Rekomendasi Tempat Wisata Malam Ungaran

7 Rekomendasi Tempat Wisata Malam Ungaran

Ketika mengunjungi Semarang, kebanyakan orang biasanya memilih rekreasi di tengah kota. Destinasi seperti Lawang Sewu, Museum Ranggarwasita, Kota Tua, dan Sam Poo Kong acap dipenuhi pelancong lokal dan mancanegara.

Namun, ada satu daerah di Semarang yang tidak kalah menarik dari keseruan di pusat kota, yaitu Ungaran. Daya tarik Ungaran terletak pada lokasinya yang menjuru ke sisi pegunungan Semarang, membuat udara di sana lebih sejuk dan pas untuk momen healing.

Kerennya lagi, Ungaran memiliki banyak tempat wisata malam, sehingga pengunjung bisa puas menikmati ibu kota Kabupaten Semarang ini dari pagi hingga malam menjelang.

Sekilas Mengenai Ungaran

Sekilas Mengenai Ungaran

Foto: Ari Basri Okviantoro via Google Maps

Ungaran, sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menggabungkan pesona sejarah, budaya, dan alam. Dipagari oleh perbukitan hijau, Ungaran menawarkan pemandangan indah yang menciptakan atmosfer tenang dan damai.

Salah satu ciri khas Ungaran adalah Gunung Ungaran, destinasi pendakian populer bagi para pencinta alam. Kota ini juga kaya warisan sejarah dengan bangunan-bangunan tua yang sarat arsitektur kolonial Belanda, seperti Gereja Katolik St. Matius dan Balai Kota Ungaran.

Selain itu, Ungaran dikenal sebagai pusat kerajinan tangan. Kamu mungkin familiar dengan produk khas Ungaran, seperti batik, tenun, dan anyaman bambu yang bisa ditemukan di pasar tradisional. Di sini jugalah kamu bisa merasakan keramahan warganya yang tersohor.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Kawasan sekitar Ungaran juga menawarkan daya tarik alam. Salah satunya adalah Telaga Rambut Monte, danau cantik yang dikelilingi pepohonan rindang. Selain itu, wisatawan dapat menjelajahi hutan pinus yang sejuk dan menyegarkan di kawasan sekitar.

Nah, dengan kekayaan sejarah, kerajinan tangan yang unik, dan pesona alam yang menakjubkan, tidak heran kalau Ungaran menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman autentik di Jawa Tengah!

7 Tempat Wisata Malam Ungaran

Penasaran tempat wisata malam Ungaran apa saja yang bisa kamu kunjungi? Yuk, kita cek daftarnya di bawah ini!

1. Alun-Alun Bung Karno

Alun-Alun Bung Karno

Foto: Radio Republik Indonesia

  • Alamat: Jl. Jati Raya, Kalipasir, Kalirejo, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50515 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Alun-Alun Bung Karno merupakan alun-alun yang menyenangkan untuk dikunjungi. Alun-alun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau dan taman bunga yang menjadikan suasana lebih segar dan sejuk.

Kamu dapat menikmati berbagai fasilitas rekreasi dan permainan yang tersedia, sehingga tempat ini sangat cocok bagi keluarga dan anak-anak. 

Selain itu, terdapat warung dan kedai kopi yang menyajikan beragam makanan serta minuman lezat. Dengan begitu, kamu bisa bersantap sembari menikmati suasana sekitar. Jadi, jangan ragu untuk ajak teman atau keluarga untuk mengunjungi Alun-Alun Bung Karno, ya!

Baca juga: 3 Hari 3 Malam Berwisata di Semarang Dengan Murah 

2. Camping Hill Efrata

  • Alamat: Suruhan, Keji, Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Tempat wisata malam Ungaran berikutnya adalah Camping Hill Efrata. Lokasinya sendiri ada di Desa Keji Suruhan, Ungaran Barat dan dikelilingi gunung sehingga udara di sekitar kemahnya terasa segar dan sejuk. 

Wisata ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati pegunungan Ungaran dari pagi hingga malam, dan bagi penggemar alam yang ingin menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Selain berkemah, kamu juga bisa melakukan kegiatan outdoor seperti hiking, bersepeda, dan makan malam dinaungi langit berbintang.

3. Umbul Sidomukti

  • Alamat: Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–19.00

Berikutnya, ada Umbul Sidomukti yang merupakan tempat wisata air seru. Di sini, kamu akan menemukan kolam renang alami dengan air yang sangat jernih dan segar.

Kamu bisa bersantai di sekitar kolam, berenang, atau merencanakan piknik di area tepi kolam yang menawarkan pemandangan alam memukau. 

Umbul Sidomukti juga cocok sebagai tempat berlibur dengan keluarga. Pasalnya, tempat ini juga menyediakan fasilitas area bermain untuk anak-anak dan tempat istirahat. 

4. Wana Wisata Alam Penggaron

Wana Wisata Alam Penggaron

Foto: angga RASIL via Google Maps

  • Alamat: Siroto, Susukan, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–20.30 

Wana Wisata Alam Penggaron adalah tempat yang sempurna untuk menikmati kegiatan di alam terbuka. Kerennya lagi, tempat wisata ini bisa kamu eksplor pada siang atau malam hari. 

Terletak di tengah hutan, kamu bisa menjelajahi jalur hiking yang menantang, bersepeda di sekitar hutan, atau bahkan berkemah di area yang disediakan. Kamu juga bisa piknik di tengah-tengah hutan ditemani pemandangan alam cantik nan asri. 

Baca juga: 8 Pilihan Tempat Wisata Malam Bantul yang Menarik

5. Desa Wisata Kalongan

  • Alamat: VC8P+CWJ, Rejowinangun, Kalongan, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Masih membahas tempat wisata malam Ungaran, kali ini kita lanjut ke Desa Wisata Kalongan. Destinasi wisata ini wajib dikunjungi para pelancong yang ingin belajar tentang kearifan lokal Ungaran.

Di sini, kamu bisa belajar tentang berbagai kerajinan lokal, budaya, dan tradisi masyarakat setempat. Tersedia juga penginapan bergaya rumah tradisional Jawa yang bisa ditempati, jadi kamu bisa merasakan kehidupan pedesaan yang autentik. 

6. Candi Gedung Songo

  • Alamat: Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Tempat ini terkenal dengan sembilan candi yang tersebar di sepanjang perbukitan. 

Candi ini menawarkan pengalaman menarik bagi kamu yang ingin menelaah warisan budaya dan arsitektur kuno Jawa Tengah lebih dalam. 

Tidak hanya candi, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam indah di sekeliling kompleks. Udaranya segar karena terletak di lereng Gunung Ungaran, jadi kamu bisa santai tanpa harus khawatir akan cuaca panas Semarang.

Baca juga: Pantai Maron Semarang: Keindahan Pantai di Tengah Kota

7. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Foto: Abee Yoga via Google Maps

  • Alamat: Hutan, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Dari semua destinasi di atas, Gunung Ungaran adalah tempat wisata malam Ungaran paling populer. Dengan ketinggian mencapai 2.050 mdpl, gunung ini menawarkan pemandangan hijau nan asri dari puncaknya.

Bagi para pendaki, menjelajahi Gunung Ungaran dapat memberikan pengalaman unik karena kamu akan langsung melihat keanekaragaman flora dan fauna serta keindahan alam khas wilayah tersebut.

Bagi kamu yang tidak begitu suka hiking, jangan khawatir, Gunung Ungaran bisa menjadi camping spot yang tidak kalah keren dari tempat lainnya.

Tempat Menginap Terjangkau di Jakarta Barat

Bingung cari akomodasi di Semarang? Bobobox Kota Tua siap menyambutmu dengan hangat! Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang nyaman, bermalam di Bobobox merupakan pilihan yang tepat untuk memulai serta mengakhiri liburan kamu di Kota Atlas.

Pesan pod-nya lewat aplikasi dan nikmati nyamannya menginap di hotel modern tapi tetap terjangkau!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Ari Basri Okviantoro via Google Maps

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles