10 Tips Traveling ke Eropa yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

10 Tips Traveling ke Eropa yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Saat melakukan suatu perjalanan, salah satu tujuan utamanya tentu untuk memperoleh pengalaman baru di destinasi wisata yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik, maka Eropa adalah pilihan yang tepat untukmu.

Namun, sebelum melangkah ke Benua Biru ini, ada beberapa pertimbangan dan persiapan yang perlu kamu jalani.

Agar perjalananmu menjadi lebih lancar dan menyenangkan, berikut ini adalah lima tips traveling ke Eropa yang wajib diketahui!

Tips Traveling ke Eropa

1. Tentukan Tempat yang Ingin Dituju

Tentukan Tempat yang Ingin Dituju

Sumber: Pixabay via Pexels

Bepergian sendirian memberimu kebebasan memilih negara atau kota mana saja yang ingin dikunjungi.

Jika ini pengalaman pertamamu bepergian ke Eropa tanpa mengikuti tur, wajar jika kamu ingin mengunjungi sebanyak mungkin tempat.

Namun, perlu diingat bahwa Eropa bukanlah tempat yang kecil. Semakin banyak destinasi yang ingin kamu kunjungi, semakin berdampak pula pada waktu dan biaya yang dibutuhkan.

Sebagai catatan, periode libur sekolah pada bulan Juni–Juli dan libur akhir tahun pada bulan Desember–Januari umumnya merupakan musim liburan termahal di Eropa.

Jika kamu ingin menghemat anggaran, disarankan untuk melakukan perjalanan di luar periode-periode tersebut.

Tips traveling ke Eropa yang bisa dilakukan adalah dengan menetapkan waktu perjalananmu, menentukan destinasi kunjungan, dan mengatur prioritas.

Jika ada rencana yang matang, kamu dapat memaksimalkan pengalaman traveling ini dengan bujet yang terjangkau.Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Pastikan Visa Aman

Salah satu tips traveling ke Eropa yang wajib kamu tahu adalah mempersiapkan visa. Saat melakukan perjalanan di Eropa, visa menjadi kebutuhan yang tidak dapat diabaikan.

Visa Schengen merupakan jenis visa yang berlaku untuk 22 dari 27 negara anggota Uni Eropa (UE), termasuk negara non-UE seperti Norwegia dan Swiss.

Untuk warga negara Indonesia, penerbitan visa Schengen relatif mudah dilakukan.

Namun, yang terpenting adalah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dengan baik, sehingga permohonan visa dapat disetujui.

Siapkan semua dokumen yang diperlukan dan mengikuti prosedur yang berlaku agar pengajuan visa berjalan lancar.

3. Gunakan Transportasi Umum

Sebagai turis, wajar jika kamu memilih transportasi umum saat berkeliling. Selain lebih praktis, transportasi umum juga dapat menekan pengeluaran secara keseluruhan.

Namun, sebelum mempraktikkan tips traveling ke Eropa ini, perencanaan yang matang sangat penting.

Kamu perlu mempertimbangkan rute yang akan diambil, biaya tiket yang dibutuhkan, serta durasi perjalanan yang akan ditempuh dengan moda transportasi tersebut.

4. Menginap di Hostel

Menginap di Hostel

Sumber: Ketut Subiyanto via Pexels

Walaupun harga menginap di hostel tidak sehemat dulu, kamu masih bisa menghemat banyak uang dengan menginap di hostel. Hampir semua kota besar di Eropa memiliki hostel yang bertebaran.

Mengapa harganya murah? Karena kamar tidur di hostel biasanya ditempati bersama traveler lainnya, mirip seperti asrama. Satu kamar bisa ditempati empat hingga sepuluh orang.

Harga menginap semalam di hostel bahkan bisa dimulai dari 9 EUR di kota besar seperti Barcelona. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk berteman dengan teman sekamarmu.

Tentu ada kekurangannya juga. Salah satu kekurangan dari tips traveling ke Eropa ini adalah kamu harus berbagi kamar dengan seseorang yang mungkin saja akan mendengkur saat tidur.

Baca Juga: 10 Peraturan yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Traveling ke Eropa

5. Beli Tiket Destinasi Wisata secara Daring

Di era digital seperti sekarang, melakukan pembelian secara online telah menjadi hal yang umum, termasuk dalam pembelian tiket ke tempat wisata.

Banyak tempat wisata di Eropa yang telah mengadopsi sistem pembelian tiket online untuk memudahkan wisatawan.

Tips traveling ke Eropa ini tidak hanya membuat wisatawan merasa lebih nyaman karena tidak perlu mengantri, tapi juga memberikan keuntungan lain seperti harga tiket yang lebih terjangkau.

6. Kuasai Kata atau Kalimat Dasar Bahasa Negara Tujuan

Tips traveling ke Eropa berikutnya adalah mempelajari bahasa negara tujuan. Bahasa adalah alat komunikasi yang penting dalam berinteraksi dengan orang lain. 

Dengan mempelajari bahasa tersebut, kamu dapat menghindari kesalahan dalam menyampaikan pesan dan memahami dengan lebih baik.

Selain itu, kemampuan berbahasa juga akan memudahkanmu menjalin hubungan sosial dan membuat teman baru di negara tersebut.

7. Bawa Makanan Kesukaan

Bawa Makanan Kesukaan

Sumber: Nerfee Mirandilla via Pexels

Saat menjelajahi Eropa, kamu akan menemukan beragam makanan dengan karakteristik unik di setiap kota atau negara.

Jika kamu sulit beradaptasi dengan makanan lokal, tips traveling ke Eropa yang bisa diaplikasikan adalah membawa makanan favoritmu.

Rendang, dendeng, abon, dan makanan kering lainnya adalah beberapa makanan yang sering dibawa wisatawan Indonesia saat berlibur.

Jangan lupa untuk membawa pelengkap makanan seperti sambal, saus cabai, saus tomat, atau sambal tabur sebagai tambahan.

8. Perhatikan Penggunaan Mata Uang

Sebelum berlibur, penting untuk memeriksa mata uang yang digunakan di negara-negara yang akan dikunjungi di Eropa. Tidak semua negara menggunakan mata uang Euro.

Disarankan untuk tidak menukarkan uang di bandara saat mendarat. Sebab, biasanya harga jual-beli mata uang di bandara lebih mahal.

Jika ingin berlibur hemat ke Eropa, pertimbangkan untuk mengunjungi negara-negara yang tidak menggunakan mata uang Euro, karena biasanya destinasi tersebut lebih terjangkau secara biaya.

9. Ketahui Supermarket Terdekat

Jika ingin berlibur hemat ke Eropa, sebaiknya kamu tidak selalu makan di restoran atau kafe. Hal tersebut dapat menguras kantong dengan cepat.

Sebaiknya, cari supermarket terdekat di sekitar akomodasi dan beli bahan makanan untuk dimasak di hostel atau Airbnb.

Tips traveling ke Eropa lainnya yang bisa dicoba adalah membeli makanan siap saji dari supermarket. Namun, pastikan harga makanan di supermarket lebih terjangkau daripada di restoran.

10. Kelola Bujet dengan Baik

Penting untuk tidak mengabaikan perencanaan anggaran saat melakukan perjalanan ke Eropa.

Manajemen anggaran harus dipertimbangkan dengan matang, termasuk untuk tiket pesawat, akomodasi, transportasi selama di sana, makanan, dan lain-lain.

Pengelolaan anggaran dapat disesuaikan dengan durasi perjalanan dan gaya hidupmu. Pastikan anggaran dikelola dengan baik agar kamu tidak kehabisan uang di negara asing.

Baca Juga: 7 Tips Adaptasi di Luar Negeri yang Wajib Diketahui, Terlengkap!

Menginap dengan Pengalaman Berbeda di Bobobox

Menginap dengan Pengalaman Berbeda di Bobobox

Setelah mendapatkan pengalaman travelling ke Eropa yang tidak terlupakan, kamu tentu memerlukan tempat untuk mengisi kembali energimu secara maksimal.

Salah satu tempat menginap yang menawarkan pengalaman beristirahat yang mumpuni adalah Bobobox.

Hotel kapsul ini menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang yang memang ditujukan khusus untuk memberikan kualitas beristirahat yang mumpuni bagi para pengunjungnya.

Walaupun fasilitas penunjangnya kelas wahid, harga inap per malamnya bersahabat dan ramah di kantong.

Pemesanan podnya cepat dan simpel. Setelah mengunduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu, kamu bisa langsung memesan pod yang diinginkan dimanapun dan kapanpun kamu mau.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles