Cocok untuk Berbuka Puasa, Ini 10 Rekomendasi Kuliner Legendaris Mojokerto yang Wajib Kamu Coba!

Cocok untuk Berbuka Puasa, Ini 10 Rekomendasi Kuliner Legendaris Mojokerto yang Wajib Kamu Coba!

Mojokerto adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Timur. Kota ini memiliki berbagai macam kuliner yang terkenal dan lezat, mulai dari yang berbahan dasar daging hingga sayuran.

Nah, berikut adalah 10 kuliner legendaris Mojokerto yang wajib kamu coba untuk menemani buka puasa. Yuk, simak!

10 Kuliner Legendaris Mojokerto yang Wajib Dicoba

1. Sate Klopo Ondomohen 

Sate klopo ondomohen merupakan sate khas Mojokerto yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Kuliner ini diolah dengan bumbu khusus, lalu ditusuk menggunakan tusuk sate dari batang kelapa. 

Selain daging, sate ini juga memiliki kelapa parut yang sudah matang sebagai bahan tambahannya. 

Sate klopo ondomohen biasanya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal khas Mojokerto. Yummy!

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Mojokerto, dari Botok Tempe sampai Kerajinan Bambu

2. Nasi Pecel 

Nasi Pecel

Sumber: Tribun Travel

Kuliner khas Mojokerto berikutnya adalah nasi pecel. Menu ini terdiri dari nasi putih yang disiram kuah kacang kental dan gurih. 

Selain saus kacang, nasi pecel juga disajikan dengan bermacam sayuran. Sebut saja kacang panjang, tauge, daun kemangi, mentimun, kubis, dan kangkung yang direbus atau ditumis. 

Kamu juga bisa menambahkan lauk-pauk bersama nasi pecel, seperti tahu, tempe, ati, ampela, dan kerupuk.

3. Tahu Tek 

Penggemar menu tahu pasti akan doyan dengan yang satu ini. Tahu tek dibuat dari tahu yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga kecoklatan. 

Setelah itu, tahu disajikan bersama telur, kentang rebus, mentimun, dan tauge yang sudah direbus. Dengan tambahan saus kacang kental dan gurih, tahu tek pun siap dinikmati!Bobocabin Bobobox

4. Soto Ayam Lamongan 

Soto ayam lamongan merupakan makanan khas Mojokerto yang amat terkenal. Saking terkenalnya, menu ini sudah banyak dijual di berbagai tempat di Indonesia.

Soto ayam lamongan dibuat dari ayam yang direbus dengan bumbu khusus hingga empuk. Ayam kemudian disajikan bersama mie, tauge, ketupat, dan telur.

Selain itu, kuah soto ayam lamongan ini memang terkenal kental dan gurih. Duh, jadi lapar!

5. Gado-Gado Mojokerto

Gado-gado Mojokerto terkenal berkat kuah kacangnya yang lezat.

Selain itu, gado-gado ini juga menggunakan bahan-bahan yang beragam, seperti tahu, tempe. Sayurannya pun bervariasi, seperti kacang panjang, tauge, daun kemangi, dan kangkung. 

Gado-gado Mojokerto biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat.

6. Sate Blengong 

Sate Blengong

Sumber: iNews.id

Sate blengong adalah kuliner khas Mojokerto yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Daging kemudian diolah dengan bumbu khusus dan dibakar hingga matang. 

Sate blengong disajikan dengan bumbu kacang yang sedap serta sambal khas Mojokerto. Salah satu tempat makan yang menawarkan sate blengong adalah Sate Blengong Bu Kijah.

7. Tahu Campur 

Tahu campur Mojokerto terdiri dari tahu yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga kecoklatan.

Kamu bisa mencoba Tahu Campur Cabang Pasar Kranggan. Tempatnya sendiri berlokasi di Jalan Raya Mojopahit, selatan pertokoan pasar Kranggan Kota Mojokerto. 

8. Bakso Setan

Bisa ditebak dari namanya, bakso Setan adalah bakso yang terkenal dengan kuahnya yang amat pedas.

Kuah bakso ini terbuat dari cabai merah dan cabai rawit yang dihaluskan, sehingga menghasilkan rasa pedas yang menggigit. 

Bakso Setan biasanya disajikan dengan mi dan bihun.

Untuk mencoba kuliner legendaris Mojokerto yang satu ini, kamu bisa coba sambangi salah satu restoran di Mojokerto yang bernama Radja Bakso Setan. Tempat ini terletak di Tambak Rejo, Gayaman, Kec. Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur.

9. Rawon Setan

Rawon Setan

Sumber: Grid.ID

Rawon setan adalah sup daging berkuah hitam yang terkenal di Mojokerto.

Sup ini dibuat dari daging sapi yang direbus dengan bumbu rempah-rempah khas Mojokerto. Menu ini sendiri berwarna hitam karena pewarna alami dari kluwek. 

Rasanya sangat khas dan nikmat, terutama jika disajikan dengan nasi, tauge, dan sambal. 

Untuk mencicipinya, kamu bisa coba kunjungi Rawon Setan Supiyani di Jl. Gempol – Mojokerto No.86, Kec. Gempol, Pasuruan, Jawa Timur.

10. Rujak Cingur 

Kuliner legendaris Mojokerto yang terakhir adalah rujak cingur. Faktanya, rujak cingur adalah makanan khas Surabaya, tetapi juga populer di Mojokerto.

Rujak ini terbuat dari potongan buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, dan nanas. 

Buah-buahan tersebut dipadukan dengan sayuran seperti timun, kangkung, dan cingur (bagian hidung sapi yang sudah dimasak). 

Semua bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. 

Untuk mencoba kelezatan rujak cingur khas Mojokerto, kamu bisa kunjungi Rujak Cingur Turah di Jalan Empunala, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari.

Baca Juga: Yuk, Coba Beberapa Kuliner Padusan Pacet Mojokerto Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin Padusan, Mojokerto!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin Padusan, Mojokerto!

Setelah puas mencari batik dan berwisata di sekitar Mojokerto, Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk beristirahat. 

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati keasrian perbukitan Baturraden dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia pun sudah punya fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar kabin di pagi hari.

Bobocabin juga telah menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Tersedia pula fasilitas campfire dan barbeque agar pengalaman liburanmu kian berkesan.

Untuk keperluan kesehatan, Bobocabin juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasinya di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles