aturan bagasi pesawat

Biar Tidak Salah, Yuk Simak Aturan Bagasi Pesawat Ini

Mengatur bagasi pesawat dengan benar adalah salah satu aspek penting dalam perencanaan perjalanan udara. Untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan selama penerbangan, serta menghindari potensi biaya tambahan, penting untuk memahami aturan-aturan yang berlaku terkait bagasi pesawat.

Sekilas tentang Bepergian dengan Pesawat

Sekilas tentang Bepergian dengan Pesawat

Sumber: Victor Freitas via Pexels

Hari raya atau liburan merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Bagi yang berada jauh dari rumah, bepergian dengan pesawat menjadi salah satu pilihan yang praktis dan efisien. 

Sebagai penumpang pesawat, ada aturan-aturan penerbangan pada momen hari raya yang perlu kamu perhatikan.

Memesan tiket pesawat sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum hari raya tiba. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih terjangkau dan tempat duduk yang sesuai kebutuhan.

Lalu, untuk menghindari antrean panjang, pastikan untuk check-in secara online atau menggunakan mesin check-in otomatis di bandara untuk.

Selain itu, perhatikan juga mengenai aturan bagasi pesawat. Cek dan pahami batasan berat dan ukuran bagasi yang diizinkan oleh maskapai penerbangan.

Jika terlalu banyak membawa barang bawaan, tidak hanya berdampak pada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, ini juga dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Oleh karena itu, sebaiknya bawa hanya barang yang benar-benar diperlukan dan hindari membawa barang-barang yang dilarang oleh aturan penerbangan.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Hilang Saat Naik Pesawat

7 Daftar Aturan Bagasi Pesawat

7 Daftar Aturan Bagasi Pesawat

Sumber: Gardaoto.com

Memahami aturan bagasi pesawat adalah langkah penting dalam perencanaan perjalanan udara yang sukses. Setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait berat, ukuran, dan jumlah bagasi yang dapat kamu bawa. Berikut adalah daftar aturan bagasi pesawat dari bebeberapa maskapai penerbangan.

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia

Sumber: Victor Freitas via Pexels

Garuda Indonesia menyediakan fasilitas bagasi gratis untuk penumpang domestik dan internasional.

Ketersediaan kuota berat bagasi tercatat bebas biaya ini berbeda-beda tergantung pada tipe penumpang, kelas kabin, serta rute domestik atau internasional. 

Kuota Bagasi Gratis Penerbangan Domestik Garuda Indonesia

Menurut informasi di situs resmi Garuda Indonesia, penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi di kelas satu (first class) dapat membawa bagasi gratis hingga 40 kg.

Sedangkan, penumpang kelas bisnis (business class) dapat membawa bagasi gratis hingga 30 kg, dan penumpang kelas ekonomi (economy class) dapat membawa bagasi gratis hingga 20 kg.

Garuda Indonesia juga memberikan kuota bagasi gratis bagi bayi yang tidak duduk di kursi. Bagasi gratis untuk bayi tanpa kursi di kelas satu sebesar 20 kg, sedangkan di kelas bisnis dan ekonomi sebesar 10 kg.

Garuda Indonesia pun menyediakan tambahan kuota bagasi gratis untuk anggota GarudaMiles, baik untuk grup maupun individu (tidak berlaku selama musim haji):

  • Silver Card: dapat membawa tambahan bagasi gratis hingga 5 kg
  • Gold Card/EC Plus Card: tambahan bagasi gratis hingga 15 kg
  • Platinum Card/GIC Card: tambahan bagasi gratis hingga 20 kg

Kuota Bagasi Gratis Penerbangan Internasional Garuda Indonesia

Untuk penerbangan internasional, Garuda Indonesia memberikan kuota bagasi gratis bagi penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi pada kabin kelas satu sebesar 50 kg. 

Sementara itu, penumpang kelas bisnis dapat membawa bagasi gratis hingga 40 kg dan penumpang kelas ekonomi dapat membawa bagasi gratis hingga 30 kg.

Untuk bayi tanpa kursi, kuota bagasi bebas biaya di kelas bisnis dan ekonomi sebesar 10 kg. 

Namun, Garuda Indonesia tidak menjelaskan ketentuan bagasi bebas biaya untuk bayi tanpa kursi di kabin kelas satu pada penerbangan internasional.

Terdapat tambahan kuota bagasi gratis bagi anggota GarudaMiles—baik grup maupun individu—dengan kuota yang sama seperti pada penerbangan domestik.

Harga Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia

Biaya kelebihan bagasi yang dikenakan oleh Garuda Indonesia tergantung pada rute penerbangan, baik domestik maupun internasional, yang nantinya akan dianggap sebagai bagasi terdaftar bagi penumpang.

Biaya kelebihan bagasi ini berlaku untuk penerbangan dari titik ke titik, dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai kebijakan Garuda Indonesia.

Kamu dapat membaca info tarif kelebihan bagasi Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik dan penerbangan internasional.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Garuda Indonesia

Bagasi kabin merujuk pada barang yang kamu bawa ke kabin pesawat dan menjadi tanggung jawab pribadimu.

Garuda Indonesia membatasi ukuran maksimum bagasi yang bisa dibawa ke dalam kabin sebesar 56 cm x 36 cm x 23 cm, dengan batas total dimensi tidak melebihi 115 cm dan berat maksimum 7 kg.

Namun, untuk penerbangan kelas ekonomi yang menggunakan pesawat tipe CRJ dan ATR, ukuran bagasi kabin dibatasi menjadi 41 cm x 34 cm x 17 cm, dengan batas total dimensi tidak melebihi 92 cm dan berat maksimum 7 kg.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Citilink

Citilink

Sumber: Jeffry Surianto via Pexels

Kuota Bagasi Gratis Citilink

Menurut situs resmi Citilink Indonesia, setiap penumpang mendapatkan kuota bagasi gratis maksimal 20 kg untuk penerbangan domestik.

Sementara itu, untuk penerbangan internasional dan pesawat ATR72-600, kuota bagasi gratisnya adalah 10 kg per pernumpang.

Harga Kelebihan Bagasi Citilink 

Harga tambahan untuk bagasi melebihi kuota di Citilink Indonesia tergantung pada rute penerbangannya, baik itu domestik atau internasional.

Tarif tersebut tertera dalam bagian tiket kelebihan bagasi (Excess Baggage Ticket/EBT) dan dihitung berdasarkan kilogram.

Bagi penerbangan internasional, harga tambahan bagasi mengikuti kurs rupiah harian dibandingkan dengan mata uang negara tujuan.

Harga terbaru kelebihan bagasi Citilink berlaku mulai 20 Juni 2019, dan hingga saat ini belum ada pembaruan terbaru.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Citilink 

Sedangkan bagasi yang bisa dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat adalah bagasi dengan berat tidak lebih dari 7 kg. Namun, ada perbedaan ukuran bagasi kabin antara pesawat Airbus A320 dan ATR72-600 yang lebih kecil.

Dimensi maksimum bagasi kabin untuk Airbus A320 adalah 56 cm x 36 cm x 23 cm, sedangkan untuk ATR72-600 lebih kecil dengan dimensi 41 cm x 36 cm x 23 cm.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kursi Pesawat Tergantung Kebutuhan

3. AirAsia

AirAsia

Sumber: Jeffry Surianto via Pexels

Pada tanggal 23 Desember 2021 (dan belum ada perubahan saat paragraf ini ditulis), AirAsia menerapkan kebijakan baru untuk bagasi pesawat penerbangan domestik dengan kode penerbangan QZ.

Menurut situs resminya, kuota bagasi gratis penerbangan domestik adalah 20 kg. Jika melebihi batas tersebut, kamu akan dikenakan biaya sesuai dengan tingkat berat barang.

Harga Bagasi Berbayar Airasia 

Per 23 Desember 2021, AirAsia menawarkan paket bagasi berbayar untuk kode penerbangan QZ dengan berat mulai dari 10 kg, 15 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg.

Tarif paket bagasi tersebut dibedakan berdasarkan waktu penerbangan, yaitu lebih dari dua jam dan kurang dari dua jam.

Peralatan olahraga tidak termasuk dalam paket bagasi berbayar, karena AirAsia menawarkan paket bagasi tersendiri untuk peralatan olahraga.

Sementara itu, kebijakan tentang bagasi kabin tetap sama; kamu diizinkan membawa dua bagasi kabin secara gratis dengan berat total maksimal 7 kg.

Untuk informasi lebih lanjut tentang harga paket bagasi berbayar, kamu bisa mengeceknya di situs resmi AirAsia.

Baca juga: 7 Makanan Maskapai Termewah di Dunia, Bikin Ngiler, Deh!

4. Lion Air

Lion Air

Sumber: liputan6.com

Kuota Bagasi Gratis Lion Air 

Seperti halnya maskapai lainnya, Lion Air juga menawarkan kuota bagasi gratis. Kuota bagasi gratis kelas ekonomi pada penerbangan domestik adalah 20 kg dan 30 kg untuk kelas bisnis.

Aturan mengenai bagasi pesawat Lion Air telah diperbarui pada 29 Juli 2022 dan masih berlaku hingga saat ini.

Harga Kelebihan Bagasi Lion Air 

Lion Air menerapkan biaya tambahan untuk kelebihan bagasi yang bervariasi tergantung pada rute penerbangan.

Biaya kelebihan bagasi dihitung berdasarkan berat aktual kilogram pada saat kamu check-in di bandara.

Lion Air memublikasikan daftar harga kelebihan bagasi pada situs webnya. Tarif kelebihan bagasi terdapat pada kolom EBT sesuai dengan rute penerbanganmu.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Lion Air 

Berat maksimum bagasi kabin di seluruh penerbangan Lion Air Group adalah 7 kg. Namun, ada perbedaan dimensi bagasi kabin tergantung pada jenis armada pesawat:

  • Boeing/Airbus (Lion Air dan Batik Air): 40 cm x 30 cm x 20 cm
  • ATR (Wings Air): 35 cm x 30 cm x 20 cm

Untuk rute lanjutan yang menggunakan pesawat ATR (Wings Air), dimensi bagasi kabin yang berlaku adalah 35 cm x 30 cm x 20 cm.

Selain itu, kamu diperbolehkan membawa barang pribadi seperti tas laptop, tas jinjing, bahan bacaan, kamera, dan perlengkapan bayi.

5. Batik Air

Batik Air

Sumber: skytraxratings.com

Kuota Bagasi Gratis Batik Air 

Kuota bagasi gratis yang tersedia berbeda-beda tergantung pada kelas penerbangan dan ketentuan tiket. Penumpang yang terbang dengan Batik Air kelas bisnis memiliki hak atas 30 kg bagasi gratis, sementara penumpang dalam kelas ekonomi memiliki kuota sebesar 20 kg. Besarnya kuota bagasi gratis ini tetap konsisten, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Harga Kelebihan Bagasi Batik Air

Kamu dapat memeriksa tarif untuk bagasi berlebih pada Maskapai Batik Air di situs web mereka, di bagian yang disebut EBT. Daftar harga untuk kelebihan bagasi ini mulai berlaku pada tanggal 13 Juli 2022. Hingga saat ini, Batik Air dan Lion Air Group belum merilis tarif baru untuk hal ini.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Batik Air

Berat maksimum bagasi kabin yang ditetapkan oleh Batik Air adalah 7 kg. Adapun ukuran dimensi bagasi kabin utama tidak boleh melebihi 40 x 30 x 20 cm.

6. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air

Sumber: finance.detik.com

Kuota Bagasi Gratis Sriwijaya Air 

Sriwijaya Air menyediakan kuota bagasi gratis seberat 20 kg untuk penumpang kelas ekonomi. Namun, untuk jenis pesawat ATR, kuota bagasi gratisnya hanya 10 kg. Penumpang bayi tidak mendapatkan kuota bagasi gratis dari Sriwijaya Air.

Apabila berat bagasi penumpang melebihi kuota bagasi gratis yang telah ditetapkan, biaya tambahan akan dikenakan sesuai dengan tarif yang berlaku.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Sriwijaya Air 

Dalam aturan Sriwijaya Air, setiap penumpang diperkenankan membawa satu tas kabin dan satu tas laptop atau tas tangan ke dalam pesawat. Tas kabin utama tidak boleh melebihi ukuran 56cm x 33cm x 23cm dan berat maksimum 7 kg. Tas ini harus muat di bawah kursi penumpang atau di kompartemen atas. Untuk keamanan, batasan cairan yang bisa dibawa dalam tas kabin pada penerbangan internasional adalah maksimal 100 ml atau 100 mg, termasuk aerosol, gel, minuman, krim, parfum, semprotan, gel, dan pasta gigi. Semua cairan harus disimpan dalam wadah yang tertutup.

7. Super Air Jet

super air jet

Sumber: malukuterkini.com

Kuota Bagasi Gratis Super Air Jet

Maskapai berbiaya rendah ini menyediakan kuota bagasi gratis sebesar 20 kg. Jika melebihi berat tersebut, penumpang akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan daftar tarif kelebihan bagasi yang tergantung pada rute penerbangan, yang dapat ditemukan di situs resmi Super Air Jet.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Lion Air 

Maskapai yang menargetkan generasi milenial ini juga mengizinkan penumpang membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg. Ketentuan ukuran bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Baca juga: Ingin Traveling Bersama Anabul Kesayanganmu? Ini Dia Cara Membawa Kucing Naik Pesawat

Nikmati Sensasi Menginap di Hotel Kapsul yang Murah dan Nyaman

bobobox

Sumber: bobobox.com

Berencana liburan singkat di momen lebaran, tapi bingung harus menginap di mana?

Hotel Kapsul Bobopod adalah solusi akomodasi terjangkau yang aman, nyaman, dan praktis buat kamu dan keluarga!

Terletak di berbagai kota besar, tiap cabang Bobopod terletak tak jauh dari berbagai tujuan wisata populer dan destinasi kuliner lezat.

Tanpa perlu pusing memikirkan moda transportasi, kamu dapat mengunjungi berbagai destinasi populer tersebut dengan berjalan kaki.

Keamanannya pun terjamin. Bobobox menggunakan sistem kode QR yang canggih untuk memastikan bahwa hanya kamu yang bisa masuk ke pod tempatmu menginap.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fitur pengaturan cahaya agar tidur lebih tenteram.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

 

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: brusselsairlines.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles