tips memasak rendang agar cepat empuk

Tips Memasak Rendang Agar Cepat Empuk

Sebagai hidangan, rendang memang tidak bisa ditolak. Berkat rasanya yang menggugah selera, menu ini bahkan telah diakui sebagai salah satu dari lima masakan terlezat di dunia versi CNN beberapa tahun lalu.

Walau begitu, memasak rendang daging sapi yang enak bukanlah perkara cepat dan mudah—prosesnya membutuhkan kesabaran dan waktu ekstra agar bumbu meresap sempurna. 

Misalnya saja, penting untuk memilih daging sapi berkualitas terbaik dan bumbu rempah yang penuh rasa, serta menyisihkan waktu memasak daging rendang yang panjang. 

Tips Memasak Rendang Agar Cepat Empuk

Untuk membantu kamu dalam usaha ini, mari kita pelajari beberapa tip untuk masak rendang daging rendang menjadi lebih empuk dan lembut, serta bagaimana memastikan bumbu rendang merasuk dengan baik ke dalam daging.

Baca Juga: Praktis dan Mudah Dibawa, Lengkapi Camping Kamu dengan 12 Makanan Wajib Saat Camping Ini Yuk!

1. Memilih dan Memotong Daging

Pertama-tama, kamu harus memperhatikan pemilihan daging. Disarankan untuk memilih daging dari bagian paha luar sapi.

Dengan memilih daging yang tepat, rendang buatanmu akan menjadi lebih lezat, tetap utuh meski dimasak dalam waktu lama dan teksturnya akan lebih empuk dan lembut. 

Selanjutnya, potong daging dengan ukuran yang cukup besar dan tebal, dan pastikan kamu memotong searah dengan serat daging.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Memilih Bumbu dan Santan

Memilih Bumbu dan Santan

Sumber: Sajian Sedap

Pilihlah bumbu dan rempah yang segar dan dalam jumlah yang sebanding dengan daging masakanmu. 

Rendang akan semakin enak jika bumbu halus dan rempahnya merasuk dengan baik, dan ini juga akan membuat daging lebih empuk dan lembut. Salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa lembar daun jeruk dan daun salam agar rendang terasa lebih wangi!

Kamu dapat mengulek atau memblender bumbu untuk menghaluskannya. Pastikan juga untuk menggunakan santan yang tepat. 

Semakin pekat rasa santan, semakin lama kamu bisa memasak rendang, yang berarti dagingmu akan menjadi lebih empuk dan lembut.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Rawon Daging Sederhana yang Lezat

3. Menggunakan Api Kecil

Memasak rendang dengan api kecil akan membantu daging menjadi lebih empuk dan lembut. Meski butuh waktu lebih lama, hasilnya pasti worth it

Selan itu, saat memasak rendang dengan api kecil, usahakan untuk membalik daging sesekali saja agar dagingnya tidak hancur. 

4. Mengempukkan Daging dengan Bahan Alami

Mengempukkan Daging dengan Bahan Alami

Sumber: Sajian Sedap

Sebelum dimasak, rebuslah daging rendang dengan potongan buah nanas atau daun nangka muda.

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu mengempukan daging. Caranya, lumuri daging dengan jus nanas dan diamkan selama 30 menit sebelum memasak. Jangan biarkan terlalu lama karena nanas bisa membuat daging terlalu empuk dan mudah hancur.

Kalau daun nangka, cukup masukkan daging dan daun nangka muda ke dalam panci. Tambahkan air hingga daging terendam, lalu rebus hingga daging lunak. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam atau bumbu lainnya sesuai selera.

Dua bahan alami ini akan membantu daging menjadi lebih cepat empuk. Teksturnya pun akan lebih lembut tanpa mengubah rasa daging.

5. Mengolah Bumbu dan Proses Memasak

Masaklah bumbu terlebih dahulu sebelum menambahkan daging. Setelah bumbu setengah matang, baru daging bisa dimasukkan.

Dengan cara ini, bumbu dapat merata dan matang bersama daging, sehingga aroma dan rasa rendangnya pun kian menggugah selera.

6. Penyajian Rendang

Setelah memasak dengan sabar dan teliti, sajikan rendang dengan nasi hangat atau ketupat. Rasa rendang yang empuk, lembut, dan penuh bumbu ini pasti akan membuat ngiler!

7. Penyimpanan Rendang

Setelah menikmati rendang buatanmu, kamu mungkin akan memiliki beberapa sisa yang ingin disimpan untuk kemudian hari. 

Jika disimpan dengan benar, rendang bisa bertahan selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.

Agar awer, dinginkan rendang sepenuhnya dulu. Lalu, masukkan rendang dalam wadah kedap udara, baru simpan di dalam kulkas.

8. Menyajikan Rendang yang Telah Disimpan

Menyajikan Rendang yang Telah Disimpan

Sumber: Bango

Ketika ingin menikmati rendang yang telah disimpan, kamu hanya perlu memanaskannya lagi di atas api kecil. Kamu juga bisa menambahkan sedikit air jika rendang tampak terlalu kering. 

Perhatikan juga aroma dan warna rendang sebelum dipanaskan. Jika ada tanda-tanda kerusakan seperti bau tidak sedap atau perubahan warna, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Penutup

Menyiapkan hidangan rendang yang sempurna memang memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi dengan tips-tips ini, semoga prosesnya menjadi lebih mudah dan hasil akhirnya memuaskan, ya.

Terlebih, rendang yang dibuat dengan cinta dan kesungguhan ini pasti akan disukai oleh semua orang yang mencicipinya. Selamat memasak dan menikmati hidangan lezat ini!

Baca Juga: Yuk Cobain Resep Daging BBQ Mudah ala Restoran Mewah Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata kuliner atau menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobobox adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

Lokasinya yang strategis pun akan memudahkanmu pergi ke berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: Republika Online.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles