Tempat Wisata di Siantar yang Populer

Wajib Dikunjungi! 7 Pilihan Tempat Wisata di Siantar yang Populer

Sahabat Bob, siapa di antara kalian yang sudah pernah ke Siantar? Kota kecil di Sumatra Utara ini menyimpan banyak keindahan alam yang tersembunyi, lho.

Kota ini juga dikenal tertib, bersih, dan jauh dari kemacetan. Saking indahnya, Siantar pernah menyabet Piala Wahana Tata Nugraha sebagai daerah dengan lalu lintas dan tata kota terbaik di tahun 1996.

Nah, apabila kamu berencana pergi ke sini tapi belum tahu harus ke mana, Bob punya daftar tempat wisata di Siantar yang dijamin akan membuat kamu terkagum-kagum. Tidak percaya? Ya sudah, yuk, langsung kita teliti tempatnya satu-satu!

Sekilas Mengenai Siantar

Tak kenal maka tak sayang, begitulah pepatah yang sering kita dengar. Sebelum membahas tempat wisata di Siantar, yuk kenali kotanya lebih dalam!

Kota Siantar—dikenal juga sebagai Pematang Siantar—merupakan salah satu kota penting di provinsi Sumatra Utara.

Walaupun terbilang kecil, kota ini memiliki sejarah perdagangan yang kuat dan telah berkembang menjadi pusat perdagangan dan jasa yang signifikan di wilayah sekitarnya.

Salah satu keistimewaan utama Kota Siantar adalah sebagai pusat produksi tembakau terbesar di Indonesia, yang hasil produksinya menjadi komoditas ekspor penting.

Selain itu, Kota Siantar juga dikenal dengan kekayaan kuliner yang khas. Makanan tradisional seperti babi panggang dan martabak sangat populer di sini. Keduanya menjadi daya tarik kuliner pertama alias primadona bagi para pelancong lokal maupun internasional.

Dari sisi budaya, penduduk Siantar mayoritas berasal dari suku Batak yang masih memegang teguh adat dan budayanya. Sistem adat dan budaya di sama mengatur beragam aspek kehidupan, mulai dari pernikahan, pertanian, adat kematian, dan hukum wilayah.

Adat dan budaya ini pun menghasilkan seni yang memukau, seperti musik tradisional yang acap dikumandangkan ke mana pun kamu pergi. Musiknya khas, menggunakan alat kuno seperti gondang, taganing, dan sarune.

Semua hal di atas bisa kamu temukan di Siantar ketika sedang berlibur, menjadikan kota kecil ini tak kalah menarik dari destinasi wisata lainnya di kota besar!

9 Tempat Wisata di Siantar

1. Siantar Waterpark

Siantar Waterpark


Foto: Siantar Waterpark via TripAdvisor

  • Alamat: Jl. Rakutta Sembiring No.1, Naga Pita., Kec. Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara 21137 (Gmaps)
  • Jam buka: 10.00–18.00

Siantar Waterpark adalah sebuah taman rekreasi air yang terletak di Pematang Siantar, Sumatra Utara. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas rekreasi air yang meliputi berbagai wahana air, kolam renang, dan area bersantai.

Pokoknya, destinasi populer ini pas untuk keluarga dan kamu yang ingin bermain air dan menikmati fasilitas seru lainnya. 

Baca juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatra Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!

2. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im

Foto: Medan Bisnis Daily

  • Alamat: Jl. Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Kec. Siantar Timur, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara 21131 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–17.00

Terletak di Siantar Timur, patung Dewi Kwan Im adalah sebuah patung dewi dalam agama Buddha yang menjadi ikon religius dan tempat ziarah di Sumatra Utara.

Dewi Kwan Im, juga dikenal sebagai Guanyin dalam Budha Mahayana, adalah sosok yang melambangkan kasih sayang dan belas kasih. Patung ini seringkali menjadi daya tarik bagi para peziarah dan wisatawan yang tertarik dengan budaya serta keagamaan Buddha.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Pemandian Pulau Batu

Pemandian Pulau Batu

Foto: pariwisatasumut.net

  • Alamat: Jl. Sibatu-Batu, Bah Sorma, Kec. Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara 21139 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Tempat wisata di Siantar berikutnya adalah Pemandian Pulau Batu. Dibangun tahun 2019, destinasi wisata alam ini masih populer sampai kini berkat keindahan alamnya yang konsisten walaupun ramai dikunjungi turis.

Kamu bisa berendam di air sungai jernih sembari dikelilingi hutan hijau dan kicauan burung yang merdu. Air sungainya dangkal sehingga aman untuk orang dewasa dan anak kecil.

4. Kolam Aqua Simalungun / Bah Tio

Kolam Aqua Simalungun Bah Tio

Foto: BangRingo via Gmaps

  • Alamat: Pematang Silampuyang, Kec. Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21151 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.00

Kolam Aqua Simalungun atau Bah Tio adalah tempat wisata di Siantar yang terkenal oleh air hijaunya yang jernih. Sejak pertama kali dibuka, tempat ini ramai dikunjungi pengunjung yang ingin berendam, berenang, atau bermain dengan floaties di sekitar sungai.

Ditambah pemandangan kebun sawit di sekitarnya, berlibur ke Kolam Aqua Simalungun dijamin bisa mengusir penat di kepala!

5. Pantai Tigaras

pantai raya tigaras

Foto: pariwisatasumut.net

  • Alamat: Tigaras, Kec. Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21163 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–21.00

Pantai Tigaras terletak di sekitar Danau Toba. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang dan menyegarkan. Kamu bisa menikmati kegiatan rekreasi air seperti berenang, berlayar, atau hanya menikmati pemandangan dan suasananya.

Pantai Tigaras juga terkenal dengan matahari terbenam yang spektakuler, menjadikannya sebagai destinasi populer untuk para pemburu senja.

Baca juga: Ternyata Ini 5 Air Terjun Tertinggi di Sumatra, Sudah Pernah ke Sana?

6. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak

Foto: TJIUNGGU TJERMIN via Gmaps

  • Alamat: Sidamanik, Kec. Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara 21171 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam

Terletak di pelosok Siantar, Air Terjun Bah Biak menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan. Lokasinya cocok bagi para pencinta alam yang hobi berpetualang. Pasalnya, jalur trekking menuju air terjun lumayan menukik, jadi cukup menantang dan seru.

7. Taman Hewan Pematang Siantar

Taman Hewan Pematang Siantar

Foto: Hadi Hendra via Gmaps

  • Alamat: Jl. Gunung Simanuk Manuk No.2, Teladan, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara 21144 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–17.00

Taman Hewan Pematang Siantar dirancang untuk sebagai eduwisata bagi kamu yang ingin melihat sekaligus belajar tentang hewan. Banyak binatang yang bisa kamu lihat di sini, misalnya harimau sumatera, burung merak, buaya, hingga orang utan.

Kebun binatangnya memiliki beragam program edukasi yang diselenggarakan setiap minggu, seperti belajar konservasi alam, pentingnya melestarikan satwa liar, dan merawat spesies dilindungi.

Nginap dengan Nyaman di Bobobox

Pegunungan bersama Bobocabin

Sedang mencari akomodasi selama liburan? Pilih Bobobox saja! Jenis akomodasinya terbagi menjadi dua: Bobopod dan Bobocabin. Baik kamu memilih tinggal di pod atau kabin, Bobobox siap menyambut dengan hangat dan memberimu pengalaman menginap yang nyaman!

Reservasi via aplikasi sebelum kehabisan!

 

Penulis: Samala Mahadi

Foto header: TJUNGGU TJERMIN via Atourin

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles