari kata primbon Jawa:

1. Bulu mata rontok adalah pertanda seseorang sedang merindukan kamu

Mitos. Faktanya, bulu mata mengalami fase rontok alami setiap 5–6 bulan. Namun, jika rontoknya banyak dan sering, ada kemungkinan orang tersebut terkena madarosis.

2. Penggunaan kosmetik seperti maskara dan extension dapat merontokkan bulu mata

Fakta. Saat bulu mata tidak tahan dengan bahan kosmetik yang kamu gunakan, kamu bisa mengalami reaksi alergi, peradangan, hingga infeksi.

Timbulnya reaksi alergi, peradangan, dan infeksi tersebut kemudian dapat memicu bulu mata rontok bahkan tumbuh secara tidak normal.

Untuk mengatasinya, pastikan untuk membersihkan bulu mata dan beri jeda antarpenggunaan kosmetik atau perawatan bulu mata lainnya.

3. Saat bulu mata sudah rontok, tidak akan tumbuh bulu mata baru

Mitos. Kamu nggak perlu khawatir. Saat bulu mata rontok atau dicabut, maka bulu mata yang baru akan tumbuh kembali dalam rentang waktu 8 hingga 10 minggu.

4. Bulu mata akan bertambah panjang setiap harinya

Fakta. Setiap harinya, bulu mata akan bertambah panjang sepanjang 0,15 milimeter.

Baca Juga: Bulu Mata Nggak Mau Nurut? Ini Dia 7 Tips Melentikkan Bulu Mata!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles