Nasi Uduk Kebon Kacang

17 Rekomendasi Street Food Jakarta yang Maknyus untuk Buka Puasa

Meski Jakarta terkenal dengan kehidupan kota yang mewah dan gedung yang menjulang tinggi, ternyata kota ini menyimpan banyak spot jajanan murah pinggir jalan, lho.

Bahkan, beberapa spot street food di Jakarta selalu diserbu pembeli karena terkenal dengan harga kaki lima rasa bintang lima.

Untuk itu, Bob sudah siapkan daftar rekomendasi street food Jakarta untuk kamu yang hobi kulineran. Tempat-tempat berikut ini juga maknyus untuk berbuka puasa. Yuk, simak!

17 Rekomendasi Street Food Jakarta

1. Gultik Blok M

Gultik Blok M

Sumber: @ibal_ibal via Instagram

Rekomendasi street food yang pertama adalah gultik. Gultik adalah singkatan dari gulai tikungan. Dinamai demikian karena spot street food ini terletak di tikungan daerah Blok M, Jakarta. 

Ada banyak penjual berjejeran di tikungan ini, menjajakan gulai daging sapi rasa pedas gurih. Kamu dapat menikmati sepiring gultik hanya dengan mengeluarkan uang mulai dari Rp10.000 saja.

Porsinya memang tak begitu banyak. Namun, karena rasanya yang mantap bikin nagih, kamu pasti jadi ingin nambah terus.

Selain berbuka puasa, gultik juga bisa jadi pilihan menu untuk sahur karena buka mulai dari jam lima sore hingga lima pagi.

Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Patut Dicoba

2. Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Barito

Sumber: Farhan Adjie via Madina World

Walau bubur ayam adalah makanan yang sangat umum di Indonesia, Bubur Ayam Barito menjadi salah satu street food Jakarta yang viral dan laris manis.

Sama seperti bubur lainnya, bubur ayam ini juga dilengkapi dengan berbagai topping, seperti kacang, cakwe, daging ayam, dan kerupuk.

Yang membuat Bubur Ayam Barito beda dan unik adalah penggunaan cheese stick sebagai salah satu bahan pelengkapnya. Cheese stick menjadikan rasa bubur ayam ini semakin gurih dan nikmat.

3. Seafood 68 Santa

Seafood 68 Santa

Sumber: seputarkota.com

Pencinta seafood tak perlu khawatir; Jakarta juga punya seafood kaki lima yang wajib kamu kunjungi.

Jika berkunjung ke Seafood 68 Santa, kamu wajib menjajal kepiting saus padang yang merupakan menu terlarisnya! 

Apabila tak suka kepiting, kamu bisa mencoba aneka ikan, udang, hingga cumi dengan harga terjangkau.Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon

Sumber: @satepadangajoramon via Instagram

Rekomendasi street food di Jakarta berikutnya adalah Sate Padang Ajo Ramon yang telah berdiri sejak tahun 1980-an.

Santapan pilihan di sini memiliki bahan dasar daging sapi, lidah, dan paru yang dipadukan dengan kuah kari kental dengan cita rasa rempah dan ketupat.

Sate Padang ini juga terkenal dengan kuah kari lezatnya. Tak perlu khawatir kurang, tempat makan ini tak pernah pelit memberi kuah dan kamu juga bisa memesan lebih. Siap-siap luber di piring!

5. Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi Uduk Kebon Kacang

Sumber: qraved.com

Tempat makan yang ini sudah buka sejak tahun 1960.

Nasi Uduk Kebon Kacang mudah ditemukan—kamu bisa mengunjungi salah satu cabangnya, seperti yang ada di Mall Ambassador.

Banyaknya pilihan lauk seperti ayam, tempe, jeroan, dan sebagainya membuat nasi yang rasanya gurih ini jadi jauh lebih nikmat. 

6. Kawasan Sate Taichan Senayan

Kawasan Sate Taichan Senayan

Sumber: Ryana Aryadita Umasugi via kompas.com

Di daerah Senayan, terdapat kawasan street food yang semua penjualnya menjajaki sate taichan. Sate pedas gurih ini adalah satu menu makanan yang tengah hits saat ini.

Ketika sampai di sini, mungkin kamu akan sedikit kebingungan memilih. Beberapa sate taichan yang direkomendasikan adalah Sate Taichan Bang Ocit, Sate Taichan Pak Gendut, Sate Taichan Pak Amir, dan Sate Taichan Mabes.

Baca Juga: 7 Spot Sate Taichan Terlezat di Jakarta yang Wajib Kamu Coba!

7. Kuliner Jalan Sabang

Kuliner Jalan Sabang

Sumber: tripadvisor.co.id

Berlokasi di Jalan Haji Agus Salim, Sabang, Jakarta Pusat, tempat wisata kuliner ini sudah sangat melegenda.

Di sini kamu bisa mencoba beragam kuliner, seperti Mie Ayam Tegal Laka-Laka, Soto Ceker Kuliner Sabang, Ayam Geprek Sabang, Sate Kampung Lima, dan masih banyak lagi.

Jika berwisata kuliner di Jakarta, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini ya, dijamin puas!

8. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia

Sumber: pergikuliner.com

Pertama kali buka pada tahun 1968, mi ayam yang terletak di Gondangdia ini memiliki banyak pelanggan setia dan selalu ramai.

Kamu bisa memesan satu mangkuk mi ayam lengkap lengkap dengan bakso atau pangsit. 

9. Jajanan Malam Menteng 

Jajanan Malam Menteng

Sumber: istyle.id

Jika kamu menginap atau tinggal di kawasan Menteng, kamu bisa berkunjung ke tempat ini. 

Tempat ini menyediakan aneka makanan dan minuman. Di antaranya yang terkenal ialah Nasi Goreng Gila Menteng dan Sate Taichan 88 Menteng.

Selain itu, di sini juga terdapat street food jajanan lokal seperti tahu gejrot, cilok, roti bakar, dan masih banyak lagi.

10. Nasi Goreng Kebuli Apjay

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Sumber: @terkenang.rasa via Instagram

Nasi goreng kebuli Apjay memberikan cita rasa Arab yang lezat dan gurih. Kamu dapat mengunjunginya saat buka bersama bersama teman dekat.

Menu yang ditawarkan beragam, dari nasi goreng kebuli, nasi goreng biasa, bubur ayam, hingga bakmi. Racikan bumbu khas Nasi Goreng Kebuli Apjay akan membuat kamu ketagihan.

Harga yang ditawarkan cukup murah; kamu hanya perlu menghabiskan sekitar Rp35.000 hingga Rp30.000 per orang.

11. Kawasan Kuliner Senen 

Kawasan Kuliner Senen

Sumber: Yaumal Asri Adi Hutasuhut via suara.com

Rekomendasi street food Jakarta yang terakhir adalah street food di kawasan Pasar Senen. Untuk yang ingin mencari masakan Padang enak, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Di kawasan Pasar Senen terdapat deretan penjual nasi kapau. Menu yang ditawarkan tentunya menu khas Minang, seperti rendang, dendeng, sayur santan nangka, dan lain lain.

Harganya pun masih terjangkau, mulai dari kisaran Rp20.000 tergantung lauk yang dipilih. 

Selain nasi kapau, terdapat pula penjual makanan khas Makassar, seperti yang ada di warung Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Ngawing. Tempat ini berlokasi di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat.

Tak hanya untuk berbuka puasa, kamu juga bisa sahur di kawasan kuliner Senen ini, sebab kawasan ini buka 24 jam.

Baca Juga: 7 Restoran Unik di Jakarta yang Sedang Hits! Sudah Tahu Belum?

12. Warmindo Abang Adek

Warmindo Abang Adek

Sumber: MyTrip123

Siapa yang tidak suka dengan Indomie? Entah mengapa, Indomie terasa lebih nikmat apabila disantap langsung di warmindo.

Kalau kamu sependapat, maka kamu wajib mencoba Warmindo Abang Adek di daerah Tomang. Warmindo satu ini sangat cocok untuk penggemar makanan pedas dan mi instan.

Di Warmindo Abang Adek ini, kamu bisa memesan menu Indomie rebus atau goreng dengan rasa, topping, dan level kepedasan berbeda.

13. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia

Sumber: Bakmi Club

Mie ayam sudah menjadi salah satu street food Jakarta yang wajib dicoba. Salah satu tempat makan mie ayam Jakarta yang sangat terkenal adalah Mie Ayam Gondangdia. Sesuai namanya, Mie Ayam Gondangdia terletak di daerah Gondangdia.

Mie yang disajikan teksturnya halus dan bumbu kaldunya terasa sangat gurih. Tidak hanya demikian, topping yang diberikan juga cukup banyak untuk setiap porsinya.

14. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Sumber: Kompas Travel

Street food Jakarta yang satu ini sudah sangat terkenal dengan banyak cabang di sekitar Jakarta. Tidak hanya demikian, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih juga sudah menjadi salah satu kuliner favorit para pejabat dan tokoh politik di Indonesia.

Nasi goreng kambing di sini terkenal memiliki cita rasa yang gurih dan rasa rempah yang kuat.

Uniknya, resep nasi goreng kambing yang digunakan masih asli sejak kedai ini pertama dibuka, yakni di tahun 1958.

15. Martabak Pecenongan 78

Martabak Pecenongan 78

Sumber: Delicious

Martabak Pecenongan 78 adalah hidden gem Jakarta yang menjadi tujuan utama bagi para pencinta kuliner, tereutama penggemar makanan manis.

Yang membuat Martabak Pecenongan 78 begitu istimewa adalah rasa lezat martabaknya yang dihasilkan dari adonan yang lembut serta berbagai pilihan isiannya yang sangat beragam.

Martabak Pecenongan 78 biasanya tersedia dalam dua varian, manis dan asin. Varian manisnya menggoda dengan cokelat leleh dan keju yang meleleh di dalamnya, sementara varian asinnya menghadirkan rasa gurih yang tak tertandingi.

Jangan lupa mencoba martabak telur, yang merupakan campuran telur ayam, daging cincang, dan bumbu-bumbu yang gurih. Martabak ini seringkali dihidangkan dengan saus sambal pedas yang akan membuatmu ketagihan.

Selain rasanya yang luar biasa, Martabak Pecenongan 78 juga terkenal karena porsi yang besar, sehingga cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Baca Juga: 7 Tempat Main di Jakarta, Hanya Modal 500 Ribuan!

16. Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir

Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir

Sumber: Ngopibareng.id

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Tongseng di Jakarta adalah di warung Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir.

Nama “Anti Kolesterol” mungkin terdengar tidak biasa untuk hidangan ini, tetapi yang membuatnya istimewa adalah bahwa mereka mengolah tongseng dengan menghilangkan sebagian besar lemak, sehingga cocok untuk para pecinta kuliner yang peduli akan kesehatan.

Tongseng Pak Kadir memiliki cita rasa yang kaya dan kuah yang gurih dengan sentuhan manis, pedas, dan gurih yang sempurna. Dengan harga yang terjangkau, Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir adalah pilihan yang sempurna untuk menikmati makanan lezat dan bergizi ketika berkunjung ke Jakarta.

17. Ketoprak Kota Udang

Ketoprak Kota Udang

Sumber: Restaurant Guru

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Ketoprak di Jakarta adalah di warung Ketoprak Kota Udang. Hidangan ini terkenal karena saus kacangnya yang lezat dan gurih, serta penggunaan bahan-bahan segar yang membuatnya begitu enak.

Ketoprak Kota Udang juga seringkali disajikan dengan tambahan kerupuk dan telur rebus yang memberikan tekstur dan rasa tambahan.

Baca Juga: 6 Spot Kuliner Legendaris di Blok M yang Dijamin Menggoyang Lidah

Ingin Wisata Kuliner dengan Mudah?

Ingin Wisata Kuliner dengan Mudah

Ingin wisata kuliner tanpa repot memikirkan mode transportasi?

Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan harganya terjangkau!

Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan yang kamu bungkus di area komunal. Tersedia microwave juga lho, jadi kamu bisa menghangatkannya terlebih dahulu.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles