tips liburan ke malang

7 Tips Liburan ke Malang ala Backpacker yang Wajib Kamu Coba!

Kota yang dulunya merupakan pusat kerajaan Kanjuruhan dan Singosari ini, kini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di provinsi Jawa Timur. Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang cantik, Malang juga memiliki banyak tempat wisata lain yang amat menarik untuk dikunjungi. Sebelum memutuskan berwisata ke Kota Apel ini, simak beberapa tips liburan ke Malang ala backpacker berikut ini.

Baca Juga: Pengen Liburan Hemat? Ini Dia 5 Kota Destinasi Backpacker Murah di Indonesia yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Tips Liburan Ke Malang

Pilih Waktu Terbaik Liburan ke Malang

Pada musim liburan, harga tiket perjalanan dan akomodasi di kota tujuan biasanya melambung tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari berwisata ke Kota Malang di kala musim liburan.

Jika berwisata ke Malang pada musim sepi, kamu akan merasa lebih nyaman di area wisata nantinya karena suasana cenderung tidak sepadat musim liburan.

Tanpa hiruk-pikuk wisatawan yang membanjir, kamu dapat menikmati rekreasi di tempat tujuan wisata dengan lebih leluasa.

Pilih Transportasi yang Tepat

Pilih Transportasi yang Tepat

Sumber: Bagus Dewantoro via Twitter/@KAI121

Ada banyak pilihan transportasi yang dapat kamu gunakan untuk mengunjungi Malang.

Jika kamu masih berasal dari daerah sekitar Jawa Timur, gunakanlah kereta lokal atau bus untuk menghemat biaya dan tenaga.

Jika kamu berasal dari Jakarta atau Bandung dan sekitarnya, pilihan terbaik adalah menggunakan kereta api. Harga tiketnya sendiri mulai dari Rp120.000, tapi jangan lupa untuk booking dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket, ya.

Intinya, jika ingin liburan ke Malang ala backpacker, hindari penggunaan jalur udara atau kendaraan pribadi untuk menghemat biaya.

Baca juga: Jenis-Jenis Transportasi untuk Menjelajahi Sumba

Siapkan Pakaian Tebal dan Hangat

Siapkan Pakaian Tebal dan Hangat

Sumber: Vlada Karpovich via Pexels

Secara geografis, Malang berada di kawasan dataran tinggi dan dikelilingi gunung-gunung serta wilayah hutan konservasi.

Berkatnya, suhu di Malang pun cenderung dingin dan bahkan tetap sejuk di siang hari. Maka, sebaiknya kamu menyiapkan pakaian yang tebal dan hangat sebelum berangkat liburan ke Malang.

Hal ini terutama jika kamu berencana mendaki gunung, misalnya mendaki Gunung Bromo atau Gunung Semeru. Jaket tebal menjadi barang wajib untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat saat berada di gunung.

Jangan sampai kedinginan atau malah jadi sakit selama liburan di Malang karena kamu lupa menyiapkan pakaian hangat.

Baca Juga: Tas Atau Koper Nggak Muat? Ini Tips Packing yang Mudah dan Ringan

Berburu Kuliner Sesuai Budget

Kuliner Malang memang tidak ada habisnya. Namun, tips liburan ke Malang yang selanjutnya adalah berburu kuliner sesuai budget yang sudah kamu siapkan.

Ragam kuliner di Malang yang beraneka ragam pasti membuatmu ingin mencicipi semuanya. Demi menjaga dompet, kamu harus berhati-hati memilih tempat tujuan kuliner.

Untuk mencicipi kuliner Malang yang lezat dan menggoyang lidah, kamu tak perlu menghabiskan uang ke tempat mahal.

Cobalah mengunjungi kedai ayam goreng paling populer di Malang seperti Ayam Goreng Tenes.

Kamu juga bisa menikmati pecel dan rawon di warung-warung pinggir jalan, atau berburu kuliner street food di sekitar alun-alun Malang yang harganya relatif terjangkau.

Jika kamu ingin ngopi seperti banyaknya anak-anak muda di Malang, cobalah untuk mengunjungi daerah Sudimoro.

Sudimoro adalah surganya kopi; di sini, terdapat banyak sekali warung-warung kopi dengan harga terjangkau dan rasa dan kualitas yang tetap mantap!

Sewa Motor

Transportasi umum di Malang belum memadai seperti di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Ini bisa menyulitkanmu saat ingin mengunjungi tempat tujuan wisata dengan gesit.

Jadi, tips liburan ke Malang yang berikutnya adalah menyewa motor. Agar hemat waktu dan biaya perjalanan, menyewa motor adalah solusi yang tepat.

Pastikan kamu menghubungi tempat penyewaan motor dari sebelum berangkat ke Malang agar tidak kehabisan, ya. Biaya sewa motor di Malang mulai dari Rp50.000 per harinya.

Bijak Memilih Tujuan Wisata

Bijak Memilih Tujuan Wisata (2)

Sumber: Detiktravel

Jika berencana liburan ke Malang ala backpacker, berarti kamu harus siap menekan budget dan menghindari tempat wisata yang menguras kantong.

Murah bukan berarti tidak seru lho, karena kebanyakan tempat wisata di Malang juga masih tergolong murah.

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Malang yang tergolong terjangkau adalah Museum Brawijaya, Masjid Tiban, Kebun Teh Wonosari, Goa Pinus, pasar malam alun-alun Batu, Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari, Banyu Anjlok, dan masih banyak lagi.

Memilih Akomodasi yang Terjangkau

Tips liburan ke Malang yang terakhir adalah memilih akomodasi yang terjangkau. Dengan menghemat di satu aspek ini, kamu bisa mengalokasikan dananya untuk hal lain.

Misalnya, dengan memilih akomodasi yang terjangkau di Malang, kamu bisa menggunakan sisa dana yang ada untuk mendaki Gunung Bromo atau memilih kereta eksekutif sebagai transportasi perjalanan pulang dari Malang.

Nah, semoga tujuh tips sederhana untuk liburan ke Malang ini bisa menjadi bekal tambahan yang bermanfaat untukmu.

Siap menikmati momen indah di kota sejuk dan sarat pemandangan alam indah ini? Persiapan yang matang akan menghindarkanmu dari kerepotan yang tidak perlu. Selamat berlibur!

Baca Juga: Liburan Aman, 9 Safety Gear Ini Harus Kamu Bawa Saat Pergi Berlibur!

Ingin Liburan dengan Akomodasi Terjangkau?

bobobox (5)

Sumber: pungkiwaluyo via Instagram

Daripada menghabiskan budget untuk akomodasi, lebih baik mengalokasikan budget untuk kegiatan liburan bersama keluarga.

Carilah akomodasi yang nyaman, aman, tapi tetap ramah di kantong, seperti Bobobox. Hotel kapsul ini adalah solusi menginap yang nyaman, aman, dan terjangkau.

Dengan sistem kode QR, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Kualitas tidur pun pasti terjamin dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobobox.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles