Sumber: jakartamangrove.id

7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Gak Cuma Gedung!

Jakrarta dikenal sebagai wilayah yang sibuk dan padat dengan kualitas udara yang buruk sehingga mendorong banyak penduduknya untuk mencari ketenangan di alam. Tidak sedikit dari mereka meluangkan waktu untuk berlibur ke luar kota, seperti Bogor dan Bandung. Meski begitu, Jakarta sebenarnya memiliki sejumlah spot sejuk dan menyegarkan yang bisa menjadi pilihan tempat wisata nuansa alam Jakarta. Berikut ini adalah tujuh di antaranya.

Kepulauan Seribu

Sumber: thehoneycombers.com

Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau seluas 108.00 Ha yang berjarak 45-75 km di sebelah utara kota Jakarta dan bisa menjadi alternatif wisata nuansa alam Jakarta. Dua pulau terdekatnya, yaitu Pulau Bidadari dan Ayer bisa kamu capai dalam 15-30 menit dengan tarif sekitar Rp200.000 via speedboat dari Marina Ancol.

Selain Ayer dan Bidadari, kamu juga bisa menyambangi pulau lainnya, seperti Kotok, Pramuka, Putri, Sepa, Pantara, Untung Jawa, Lancang, Tidung, Harapan, Macan, dan lainnya. Semakin jauh jaraknya, tentu semakin tinggi pula tarifnya, yaitu antara Rp200.000-Rp700.000.

Tidak hanya via speedboat, menyebrang ke Kepulau Seribu juga bisa menggunakan kapal dengan lebih murah, sekitar Rp23.000-Rp46.000. Keberangkatan biasanya dari Muara Angke dan beberapa dari Sunda Kelapa.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Kepulauan Seribu? Selain menikmati keindahan alam bahari, kegiatan berikut ini bisa kamu coba:

  • Snorkelling
  • Diving
  • Island hopping
  • Mencoba aktivitas air lainnya, seperti banana boat, glass bottom boat, undersea aquarium, flying fish, donut ride, jet ski, knee board, kano dan water ski
  • Mengunjungi penangkaran penyu
  • Melihat ikan hiu
  • Berburu tenggiri
  • Menyambangi hutan mangrove
  • Melihat elang bondol dari dekat
  • Wisata sejarah dengan mengunjungi bangunan bekas penjajahan Belanda
  • Menyebrangi jembatan cinta

Baca Juga: Sebelum Menyelam, Ketahui Dulu Perbedaan Snorkeling dan Scuba Diving


Pantai Ancol

Sumber: piknikwisata.com

Dengan bermodalkan Rp25.000 untuk tiket masuk, kamu bisa menikmati wisata nuansa alam Jakarta di kawasan Pantai Ancol. Kawasan satu ini memang sudah lama terkenal menjadi tujuan wisata, terutama saat hari libur tiba.

Meski terletak tidak jauh dari pusat kota, Pantai Ancol bisa menjadi pilihan untuk menikmati alam terbuka dengan suasananya yang segar. Memiliki garis pantai hingga 6,5 km, kawasan pantai terbagi ke dalam beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat, yaitu:

  • Pantai Festival
  • Pantai Marina
  • Beach Pool (Lagoon)
  • Pantai Indah Ancol
  • Pantai Ria
  • Ancol Beach City
  • Pantai Bende
  • Pantai Karnaval

Beragam kegiatan menarik akan menyambut kamu setelah memasuki area pantai. Kamu bisa berenang di tepian pantai, bermain pasir, piknik sambil meresapi keindahan pantai, atau berjalan menyusuru jalan beraspal di sekitar pantai dan juga promenade yang mengitari bibir pantai. Bukan cuma itu, kamu juga bisa berfoto di spot instagenic, olahraga di taman fitness hingga menyaksikan lalu lalang kapal di pelabuah Marina.

Faunaland Ancol

Setelah puas dengan area pantai, Faunaland bisa menjadi pemberhentian selanjutnya jika kamu masih ingin menikmati wisata nuansa alam Jakarta di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Berjarak sekitar 2 km dari kawasan pantai, Faunaland bisa kamu kunjungi dengan merogoh kocek sebesar Rp75.000.

Menjadi pilihan untuk wisata nuansa alam Jakarta, Faunaland memang terkenal asri, hijau dan rimbun. Di tempat ini, kamu bisa berteduh di bawah rimbunnya pepohonan sambil duduk-duduk santai di atas melihat-lihat koleksi satwa Faunaland. Di antaranya adalah singa putih, kangguru putih, keledai, kura-kura, macan dahan, tapir, landak albino, primata dan aneka jenis burung (kakaktua, macaw hingga flamingo).

Dengan kehadiran ragam hewan tersebut, Faunaland pun menyuguhkan sejumlah aktivitas menarik dan menyenangkan. Ada kegiatan memberi makan singa, berkeliling dengan sampan, menunggangi kuda, menonton pertunjukan burung, dan mengunjungi Pulau Burung.


Baca Juga: 7 Spot Sate Taichan Terlezat di Jakarta yang Wajib Kamu Coba!


Taman Wisata Alam Mangrove

Sumber: jakartamangrove.id

Berdiri di lahan seluas 99,82 Ha, Taman Wisata Alam Mangrove menjadi surga hijau di tengah pengapnya kota Jakarta. Tempat wisata nuansa alam Jakarta ini berlokasi di Keluarahan Kamal Muara, bersebelahan dengan kawasan Pantai Indah Kapuk yang terkenal elit. Karena itu, Taman Wisata Alam Mangrove pun terbilang mudah diakses, baik dengan menggunakan transportasi umum seperti bis TransJakarta maupun melalui tol dalam kota dan tol JORR.

Selain menjadi kawasan konservasi yang bermanfaat bagi lingkungan, TWA Mangrove juga dimanfaatkan pariwisata dan rekreasi alam. Kamu hanya perlu merogoh kocek antara Rp30.000-Rp35.000 untuk bisa memasuki area ini.

Sejuk dan rindangnya pohon hutan mangrove pun akan langsung menyambut sesampainya kamu di TWA Mangrove. Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu gunakan untuk sebagai latar mengabadikan momen liburan di sana.

Selain itu, kawasan ini juga menyediakan sejumlah kegiatan air menarik untuk membuat agenda wisata semakin seru, yaitu berkeliling dengan speedboat, perahu dayung, sepeda air kodok dan perahu kano. Jika ingin ikut berkontribusi pada konservasi mangrove, kamu juga bisa mengikuti paket penanaman mangrove yang sudah tersedia.

Selain itu, TWA Mangrove ini termasuk ekosistem yang cocok untuk habitat beragam jenis burung. Karenanya, kamu pun akan disuguhi dengan pemandangan beragam burung, termasuk dengan status dilindungi. Di antaranya adalah burung belekok, belibis, cangak abu, cekakak sungai, elang laut perut putih, elang tiram, gagang bayam timur dan masih banyak lagi.

Taman Langsat

Sumber: Kharisma Putri Aurum via Google Maps

Dengan luas sekitar 3,6 hektar, Taman Langsat menjadi salah satu taman terluas di Jakarta yang bisa kamu jadikan persinggahan di kala penat melanda. Kawasan wisata nuansa alam Jakarta ini memiliki beragam koleksi tanaman, termasuk tanaman hias, bunga dan pohon-pohon tinggi dan tua berumur ratusan tahun yang membuatnya seolah tersembunyi dari hiruk pikuk perkotaan.

Selain tanaman dan pepohonan, Taman Langsat juga dilengkapi dengan sungai kecil dan kolam teratai yang memanjakan mata sehingga sangat cocok untuk detinasi piknik bersama teman atau keluarga. Selain itu, ada juga fasilitas lapangan tennis dan jogging track yang bisa kamu gunakan sebagai sarana olahraga sambil menikmati udara segar, terutama di pagi atau sore hari.

Berlokasi di Jalan Barito, Kebayoran Baru, Taman Langsat ini tersambung dengan Taman Ayodya dan tidak jauh dari lokasi Pasar Mayestik dan Pasar Burung Barito. Untuk memasuki area wisata ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.


Baca Juga: Ternyata, 10 Wisata Malam Jakarta yang Wajib Masuk Wishlist!


Taman Suropati

Sumber: Agung Malun via Google Maps

Selain Taman Langsat, Jakarta juga memiliki area hijau lain bernama Taman Suropati. Tempat wisata nuansa alam Jakarta ini cukup populer dan kerap ramai pengunjung karena banyaknya komunitas yang menyanmbanginya. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi kesejukan dan keindahan beragam pohon dan tanaman yang tertata indah di sana.

Dengan luas sekitar 16.328 m² persegi, Taman Suropati biasanya digunakan untuk sekadar duduk santai, jalan-jalan, jogging, bersepeda hingga menikmati live music. Karena buka 24 jam tanpa tiket masuk, kawasan ini biasanya tetap ramai hingga malam hari.

Setu Babakan

Sumber: Google Maps

Bagi kamu pecinta wisata danau, Setu Babakan di kawasan Jagakarsa bisa menjadi pilihan wisata nuansa alam Jakarta sekaligus wisata seni, budaya dan kuliner Betawi.

Sesuai namanya, Situ atau Setu Babakan ini merupakan danau buatan seluas sekitar 30 hektar dengan kedalaman antara 1-5 meter. Di bagian tengahnya, terdapat sebuah pulau buatan bersikan replika Perkampungan Betawi yang terdiri dari sekitar 16 rumah adat.

Kawasan wisata ini juga terbilang menyejukkan terutama karena kehadiran pepohonan rimbun yang tumbuh mulai dari area parkir hingga area menuju danau.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu takut jika ingin berkunjung di siang hari, sebab rimbunan pohonnya bisa menjadi peneduh di tengah cuaca yang terik

Selain berjalan-jalan di bawah rimbunan pohon, kamu juga bisa menikmati aktivitas menarik lain, termasuk memancing, bermain sepeda air, kano, dan menaiki dragon boat.


Bobobox: Tempat Persinggahan Nyaman di Tengah Keramaian

 

Jakarta sangat identik dengan kemacetan yang kerap membuat banyak orang geram. Perjalanan kamu mengunjungi dan pulang dari wisata nuansa alam Jakarta mungkin akan diselingi dengan kemacetan di sana sini.

Hal ini tentu akan sangat melelahkan apalagi di tengah cuaca Jakarta yang pengap dan panas. Untuk itu, Bobobox hadir sebagai tempat singgah kamu dari segala kemacetan, keramaian, dan rasa lelah yang melanda di jalanan Kota Jakarta.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Bobobox akan memanjakan kamu dengan akomodasi berkonsep minimalis, nyaman, dan bersih serta berbagai fasilitas penunjang yang pasti bikin kamu betah.

Tinggal pilih saja lokasi mana yang kamu mau, mulai dari Bobobox Kebayoran, Pancoran, Tanah Abang, Juanda, Kota Tua, hingga ITC Kuningan. Apapun pilihan kamu, pesan pod yang kamu mau lewat aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles