wisata air terjun mojokerto

7 Destinasi Wisata Air Terjun Mojokerto

Selain bisa mengunjungi candi-candi kuno, berziarah ke makam raja-raja Majapahit, makan sate keong, dan beli kerajinan perak, kamu juga bisa basah-basahan di Mojokerto, lho! Soalnya, kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini punya banyak wisata air terjun.

Wisata air terjun Mojokerto merupakan destinasi yang jadi favorit banyak pengunjung karena udaranya yang segar, pemandangannya yang cantik, dan harga tiket masuknya yang terjangkau. Mulai dari air terjun di Trawas sampai air terjun di Pacet, semuanya punya keseruan tersendiri yang harus kamu coba.

Pengin tahu wisata air terjun Mojokerto mana saja yang harus kamu kunjungi? Simak rekomendasi Bob di bawah ini, deh. Dijamin, liburanmu di Mojokerto akan jadi memorable!

Baca juga: Pacet, Mojokerto: The Most Underrated Getaway Paradise in Indonesia

7 Air Terjun Mojokerto yang Wajib Kamu Kunjungi

Air Terjun Watu Gedhek

air terjun watu gedhek jatim mojokerto

Photo: Sumber: M. Lutfi Hermansyah via Viva Jatim

Destinasi wisata alam yang satu ini terletak di kaki Gunung Welirang, di tengah-tengah hamparan hutan pinus. Kebayang dong sejuk dan teduhnya kayak apa?

Untuk menikmati pemandangan indah air terjun setinggi 35 meter ini, kamu cukup membayar Rp5.000 saja per orang untuk tiket masuk. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, akan ada biaya tambahan untuk parkir.

Di sini, ada beberapa spot foto untuk kamu yang ingin mengabadikan momen berharga. Kalau lapar, kamu bisa makan di warung yang ada di sekitar air terjun. Bahkan, tersedia area khusus bagi pengunjung yang ingin camping. Cukup lengkap kan fasilitasnya?

Air Terjun Coban Jubel

air terjun coban jubel mojokerto

Photo: Joe Adimara

Konon katanya, air terjun yang satu ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Meski agak tersembunyi, akses menuju ke Air Terjun Coban Jubel cukup mudah ditempuh mobil maupun motor. 

Setelah kendaraanmu diparkir di tempat parkir, kamu bisa berjalan kaki melintasi hutan pinus untuk menuju lokasi air terjun. Pastikan kamu membawa kamera supaya bisa mengabadikan pemandangan cantik di sepanjang jalan.

Oh ya, air terjun ini buka 24 jam dan bisa dikunjungi secara gratis, lho! Menarik banget, kan? 

Air Terjun Coban Cakung

air terjun coban cakung mojokerto

Photo: ngopibareg.id

Air terjun Mojokerto yang harus kamu kunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Coban Cakung. Konon katanya, air terjun ini pernah jadi lokasi petilasan seorang petapa dari Kerajaan Majapahit.

Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati rute yang cukup menantang. Dari basecamp, kamu perlu berjalan kaki sejauh 200 meter ke pintu masuk. Setelahnya, kamu akan melewati turunan yang sempit, curam, dan berkelok-kelok sejauh 300 meter.

Namun, jerih payahmu pasti terbayar lunas begitu kamu melihat keindahan Air Terjun Coban Cakung. Air terjun setinggi 22 meter ini mengalir dari tebing yang ditumbuhi lumut dan tanaman paku, serta diapit hutan lebat. Sungguh pemandangan serba hijau yang bikin mata adem!

Untuk masuk ke sini, setiap pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000.
Baca juga: Jelajahi Wisata Sejarah Mojokerto: Mengenal Peninggalan Kerajaan Majapahit

Air Terjun Grenjengan

daya tarik air terjun grenjengan

Photo: Rumah 123

Ada banyak air terjun di Pacet yang berhasil menarik banyak pengunjung. Salah satunya adalah Air Terjun Grenjengan, yang airnya berasal dari sumber mata air Gunung Welirang.

Air terjun ini memiliki tinggi 25 meter. Namun, kolam alami di bawahnya cukup dangkal, yakni sebatas mata kaki orang dewasa.

Jalur trekking menuju Air Terjun Grenjengan cukup ramah pejalan kaki. Namun, kamu tetap perlu waspada karena belum ada pagar pembatas di sepanjang jalur.

Destinasi wisata air terjun Mojokerto yang satu ini bisa kamu nikmati tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Tiket masuknya seharga Rp10.000 saja per orang!

Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang mojokerto

Photo: https://sinyoureh.blogspot.com/

Air terjun di Pacet selanjutnya adalah Air Terjun Watu Lumpang, yang terletak di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Air terjun ini punya dua aliran air yang berhadapan, masing-masing setinggi 30 meter dan 20 meter.

Tempat wisata ini bisa ditempuh mobil maupun motor. Namun, kamu tetap harus berhati-hati saat berkendara. Rute menuju ke air terjun berupa jalan menanjak dan banyak belokan tajam.

Air Terjun Watu Lumpang sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum, seperti toilet, tempat parkir, spot foto, dan gazebo untuk bersantai. Untuk menikmati semua fasilitas itu, kamu cukup membayar Rp10.000 per orang untuk tiket masuk.

Oh ya, jika beruntung, di sini kamu bisa bertemu dengan monyet, kijang, dan lutung!

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Mojokerto yang Lagi Hits Tahun 2023

Air Terjun Watu Ondo

air terjun watu ondo

Photo: Tahura Raden Soerjo

Sama seperti Air Terjun Watu Lumpang, Air Terjun Watu Ondo juga terletak di area Taman Hutan Raya Raden Soerjo. 

Air terjun ini memiliki dua aliran air yang berhadapan. Di sebelah kanan, ada air terjun berundak dengan ketinggian 15 meter. Sementara di sebelah kiri, air terjunnya langsung jatuh ke bawah dengan ketinggian 69 meter. Tinggi juga, ya!

Fasilitas umum di sini mencakup tempat parkir, toilet, warung makan, dan tempat duduk di jalur tangga menuju air terjun. Harga tiketnya pun tergolong murah, yakni Rp10.000 saja per orang.

Air Terjun Coban Canggu

air terjun coban canggu

Photo: Rumah 123

Kalau mengunjungi air terjun yang tinggi merupakan hal yang ada di wishlist kamu, Air Terjun Coban Canggu wajib kamu kunjungi. Ketinggian air terjun ini cukup fantastis, yakni 80 meter!

Saat sampai di tempat ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli tiket seharga Rp10.000 per orang. Dari gerbang masuk, kamu harus menuruni anak tangga sejauh 500 meter untuk bisa sampai ke air terjun. 

Enggak perlu khawatir, sebab rasa lelah kamu pasti terbayar tuntas begitu melihat keindahan air terjun ini. Areanya dikelilingi pepohonan rimbun, dengan tebing penuh tumbuhan lumut dan pakis laksana permadani hijau. Kolamnya yang jernih juga bisa jadi tempat berenang dan bermain air, tetapi pastikan kamu tidak berenang di area yang diberi pembatas.

Bobocabin Pacet, Akomodasi Unik dan Nyaman di Mojokerto

Pacet, Mojokerto

Menentukan tempat apa saja yang mau dikunjungi saat liburan memang penting. Namun, mencari tempat akomodasi yang nyaman dan menawarkan pengalaman berbeda juga enggak kalah penting.

Saat kamu berkunjung ke Mojokerto, Bob sangat merekomendasikan kamu untuk menginap di Bobocabin Pacet. Sama seperti Bobocabin lainnya, Bobocabin Pacet menawarkan pengalaman glamping, yaitu camping di tengah keindahan alam dengan fasilitas yang lengkap. Selain itu, jaraknya tidak jauh dari air terjun-air terjun yang Bob sebutkan di atas, lho!

Jika kamu menginap bersama teman-teman, keluarga, atau kolega kerja, kamu bisa booking berbagai paket kegiatan seru, seperti rafting di sungai, main paintball, hingga trip ke Gunung Welirang. 

Bagaimana kalau kamu hanya menginap berdua? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menyewa berbagai fasilitas permainan lainnya, seperti Uno Stacko, Uno Cards, hingga Congklak. Pokoknya, kamu enggak akan bosan menginap di sini!

Mau pesan cabin sekarang? Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang dan pesan cabin super nyaman di tanggal yang kamu mau. Bob tunggu kedatangan kamu, ya!

 

Header image by: Muhammad Faris Afif Putra via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles