@sxy_selia/Unsplash

Yuk, Berlibur ke 10 Pantai Pasir Putih di Indonesia yang Terkenal dan Memesona!

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sepanjang 108.000 km, menjadikannya sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Karenanya, tak heran jika wisata pantai pun sangat berlimpah, mulai dari pantai pasir putih, hitam hingga merah muda. Buat kamu yang sedang berencana berlibur ke pantai, berikut adalah 10 pantai pasir putih Indonesia yang terkenal dan memesona.

Pantai Kuta, Bali

@graciadharmaa/Unsplash

Pantai Kuta kerap kali menjadi salah satu tujuan wisata utama saat liburan ke Bali. Sejak tahun 70-an, tempat wisata ini mulai terkenal di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara dan ketenarannya pun bertahan hingga sekarang.

Sebagai salah satu wisata andalan Bali, Pantai Kuta memang memiliki pesona yang tidak tereleakkan. Garis pantainya membentang hingga sejauh 2,5 km dengan hamparan pasir putih yang begitu halus.

Bukan hanya itu, wisatawan juga sengaja datang ke pantai pasir putih ini untuk menikmati keindahan matahari tenggelamnya. Pantai Kuta juga terkenal memiliki ombak besar yang menjadi incaran para peselancar.


Baca Juga: Buat Liburanmu Makin Seru Dengan Rekomendasi Watersport Bali Berikut Ini


Pantai Virgin, Bali

via rentalmobilbali.net

Selain Kuta, kamu juga bisa menjumpai pasir pantai putih lain yang tak kalah memesona di kawasan Karangasem, Bali. Salah satunya adalah Virgin Beach yang terkenal masih asri dan bersih sehingga mendapat julukan pantai virgin atau perawan.

Penduduk setempat menyebutnya dengan nama Pantai Bias Putih yang berarti pantai pasir putih. Sesuai dengan namanya, pantai satu ini memang memiliki hamparan pasir putih halus dengan garis pantai mencapai 300 meter.

Berbeda dengan kebanyakan pantai di selatan Bali, Virgin Beach terbilang tenang dan masih asri. Lokasinya memang cukup jauh dan terpencil serta tersembunyi di balik rimbunan pohon dan diapit oleh dua tebing tinggi, yaitu Penggiang dan Apen. Karenanya, pantai ini cocok banget buat kamu yang suka ketenangan dan keheningan.

Pantai Watukarung, Jawa Timur

@yayuk0620/Instagram

Kawasan Pacitan di Jawa Timur memiliki banyak pantai populer yang kerap menjadi tujuan wisata saat liburan tiba. Salah satunya adalah Pantai Watukarung yang terkenal dengan hamparan pasir putih serta bongkahan batu karangnya yang besar dan eksotis.

Pantai Watukaraung juga memiliki ombak besar dengan ketinggian mencapai empat meter. Hal ini pun menimbulkan kekaguman pada seorang peselancar kelas dunia, Bruce Irons, yang kemudian mencoba keganasan ombak tersebut di tahun 2009 lalu. Semenjak saat itu, pantai pasir putih ini pun mulai dikenal banyak orang dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin ikut menjajal keganasan ombaknya.


Baca Juga: Siap Untuk Menantang Ombak? Kunjungi Pantai Terbaik Untuk Surfing Berikut Ini!


Pantai Tiga Warna, Jawa Timur

@angsarnabilla/Instagram

Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna di Malang, Jawa Timur menampilkan gradasi tiga warna yang mememsona, yaitu biru, hijau dan cokelat kemerahan. Warna biru adalah bagian terdalam, hijau yang terdangkal sedangkan cokelat kemerahan merupakan bagian pasir putih pantai yang terkena deburan ombak.

Termasuk ke dalam lingkup kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC), ombak di pantai pasir putih ini terbilang tenang dan tidak meski berada di pantai selatan. Karena itu, Pantai Tiga Warna pun menjadi satu-satunya spot untuk snorkeling di kawasan Malang. Selain snorkeling, pengunjung juga bisa menikmati kegiatan lain, seperti renang, trekking, kemah dan melihat ubur-ubur dengan jelas. Namun, kamu tentu perlu berhati-hati agar tidak kena sengatan hewan laut tersebut.

Pantai Pasetran Gondo Mayit, Jawa Timur

@drs_0012/Instagram

Di balik namanya yang berarti bau mayat, Pantai Pasetran Gondo Mayit justru menyuguhkan keindahan alam yang memesona. Tempat satu ini menawarkan hamparan pasir putih halus sepanjang satu kilometer dengan air laut yang begitu jernih. Suasananya pun masih terbilang asri dan lebih sepi dibandingkan dengan di sebelahnya yang terpisahkan oleh bukit, Pantai Tambak Rejo.

Lalu apakah alasan di balik penamaannya yang menyeramkan? Menurut mitos yang beredar, dulunya banyak mayat ditemukan di sekitar area pantai hingga menimbulkan aroma anyir mayat.

Namun, menurut pengelola pantai, bau yang dimaksud mengacu pada aroma kembang dan dupa yang biasanya ada di dekat jenazah atau makam. Bau tersebut berasal dari pasetran (semacam petilasan) di atas bukit di sisi timur pantai.

Pantai Selong Belanak, NTB

@angsarnabilla/Instagram

Di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat, kamu bisa menjumpai Pantai Selong Belanak yang terkenal dengan airnya yang jernih serta pasir putihnya yang lembut. Pantai pasir putih ini memiliki garis pantai melengkung layaknya bulan sabit. Garis pantai tersebut cukup panjang, yaitu sekitar satu kilometer, dan bagian ujungnya berakhir di sebuah bukit menjulang.

Selain itu, Pantai Selong Belanak terbilang landai sehingga coock untuk beragam kegiatan, seperti jalan santai, bermain voli pantai dan tempat latihan bagi peselancar pemula. Lebih uniknya lagi, pantai ini memiliki dua tipe ombak. Pantai sebelah kanan memiliki ombak besar dengan ketinggian 30-50 cm yang cocok untuk peselancar pemula. Sementara itu, pantai sebelah kiri memiliki ombak tenang yang bisa kamu gunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.


Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Dia 5 Wisata Gua Bali Yang Unik Dan Magis. Wajid Masuk Wishlistmu!


Pantai Lhok Mee, Aceh

@jaoliva/Instagram

Kata unik akan langsung terlintas dalam pikiran kamu saat mengunjungi Pantai Lhok Mee di Aceh. Selain memiliki pasir putih halus dan air laut yang bening, pantai satu ini juga terkenal dengan pepohonan yang tumbuh di air dengan tinggi sekitar 1-2 meter. Warga sekitar menyebutnya sebagai pohon geurumbang. Uniknya, kamu bisa merasakan sensasi memancing dari atas pohon tersebut.

Keunikan pantai pasir putih ini tidak sampai di situ saja. Saat air tengah surut, akar pepohonan akan tampak ke permukaan sehingga membuat pemandangan pantai begitu eksotis. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan anek biota laut yang terpampang jelas di sekitar pinggir pantai tanpa perlu melakukan snorkeling. Di antaranya adalah ikan, bulu babi, karang, kepiting dan masih banyak lagi.

Pantai Pasir Putih Parbaba, Sumatra Utara

@jumadin_tarigan/Instagram

Pantai Parbaba merupakan salah satu pantai pasir putih yang bisa kamu jumpai saat berkunjung ke kawasan Danau Toba, Sumatra Utara. Meski bukan di tepi laut, pantai pinggiran Danau Toba ini juga memiliki ombak, lho. Fenomena ini berkaitan dengan lokasinya yang dekat dengan Gunung Pusuk Buhit sehingga menyebabkan embusan angin kencang yang memicu timbulnya ombak kecil. Namun, ombak tersebut tentu tidak sekencang di laut.

Selain menyuguhkan hamparan pasir putih, Pantai Parbabab juga menawarkan sejumlah wahana air untuk pengunjung. Sebut saja speed boat, sepeda air, banana boat, perahu dayung dan odong-odong danau.

Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

@ewink_ali/Instagram

Kawasan Bulukmba, Sulawesi Selatan menyimpan objek wisata dengan sajian pantai pasir putih lembut nan indah bernama Pantai Tanjung Bira. Tak hanya itu, Pantai Tanjung Bira juga menawarkan kegiatan khas lain, seperti berenang, snorkeling dan diving. Salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan bawah lautnya adalah di Pulau Liukang Loe. Pulau tersebut merupakan sebuah pulau kecil di seberang barat Pantai tanjong Bira.

Selain terkenal dengan keindahannya, pantai pasir putih ini juga menjadi rumah pembuatan kapal trasidional khas Sulawesi Selatan. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kapal di pinggiran pantai.

Pantai Pasir Timbul, Papua Barat

@spathumpa/Instagram

Pantai Pasir Timbul di Pulau Mansuar, Papua Barat merupakan sebuah pantai pasir putih yang mulai populer sejak tahun 2007. Sesuai dengan namanya, tempat satu ini menyuguhkan fenomena unik berupa pasir timbul di jam-jam tertentu ketika air tengah surut, yaitu pukul 06.00 WIT, 11.00 WIT dan 15.00 WIT.

Fenomena tersebut biasanya hanya berlangsung selama 30 menit sebelum air kembali pasang. Saat fenomena ini terjadi, akan timbul penampakan hamparan pasir putih yang membentang hingga 200 meter. Di sekelilingnya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air laut berwarna biru toska dan biru tua. Warna biru toska menandakan air yang dangkal sementara biru tua berarti dalam.

Road Trip Nyaman Bersama Bobobovan!

Road trip sambil menikmati keindahan laut dan pantai paling enak kamu nikmati dengan menggunakan kendaraan sendiri. Meski praktis, kamu masih perlu mencari penginapan untuk memenuhi kebutuhan istirahat serta kebersihan kamu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bobobox hadir dengan solusi jitu, terutama bagi kamu yang membutuhkan transportasi dan penginapan sekaligus. Yuk, cobain Bobovan produk terbaru Bobobox berupa campervan dengan kapasitas empat orang yang menawarkan fasilitas lengkap. Ada tempat tidur, kamar mandi, ruang makan, dapur, hingga tenda yang menempel pada bagian atas mobil.

Produk satu ini hanya tersedia di Bali dengan area penjemputan dan pengembalian di Villa Uma Sapna. Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles