tips adaptasi di luar negeri

7 Tips Adaptasi di Luar Negeri yang Wajib Diketahui. Terlengkap!

Saat pertama kali merantau ke luar negeri, kamu tentu butuh waktu untuk bisa beradaptasi. Sebagai panduan, ada tips adaptasi di luar negeri yang wajib kamu ketahui.

Tips-tips ini sendiri nantinya bisa berguna untuk membuatmu nyaman di lingkungan baru. Pasalnya, negara tujuanmu tentu saja berbeda dengan Indonesia mulai dari bahasa, kebiasaan, musim, dan lainnya.

Daripada berlama-lama, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tips Adaptasi di Luar Negeri

1. Pelajari Bahasa Negara Tujuan

Tips adaptasi di luar negeri pertama adalah mempelajari bahasa negara tujuan. Pasalnya, seperti yang kamu ketahui, bahasa adalah cara kita dalam berkomunikasi kepada orang lain.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah dalam menyampaikan maksud. Tak hanya itu, mempelajari bahasa negara tujuan dilakukan untuk memudahkanmu dalam mencari teman-teman baru nantinya.

tips adaptasi di luar negeri belajar bahasa

Sumber: @pixabay via Pexels

2. Pelajari Rute Transportasi

Selanjutnya, tak hanya sekadar bahasa negara tujuan, kamu juga wajib mempelajari rute transportasi. Ini tentunya dilakukan agar kamu bisa menggunakan transportasi umum di negara tujuan.

Dengan mengetahui rute transportasi, kamu bisa dengan mudah pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa transportasi yang wajib dipelajari adalah bus, kereta api, dan sepeda milik umum.


Baca Juga: Perhatikan 10 Tips Liburan Saat Musim Hujan Agar Tetap Nyaman


3. Gabung Komunitas Setempat

Tips adaptasi di luar negeri berikutnya adalah berusaha gabung komunitas setempat. Jika kesulitan, tak ada salahnya untuk meminta bantuan orang Indonesia yang berada di kota yang sama denganmu.

Langkah bergabung komunitas setempat ini tak hanya bisa menambah pertemananmu saja. Kamu juga bisa makin mempelancar penggunaan bahasa dan mengasah sesuai minat dan bakatmu.

kelompok komunitas

Sumber: @growthgal via Pexels

4. Hindari Overthinking

Berpikir jauh ke depan memang sangat baik untuk membuatmu waspada dan sebagai upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Namun, jangan sampai kamu berpikir terlalu jauh.

Di awal masa beradaptasi, pasti saja ada hal yang tidak mengenakkan dan membuat pikiran tidak tenang. Hal ini tentunya wajar sekali terjadi karena menjadi salah satu proses pelajar untuk menempa mental.

Dibanding hanya sekadar overthinking, sebaiknya gunakan waktu dan tenaga untuk hal yang praktis untuk jadi solusi permasalahanmu. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan masalahnya nanti.


Baca Juga: Habis Terbang Jauh? Coba 9 Cara Mengatasi Jet Lag Ini. Terbukti Ampuh!


5. Waspada pada Orang Baru Dikenal

Meski sangat disarankan untuk berkenalan, jangan sampai kamu tak waspada. Cobalah untuk berhati-hati karena tak semua orang yang baru kenal karena ini demi keselamatan juga, lo!

Agar hal-hal yang tak diinginkan tak terjadi, kamu bisa membuka sedikit demi sedikit pertemananmu. Jangan terlalu terbuka terkait banyak hal padahal kamu baru pertama kali bertemu seseorang.

tips adaptasi di luar negeri waspada

Sumber: @wocintechchat via Unsplash

6. Perhatikan Penampilan

Tips adaptasi di luar negeri yang cukup sederhana untuk dilakukan adalah memerhatikan penampilan. Cobalah sesuaikan penampilanmu dengan masyarakat sekitar.

Hal ini mungkin tak usah dilakukan jika kamu hanya sekadar berlibur saja. Namun, jika berencana tinggal dalam waktu yang lama, hal ini wajib dilakukan. Kamu tentu tak ingin disangka turis terus menerus bukan?


Baca Juga: Naik Pesawat Bersama Anak? Ini 7 Tips Agar Tetap Anteng dan Tidak Rewel


7. Tiru Kebiasaan Orang Lokal

Terakhir, cobalah untuk meniru cara hidup keseharian masyarakat di kota tujuanmu di luar negeri. Misalkan saja, saat kamu akan tinggal lama di Australia, cobalah untuk menyapa dengan G’day, mate!

Di samping itu, kamu juga bisa menikmati weekend hingga mengunjungi kafe atau tempat nongkrong hits di Australia. Untuk melakukannya, jangan takut untuk mencoba hal-hal baru tersebut.

Meski pada awalnya sulit, lama kelamaan, kamu dijamin akan terbiasa. Dengan meniru kebiasaan orang lokal, percayalah bahwa hidupmu akan jauh lebih muda jika kamu bisa beradaptasi dengan kebiasaan ini

tips adaptasi di luar negeri berpenampilan seperti orang lokal

Sumber: @krissyleigh24 via Unsplash


Menginap yang Menghilangkan Rasa Bosan? Ya di Bobobox!

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul futuristik ini akan menawarkan pengalaman menginap yang unik dan berbeda dibanding hotel konvesional pada umumnya.

Tak percaya? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan dan merasakan langsung pengalaman menginap yang Bob maksud.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles