pacet, mojokerto - tempat wisata alam di Mojokerto

7 Tempat Wisata Alam di Mojokerto, Favorit Banyak Orang!

Mojokerto, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki kekayaan alam yang cantik dan mempesona. Kota ini terkenal dengan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Tapi enggak cuma itu, Mojokerto juga menawarkan sejumlah destinasi wisata alam yang menakjubkan. Kali ini, Bob akan merekomendasikan tempat wisata alam di Mojokerto yang jadi favorit banyak orang.

Simak tulisan ini sampai selesai, ya!

Baca juga: 7 Wisata Gratis Mojokerto yang Ramah di Kantong

Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian Air Panas Padusan Pacet

Photo: Bobobox Internal Asset

Sesuai namanya, pemandian ini menawarkan pengalaman berendam di kolam air panas. Dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri, tempat ini cocok banget untuk merelaksasi tubuh dan pikiran yang capek beraktivitas.

Air panas di pemandian ini bersumber dari mata air panas alami. Suhu air yang hangat membuatnya ideal untuk merelaksasi tubuh dan menghilangkan pegal-pegal. Selain itu, air panas di sini kaya akan mineral seperti belerang yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit dan memperbaiki sirkulasi darah.

Nah, supaya aktivitas memanjakan tubuhmu semakin lengkap, Pemandian Air Panas Padusan juga menawarkan fasilitas berupa layanan pijat refleksi dan spa.

Selain itu, adapula fasilitas kolam renang air dingin, kolam renang untuk anak, persewaan baju dan alat renang, area perkemahan, serta kawasan outbound.

Tempat wisata alam di Mojokerto ini buka 24 jam setiap hari, lho! Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, Bob menyarankan kamu untuk datang pada pagi hari ketika suasana masih sepi dan udara masih segar. 

Alamat: Padusan, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Untuk anak Rp10.500 (hari kerja) dan Rp13.000 (akhir pekan) | Untuk dewasa Rp13.000 (hari kerja) dan Rp15.500 (akhir pekan) 

Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung

Photo: pariwisata.mojokertokab.go.id

Tempat wisata alam di Mojokerto selanjutnya adalah Air Terjun Dlundung yang terletak di lereng Gunung Welirang. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter. Namun, arus airnya tidak begitu deras, sehingga kamu bisa bermain di bawah guyuran air terjun dengan aman.

Bob menyarankan kamu mengunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari, supaya bisa melihat pemandangan air terjun yang berkabut dan menikmati udaranya yang sejuk. Namun, jangan lupa bawa baju hangat supaya kamu tidak kedinginan.

Kelebihan lainnya dari Air Terjun Dlundung adalah fasilitasnya yang lengkap. Pengelola tempat ini menyediakan area parkir, pusat informasi, gazebo, sampai musala. Ada pula taman kelinci yang bisa kamu masuki dengan membayar tarif Rp5.000 saja.

Mau berkemah? Tenang, tempat ini juga punya camping ground yang lengkap dengan jasa penyewaan tenda!

Alamat: Wisata Dlundung Desa, Hutan, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375

Jam buka: Senin–Jumat, 07.30–16.00 | Sabtu, buka 24 jam | Minggu, 06.00–16.30

Harga tiket: Rp10.000

Air Terjun Coban Canggu

Kalau kamu berkunjung ke Desa Padusan, Pacet, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat air terjun dengan ketinggian 70 meter ini. 

Untuk menuju ke Air Terjun Coban Canggu, kamu harus melewati serangkaian anak tangga yang cukup panjang. Jadi, pastikan fisikmu sedang dalam kondisi prima.

Meski akses menuju air terjun cukup menantang dan menguras tenaga, semua rasa capek kamu pasti terbayar begitu melihat pemandangan air terjun yang dikelilingi pepohonan rimbun. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat monyet-monyet liar yang berayun di dahan pohon.

Di dekat air terjun, ada sumber air yang konon katanya bisa membantu kamu menemukan jodoh. Wah, menarik nih buat teman-teman Bob yang masih single!

diyakin masyarakat memudahkan mendapatkan jodoh.

Alamat: Pacet, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61374

Jam buka: Setiap hari, 08.00–16.00

Harga tiket: Rp7.500 (dewasa), Rp5.000 (anak-anak)

Gunung Penanggungan

Siapa di sini yang suka naik gunung? Kalau kamu ingin eksplor gunung di area Mojokerto, kamu bisa mendaki Gunung Penanggungan yang terletak di perbatasan Mojokerto dan Pasuruan.

Gunung setinggi 1.653 meter di atas permukaan laut ini terkenal akan jalur pendakian yang cukup menantang. Namun, rasa capek kamu pasti terbayar tuntas begitu sampai di puncak!

Selain pemandangan alamnya yang indah, kamu bisa menemui banyak situs kepurbakalaan peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha kuno. Situs-situs terbentang dari lereng hingga mendekati puncak gunung.

Wah, menarik banget ya!

Alamat: Area Hutan, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp15.000

Baca juga: Jelajahi Wisata Sejarah Mojokerto: Mengenal Peninggalan Kerajaan Majapahit

Bukit Watu Jengger

Kalau kamu adalah pendaki pemula, kamu bisa memulai petualanganmu di Bukit Watu Jengger. Bukit dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki jalur pendakian yang cukup mudah. Jalurnya tidak terlalu terjal dan ada banyak permukaan melandai.

Jika kamu berjalan dengan kecepatan santai, kamu bisa sampai di puncak dalam waktu 2 hingga 2,5 jam. 

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah tidak ada sumber air di bukit ini. Jadi, pastikan perbekalan air kamu cukup, ya!

Alamat: Hutan, Nawangan, Tawangrejo, Kec. Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61373

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp10.000

Ranu Manduro

ranu manduro - mojokerto - tempat wisata alam di Mojokerto

Photo: Muammar Qadhafi via Unsplash

Dulunya, Ranu Manduro merupakan kawasan pertambangan. Setelah aktivitas pertambangan di kawasan ini dihentikan, lubang besar bekas galian tambangnya menampung air hujan dan membentuk danau. 

Sekitar tahun 2019, akhirnya Ranu Manduro disulap menjadi destinasi wisata alam buatan. Pemandangan di sekitar kubangan air sangat mempesona, sampai-sampai area ini dijuluki sebagai Selandia Baru versi Jawa.

Di sini, kalian juga bisa melihat sapi-sapi yang diternakkan warga merumput dengan bebas. Makin mengingatkan kalian dengan Selandia Baru, kan?

Kalau ke sini, pastikan kalian menggunakan sunblock dan membawa perlengkapan penghalau sinar matahari, seperti topi dan kacamata hitam. Dengan begitu, kalian bisa menikmati pemandangan alam dengan nyaman.

Alamat: Mandurono, Watesnegoro, Kec. Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61385

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp15.000

Wisata Sawah Sumber Gempong

Salah satu tempat wisata alam di Mojokerto yang menjadi favorit banyak orang adalah Wisata Sawah Sumber Gempong. Di sini, mata kamu akan dimanjakan dengan panorama hamparan sawah dan Gunung Penanggungan. 

Karena terletak di lereng Gunung Penanggungan, wisata alam di Mojokerto yang satu ini memiliki udara sejuk dan segar. Kamu juga bisa melihat sumber mata air yang konon katanya tidak kering meski sedang musim kemarau.

Tempat ini punya banyak wahana yang seru dan cocok untuk segala usia, mulai dari kereta sawah, bebek air, kolam terapi ikan, sampai becak terbang! Ada juga pusat jajanan yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Alamat: Sukorame, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375

Jam buka: Setiap hari, 07.00–19.00

Harga tiket: Rp5.000

Baca juga: Bukan Hanya Onde-Onde, Ini 8 Makanan Khas Mojokerto yang Populer

Bobocabin Pacet, Akomodasi Nyaman di Tengah Cantiknya Alam Mojokerto

Bobocabin Pacet

Photo: Doc. Bobobox

Setelah puas menjelajahi tempat-tempat wisata alam di Mojokerto, kamu pasti ingin beristirahat di tempat yang memberikan kenyamanan ekstra. Kalau soal itu, Bob merekomendasikan satu tempat saja: Bobocabin Pacet.

Terletak di tengah keindahan alam pegunungan, Bobocabin Pacet menawarkan suasana yang sejuk dan tenang, jauh dari hiruk-pikuk kota. Dengan kabin yang dirancang modern dan berteknologi canggih, kamu bisa merasakan kenyamanan maksimal sambil menikmati pemandangan alam yang memukau. 

Bobocabin Pacet

Photo: Doc. Bobobox

Selain itu, berbagai aktivitas menarik seperti hiking, bersepeda, dan menikmati pemandian air panas di sekitar area Pacet menambah keseruan liburanmu. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk merelaksasi diri dan menyegarkan pikiran di Bobocabin Pacet. Yuk, pesan kabin kamu sekarang dan ciptakan pengalaman mengesankan di Mojokerto!

 

Gambar utama oleh: Zidan Abidin via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles