Alun-Alun Mojokerto

7 Wisata Gratis Mojokerto yang Ramah di Kantong

Mojokerto adalah salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang tengah naik daun. Pasalnya, Mojokerto menawarkan berbagai destinasi liburan yang seru dan menarik – terutama bagi para penggemar wisata sejarah, yang dapat mempelajari banyak hal tentang daerah yang pernah jadi ibu kota Kerajaan Majapahit ini.

Terlebih lagi, kamu tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk dapat menikmati berbagai kegiatan seru di Mojokerto! Terdapat berbagai tujuan wisata gratis seru yang dapat kamu coba untuk menghemat budget, sehingga kamu dapat tetap berlibur tanpa pusing memikirkan biaya besar.

Berikut rekomendasi wisata gratis Mojokerto yang tak boleh kamu lewatkan, pastikan untuk masukkan ke dalam itinerary liburanmu nanti ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Healing di Mojokerto untuk Bangkitkan Semangat dan Pikiran Positif

1. Ranu Manduro

Ranu Manduro

Photo: Nur Sholeh 3217 via Google Maps

Lokasi: Mandurono, Watesnegoro, Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61385

Tujuan wisata gratis Mojokerto yang satu ini pernah viral! Ranu Manduro merupakan tujuan wisata alam dengan pemandangan yang memukau. Kamu akan merasa seolah transportasi ke ke luar Indonesia, dengan panorama bebatuan, padang rumput hijau, perairan, dan latar belakang pegunungan yang menyerupai safari di Afrika.

Kamu dapat mengabadikan keindahan alam yang ada dengan berfoto-foto ataupun mengadakan piknik kecil sambil menikmati pemandangan yang ada. Namun pastikan untuk tetap menjaga kebersihan untuk menjaga kelestarian alam, ya!

2. Fresh Green

Fresh Green Trawas

Photo: Fresh Green Trawas via Google Maps

Lokasi: Dsn Bantal, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375

Jika kamu ingin mencoba wisata alam yang lebih interaktif, kamu dapat mengunjungi Fresh Green dengan tiket masuk gratis!

Tak hanya menawarkan pemandangan perkebunan yang luas, kamu juga dapat mempelajari secara langsung proses penanaman berbagai tanaman, mencoba durian langsung dari pohonnya, mencoba berbagai olahan durian lainnya, hingga kegiatan outbound ataupun menunggang kuda.

Setelah melakukan berbagai aktivitas seru pun kamu bisa menikmati fasilitas mushola dan toilet yang memadai untuk menunjang kenyamanan. Fresh Green dapat kamu beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

3. PPLH Seloliman Trawas

PPLH Seloliman

Photo: Muscle Art via Google Maps

Lokasi: Dusun Biting Seloliman, RT.05/RW.03, Seloliman, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61385

Sesuai namanya, Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) merupakan pusat wisata edukasi yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kepada pengunjungnya.

Tujuan wisata yang satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama jika bagi pengunjung dengan anak-anak. Hal ini karena di lokasi ini, kamu dapat mempelajari cara mengolah sampah dengan benar.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kegiatan outbound seru atau mencoba berbagai menu yang dijajakan di pusat kuliner setempat! Kamu dapat mengunjungi destinasi yang satu ini mulai dari pukul 07.30 – 20.00 WIB.

Baca Juga: Bukan Hanya Onde-Onde, Ini 8 Makanan Khas Mojokerto yang Populer

4. Candi Tikus

Candi Tikus - wisata gratis mojokerto

Photo: Gunawan Kartapranata CC BY-SA 3.0 via commons.wikimedia.org

Lokasi: Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362

Jika kamu menekuni bidang sejarah, maka kamu tidak boleh melewatkan destinasi yang satu ini! Candi Tikus merupakan salah satu bukti nyata peninggalan Kerajaan Majapahit, yang juga merangkap sebagai tempat pemujaan bagi umat Hindu.

Candi ini mendapatkan nama Candi Tikus karena pada saat penggalian, terdapat banyak tikus yang ditemukan di dalam situs penggalian. Jangan khawatir, kamu tidak lagi dapat menemukan tikus di sini! Kamu justru dapat menyaksikan langsung detail menakjubkan dari bangunan yang menyerupai puncak Mahameru yang dikelilingi kolam.

Bangunan candi pun dikelilingi dengan taman-taman hijau di sekitarnya. Kamu dapat bersantai, berfoto-foto, atau sekadar mencoba jajanan yang dijual di sana mulai dari 07.00 – 16.00 WIB.

5. Candi Jedong

candi jedong - wisata gratis mojokerto

Photo: Dhiemas Bayu via Google Maps

Lokasi: Jl. Candi Jedong, Jenong Kulon, Wotanmasjedong, Kec. Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61385

Candi lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Candi Jedong yang telah berdiri sejak abad ke-14. Menurut berbagai prasasti yang ditemukan di sekitar lokasi, candi ini telah berdiri sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Selain mempelajari tentang sejarah di balik pembangunan candi, kamu juga dapat menikmati suasana yang asri dan udara yang sejuk berkat lokasinya yang berada di lereng Gunung. Namun pastikan untuk datang pada jam operasional candi, yaitu antara pukul 09.00 – 17.00 WIB.

6. Gua Gembyang

gua gembyang

Photo: Alen Yudha via Google Maps

Lokasi: Jingring, Sumberkembar, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61374

Apakah kamu penggemar misteri dan legenda? Gua Gembyang adalah salah satu destinasi dengan daya tarik mistis yang masih kental.

Kabarnya, gua yang satu ini merupakan lokasi bertapa dari Raden Wijaya sebelum ia menjadi raja Kerajaan Majapahit. Banyak orang percaya bahwa ia mendapatkan wangsit untuk mendirikan Majapahit di sini.

Tak hanya itu, konon katanya terdapat sebuah benda pusaka sakti dari para leluhur Majapahit yang tersembunyi di gua ini. Maka dari itulah banyak orang mengunjungi gua ini untuk bertapa dan berdoa untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: Inilah 7 Wisata Malam di Mojokerto yang Lagi Hits

7. Alun-Alun Mojokerto

Alun-Alun Mojokerto - wisata gratis mojokerto

Photo: Welly Handoko via travelingyuk.com

Lokasi: Mergelo, Magersari, Mojokerto, Jawa Timur

Tujuan wisata gratis di Mojokerto terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah Alun-Alun Mojokerto. Destinasi yang satu ini cocok kamu kunjungi bersama keluarga, dengan area playground yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat anak-anak bermain dengan puas.

Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat langsung persenjataan yang pernah dipakai pada masa perang, berbagai candi kecil yang tersebar di berbagai penjuru taman, hingga Perpustakaan Ruang Terbuka Hijau.

Setelah puas menjelajahi area alun-alun, kamu dapat mengisi perut dengan berbagai jajanan lokal yang menggiurkan. Tentunya lebih enak dinikmati di bawah pepohonan kelapa sawit yang rindang.

Menarik bukan? Yuk, mulai rencanakan liburanmu ke Mojokerto untuk dapat mengunjungi berbagai rekomendasi tujuan wisata gratis di Mojokerto di atas!

Pacet, Mojokerto The Most Underrated Getaway Paradise in Indonesia

Pastikan untuk pilih akomodasi yang nyaman. Bobocabin Pacet menawarkan sensasi menginap di tengah alam dengan cita rasa modern. Tiap kabin telah dilengkapi dengan teknologi Internet of Things seperti Smart Window dan B-Pad yang dapat membantu kamu mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Welly Handoko via travelingyuk.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles