10 Tips Liburan Pertama ke Bali Agar Hemat dan Seru

10 Tips Liburan Pertama ke Bali Agar Hemat dan Seru

Sebelum pergi berlibur ke Bali, persiapan matang adalah hal yang tidak boleh dilewatkan, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama kamu. Jika kamu masih pemula, tips liburan pertama ke Bali berikut ini bisa kamu lakukan agar liburan tetap hemat dan seru:

10 Tips Liburan Pertama ke Bali

1. Rencana Perjalanan

Rencana Perjalanan

Sumber: Thought Catalog via Unsplash

Salah satu tips liburan ke Bali bagi pemula yang wajib dicoba adalah membuat rencana perjalanan.

Sebelum berangkat, kamu perlu membuat daftar berapa lama akan berlibur, transportasi berangkat dan pulang, tempat wisata yang akan kamu kunjungi, dan tempat menginap selama di Bali.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Selanjutnya, tentukanlah waktu keberangkatan kamu.

Bagi pemula yang ingin berhemat, sebaiknya hindari berkunjung di musim liburan atau akhir pekan. Selain penuh wisatawan, harga tiket, penginapan, hingga sewa kendaraan biasanya akan lebih mahal.

Kamu juga akan kesulitan untuk mendapatkan foto terbaik serta terganggu dengan kemacaten dan padatnya kawasan wisata.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah bulan April, September, atau Oktober. Di bulan-bulan ini, hujan jarang turun, sinar mataharinya tidak terlalu terik, dan bukan termasuk musim liburan. 

3. Tentukan Jalur Transportasi

Tips liburan pertama ke Bali berikutnya adalah pemilihan transportasi.

Kamu bisa membeli tiket pesawat, jika ingin tiba di Bali dengan cepat. Namun, jika ingin lebih hemat, kamu bisa berangkat melalui jalur darat dengan bus atau kereta. Kemudian, kamu akan naik kapal feri dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana.

Meski lebih murah, transportasi darat biasanya memakan waktu lebih lama, sehingga kamu pun perlu mengalokasikan lebih banyak waktu untuk perjalanan ini.

Sementara itu, jika ingin lebih cepat, jalur udara adalah pilihannya.

4. Berkemas

Setelah perencanaan kamu selesai, saatnya menyiapkan barang bawaan selama berlibur di Bali.

Untuk pakaian, bawalah yang sesuai dengan tujuan wisata. Jika ke pantai, pakaian berbahan ringan adalah pilihan terbaik, seperti kaos, kemeja, pakaian berbahan katun, dan sejenisnya.

Sebagai pelengkap, jangan lupakan pakaian renang, sunblock, dan sandal agar acara jalan-jalan tetap nyaman dan seru.

Jika hendak trekking di sawah atau ke gunung, sebaiknya bawa sepatu yang sesuai. Selain itu, bawalah jaket atau baju hangat jika tujuanmu adalah dataran tinggi, seperti Danau Batur dan Beratan.

Baca Juga: Bingung Menginap di Hotel? Ketahui Istilah Hotel Ini Agar Liburan Lancar Jaya

5. Buat Rincian Anggaran

Tips liburan pertama ke Bali selanjutnya adalah untuk membuat rincian anggaran dan memisahkan dana setiap keperluan.

Tips liburan pertama ke Bali ini bisa membantu mengontrol pengeluaran untuk hal tidak perlu sebab semuanya sudah punya porsi masing-masing.

Rincian biaya ini meliputi budget untuk transportasi, akomodasi, biaya makan, tiket wisata, sewa kendaraan, beli oleh-oleh, dan biaya tidak terduga.

Sebaiknya, kamu mulai menabung dari jauh hari agar keuangan kamu tidak langsung tergerus.

6. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Untuk harga lebih hemat, pemesanan tiket serta penginapan sebaiknya kamu lakukan dari jauh-jauh hari.

Dengan tips liburan pertama ke Bali ini, kamu bisa mendapatkan harga promo untuk pemesanan tiket dan akomodasi.

Rajin-rajin saja memantau pergerakan harga tiket. Dengan begitu, saat ada diskon, kamu bisa langsung booking sehingga pengeluaran liburan pun lebih hemat.

Jika memesan terlalu dekat dengan keberangkatan atau bertepatan hari keberangkatan itu sendiri, harga biasanya sudah melonjak tinggi, apalagi jika kamu pergi di musim liburan.

Lebih parahnya lagi, kamu bisa saja kehabisan tiket untuk berangkat atau tempat penginapan.

7. Sewa Kendaraan

Sewa Kendaraan

Sumber: Marvin Meyer via Unsplash

Sarana transportasi umum yang tersedia di Bali masih kurang memadai. Maka dari itu, menyewa kendaraan menjadi salah satu solusi untuk menjelajahi Pulau Dewata.

Tips liburan pertama ke Bali ini bisa kamu coba jika ingin lebih leluasa bergerak, lebih hemat, dan jangka waktu liburanmu terbilang panjang.

Sementara itu, untuk liburan singkat, taksi atau transportasi online adalah pilihan yang baik. Bobocabin Bobobox

8. Mencoba Kuliner Khas

Berkunjung ke Bali tentu tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya, seperti ayam betutu, sate lilit, nasi campur, nasi jinggo, dan lainnya.

Jika budget terbatas, tidak ada salahnya kamu membeli makanan di warung-warung kaki lima. Sebab, harganya bisa dua kali lebih murah dibandingkan dengan restoran atau kafe.

Agar tidak tergiur membeli makanan mahal, sebaiknya isi perut dulu sebelum menuju tempat-tempat wisata.

9. Beli Oleh-Oleh

Selain mencicipi kuliner lokal, berbelanja oleh-oleh juga menjadi agenda wajib saat berkunjung ke Bali. Ada kaos, baju, tas, kain, makanan ringan, hingga pernak-pernik yang bisa kamu pilih.

Untuk harga terbaik, sebaiknya kamu hunting oleh-oleh di pasar tradisional, seperti Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari.

Namun, ingatlah untuk membeli secukupnya saja. Selain hemat, tips liburan pertama ke Bali ini bisa membantu kamu terhindar dari kelebihan bagasi, yang berarti biaya tambahan.

10. Patuhi Aturan yang Berlaku

Bali merupakan kawasan yang masih kental dengan adat istiadatnya. Oleh karena itu, selama berkunjung, pastikan kamu selalu mematuhi aturan dan adat istiadat yang berlaku di sana.

Contohnya adalah saat mengunjungi pura. Pastikan kamu berpakaian sopan; tidak menendang, menginjak, atau melangkahi sesajen; menjaga tutur kata; tidak membuang sampah sembarangan; dan sebagainya.

Tips liburan pertama ke Bali ini bisa membantumu terhindar dari masalah, sehingga liburan tetap aman dan seru.

Baca Juga: Bingung Cari Sarapan Murah di Bali? Simak Rekomendasi Tempat Sarapan Murah Bali Berikut Ini!

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bali

5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Bali

Sumber: @notquitemax via Unsplash

1. Pantai Kuta

Meski kerap ramai pengunjung, rasanya belum afdal jika liburan ke Bali tanpa melihat ingar bingar Kuta, sebuah pantai sekaligus kecamatan yang ada di Kabupaten Badung.

Daya tarik utama Pantai Kuta terletak pada pasir putih, pemandangan sunset, hiburan malam, wisata belanja, dan wisata kulinernya yang murah hingga mewah.

Selain itu, Pantai Kuta juga masih satu lokasi dengan Seminyak dan Legian. Ketiganya berada di satu garis pantai sehingga kamu bisa mengunjunginya secara bergantian.

2. Pura Tanah Lot

Menjadi salah satu ikon wisata Pulau Bali, Pura Tanah Lot merupakan sebuah yang dibangun di atas formasi batu karang besa dengan latar belakang Laut Selatan.

Karena berada di tengah laut, kawasan pura akan tampak terpisah dari daratan saat air pasang. Pemandangannya semakin terlihat indah saat matahari mulai terbenam berpadu dengan deburan ombak yang menerjang batu karang.

Untuk mengakses pura ini, kamu bisa melalui sebuah jembatan yang kerap ramai dengan kehadiran berbagai kios makanan dan minuman pakaian, kerajinan, dan pernak-pernik lainnya.

3. Tanjung Benoa

Jika kamu merupakan pencinta olahraga air, kawasan Tanjung Benoa sebaiknya tidak kamu lewatkan.

Di tempat ini, kamu bisa mencoba beragam kegiatan seru, mulai dari banana boat, jet ski, parasailing, snorkeling, water ski, rolling donut, flying fish, scuba diving, hingga seawalker.

4. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu menjadi salah satu wisata populer bagi pemula berkat daya tariknya: lokasi di ujung tebing, arsitektur unik, banyak kera ekor panjang, pemandangan Samudra Hindia, dan matahari terbenam yang memukau dari atas tebing.

5. Ubud

Ubud adalah rumah bagi wisata spiritual, budaya, dan kesenian. Di kawasan ini, kamu bisa mendatangi Monkey Forest Ubud yang terkenal sebagai konservasi monyet ekor panjang Bali.

Selain itu, Ubud juga merupakan pusat kegiatan belanja. Kawasan ini dipenuhi beraneka kios, mulai dari fashion, suvenir, hingga kesenian tradisional.

Tak jauh dari Ubud, kamu bisa menlajutkan perjalanan ke objek wisata sawah terasering Tegalalang yang sangat Instagramable.

Baca Juga: 12 Destinasi Bali Berdasarkan Zodiak, Kamu Tim Apa?

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Lengkapi liburan pertama kamu di Bali dengan mengunjungi Kintamani dan Ubud yang terkenal menyejukkan dan memukau.

Urusan akomodasi, serahkan saja pada Bobocabin. Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, hingga Bluetooth speaker.

Yuk, unduh dulu aplikasinya dan dapatkan akomodasi terbaik yang nyaman dengan harga terjangkau!

 

Penulis artikel: Aidah Musyarofah

Foto header: Emily Bauman via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles