jogjakarta

4 Rekomendasi Walking Tour Jogja Buat yang Senang Jalan Kaki

Menjalani hari-hari di perkotaan besar seperti Jakarta dengan jalanan yang padat terkadang terasa melelahkan. Maka tak heran apabila wisatawan senang berlibur ke Jogja, kota yang menawarkan pengalaman slow living bagi para pengunjungnya.

Jalanan kecil yang tertata dengan rapi membuatnya ramah untuk para pejalan kaki. Karena itulah sistem tur walking tour kini semakin ramai bermunculan di Jogja. Melalui walking tour, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan wisata dan menjelajahi sudut perkotaan yang sebelumnya mungkin belum pernah kamu temukan.

Tertarik untuk menemukan berbagai hidden gem menarik lewat walking tour Jogja? Yuk, intip semua hal yang perlu kamu ketahui tentang penyelenggara walking tour, rute walking tour favorit di Jogja, hingga harga sistem tur yang satu ini!

Baca Juga: Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Penyelenggara Walking Tour Jogja

Berbeda dengan sekadar menjelajahi berbagai tujuan wisata sambil berjalan kaki, walking tour menawarkan fasilitas tur dengan harga bersahabat dan dilengkapi dengan pemandu yang akan menyertakan berbagai cerita menarik dari masing-masing tujuan.

Terdapat beberapa penyelenggara walking tour di Jogja yang dapat kamu pilih. Pastikan untuk pilih sesuai minatmu, berikut beberapa penyelenggara yang dapat kamu pertimbangkan.

Jogja Walking Tour

jogja walking tour - walking tour jogja

Photo: jogjawalkingtour via Instagram

Cocok bagi kamu yang gemar mempelajari sejarah dan budaya, Jogja Walking Tour mengutamakan destinasi seperti situs bersejarah ataupun cagar budaya dalam tur yang ditawarkan.

Tentunya terasa lebih seru karena pada tiap tur kamu akan ditemani langsung oleh pemandu yang tahu betul mengenai rute yang dilewati. Lebih menyenangkannya lagi, kamu tentu bisa mendapatkan teman-teman baru yang menjadi teman menjelajahmu!

Cek Instagram @jogjawalkingtour untuk info lengkap mengenai rute yang mereka tawarkan, karena bisa jadi setiap bulannya ada rute-rute berbeda yang membikin kamu ingin ikut lebih dari sekali!

Jogja Good Guide

jogja good guide - walking tour jogja

Photo: joggoodguide via Instagram

Telah berdiri sejak tahun 2016, Jogja Good Guide tak hanya menawarkan rute ke lokasi bersejarah saja, lho! Rupanya, terkadang jasa tur jalan kaki yang satu ini juga mengajak kamu untuk mengikuti workshop dan merasakan pengalaman wisata kuliner yang seru!

Jadwal walking tour yang tersedia akan diperbarui setiap bulan melalui akun Instagram resmi @joggoodguide. Namun, rute yang biasanya tersedia meliputi rute Kotagede, Kotabaru, Pakualaman, dan Malioboro. Tentunya bisa menambah pengetahuan kamu tentang Jogja!

Menariknya, Jogja Good Guide mengusung konsep pay as you wish alias konsep pembayaran secara sukarela. Namun, jika kamu ingin mencoba sensasi walking tour yang lebih privat dan tidak terpatok pada rute-rute yang ditawarkan, kamu bisa mengikuti paket privat dengan harga mulai dari Rp350.000.

Oh ya, Good Guides juga tersedia di kota-kota lain, seperti Jakarta, Bandung, Medan, juga Palembang. Kamu pernah ikut yang mana?

Baca Juga: 7 Pasar Tradisional Jogja yang Jadi Surga Kuliner, Bikin Laper!

Jalan-Jalan Jajan

jalan-jalan jajan - walking tour jogja

Photo: _jalanjalanjajan via Instagram

Bagi kamu yang ingin bertemu kawan-kawan baru, menyusuri tempat-tempat mengasyikkan di Kota Pelajar, tentunya sekaligus berkuliner ria, Jalan-Jalan Jajan adalah walking tour yang paling tepat untukmu!

Berdiri sejak 2023, Jalan-Jalan Jajan adalah komunitas yang menargetkan perjalanan sepanjang 7.000 langkah untuk menyusuri berbagai penjuru Jogja guna menemukan berbagai spot atau jajanan yang belum diketahui banyak orang. Bob sarankan, siapkan gadget-mu untuk mengabadikan momen perjalananmu, lalu bagikan juga di media sosial!

Rajin pantau Instagram mereka untuk tahu rute dan jadwal jalan-jalan dan jajannya, ya!

Dje Djak Rasa

Masih seputar wisata kuliner, Dje Djak Rasa tidak hanya akan membawamu ke berbagai tujuan wisata khas Jogja, lho. Dengan mengikuti walking tour dari Dje Djak Rasa, kamu juga dapat menikmati jamuan tradisional serta cerita latar belakang historis dari masing-masing menu yang telah dibuat.

Walking tour biasanya diadakan setiap akhir pekan! Dengan konsep pay as you wish, kamu hanya perlu membayarkan biaya secara sukarela tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti walking tour unik yang satu ini, pastikan untuk mengikuti Instagram resmi Dje Djak Rasa agar tidak ketinggalan informasi jadwal tur, ya!

Rute Favorit Walking Tour Jogja

jogjakarta

Photo: muhammad arief via Unsplash

Rute walking tour tentunya akan berbeda untuk tiap penyedia jasa, tetapi umumnya rute yang tersedia meliputi berbagai destinasi wisata terkenal seperti Kotagede, Kotabaru, Kauman, Prawirotaman, serta Malioboro.

Saat mengunjungi area Kotagede, kamu dapat mempelajari langsung budaya Jogja melalui berbagai rumah khas Jogja yang autentik. Bagi kamu para pecinta museum, rute Kotabaru adalah rute yang paling cocok untuk kamu. Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat langsung kompleks perumahan Belanda di area ini.

Sementara jika kamu lebih tertarik untuk mempelajari kesultanan Jogja, kamu disarankan untuk mengikuti rute Kauman. Namun, jika ingin mengkombinasikan edukasi sejarah dan menjelajahi pusat perbelanjaan modern maka rute Malioboro akan lebih cocok untuk kamu! Selain belanja sepuasnya, kamu juga dapat melihat langsung landmark peninggalan masa kolonialisme di sini.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Malioboro Malam Hari yang Wajib Kamu Kunjungi

Di Jogja Menginap di Mana?

Bobopod Malioboro Indonesia

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah puas menjajal seluruh tujuan wisata menarik yang diadakan penyelenggara walking tour Jogja, saatnya beristirahat di akomodasi hemat dan nyaman! Bobopod Malioboro adalah solusi menginap modern yang terletak di lokasi strategis – semuanya dapat kamu capai dengan berjalan kaki, mulai dari Pasar Beringharjo, Benteng Vredeberg, Kraton Yogyakarta, hingga Tamansari Yogya!

Cocok juga nih untuk kamu yang ingin ikut tur jalan kaki dengan rute Malioboro. Biasanya, meeting point-nya tidak jauh dari Bobopod Malioboro.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya! Selamat menjelajahi Jogja!

 

 

Penulis: Sheila Lalita

Foto header: mark chaves via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles