kuliner bandung dekat stasiun

Wisata Kuliner, Yuk! 12 Rekomendasi Kuliner Bandung Dekat Stasiun yang Maknyus

Entah itu bosan menunggu kedatangan kereta api atau sedang lapar setelah perjalanan jauh di Stasiun Bandung, Jawa Barat, kamu tidak perlu khawatir akan sulit menemukan makanan.

Selain di area stasiun kereta api Kota Bandung, kamu juga bisa menjumpai aneka kuliner lain di luar stasiun yang tak kalah menggoyang lidah.

Pilihannya pun cukup beragam sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan budget dan selera. Berikut ini delapan di antaranya:

Rekomendasi Kuliner Bandung Dekat Stasiun

1. Warung Soto Ayam Madura

Warung Soto Ayam Madura

Sumber: Abdur Rosid via Google Maps

Salah satu kuliner Bandung dekat stasiun yang bisa kamu coba adalah Warung Soto Ayam Madura.

Berlokasi sekitar 50 meter dari stasiun atau tepatnya di Jalan Stasiun Barat No.3, kamu bisa menjangkau tempat ini dalam hitungan menit saja.

Sesuai dengan namanya, soto ayam dengan taburan koya di atasnya adalah menu andalan yang siap menjadi penolong saat kamu lapar.

Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan sambal cabai, jeruk nipis, dan kerupuk. Untuk harganya, siapkan saja uang sekitar Rp20.000.

Baca Juga: 7 Street Food Bandung Dekat Bobobox Alun-Alun, Murah dan Lezat!

2. Sate Hadori

Sate Hadori

Sumber: Harry Makertia via Google Maps

Berlokasi di dalam terminal St. Hall, Jalan Stasiun Barat No. 11-12, Sate Hadori berjarak 120 meter saja dari Stasiun Bandung.

Kuliner satu ini terbilang legendaris sebab disebut-sebut sudah ada sejak 1940-an dan kini dikelola oleh generasi ketiga.

Di tempat ini, sate dan gulai kambing menjadi menu andalan yang wajib kamu coba saat perut keroncongan. Meski menggunakan daging kambing, kedua menu tersebut tidak bau prengus.

Daging satenya empuk dan tidak dipanggang hingga gosong dan kering, sementara gulainya gurih dengan daging yang empuk.

Jika tertarik mencoba, siapkan saja uang sekitar Rp37.500 untuk lima tusuk sate kambing campur lemak, Rp40.000-an untuk lima tusuk sate kambing polos (tanpa lemak), dan Rp80.000-an untuk satu porsi gulai.

Selain kambing, Sate Hadori juga menyediakan menu sate ayam, sate sapi, dan sate sineureut (has dalam kambing dari bawah perut hingga paha atas).

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Rumah Makan Padang – Malah Dicubo

Rumah Makan Padang – Malah Dicubo

Sumber: @septinedwyn via Instagram

Sama halnya dengan Sate Hadori, Rumah Makan Padang – Malah Dicubo juga berada di kawasan terminal, yakni sekitar 130 meter dari stasiun.

Kuliner Bandung dekat stasiun ini tepatnya berada di Jalan Stasiun Hall Selatan No. 27.  

Karena lokasinya tersebut, rumah makan Malah Dicubo bukanlah tempat fancy yang estetik layaknya restoran. Namun, kamu tetap akan merasa cukup nyaman jika makan di sini.

Kamu bisa mencoba aneka menu masakan Padang seperti dendeng batotok lado mudo (cabai hijau), dendeng balado, rendang, cincang, ikan salai cabai hijau, ayam ijo, ayam pop, ayam bakar, soto Padang, gulai kelapa gurame, kakap kuning, gulai kikil, telur gulai, telur dadar, perkedel, terong, kerupuk kulit kuah, hingga teh talua.

Meski sederhana, rumah makan ini terbilang hits dan kerap ramai dikunjungi orang dari luar Bandung. Jangan heran jika kamu harus antre untuk bisa dapat tempat parkir dan duduk.

Buka sekitar pukul 10.00-19.30, kamu bisa membeli paket nasi mulai dari harga Rp20.000–Rp50.000-an.

Baca Juga: Kuliner Pasar Cihapit Bandung: Jajanan Kekininan di Pasar Tradisional!

4. Paskal Food Market

Paskal Food Market

Sumber: @paskalfoodmarket via Instagram

Bergerak agak jauh sekitar 1,3 km ke barat, kamu akan menjumpai Paskal Food Market. 

Berlokasi di Paskal Hyper Square, Jalan Pasir Kalilki No. 25-27, Paskal Hyper Square Food Market mengusung konsep food court alias pujasera yang khas dengan tata letak tempat duduk di bagian tengah.

Walau begitu, desainnya estetik dan Instagrammable berkat kursi kayu, lampu pijar keemasan, tanaman warna-warni, patung, hingga air mancur. Kamu bisa makan sambil foto-foto dengan latar ciamik.

Tempat kuliner Bandung dekat stasiun ini mengeklaim memiliki 1.100 menu dari puluhan vendor makanan dan minuman yang buka pukul 11.00-23.00.

Beberapa pilihan yang tersedia di antaranya adalah Sate Maulana Yusuf, Baso Cuangki Kampung, Iga Bakar Si Jangkung, Taliwang Jaya, Lomie 61, Gado-Gado Cihapit, Bola Ubi Gardu Jati, Kuotie Alkateri, Kobe Tepanyaki, Bolu Bakar Tunggal, Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Ronde Alkateri, dan My Juice.

Karena memiliki banyak vendor, harganya tentu sangat beragam tergantung menu yang kamu pilih. Namun, kamu sudah bisa membeli mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp100.000-an.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Nasi Campur Bintang Kelenteng

Nasi Campur Bintang Kelenteng

Sumber: @nasi_campur_bintang_kelenteng via Instagram

Nasi Campur Bintang Kelenteng berlokasi tidak jauh dari Paskal Food Market, yaitu sekitar 1,3 km saja dari Stasiun Bandung.

Tempat tepatnya beralamat di Jalan Kelenteng No. 40, tepat di depan China Town Bandung. Ukurannnya kecil dengan tampilan layaknya restoran peranakan.

Sesuai namanya, Nasi Campur Bintang menawarkan menu nasi campur berisi aneka jenis daging babi, seperti babi merah (char siu), babi panggang, samcan, sate, lidah dan kuping, serta bakso goreng.

Dengan harga per porsi sekitar Rp80.000-an, kamu juga bisa menjajal menu nasi tim ayam, nasi hainan, bakso goreng, pangsit goreng, sekba kuah, casau, bubur ayam, dan bakut ala Hongkong.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Bandung Terbaru dan Paling Hit

6. Bakmie Aloi

Bakmie Aloi

Sumber: @bakmie.aloi via Instagram

Selanjutnya ada Bakmie Aloi yang berlokasi di Jalan Kebon jati No. 179, sekitar satu kilometer dari stasiun.

Buka pukul 07.00-22.30, tempat ini menawarkan menu mi yang cukup beragam dengan harga mulai dari Rp30.000 hingga Rp66.000.

Kamu bisa memesan mi dengan isian ayam rica-rica, jamur, cahsiu, cincang, campur (cahsiu dan cincang), spesial (ayam, cincang, cahsiu), komplet (ayam, cincang, cahsiu, jamur), dan menu bihun.

Menu-menu ini tersedia dalam porsi normal dan jumbo sehingga kamu bisa memilih sesuai kapasitas perut.

Sebagai pelengkap, Bakmie Aloi juga menyediakan menu tambahan berupa pangsit goreng, bakso ikan dan sapi, siomay, daging cincang kuah, telur, jeroan, dan jamur kuping.

7. Ronde Jahe Alkateri

Ronde Jahe Alkateri

Sumber: @ichbindewi via Instagram

Berlokasi satu kilometer saja dari Stasiun Bandung, Ronde Jahe Alkateri bisa menjadi alternatif minuman penghangat tubuh selagi menunggu keberangkatan kereta malam.

Kuliner Bandung satu ini berlokasi di Jalan Cibadak No. 99 dan buka pukul 18.00-00.00.

Untuk menunya, terdapat tiga jenis ronde yang bisa kamu pilih: ronde besar (isi kacang tanah), ronde kecil, dan ronde campur.

Masing-masing menu kamu dapatkan dengan harga Rp22.000 dengan dua pilihan kuah, yaitu gula merah atau gula putih.

8. Sukha Delights Café

Sukha Delights Café

Sumber: @sukhadelights via Instagram

Jika kamu suka makanan manis dengan tempat yang nyaman dan rapi, maka Sukha Delights Café wajib banget kamu kunjungi saat sedang berada di Stasiun Bandung.

Kafe satu ini khusus menyajikan menu-menu dessert seperti croissant, chicken pie, aneka cake (mulai dari cokelat, matcha, red velvet, kopi), mini cake, dan potongan cake.

Harganya juga beragam, tergantung pada jenis kue dan ukuran yang kamu beli.

Menu termurah adalah croissant polos seharga Rp19.400, sedangkan menu termahalnya adalah whole cake Rogue, Brazilienne, dan Gianduja Latte seharga Rp480.000.

Jika tertarik mencoba, kamu bisa datang kemari antara pukul 08.00-19.00.

Baca Juga: 9 Restoran Paling Unik yang Bisa Kamu Coba di Paskal Food Market!

9. Martabak Nikmat Andir

Martabak Nikmat Andir

Sumber: anakjajan.com

Apabila Kamu tidak ingin makan nasi atau makanan berat, Martabak Nikmat Andir di Bandung bisa menjadi alternatif yang menarik.

Martabak Nikmat Andir dikenal secara luas karena cita rasa manisnya yang sangat memikat. Yang menarik, cita rasa khasnya telah dipertahankan tanpa perubahan sejak tahun 1975 hingga hari ini.

Kalau kamu tertarik, Martabak Andir berlokasi di jalan Jend. Sudirman No.390, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat

10. Bubur Ayam Gibas

Bubur Ayam Gibas

Sumber: pergikuliner.com

Hanya dalam jarak kurang dari satu kilometer dari Stasiun Bandung, Anda juga dapat menemukan Bubur Ayam Gibbas, yang telah beroperasi sejak tahun 1998.

Bubur Ayam Gibbas memiliki tekstur yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, menjadikannya sangat nikmat untuk dinikmati. Rasanya juga sangat gurih dan membuat ketagihan. Untuk menambah kenikmatan, bubur ayam ini disajikan dengan taburan ayam suwir dan cakwe yang melimpah.

11. Lotek Mahmud

Lotek Mahmud

Sumber: pergikuliner.com

Tidak jauh dari lokasi kereta berhenti, di Stasiun Bandung, tepatnya di jalan Mahmud 4, terdapat tempat makan yang sudah legendaris di Bandung, yaitu Lotek Mahmud. Tempat makan ini tidak hanya menyediakan hidangan Lotek saja, Kamu juga bisa menemukan berbagai menu lainnya, seperti aneka rujak, gado-gado, nasi lengko, dan makanan andalannya yaitu nasi bakmoy Mahmud.

Spesialisasi bakmoy Mahmud terletak pada hidangan utama berupa Nasi Bakmoy, di mana nasi dicampur dengan tahu berbentuk dadu, potongan daging kecil, dan disajikan dengan kuah tauco.

12. Lontong Kari Kebon Karet

Lontong Kari Kebon Karet

Sumber: pergikuliner.com

Makanan berikutnya adalah Lontong Kari Kebon Karet yang sudah berdiri sejak 1966. Lontong kari ini terdiri dari disajikan dengan kuah kari yang kaya rempah. Kuah kari ini yang berisi daging, telur, sayuran, dan bumbu-bumbu yang memberikan rasa gurih dan sedikit pedas.

Hidangan ini populer dan menjadi pilihan favorit karena kombinasi tekstur lontong yang kenyal dengan cita rasa kari yang lezat.

Lepas Lelah dengan Nyaman di Bobopod Alun-Alun Bandung

bobobox

Sumber: bobobox.com

Berlokasi di Jl. Pasir Kaliki No.76A, Bobpod Paskal Bandung memang tempat persinggahan paling pas setelah puas wisata kuliner di dekat Stasiun Bandung.

Hotel kapsul satu ini memiliki interior pod yang cukup luas dengan kasur empuk. Pasti bikin betah rebahan!

Bukan cuma itu, Bobopod juga punya fitur moodlamp supaya kamu bisa mengatur kecerahan dan warna lampu dalam pod. Tidur akan lebih nyenyak karena pencahayaannya bisa kamu atur sesuai selera.

Selain harganya terjangkau, kamu pun bisa berkesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox!

Dapatkan penginapan terbaik, kualitas ekslusif, dan harga terjangkau hanya di Bobobox. Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: @paskalfoodmarket via Instagram

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles