persiapan musim hujan

Musim Hujan Semakin Dekat! Ini Dia 10 Hal Wajib Sebagai Persiapan Musim Hujan

Kamu mungkin menjadi salah satu orang yang tak absen mengeluh ketika musim hujan tiba. Pasalnya, intensitas hujan yang tinggi mungkin bisa menghalangi aktivitas dan kegiatanmu di luar rumah. Terlebih jika kamu berkegiatan di daerah yang rawan banjir dan macet jika musim penghujan tiba. Double trouble rasanya!

Namun, hujan tak melulu bikin kesal jika kamu sudah mempersiapkannya dengan baik, kok. Meskipun agak sedikit repot dengan persiapan musim hujan ini, dijamin worth it deh agar kamu nyaman dalam beraktivitas. Simak 10 hal wajib sebagai persiapan musim hujan berikut ini, ya.

Tips Mempersiapkan Musim Hujan agar Tetap Aman

Musim hujan bisa menjadi saat yang menyenangkan asalkan kamu dapat mempersiapkan diri kamu dengan baik. Berikut adalah beberapa tips membersiapkan musim hujan agar tetap aman dan nyaman!

1. Berpikir positif

Apa hubungannya berpikir positif dan hujan? Tentu ada, apalagi jika kamu termasuk orang yang rajin mengeluh saat musim hujan tiba. Tanpa disadari, keluhan yang ada di pikiranmu muncul karena suasana hati yang buruk.

Suasana hati inilah yang akan sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisikmu. Ingat, saat musim hujan tiba, kamu harus pintar-pintar menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Oleh karenanya, berpikir positif bisa menjadi salah satu persiapan musim hujan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mental sekaligus fisikmu.

2. Sedia payung dan jas hujan

Sedia payung sebelum hujan bukanlah sekadar peribahasa ketika musim hujan tiba. Payung merupakan benda yang sangat penting digunakan sebagai persiapan musim hujan. Saat musim hujan tiba, sebaiknya kamu membawa payung ke mana pun kamu pergi karena hujan bisa turun kapan saja.

Selain payung, jas hujan juga tak kalah penting, terlebih jika kamu sering menggunakan sepeda motor saat bepergian. Jas hujan akan melindungimu dari basah kuyup akibat hujan, atau terkena cipratan air di jalanan yang basah.

 

wanita dengan payung dan jas hujan

Sumber: Max Harlynking via Unsplash

3. Pakaian hangat akan sangat membantu

Ketika musim hujan tiba, saatnya kamu membongkar lemari dan mengeluarkan semua pakaian hangatmu sebagai persiapan musim hujan selanjutnya. Kamu bisa menyiapkan jaket, sweater, cardigan, atau syal sebagai tameng untuk mengusir dingin saat hujan turun.

Jaket antiair pun akan sangat membantu jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Jaket antiair ini tentu saja akan menghalangi air masuk ke dalam bajumu. Selain itu, jaket ini juga dapat menghalau air cipratan yang kotor, sehingga baju yang kamu pakai tetap bersih dan tidak mengganggu penampilanmu.

jas hujan dijual di sebuah toko

sumber: truth_from_africa_photography via Unsplash

4. Outfit yang tepat

Persiapan musim hujan selanjutnya adalah outfit yang tepat. Selain pakaian hangat yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga perlu menyelaraskan outfit lainnya agar kamu tetap merasa nyaman ketika hujan turun.

Hindari memakai pakaian yang terlalu ribet, terutama saat mobilitasmu sangat padat. Hindari juga mengenakan pakaian yang terlalu terbuka, karena bisa-bisa kamu akan terkena masuk angin. Jika memungkinkan, bawalah bekal pakaian ganti agar tetap nyaman. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang juga nyaman dipakai untuk melewati jalanan yang becek, ya.

wanita berjalan dengan payung

Sumber: theusualblog via Unsplash

5. Konsumsi vitamin dan jaga pola makan

Perubahan cuaca yang ekstrem di musim pancaroba sering menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, musim hujan juga menjadi musim di mana penyakit flu dan demam menjadi rawan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan vitamin serta menjaga pola makan untuk persiapan musim hujan.

Mengonsumsi vitamin akan sangat membantu meningkatkan imunitas dan ketahanan tubuhmu. Terlebih jika dibantu dengan pola makanan yang sehat, pasti tubuhmu akan lebih maksimal dalam mencegah penyakit datang. Sebaiknya, hindari terlebih dahulu jajan sembarangan dan membeli makanan yang tidak terjaga kebersihannya, ya.

6. Periksa kendaraan

Untukmu yang berkendara dalam beraktivitas sehari-hari, memerika kondisi kendaraan menjadi hal yang sangat penting untuk persiapan musim hujan. Hujan kerap meningkatkan risiko kecelakaan karena berkurangnya fokus pengedara, jalanan yang licin, serta jarak pandang terbatas.

Jadi, pastikan bahwa kendaraanmu sudah siap menghadapi musim hujan, ya. Untuk sepeda motor, kamu bisa memastikan bahwa rem, lampu sein, dan ban masih berfungsi dengan baik. Untuk mobil, kamu bisa memeriksa mesin, rem, dan lampu sein, terlebih jika sering melewati daerah yang terkena banjir.
Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Periksa kondisi atap rumah

Selain kondisi saat mobilitas, kondisi rumahmu juga perlu dicek sebagai persiapan musim hujan. Saat musim kemarau, kamu mungkin tidak menyadari bahwa ada bagian atap yang bocor. Sebaiknya lakukan pengecekan untuk menghindari air hujan masuk ke dalam ruangan dan merusak peralatan rumah tanggamu.

8. Sedia makanan dan camilan

Merasa enggak, kalau saat musim hujan kamu enggak ingin jauh-jauh dari makanan? Cuaca yang dingin memang cenderung membuat kamu jadi mudah merasa lapar. Nah, ada baiknya jika kamu menyediakan stok makanan dan camilan di rumah, agar tidak repot harus keluar rumah saat hujan turun.

Biasanya, mi instan selalu menjadi makanan favorit di kala hujan. Namun, ingat untuk tak terlalu sering mengonsumsi mi instan yang mengandung banyak pengawet dan zat aditif lainnya, ya. Alternatifnya, kamu bisa menyediakan bahan makanan mentah untuk dibuat sup, yang juga bisa menghangatkan badan.

9. Siapkan emergency tools di rumah

Hujan yang deras serta kilat yang menyambar seringkali menyebabkan gardu listrik terbakar. Akibatnya, pasokan listrik di rumahmu juga ikut terputus. Menyiapkan peralatan darurat sebagai persiapan musim hujan adalah langkah yang tepat.

Kamu bisa menyiapkan power bank yang sudah terisi daya penuh, sehingga bisa langsung dipakai jika dibutuhkan dalam keadaan darurat. Selain itu, sediakan pula alat penerangan darurat seperti lilin, korek api, senter, dan baterai. Jangan lupa untuk meletakkan peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau dan diingat, ya.

10. Sedia hiburan di rumah

Ketika hujan sedang turun, kamu pasti merasa sangat malas untuk keluar rumah jika tak terlalu mendesak. Kamu bisa menyediakan beragam hiburan di rumah supaya kamu tidak bosan dan malah jadi merutuki hujan.

Mulai dari Netflix, komik, novel, monopoli, kartu Uno, hingga Uno Stacko bisa kamu sediakan untuk menghibur diri sendiri atau bermain bersama keluarga. Terdengar seru dan menyenangkan, ‘kan? Dijamin, meskipun hujan dan tak bisa ke luar rumah, kamu enggak akan merasa bosan deh!

11. Membersihkan selokan atau parit

Kalau di sekitar rumah kamu ada selokan atau parit, sebaiknya cepat bersihkan karena parit atau selokan yang kotor dan penuh dengan sampah dapat berakibat banjir.

Kegiatan membersihkan selokan dan parit juga tidak harus menjadi kegiatan yang membosankan! Kamu bisa menjadikan momen ini sebagai momen untuk berkegiatan bersama keluarga atau bahkan tetangga sekitar rumah kamu.

Pastikan saja kamu telah memiliki alat yang sesuai dan mengenakan pakaian yang nyaman agar kamu tetap dapat beraktivitas dengan nyaman.

Musim hujan, enaknya staycation di Bobobox!

Musim hujan tapi ingin menghibur diri dengan keluar rumah? Staycation di Bobobox saja, yuk! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Interior Bobobox juga instagrammable banget, lo, sehingga banyak yang staycation ke Bobobox untuk mengabadikan momen dengan pod dan fasilitas yang unik. Penasaran dengan interiornya?

Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar sekarang, yuk!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita
Foto header: Raimond Klavins via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles