pantai seruni

Pantai Seruni: Destinasi Pantai yang Menawan di Jogja

Pantai Seruni adalah salah satu surga tersembunyi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menawarkan pesona alam memukau.

Terletak di Desa Tepus, Pantai Seruni menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pencinta pantai dan alam berkat hamparan pasir luas, bukit-bukit batu kapur nan kokoh, dan biota lautnya yang unik.

Kali ini, Bob akan membawamu berkenalan dengan kecantikan alam Pantai Seruni, dari mulai daya tarik, harga tiket, hingga rute menuju ke sana.

Yuk, simak supaya kamu lebih tahu tentang Pantai Seruni!

Sekilas Mengenai Pantai Seruni Gunung Kidul

Sekilas Mengenai Pantai Seruni Gunung Kidul

Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Pantai Seruni terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini adalah pantai kedua yang dikembangkan warga Tepus setelah Pantai Pok Tunggal.

Nama “seruni” mengandung makna emas, dan pantai ini menjadi tempat mencari rezeki bagi masyarakat Tepus.

Pantai Seruni menawarkan pesona utama berupa pasir putih luas dan air terjun yang mengalir dari tebing tepi pantai. Aliran air terjunnya terhitung besar saat musim hujan, tapi sebagai pengunjung, hindari datang saat sedang hujan karena bisa berbahaya.

Keadaan Pantai Seruni masih relatif sepi dan bersih karena belum banyak orang yang mengetahuinya. Fasilitas seperti kamar mandi, warung makan, dan tempat parkir sudah tersedia, tapi masih terbatas.

Baca Juga: Inilah 20 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Instagramable

Daya Tarik Pantai Seruni

Daya Tarik Pantai Seruni

Sumber: garispantai.com

1. Bukit yang Indah

Bukit-bukit di Pantai Seruni terbuat dari batu kapur yang kuat dan keras. Beragam pohon di sekelilingnya sukses memberikan kesan sejuk terutama saat angin sepoi-sepoi bertiup.

Kalau kamu tidak ingin bermain air, kamu bisa mengunjungi bukit-bukit ini dan menikmati panorama pantai dari atas.

2. Hamparan Pasir yang luas

Hamparan pasir di Pantai Seruni juga memiliki daya tariknya sendiri. Walaupun warna pasirnya sedikit kekuningan alih-alih putih bersih, area pasir yang luas membuatmu dapat melakukan berbagai aktivitas.

Jika kamu ingin berolahraga ringan, kamu bisa berjalan santai di sepanjang garis pantai atau berlari-lari kecil. Alternatif lainnya, kamu bisa mengajak teman-temanmu bermain voli atau sepak bola agar lebih seru.

Selain itu, jika kamu datang bersama anak-anak, mereka bisa membangun istana pasir atau bermain kejar-kejaran.

Baca Juga: Yuk, Berlibur ke 10 Pantai Pasir Putih di Indonesia yang Terkenal dan Memesona!

3. Biota Laut yang Unik dan Beragam

Selain keindahan alam, keberagaman biota laut di Pantai Seruni juga layak diperhatikan. 

Misalnya, ada formasi batu karang di sisi pantai yang akan muncul saat air surut. Di antara batu karang tersebut, hidup beragam biota unik. Keindahan ini semakin meningkat berkat kejernihan air lautnya yang terjaga dan bebas sampah.

Kamu dapat melihat berbagai biota laut, seperti rumput laut, ikan, dan bahkan bulu babi, tanpa perlu menggunakan kacamata selam.

Walaupun demikian, tetaplah berhati-hati karena tidak semua biota ini bersahabat, seperti bulu babi dengan duri tajamnya. Berhati-hati pula dengan kerang, yang bisa menyebabkan luka jika kamu tidak mengenakan alas kaki.

4.Ombak Tidak Terlalu Besar

Ombak Pantai Seruni tidak terlalu besar. Tepatnya, ombak cenderung lebih tenang di sepanjang tepi pantai dekat pasir. Ini memberimu kesempatan berenang di laut atau melakukan berbagai aktivitas air lainnya.

Namun, jika kamu hanya ingin melihat ombak tanpa ingin kecipratan air, kamu dapat duduk-duduk di warung makan yang menghadap langsung ke laut.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Rute Lokasi dan Alamat Pantai Seruni

Rute Lokasi dan Alamat Pantai Seruni

Sumber: salsawisata.com

1. Rute Lokasi

Pantai Seruni berjarak di Desa Tepus, sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja. Perjalanan menuju ke lokasi ini akan dipenuhi pemandangan laut yang memukau, sambil melewati berbagai destinasi serupa seperti Pantai Kukup dan Pantai Baron.

Jika kamu memulai perjalanan dari Yogyakarta, kamu dapat mengemudi ke arah Wonosari dan kemudian mengambil rute yang melalui Pantai Baron. Sebelum mencapai Pantai Seruni, kamu akan melewati dua pantai lainnya, yaitu Pantai Kukup dan Krakal Indrayanti.

Kamu tidak perlu khawatir tersesat karena terdapat petunjuk jalan di tepi jalan, dan kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi peta online.

Alternatif lainnya adalah dengan pergi langsung ke Kecamatan Tepus dan menuju Pantai Seruni. Apa pun rutenya, kamu akan menyaksikan pemandangan indah sepanjang perjalanan.

2. Alamat Pantai Seruni

Pantai Seruni terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DIY. Pantai ini berada di selatan Kota Yogyakarta dan dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 70 km dari pusat kota.

Baca Juga: 20 Kuliner Legendaris Jogja yang Wajib Kamu Coba

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Seruni

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Seruni

Sumber: pantainesia.com

1. Harga Tiket Masuk

Pantai Seruni telah menetapkan tarif standar untuk para pengunjung yang ingin berlibur di tempat eksotis ini. Kamu hanya perlu menyiapkan minimal Rp10.000 sebagai biaya tiket masuk, dan tambahan Rp5.000 untuk parkir mobil serta Rp3.000 untuk motor.

Jika kamu mengunjungi pantai lain di wilayah Gunung Kidul, tarif tiketnya cenderung sekitar Rp10.000, belum termasuk parkir dan pengeluaran tambahan seperti makanan.

2. Jam Operasional

Pantai Seruni buka 24 jam. Kamu bisa berkunjung baik pada hari kerja maupun akhir pekan, tapi pastikan cuaca di lokasi pantai sedang cerah. Hindari berkunjung saat sedang hujan karena kondisi pantai bisa berbahaya.

Jika kamu hanya ingin melihat air terjun dengan aliran yang deras, kamu bisa berkunjung saat musim hujan. Namun, tidak disarankan datang ketika hujan sedang turun, ya.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada akhir pekan atau hari libur nasional, tapi jika kamu mencari suasana yang lebih tenang dan sepi, kamu juga bisa datang pada hari biasa atau selama jam kerja.

Lelah Bermain di Pantai Jogja? Yuk, Menginap di Bobobox Malioboro!

Bobobox Malioboro!

Setelah menikmati pemandangan dan bermain di Pantai Seruni, kamu pasti ingin rehat sejenak sambil mengisi perut. Kalau begitu, menginap saja di Bobobox Malioboro!

Kamu bisa mendapatkan kenyamanan hotel kapsul dengan kasur empuk, speaker Bluetooth, dan pencahayaan LED yang membuat suasana lebih nyaman. Lokasinya pun berada di pusat kota, jadi kamu bisa pergi ke berbagai destinasi wisata tanpa repot.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan info selengkapnya, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles