Sejarah Menara Pandang Tele: Tempat Melihat Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Sejarah Menara Pandang Tele: Tempat Melihat Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Sumatra Utara dikenal memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, terdapat tempat wisata yang paling terkenal hingga dinobatkan ke dalam Destinasi Super Prioritas Indonesia, yaitu Danau Toba.

Keindahan Danau Toba bisa dinikmati dari segala sisi; salah satu yang terbaik adalah dari Menara Pandang Tele.

Keindahan Danau Toba memang tidak diragukan lagi, tapi kamu akan menyaksikan pemandangan yang lebih spektakuler ketika berdiri di Menara Pandang Tele.

Menara ini menjadi spot terbaik bagi kamu yang ingin melihat keelokan pemandangan Danau Toba seutuhnya.

Bagaimana tidak? Hal ini karena Menara Pandang Tele merupakan titik tertinggi di Samosir. Dijamin, kamu akan merasakan pengalaman sightseeing yang tidak ada duanya!

Ingin tahu lebih banyak tentang Menara Pandang Tele? Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini!

Sejarah Menara Pandang Tele

Sejarah Menara Pandang Tele

Sumber: CNN Indonesia

Jika kamu mengira bahwa destinasi wisata Menara Pandang Tele ini baru, kamu keliru. 

Faktanya, menara yang berada di wilayah Sumatra Utara ini telah berdiri sejak tahun 1988, ketika Samosir masih di bawah pemerintahan Kabupaten Tapanuli.

Setelah pemekaran wilayah, objek wisata ini masuk ke dalam Kabupaten Samosir.

Spot wisata terkenal di Medan ini terletak tepat di sisi Jalan Tele, yang merupakan satu-satunya akses ke Pulau Samosir melalui jalan darat.

Inilah sebabnya menara ini dinamai Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatra Utara.

Saat berada di sana, kamu dapat menikmati pemandangan indah Pulau Samosir dari ketinggian. Tidak hanya itu, terdapat berbagai spot foto menarik yang pastinya patut dicoba.

Baca Juga: Sedang di Sumatra Utara? Ini Dia Tempat Wisata Hits Medan yang Antimainstream!

Apa Saja Daya Tarik Menara Pandang Tele?

Apa Saja Daya Tarik Menara Pandang Tele?

Sumber: Kompas

1. Pemandangan Danau Toba dari Titik Tertinggi Samosir

Sumatra Utara merupakan provinsi yang memiliki keindahan alam yang memukau.

Selain wilayah Samosir, ketika mengunjungi Sumatra Utara, pastikan untuk mampir ke tempat wisata populer di Binjai seperti Lau Kulap.

Pemandangan alam yang tersedia dan objek wisata yang beragam pasti akan memuaskan pengunjung sehingga liburan di Sumatra Utara semakin menyenangkan.

Seperti menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir ini, pengunjung akan menemukan pemandangan alam yang sangat Instagramable.

Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai latar belakang untuk memotret objek foto estetik, seperti Bukit Teletubbies di Pulau Samosir.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, kamu pun bisa menikmati pemandangan Danau Toba sambil duduk bersantai.

Udara sekitar juga masih cukup sejuk berkat banyaknya pepohonan rindang.

2. Berburu Kuliner Lokal Batak di Rest Area

Terdapat banyak kuliner khas Medan yang patut dicoba di Sumatra Utara. Rest area adalah tempat yang tepat untuk mencicipi berbagai jenis makanan Batak yang menggoda lidah. 

Yang menarik dari rest area ini adalah dindingnya terbuat dari kaca, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan luar.

Rest area ini berdiri di atas tanah seluas 241 meter dan mudah dijangkau dari menara. Tempat ini memiliki dua lantai dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti musala, kamar mandi, dan balkon. 

Balkon adalah bagian paling favorit di rest area karena pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar, termasuk Danau Toba dan menara.

Kamu dapat menikmati kuliner Batak yang tersedia di sini. Ada beberapa jenis makanan Batak yang patut dicoba: saksang, naniura, arsik, babi panggang, dan masih banyak lagi.

Sebelum meninggalkan rest area, kamu juga dapat membeli oleh-oleh Medan murah dan terkenal di pusat oleh-oleh terdekat.

3. Melakukan Aktivitas Wisata

Selain berburu kuliner yang ada di sana, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mengabadikan momen di berbagai sudut yang telah disediakan. Salah satu favorit adalah monumen yang memuat nama menara terkenal di area tersebut.

Dari segi desainnya, meski terlihat simpel, setiap hurufnya diberi warna yang berbeda, memberikan sentuhan menarik dan menghindari kesan monoton.

Yang membuatnya semakin unik adalah, huruf “O” dalam kata “Samosir” dibuat lonjong sehingga membentuk sebuah ikon tersendiri. Inovasi ini benar-benar membuat tempat wisata di Medan, Sumatra Utara memiliki ciri khas yang membedakannya dari tempat lain.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Sumatra Utara yang Membangkitkan Jiwa Petualangmu

Fasilitas Menara Pandang Tele

Fasilitas Menara Pandang Tele

Sumber: jejakpiknik.com

Untuk menjamin kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola Menara Pandang Tele telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai.

Ada rest area yang dapat digunakan untuk bersantai, serta warung makan dan kafe yang menyediakan makanan dengan harga terjangkau.

Untuk mempermudah akses Menara Pandang Tele, pihak pengelola juga menyediakan petunjuk arah dan informasi tiket masuk serta jam operasional.

Selain itu, tersedia pula area parkir yang luas dan aman untuk memudahkan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Bagi pengunjung yang ingin beribadah, tersedia fasilitas musala yang nyaman dan bersih. Kamu bisa merasa tenang dan nyaman ketika beribadah di tempat ini.

Terakhir, salah satu fasilitas paling menarik di Menara Pandang Tele adalah area balkon. Area ini memberikan pengunjung pemandangan yang spektakuler dari atas ketinggian.

Dari sini, pengunjung dapat melihat pemandangan indah Danau Toba dan sekitarnya. Area balkon ini juga tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam yang memukau.

Rute Menara Pandang Tele

Rute Menara Pandang Tele

Sumber: Bobo

Menara Pandang Tele terletak di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Untuk menuju ke sana dari Kota Medan, kamu bisa mengambil rute dari Kabanjahe ke Sidikalang dan Tele, dengan waktu perjalanan sekitar 4,5 jam.

Namun, jika bingung, disarankan untuk menggunakan jasa sewa mobil murah lepas kunci terdekat.

Biasanya, rental mobil ini menawarkan berbagai paket sewa mobil yang terjangkau dan berkualitas, termasuk untuk transportasi wisata.

Agar perjalanan semakin nyaman, pilihlah paket dengan tipe kendaraan yang sesuai, seperti rental mobil tipe Low MPV atau SUV, jika kamu pergi bersama keluarga kecil.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Menara Pandang Tele

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Menara Pandang Tele

Sumber: tourtoba.com

Berdasarkan informasi yang tersedia di situs wisata Samosir, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp7.000.

Namun, harga untuk fasilitas lain seperti rest area tergantung pada apa yang ingin kamu beli. Karena pilihannya banyak, kamu mungkin tergoda untuk membeli berbagai jenis produk yang tersedia.

Menara Pandang Tele tidak hanya menjadi tujuan wisata bagi masyarakat setempat, tapi juga bagi wisatawan luar provinsi bahkan negara.

Untuk memberi pengunjung kebebasan dalam mengeksplor sekitar, Menara Pandang Tele buka mulai pukul 06.00 sampai 00.00 WIB.

Waktu kunjungan yang paling direkomendasikan adalah saat matahari terbenam, karena pemandanganyan akan lebih menakjubkan.

Baca Juga: Ingin Healing ke Tempat Asri? Yuk, Liburan ke 7 Wisata Hutan Indonesia Berikut Ini! 

Pengalaman Menginap yang Nyaman di Bobocabin Signature Toba

Pengalaman Menginap yang Nyaman di Bobocabin Signature Toba

Setelah puas menikmati pemandangan Danau Toba dari Menara Pandang Tele, kamu pasti butuh beristirahat.

Namun, rasanya tidak rela untuk beranjak dari suasana alam dan masuk ke ruang kamar yang didominasi oleh tembok.

Apa ada penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap, harga terjangkau, dan dikelilingi suasana alam yang asri?

Semuanya tersedia di Bobocabin Signature Toba, Samosir. Kamu bisa menginap dengan nyaman dikelilingi alam dan sentuhan teknologi canggih!

Fasilitas yang tersedia antara lain adalah kasur empuk, kamar luas, jendela yang langsung menghadap ke alam, Wi-Fi, spot untuk BBQ dan api unggun, dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Letaknya pun strategis, jadi kamu bisa dengan mudah dapat akses ke mana pun.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasinya!

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles