yogyakarta - pasar tradisional jogja

7 Pasar Tradisional Jogja yang Jadi Surga Kuliner, Bikin Laper!

Jogja adalah salah satu destinasi liburan populer di Indonesia, terutama berkat budaya dan sejarahnya yang kaya. Masih banyak bangunan bersejarah yang dapat kamu kunjungi, dengan nilai estetika yang tak kalah tinggi.

Namun selain itu, kuliner juga menjadi salah satu alasan banyak orang mengunjungi Jogja. Rasa khas manis gurih umumnya dapat kamu temukan di berbagai menu makanan di sini.

Jika mengunjungi lokasi yang tepat, travelers bisa menikmatinya hingga puas dengan harga yang relatif murah, rasa yang autentik, dan porsi yang cukup memuaskan!

Kunjungi 7 pasar tradisional Jogja untuk kesempatan menjajal seluruh kuliner lezat Jogja! Kamu juga dapat membeli suvenir untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh, lho.

Baca Juga: Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian yang Wajib Kamu Bawa Pulang

7 Pasar Tradisional Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Pasar Beringharjo

sate kere

Photo by Kyirfano via Instagram

Jam operasional: 08.30 – 21.00 WIB

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Berlokasi dekat Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo menjadi salah satu destinasi pasar tradisional Jogja yang selalu ramai oleh wisatawan. Sudah tak heran, kamu dapat menikmati berbagai kuliner legendaris kebanggaan Jogja di pasar ini!

Di antaranya adalah Sate Kere Mbah Suwarning yang sudah berdiri sejak 1984, yang menyajikan sate kere dengan aroma yang menggoda dan rasanya yang sedap. Selain itu, kamu juga dapat mencoba dawet dengan isian cendol dan cincau yang menyegarkan di Dawet Mbah Hari yang telah berdiri sejak 1965 dan berbagai jenis jenang di Jenang Bu Darmini.

2. Pasar Prawirotaman

TFP Kopi Warung - Pasar Prawirotaman - pasar tradisional Jogja

Photo via lensa44.com

Jam operasional: 05.00 – 20.00 WIB

Lokasi: Jl. Parangtritis No.103, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Pasar yang unik ini menawarkan kombinasi pasar kekinian dan pasar tradisional Jogja. Meski berfungsi layaknya pasar pada umumnya di lantai satu, pasar ini menawarkan foodcourt nyaman dan coworking space yang modern di lantai dua!

Seperti konsepnya, kamu juga dapat menemukan jenis makanan tradisional hingga yang lebih trendy di sini. Kamu dapat menikmati es teler, es kelapa, dan beragam jenis makanan yang lebih mengenyangkan seperti opor ayam atau selat solo di Es Moerni 78. Menu makanan di sini dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp 7.000 saja.

Bagi kamu yang lebih menyukai jenis makanan ala western, kamu dapat menikmati menu sarapan seperti sandwich, salad, atau pancake dan menu makan siang seperti aneka pasta atau olahan daging ayam maupun sapi di The French Press Kopi dengan harga mulai dari Rp 10.000 saja!

3. Pasar Ngasem

Warung Yu Ngademi -Pasar Ngasem - pasar tradisional Jogja

Photo: Agung P via mojok.co

Jam operasional: 05.00 – 16.00 WIB

Lokasi: Jl. Polowijan No.11, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Sebelum menjelajahi Keraton Yogyakarta dan berfoto-foto di Tamansari, jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Ngasem yang menjadi surga menu sarapan.

Bagi kamu yang ingin menjajal menu khas Jawa, pastikan untuk mengunjungi Warung Yu Ngademi. Warung yang satu ini menawarkan menu andalan bubur gudeg krecek, namun kamu juga tentunya tetap dapat mencoba menu khas Jawa lainnya.

Setelah menikmati menu asin, rasanya tak lengkap jika tidak menikmati minuman segar. Jangan lupa untuk kunjungi juga Wedang Ayu Bu Sui yang menyuguhkan minuman tradisional berbahan serai, jeruk nipis, cengkih, kapulaga, dan jahe.

Baca Juga: Jelajahi Kelezatan dengan Rekomendasi 11 Bakpia Paling Istimewa di Jogja

4. Pasar Lempuyangan

Jenang Bu Gesti - Pasar Lempuyangan - pasar tradisional Jogja

Photo: Jogjafoodhunter via Instagram

Jam operasional: 06.00 – 01.00 WIB

Lokasi: Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211

Pecinta kudapan manis wajib mengunjungi Pasar Lempuyangan! Di sini, kamu dapat menemukan kuliner Jenang Gempol Bu Gesti legendaris yang bikin nagih. Menu jenang gempol merupakan perpaduan jenang sumsum putih, jenang candil, jenang sumsum manis, jenang mutiara, dan ketan hitam yang kemudian diguyur gula merah dan santan gurih.

5. Pasar Kranggan

mugorame - pasar kranggan

Photo: Ke.jogja via Instagram

Jam operasional: 07.00 – 22.00 WIB

Lokasi: Ps. Kranggan Mas Lantai, RT.004, RT.004/RW.004, Jatisampurna, Kec. Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17433

Pada pagi hari pasar ini memang ramai oleh para penjual yang menawarkan jajanan pasar tradisional. Namun mulai dari siang hari sampai malam hari, banyak gerai makanan kekinian lezat yang selalu ramai diburu oleh anak muda.

Di antaranya adalah Kedai Berkah Abadi yang menyajikan menu khas Cina yang kaya rempah, Mugorame dengan menu ala Jepang dan berbagai fusion food seperti nasi lemak ayam katsu dan kwetiau Jogja modern, Kedai Terang Bintang yang menawarkan berbagai menu mie udon, dan masih banyak lagi!

Kerennya, kamu dapat menikmati berbagai menu tersebut dengan harga yang relatif ramah di kantong, yaitu mulai dari belasan ribu saja. Siapa yang pernah berkunjung ke pasar tradisional Jogja yang satu ini?

6. Pasar Pathuk

nasi kuning muna cung - pasar pathuk

Photo via warta.jogjakota.go.id

Jam operasional: 05.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jl. Bhayangkara No.71, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261

Pasar lainnya yang terletak di kawasan Malioboro, menjadikannya lokasi yang cocok dikunjungi sebelum berbelanja. Pasar Pathuk terkenal dengan kuliner pagi harinya, yaitu Nasi Kuning Muna Cung yang menjual menu unik nasi kuning empal, kudapan martabak telur puyuh, dan Ayam Goreng Suntari yang disajikan bersama kremesan gurih.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Malioboro Malam Hari yang Wajib Kamu Kunjungi

7. Pasar Bantul

klepon - pasar bantul

Photo via iStockphoto

Jam operasional: 15.30 – 17.00 WIB

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.108, Kurahan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711

Memiliki konsep yang mirip dengan Pasar Prawirotaman, lantai dua dan tiga dari Pasar Bantul memiliki foodcourt yang dilengkapi dengan coworking space yang seringkali dimanfaatkan oleh Gen Z untuk nongkrong ataupun mengerjakan pekerjaannya masing-masing.

Kamu dapat menikmati berbagai kudapan asin dan manis seperti singkong goreng, klepon, kue lupis, hingga kuliner legendaris tongseng ayam dengan harga mulai dari Rp 10.000 saja!

Cara terbaik untuk mengenal seseorang biasanya melalui makanan. Sama halnya seperti mengenal sebuah kota ataupun daerah, dengan mencicipi berbagai makanan yang ditawarkan kamu dapat memahami budaya yang dipegang teguh daerah tersebut. Nilai plusnya, kamu juga dapat menikmati santapan lezat yang juga mengenyangkan perut!

bobopod jogja - bobopod malioboro

Dok. Bobobox

Setelah puas menjajal seluruh kuliner otentik di berbagai pasar tradisional Jogja, saatnya untuk istirahat dengan nyaman. Bobopod Malioboro adalah solusi akomodasi yang ramah di kantong, tapi tetap nyaman dan memiliki lokasi yang strategis.

Tak perlu bingung menjadwalkan perjalananmu selama di Jogja, kamu dapat mencapai berbagai lokasi wisata ikonik Jogja dengan berjalan kaki saja – mulai dari Pasar Beringharjo, Benteng Vredeberg, Kraton Yogyakarta, hingga Tamansari Yogya, semuanya dapat kamu kunjungi dengan mudah!

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Jauzax via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles