oleh oleh khas jogja kekinian

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Sebagai kota budaya yang pesonanya melimpah, Jogja selalu menjadi tujuan favorit bagi para pelancong. Selain terkenal akan keindahan alam, seni, dan sejarahnya, Jogja juga dikenal akan oleh-oleh khasnya yang tak kalah menarik. 

Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, kota ini telah menghadirkan oleh-oleh dari Jogja yang kekinian dan memanjakan lidah, serta dikemas dalam visual yang menarik. 

15 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian

Dari makanan lezat hingga barang kerajinan unik, inilah 12 oleh-oleh khas kekinian yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke Jogja.

Baca Juga: 20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama

1. Batik Kombinasi Modern

Batik adalah warisan budaya Indonesia, dan Jogja terkenal dengan batiknya. Oleh-oleh batik khas Jogja yang kekinian mencakup batik desain modern yang menggabungkan unsur tradisional dengan sentuhan kontemporer. Ini bisa berupa pakaian, aksesori, atau barang dekoratif yang indah.

2. Kopi Kekinian

Wisata Jogja tidak lengkap jika tidak membeli kopi lokalnya. Jogja memiliki banyak kedai yang menawarkan kopi berkualitas tinggi dengan gaya kekinian. Oleh-oleh ini bisa berupa biji kopi dari perkebunan lokal, peralatan kopi, atau bahkan kopi siap minum dalam kemasan unik.

Baca Juga: 11 Daftar Cafe 24 Jam di Jogja yang Buat Nongkrong Makin Asyik

3. Kerajinan Tangan Unik

Kerajinan tangan asli buatan Jogja yang indah, seperti wayang kulit, ukiran kayu, dan keramik. Oleh-oleh khas ini sering kali diberi sentuhan modern dari segi desain dan warnanya.

4. Kuliner Khas Jogja

Kuliner selalu menjadi oleh-oleh yang sering dibawa pulang. Di Jogja, kamu bisa mencari makanan ringan tradisional seperti toko kue kekinian yang menjual bakpia dengan rasa unik seperti red velvet atau matcha. Ada pula geplak dan gudeg dalam kemasan yang menarik dan praktis.

Baca Juga: 8 Makanan Tradisional Kekinian yang Tak Pernah Ketinggalan Jaman!

5. Kaus dan Merchandise Khas Jogja

Kaus dan Merchandise Khas Jogja

Sumber: ksmtour.com

Tidak hanya kuliner, kaus merupakan salah satu barang yang wajib kamu bawa pulang setelah berkunjung dari Jogja. kaus dengan desain unik yang menggambarkan keindahan Jogja, bertuliskan kata-kata bijak, atau memiliki desain yang ikonis. 

Selain kaus, ada juga berbagai merchandise lain seperti topi, tas, dan gantungan kunci yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Baca Juga: Nyaman dan Aman, Inilah 10 Rekomendasi Travel Jogja–Jakarta Terbaik

6. Karya Seni Lokal

Jogja adalah salah satu pusat seni di Indonesia. Kamu pun bisa menemukan karya seni ciptaan seniman lokal untuk dijadikan oleh-oleh, seperti lukisan, patung, dan karya visual lainnya. Karya-karya ini kerap melukiskan keanekaragaman budaya dank alam Jogja dengan gaya modern.

7. Perhiasan Kreatif

Perhiasan bukan hanya aksesori, tapi juga bentuk seni. Oleh-oleh khas Jogja yang kekinian bisa kamu dapatkan dalam wujud perhiasan yang dibuat oleh perajin lokal.

8. Produk-Produk Ramah Lingkungan

Kesadaran akan lingkungan semakin meningkat. Jogja pun tidak ketinggalan dalam menghasilkan oleh-oleh yang ramah lingkungan. Ini bisa berupa produk-produk seperti tas kain, sabun alami, atau barang-barang daur ulang yang unik.

9. Produk-produk Organik dan Natural

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan lingkungan, semakin banyak orang beralih ke produk-produk organik dan alami pula.

Oleh karena itu, kamu bisa mencari oleh-oleh seperti sampo organik, minyak esensial, atau produk perawatan kulit alami yang diproduksi secara lokal.

10. Aneka Produk Kulit

Aneka Produk Kulit

Sumber: TripZilla Indonesia

Jogja terkenal dengan produk-produk kulitnya. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas seperti tas kulit, dompet, dan aksesori lain yang memiliki desain modern nan memikat.

11. Buku-Buku Karya Penulis Lokal

Jogja adalah kota kreatif tempat banyak penulis lokal menghasilkan karya-karya menarik. Kamu bisa memperoleh oleh-oleh kekinian berupa buku-buku terbaru dari penulis Jogja, termasuk fiksi, puisi, atau literatur nonfiksi yang menggugah.

12. Peralatan Musik Tradisional

Jogja memiliki tradisi musik yang kaya, termasuk gamelan dan berbagai alat musik tradisional lainnya. Miniatur alat musik tradisional, CD musik gamelan, atau bahkan sesi bermain gamelan bagi yang berminat, bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Jogja yang kekinian dan tidak biasa.

13. Kerajinan Tekstil

Kain tradisional seperti batik dan tenun ikat adalah bagian penting dari budaya Jogja. Kamu bisa mendapatkan produk-produk kain tradisional ini sebagai oleh-oleh Jogja yang kekinian. Baju, syal, atau tas dengan desain modern bisa menjadi pilihan yang menarik sekaligus fungsional.

14. Koleksi Wayang Kulit

Wayang kulit adalah seni tradisional yang penting di Jogja. Kamu bisa mencari oleh-oleh berupa koleksi miniatur wayang kulit atau bahkan wayang kulit asli yang dipahat oleh para dalang lokal.

15. Oleh-Oleh Sentimental Jogja

Jogja adalah tujuan wisata yang populer dan kerap dikaitkan dengan nostalgia. Tidak usah muluk-muluk pun, oleh-oleh khas Jogja yang kekinian bisa berupa pernak-pernik yang mengingatkanmu akan nuansa Jogja.

Beberapa oleh-oleh ini termasuk peta Jogja, kalender dengan gambar-gambar Jogja, gantungan kunci, gelang, dompet motif batik, dan lain-lain.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Rekomendasi Tempat Membeli Oleh-oleh Kekinian dan Modern di Jogja

Bingung mau beli oleh-oleh khas Jogja yang kekinian di mana? Berikut beberapa tempat belanja yang bisa kamu kunjungi:

Baca Juga: 12 Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam yang Keren

1. Dagadu Jogja

Dagadu Jogja

Sumber: sampaijauh.com

Dagadu Jogja adalah toko pakaian dan aksesori yang terkenal di Jogja. Toko ini dikenal dengan desain-desainnya yang unik, humoris, dan kontemporer. Barang yang dijual meliputi kaus, jaket, topi, dan barang-barang lain yang menggambarkan budaya serta gaya hidup warga Jogja. 

2. Malioboro

Jalan Malioboro adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Jogja, dan juga merupakan tempat yang bagus untuk membeli oleh-oleh.

Di sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan beragam toko yang menjual produk-produk khas Jogja, seperti batik, kerajinan tangan, pernak-pernik, dan makanan khas.

Walau Malioboro mungkin terasa seperti tempat yang lebih tradisional, kamu masih bisa menemukan banyak oleh-oleh khas Jogja yang kekinian di banyak toko.

3. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional di kawasan Malioboro. Kamu akan menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja di sini, termasuk batik, kain, makanan tradisional, rempah-rempah, dan barang-barang unik lainnya.

Walau pasar ini memiliki nuansa tradisional, banyak penjual yang juga menawarkan oleh-oleh kekinian khas Jogja untuk menarik pengunjung.

4. Bakphia Kukus Jogja

Salah satu tempat terkini yang populer untuk membeli oleh-oleh khas Jogja adalah Bakpia Kukus Tugu.

Berbeda dengan bakpia pada umumnya, Bakpia Kukus Tugu memiliki tekstur yang lembut di luar dan berbagai variasi isian di dalamnya, yang menarik minat banyak orang.

Harganya bervariasi tergantung pada jumlah isi dan jenis rasa yang dipilih. Bakpia Kukus Tugu telah terbukti kelezatannya, sehingga banyak yang memilihnya.

5. Bakpia Pathok 25

Tidaklah aneh lagi jika bakpia dengan isian kacang hijau menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Jogja yang populer. Salah satu tempat yang terkenal dengan penjualannya adalah Bakpia Pathok 25 di Jogja.

Di sini, Anda dapat melihat bagaimana bakpia dibuat secara langsung. Selain bakpia, tempat ini juga menawarkan beragam oleh-oleh makanan lainnya seperti geplak, yangko, dan berbagai makanan tradisional lainnya.

6. Cokelat Monggo 

Anda dapat membawa pulang oleh-oleh cokelat khas dari Jogja. Cokelat Monggo merupakan produk cokelat yang berasal dari berbagai pulau di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Kualitasnya sangat istimewa dan mampu bersaing dengan cokelat premium dari Belgia. Bahkan, bahan pembuatannya menggunakan dark cokelat premium dengan kandungan kakao mencapai 69 persen.

Rasa cokelat Monggo sangat unik dan beragam. Anda bisa menemukan cokelat dengan rasa susu, stroberi, mangga, durian, bahkan cabai merah.

Jika Anda penasaran dengan semua varian rasanya, sebaiknya langsung kunjungi Kotagede, tempat pembuatan cokelat ini, daripada hanya membeli satu batang cokelat.

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam yang Keren

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod Malioboro!

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata menjelajahi tempat-tempat menarik seperti Jogja.

Selesai berkeliling di sekitar Jogja dan Malioboro untuk berburu oleh-oleh kekinian khas Jogja, kamu bisa coba menginap di Bobopod Malioboro. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobopod menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: bakpiakukustugu.co.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles