danau toba

7 Wisata Alam di Sumatra Utara yang Membangkitkan Jiwa Petualangmu

Wisata alam di Sumatra Utara memiliki pesona istimewa yang nggak boleh dipandang sebelah mata. Saat berkunjung ke sini, kamu akan menemukan beragam pesona wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas.

Bagi kamu yang memiliki agenda untuk mengunjungi Sumatra Utara dalam waktu dekat, kamu bisa coba mengunjungi 7 rekomendasi wisata alam di Sumtera Utara berikut ini.


Baca Juga: Bobocabin Signature Toba: Paduan Alam dan Teknologi untuk Kenyamanan Sempurna di Danau Toba


1. Wisata Alam di Sumatra Utara: Salju Panas Tinggi Raja

Wisata alam di Sumatra Utara yang pertama adalah Salju Panas Tinggi Raja.

Tempat wisata ini bisa dibilang cukup mirip dengan salah satu destinasi wisata alam Kawah Putih di kawasan Ciwidey.

Kata salju pada nama destinasi wisata alam ini dipilih karenanya yanng didominasi warna putih seputih salju.

Namun, alih-alih memiliki suhu dingin seperti salju, salju ini berada di sekitar kawah yang berwarna biru kehijauan dan bersuhu panas.

Inilah yang membuat warga sekitar menyebut destinasi wisata alam ini Salju Panas Tinggi Raja. Pemilihan nama yang unik, ya!

2. Air Terjun Sipiso-piso

Selanjutnya kamu bisa coba mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo. Ini tempat kamu dapat menyaksikan pesona alam yang mengundang decak kagum.

Wisata alam di Sumatra Utara ini berada di ketinggian 800 mdpl. Dengan tinggi pancuran yang mencapai 120 meter, air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi wisata alam di Sumatra Utara ini, kamu perlu menempuh 35 km perjalanan dari Kota Berastagi, atau sekitar 45 menit berkendara dari pusat Kota Medan.

Nggak hanya kendaraan roda empat, sepeda motor pun bisa digunakan untuk menuju kawasan wisata ini. Hal ini dikarenakan jalurnya sudah tertata rapi.

3. Wisata Alam di Sumatra Utara: Taman Nasional Gunung Leuser

Sumatra Utara juga dikenal akan destinasi wisata Taman Nasional Gunung Leuseur. Uniknya, secara administratif, Taman Nasional Gunung Leuser ini berada di 2 provinsi berbeda.

Kedua provinsi tersebut adalah Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatra Utara. Hal ini dikarenakan luas area Taman Nasional Gunung Leuseur yang mencapai 1.094.692 hektar.

Saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuseur, kamu juga bisa mampir ke berbagai destinasi cagar alam seperti Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Kluet, Taman Wisata Gurah, dan masih banyak lagi.

4. Pulau Samosir

Wisata Alam di Sumatra Utara

Sumber: @danau_tobasamosir

Siapa sih, yang nggak kenal dengan destinasi wisata alam di Sumatra Utara yang satu ini?

Pulau Samosir adalah salah satu pulau paling populer di Indonesia berkat letaknya yang berada tepat di tengah Danau Toba.

Bagi kamu yang berkunjung ke Pulau Samosir, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sini, mulai dari bertualang di Goa Marlakkop hingga menyaksikan pertunjukan tari Sigale-gale.

Jika kamu pencinta wisata sejarah dan budaya, kamu juga bisa berkeliling di sekitar Museum Huta Bolon Simanindo atau sekadar bersantai menikmati keunikan Batu Parsidangan.

Untuk bisa sampai ke destinasi wisata alam di Sumatra Utara ini, kamu bisa menempuh perjalanan melalui 3 rute: melalui Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok, Tigaras menuju Simanindo, dan melalui Muara menuju Nainggolan.

5. Wisata Alam di Sumatra Utara: Danau Toba

wisata sejarah di Indonesia Danau Toba

Sumber: Freepik

Tahu nggak, kalau Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara? Ini yang menjadikan Danau Toba salah satu objek wisata yang nggak boleh terlewat di Sumatra Utara.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Toba. Mulai dari melihat situs sejarah, mengunjungi rumah adat Batak, hingga mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-adong.

Jika kamu ingin mengunjungi Danau Toba, kamu bisa menempuh sekitar 5 jam perjalanan dari pusat Kota Medan.

Ada beragam jenis transportasi yang bisa kamu pilih untuk mencapai destinasi wisata alam satu ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa kendaraan, dan menaiki bus atau kereta api.

6. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Wisata Alam di Sumatra Utara

Sumber: iNews

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery merupakan salah satu destinasi wisata edukasi populer yang bisa kamu temukan di Sumatra Utara.

Saat mengunjungi museum ini, kamu akan menjumpai berbagai koleksi binatang liar yang diawetkan dari hasil perburuan seluruh penjuru dunia.

Meskipun hewan-hewan ini hasil pemburuan, kamu nggak perlu khawatir karena seluruh hasil buruan tersebut sudah melalui conservation by utilization (standar perburuan satwa liar dunia).

7. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Terakhir, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Sorake dan Pantai Lagundri. Ini cocok terutama jika kamu adalah tipe wisatawan yang sangat senang menghabiskan waktu di sekitar pantai.

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri bukanlah sekedar pantai biasa. Di pantai-pantai ini, kamu bisa bertemu dengan banyak pencinta olahraga air seperti surfing.

Memang pantas saja; kedua pantai ini telah dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di dunia. Inilah yang membuat kedua pantai ini kerap menjadi lokasi berbagai kejuaraan surfing tingkat nasional maupun internasional.


Baca Juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatera Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!


Lepas Penatmu di Bobocabin Signature Toba

Setelah puas menjelajahi wisata alam Danau Toba dan sekitarnya, saatnya kamu kembali ke Bobocabin dan memanjakan diri dengan berbagai fasilitas yang ada.

Akomodasi di area Danau Toba ini memiliki dua pilihan kabin: deluxe dan family. Keduanya dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan fasilitas khas Bobocabin lain, yaitu Wi-Fi, Smart Window, dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat keluar kabin di pagi hari.

Untuk melengkapi keseruanmu di tengah alam, Bobocabin juga punya fasilitas campire dan barbeque hingga board games dan proyektor film.

bobocabin dengan pemandangan bukit dan alam hijau di sekitarnya

Dengan kapasitas dan fasilitas tersebut, Bobocabin dapat menjadi pilihan utama bagi keluarga muda yang ingin mencari kesegaran di kawasan alam hijau.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal toilet dan kamar mandi saat menginap di Bobocabin, karena di Bobocabin telah tersedia toilet dan kamar mandi yang super bersih.

Dengan kelengkapan fasilitasnya, konsep yang fresh, dan lokasi yang indah, Bobocabin adalah solusi bagi para pencari ketenangan.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles