wisata hutan

Ingin Healing Ke Tempat Asri? Yuk, Liburan Ke 7 Wisata Hutan Indonesia Berikut Ini!

Ketika sudah merasa penat dengan rutinitas perkotaan, pergi liburan ke destinasi wisata hutan tentunya menjadi solusi yang tepat. Segala rasa stres dijamin hilang setelah menikmati pemandangan hijau nan asri di tengah cuaca yang sejuk, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Selain itu, wisata hutan juga menyimpan berbagai tantangan seru tersendiri.

Hutan merupakan kunci dari kelangsungan hidup semua makhluk. Tak hanya flora dan fauna yang tinggal di dalamnya, hutan juga telah menjadi sumber oksigen bagi manusia. Dengan ekosistem yang unik di setiap hutan, mempelajari sistem tersebut tentu akan menjadi salah satu kegiatan menarik saat liburan.

Hilangkan penat dengan ragam kegiatan liburan seru, berikut 7 wisata hutan Indonesia yang wajib kamu kunjungi!


Baca Juga: Explore Indonesia! Kunjungi Tempat Wisata Kebanggaan Indonesia Yang Dimuat Dalam Uang Kertas Berikut Ini!


7 Wisata Hutan Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

hutan mangrove pantai indah kapuk

Source: via newstempo.github.io

Lokasi: Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta

Tidak jauh dari perkotaan, ternyata ada kawasan hijau yang bisa kamu kunjungi! Destinasi wisata hutan yang satu ini terbilang cukup unik berkat letaknya yang langsung bersinggungan dengan danau.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk menawarkan suasana sejuk dan asri di tengah hutan tanaman bakau. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti menaiki perahu untuk menyusuri danau atau belajar menanam bakau.

Bob sarankan untuk jelajahi hutan ini sampai sore hari, karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan cantik matahari terbenam di cakrawala untuk menutup petualanganmu.

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

taman hutan raya ir h djuanda

Source: Dian Mardiana via tempatwisatadibandung.info

Lokasi: Kota Bandung, Jawa Barat

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau lebih dikenal sebagai Tahura, merupakan hutan konservasi yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung.

Destinasi wisata hutan yang satu ini memiliki luas yang mencapai 590 hektar, membentang dari daerah Dago Pakar hingga kawasan Maribaya Lembang. Umumnya, warga lokal maupun wisatawan datang untuk olahraga pagi sambil menikmati suasana sejuk di bawah naungan pepohonan tinggi.

Namun, Tahura masih memiliki daya tarik lainnya, seperti: lokasi bersejarah goa Jepang dan goa Belanda, berbagai air terjun yang indah, hingga penangkaran rusa tutul. Bahkan salah satu jalur Tahura bisa mengantarkan kamu ke Tebing Keraton, salah satu destinasi wisata instagrammable yang menyajikan pemandangan pegunungan hijau spektakuler di sekitar Bandung.

3. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan

Source: IvanH via Unsplash

Lokasi: Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Selain terkenal berkat wisata budaya dan kulinernya, Yogya juga memiliki pesona alam yang sangat indah. Hutan Pinus Mangunan menawarkan kesan asri ala film Twilight berkat pohon pinusnya yang menjulang tinggi.

Selain hutannya yang cantik, Hutan Pinus Mangunan juga menawarkan ragam kegiatan yang dapat kamu lakukan. Di antaranya adalah menonton serunya pertunjukan di panggung alam, mengabadikan momen liburan di spot foto ataupun taman bunga, hingga area camping uuntuk menikmati pemandangan malam misterius hutan pinus.


Baca Juga: Pertama Kali Camping? Ini Dia 7 Tips Camping Aman Buat Para Pemula!


4. Hutan Lumut Gunung Singgalang

hutan lumut gunung singgalang

Source: via andalastranswisata.com

Lokasi: Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat

Seolah keluar dari layar film fantasi The Lord of the Rings atau The Hobbit, Hutan Lumut Gunung Singgalang merupakan hutan lumut eksotis unik yang wajib kamu kunjungi.

Terletak di jalur pendakian Gunung Singgalang, hutan ini dipenuhi dengan pepohonan tinggi yang telah diselimuti lumut hijau. Berkat keindahannya, hutan lumut ini juga telah menjadi lokasi favorit untuk konsep foto pre-wedding.

5. Taman Nasional Way Kambas

taman nasional way kambas

Source: Wawan Seriawan via lampung.co

Lokasi: Kabupaten Lampung Timur, Lampung

Destinasi wisata hutan selanjutnya adalah Taman Nasional Way Kambas yang terkenal sebagai tempat konservasi gajah sumatera.

Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri berkat hutannya yang bersinggungan langsung dengan air rawa serta pantai. Tak hanya itu saja, terdapat hamparan padang rumput tempat banyak gajah beraktivitas sehingga kamu dapat belajar banyak hal mengenai binatang tersebut secara langsung.

Selain gajah, Taman Nasional Way Kambas juga merupakan rumah dari binatang lainnya seperti badak sumatera, beruang madu, rusa sambas, kijang, harimau sumatera, dan banyak hewan lainnya yang terancam punah.

6. Taman Nasional Alas Purwo

taman nasional alas purwo

Source: via yukbayuwangi.co.id

Lokasi: Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Alas Purwo adalah destinasi wisata hutan menarik selanjutnya. Kawasan ini dipercayai sebagai tanah yang pertama kali ada saat tanah Jawa terbentuk.

Di Alas Purwo, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan hutan bakau dan juga savana yang dikelilingi hutan hujan. Selain menikmati pemandangan, kamu juga dapat mengunjungi Situs Kawitan yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit dan Pura Luhur Giri Salaka yang pernah menjadi pusat upacara keagamaan pada masanya.


Baca Juga: Ini Dia 7 Desa Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi. Cocok Buat Tenangkan Diri


7. Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional ujung kulon

Source: via wikimedia.org

Lokasi: Kabupaten Pandeglang, Banten

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional pertama di Indonesia yang menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Selain berupa tempat perlindungan terakhir badak Jawa bercula satu yang terancam punah, terdapat banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini. Seperti menyusuri Sungai Cigenter yang dikelilingi rimbun pepohonan bakau, trekking di tengah hutan hujan yang asri menuju Padang Penggembalaan Cibunar, hingga mempelajari tentang aneka ragam flora maupun fauna.

Lepaskan Penat di Hutan Asri, Yuk Menginap di Bobocabin!

wisata hutan

Ingin menikmati sensasi menginap di hutan yang asri dengan cita rasa modern? Bobocabin adalah pilihan yang tepat untuk kamu! Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati ketenangan hutan hijau yang memanjakan mata.

Kabin-kabin yang tersedia memiliki fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Atur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial! Liburan kamu akan lebih lengkap dengan fasilitas campfire dan barbeque Bobocabin. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles