tips mudik hemat

10 Tips Hemat Mudik Lebaran, Anti Boncos!

Momen mudik lebaran adalah salah satu momen yang paling dinanti setiap tahunnya, sebab inilah waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. 

Umat Muslim berbondong-bondong pulang ke kampung halaman, seringkali dari tempat rantau yang jauh.

Jarak yang jauh menyebabkan biaya mudik cenderung mahal. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menghemat di momen lebaran.

Simak 10 tips hemat mudik lebaran berikut agar THR tidak ludes begitu saja!

Tips Hemat Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

1. Tentukan Anggaran

Tentukan Anggaran

Sumber: Karolina Grabowska via Pexels

Tips mudik hemat yang pertama adalah menentukan anggaran sebelum berangkat mudik. 

Menentukan anggaran dapat membantumu mengukur kemampuan finansial kamu. Kamu pun dapat terhindar dari keinginan membeli barang-barang yang menyebabkan kebiasaan boros.

Buatlah bujet biaya BBM, akomodasi, serta konsumsi selama perjalanan. Konsisten pada anggaran yang ada, dan jangan sampai melebihi perencanaan yang sudah kamu tentukan, ya!

2. Bawa Bekal Sendiri

Restoran ataupun warung yang terletak di rute mudik umumnya memasang harga yang lebih mahal daripada harga normal, lho.

Oleh karena itu, lebih baik kamu membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk menekan pengeluaran.

Pastikan untuk memilih makanan yang tahan lama untuk perjalanan panjang dan menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Selain makanan berat, kamu juga perlu membawa makanan ringan lain untuk situasi-situasi darurat seperti macet berkepanjangan.

Baca juga: Ini Dia 6 Cara Berdamai dengan Perasaan Negatif Saat Traveling

3. Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Kembali ke kampung halaman tentunya tidak lengkap apabila kamu tidak membawa oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Namun, bukan berarti kamu harus membawa oleh-oleh dalam jumlah banyak.

Anggaplah oleh-oleh sebagai bentuk kepedulian kamu kepada saudara-saudara, bahwa kamu ingin membagikan pengalaman rantau lewat barang atau makanan unik khas kota rantau.

Tak memandang jumlah, keluargamu kemungkinan besar akan lebih tertarik dengan cerita di balik barang atau makanan tersebut!

4. Menginap di Rumah Kerabat

Daripada harus mengeluarkan bujet lebih untuk akomodasi selama mudik, lebih baik memanfaatkan akomodasi yang sudah ada dengan menginap di rumah kerabat.

Momen lebaran merupakan momen yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi. Dengan menginap, kamu mungkin dapat mengenal kerabatmu dengan lebih baik lewat quality time seru.

5. Pilih Destinasi Wisata yang Ramah di Kantong

Setelah momen lebaran berakhir, kamu dan keluarga mungkin juga berencana memanfaatkan waktu liburan dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata hit di kota tujuan.

Namun, agar pengeluaran tidak berlebih, pastikan untuk merencanakan perjalananmu dengan baik. Mulai dengan memilih destinasi wisata yang terjangkau agar tetap bisa hemat.

Selain itu, pastikan juga destinasi wisata tersebut terletak di tempat yang dapat diakses dengan kendaraan pribadi, agar kamu tidak mengeluarkan biaya lebih untuk moda transportasi lain.

Baca juga: Habis Liburan Justru Sedih? Mungkin Kamu Punya Post Holiday Syndrome!

Tips Hemat Mudik Lebaran dengan Kendaraan Umum

1. Pesan Tiket dari Jauh Hari

 Pesan Tiket dari Jauh Hari

Sumber: rawpixel.com via Freepik

Harga tiket pada momen lebaran umumnya melonjak jauh dari harga normal dikarenakan tingginya minat pemudik yang berencana pulang ke kampung halaman.

Tak hanya harganya yang lebih mahal, meningkatnya jumlah pemudik juga menyebabkan tiket terjual habis dengan cepat.

Nah, untuk memastikan kamu bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih bersahabat, pastikan untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari.

Pastikan juga untuk aktif mencari tahu kode promo untuk mendapatkan potongan harga.

2. Selalu Bandingkan harga

Untuk memastikan kamu mendapatkan harga tiket paling murah, kamu juga perlu rajin-rajin membandingkan harga tiap maskapai atau jasa penyedia transportasi lain.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membandingkan harga tiket di berbagai aplikasi. Setiap aplikasi memiliki promo yang berbeda, sehingga kamu juga bisa mendapatkan potongan harga yang berbeda pula.

Setelah melakukan perbandingan, kamu dapat menemukan pilihan yang paling murah untuk kamu dan keluarga, deh!

3. Pilih Transportasi Jalur Darat dan Kelas Ekonomi

Memilih moda transportasi yang tepat juga dapat membantu kamu lebih hemat.

Meski transportasi jalur udara cenderung memiliki waktu tempuh yang lebih pendek, harga tiketnya juga cenderung lebih mahal.

Untuk menghemat pengeluaran, akan lebih baik jika kamu memilih transportasi jalur darat. Selain itu, pilihlah juga kelas Ekonomi dengan harga kelas paling murah.

Baca juga: Pilih yang Mana, Mudik Lewat Darat, Udara, atau Laut?

4. Bawa Bekal Sendiri

Tak hanya berlaku bagi yang mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, membawa bekal juga merupakan tips mudik hemat penting bagi yang mudik menggunakan kendaraan umum.

Selain untuk menghindari pengeluaran berlebih dengan membeli makanan, kamu juga dapat memastikan makanan lebih sehat dan bersih.

Dengan begitu, kesehatanmu dapat tetap terjaga selama perjalanan panjang.

Baca juga: Wajib Tahu! 7 Resep Masakan Untuk Bekal Mudik

5. Menginap di Rumah Kerabat

Menginap di rumah kerabat adalah cara yang baik untuk menghemat. Selain itu, kamu juga dapat mempererat tali silaturahmi dengan keluarga.

Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan seru bersama tanpa mengeluarkan biaya tambahan, seperti bermain board game atau bentuk game seru lainnya.

Dengan demikian, kamu dapat membuat momen bonding agar momen liburan menjadi lebih asyik dilalui bersama-sama.

Baca juga: 9 Aplikasi Travel Terbaik, Cari Jalan dan Booking Hotel Tak Perlu Repot!

Ingin Liburan Murah? Yuk, Menginap di Bobobox!

bobobox

Sumber: bobobox.com

Liburan ramah di kantong, Bobobox solusinya! Bobobox adalah akomodasi yang aman, nyaman, dan praktis untuk kamu dan keluarga.

Terletak di berbagai kota besar, tiap cabang Bobobox terletak tak jauh dari berbagai tujuan wisata populer dan destinasi kuliner lezat.

Keamanan pasti terjamin. Bobobox menggunakan sistem kode QR yang canggih untuk memastikan bahwa hanya kamu dan keluarga yang bisa masuk ke pod tempatmu menginap.

Selain itu, pod Bobobox pun lebih luas dari hotel kapsul pada umumnya. Nyaman untuk kamu dan keluarga, gunakan fitur pengaturan cahaya agar tidur lebih nyenyak.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles