Pilihan Tempat Wisata Malam Bantul yang Menarik

8 Pilihan Tempat Wisata Malam Bantul yang Menarik

Banyak daerah di Yogyakarta yang memiliki potensi besar, khususnya dalam hal tempat wisata. Bantul, misalnya, adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak destinasi yang cocok untuk dikunjungi pada malam hari.

Kalau kamu sedang mencari tempat wisata malam yang bisa dikunjungi di Bantul, intip saja rekomendasi dari Bob di bawah ini!

Sekilas Mengenai Bantul

Sekilas tentang Bantul

Foto: Bangkit Ristant via Gmaps

Bantul adalah sebuah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki semboyan pembangunan Projotamansari, yang merupakan singkatan dari “Produktif-Profesional, Ijo Royo Royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri”.

Pada 27 Mei 2006, kabupaten ini sempat diguncang gempa bumi besar berkekuatan 5,9 skala Richter yang mengakibatkan kerusakan besar dan kematian sedikitnya 3.000 penduduk.

Bantul kerap dijuluki sebagai Kota Geplak. Geplak sendiri adalah kudapan manis yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa.

Selain terkenal akan kulinernya yang unik, Bantul juga dikenal memiliki sejumlah sederet wisata populer, seperti Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo, dan Hutan Pinus Pengger.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Baca Juga: Wajib Tahu! 15 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sidoarjo yang Tahan Lama

8 Tempat Wisata Malam Bantul

Berikut adalah tempat-tempat wisata malam Bantul yang patut dijadikan pilihan:

1. Puncak Sosok

Puncak Sosok

Foto: Putri Arum via Gmaps

Alamat: Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791 (Gmaps)

Rekomendasi destinasi wisata pertama dari Bob adalah Puncak Sosok. Umumnya, masyarakat Bantul datang ke tempat ini untuk bisa menikmati pemandangan lampu-lampu kota yang gemerlap.

Selagi menikmati malam, kamu bisa memesan berbagai menu makanan dan minuman sambil mendengarkan live music. Beberapa menu yang layak dicoba antara lain jagung bakar, gorengan, nasi goreng, hingga aneka jenis kopi.

2. Little Tokyo

Alamat: Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 (Gmaps)

Little Tokyo atau kerap disebut Litto adalah tempat wisata malam Bantul berikutnya yang wajib kamu sambangi. Pasalnya, tempat wisata ini terbilang unik karena mengusung konsep ala Negeri Sakura.

Pembangunan destinasi liburan ini sendiri terinspirasi dari Okutama, sebuah daerah di sebelah barat Tokyo. Wajar saja ketika memasuki Little Tokyo, kamu akan disambut keindahan bangunan dengan arsitektur tradisional Jepang.

Keindahan bangunan Litto kerap dimanfaatkan pengunjung sebagai latar belakang foto, yang tentunya agar terlihat seperti sedang liburan di Jepang.

Setelah puas berfoto-foto di aneka spot, kamu bisa menyantap beragam menu khas Jepang, seperti ramen, takoyaki, udon, dan chicken katsu.

3. Puncak Becici

Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 (Gmaps)

Wisata malam Bantul berikutnya menawarkan tempat asri, sejuk, dan sarat pemandangan hutan pinus. Yup, datang saja ke Puncak Becici!

Selain asri dan sejuk, Puncak Becici terbilang sangat lapang karena luasnya mencapai 4,4 hektare. Salah satu spot yang paling sering dikunjungi adalah area puncaknya.

Untuk bisa sampai ke puncak, kamu harus berjalan terlebih dahulu sejauh kurang lebih 300 meter dari area parkir. Di puncak, kamu bisa bersantai di bangku-bangku kayu dan gazebo.

Baca Juga: Catat! 8 Destinasi Wisata di Jogja untuk Para Pencinta Seni

4. Watu Goyang

Alamat: Cempluk, Jl. Watu Goyang No.1, Griloyo, Mangunan, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 (Gmaps)

Watu Goyang adalah tempat wisata malam Bantul lain yang Bob rekomendasikan. Nama tempat ini berasal dari adanya bongkahan batu di area puncak, yang akan seolah-olah bergoyang jika didorong. Usut punya usut, batu ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu!

Di luar itu, daya tarik Watu Goyang ada pada lokasinya yang terletak di kawasan perbukitan, dan gardu-gardu pandang serta sederet bangku untuk duduk-duduk.

5. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Foto: wisata jogja via Gmaps

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 (Gmaps)

Bantul dikenal sebagai daerah di Yogyakarta yang memiliki area hutan pinus luas dan banyak dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah Pinus Pengger.

Kamu akan disuguhi spot-spot swafoto yang unik karena terbuat dari ranting pohon. Kumpulan ranting ini kemudian disusun menjadi aneka bentuk seperti tangan, hati, hingga segitiga.

Selain itu, ada sejumlah wahana yang bisa kamu jajal, seperti flying fox, sepeda hutan, dan jelajah alam.

6. Seribu Batu Songgo Langit

Alamat: Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Gmaps)

Seribu Batu Songgo Langit adalah salah satu destinasi wisata populer di Bantul. Tempat ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang indah, yang makin memukau saat malam hari tiba.

Terdapat sejumlah spot foto unik yang bakal memuaskan pengunjung yang suka berfoto, meliputi rumah Hobbit, rumah seribu kayu, dan panggung kayu.

7. Bukit Lintang Sewu

Alamat: Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 (Gmaps)

Bukit Lintang Sewu adalah destinasi malam di Bantul yang menawarkan pemandangan indah Kota Yogyakarta dari ketinggian. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang lampu-lampu kota yang memukau.

Pihak pengelola juga menyediakan sejumlah spot foto yang Instagramable, seperti rumah terbalik, gardu foto dengan tempat tidur, bintang, hingga gardu pandang ala rumah pondok.

Uniknya, kamu sebenarnya dapat menginap di Bukit Lintang Sewu. Jadi, kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan eksotis Yogyakarta pada malam hari, tapi juga betapa cantiknya kota ini pada pagi hari.

8. Perengan Park

Perengan Park

Foto: Uky Michio via Gmaps

Alamat: Malangan, Srigading, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763 (Gmaps)

Rekomendasi tempat wisata malam Bantul yang terakhir adalah Perengan Park. Perengan Park mempunyai berbagai spot foto unik yang bisa kamu manfaatkan untuk cuci mata. Beberapa yang jadi favorit pengunjung antara lain taman bunga, air mancur, dan jembatan cinta.

Baca Juga: 7 Tempat Ngedate Paling Seru di Jogja, Nomor 3 Hidden Gem!

Mencari Hotel Terjangkau di Yogyakarta? Yuk, ke Bobobox Malioboro!

Bobobox Malioboro

Menjajaki Yogyakarta tidak cukup hanya satu hari. Kalau kamu bertolak kembali ke Yogyakarta setelah puas jalan-jalan di Bantul, kamu bisa memilih Bobobox Malioboro sebagai hotel tempat menginap.

Tempat ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, dan pengeras suara Bluetooth. Harga inap yang ditawarkan pun ramah di kantong, jadi kamu bisa istirahat dengan nyaman tanpa takut dompet bolong.

Yuk, pesan podnya di aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Watu Goyang via Gmaps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles