Makanan Khas Mojokerto yang Populer

Bukan Hanya Onde-Onde, Ini 8 Makanan Khas Mojokerto yang Populer

Kamu mungkin sudah tahu onde-onde, makanan manis khas Mojokerto yang berbentuk bulat dan dilapisi wijen. Namun, penasaran nggak sih, dengan makanan khas Mojokerto lainnya?

Bob sudah rangkumkan berbagai makanan khas Mojokerto yang sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Mojokerto. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

8 Makanan Khas Mojokerto yang Wajib Dicoba

Inilah makanan khas Mojokerto yang wajib kamu coba saat berkunjung di sana.

1. Botok Tempe

Botok Tempe

Sumber: endeus.tv

Botok tempe termasuk makanan khas Mojokerto yang lumayan dikenal. Botok tempe sendiri adalah makanan tradisional Mojokerto yang terbuat dari tempe dan ampas kelapa yang diambil sarinya.

Dalam pembuatannya, ampas kelapa dan tempe ini dipadukan dengan bumbu khas dan dicampur bersama tahu, teri, serta udang.

Botok tempe biasanya disajikan bersama nasi jagung sehingga menambah cita rasanya yang unik serta lezat.

Salah satu botok tempe paling terkenal di Mojokerto adalah Botok Mbah Parti, yang buka pukul 18.00–23.00 WIB. Satu porsinya dijual dengan harga cukup murah, yakni Rp5.000.

2. Sate Bangil

Sate Bangil

Sumber: pegipegi.com

Sate bangil sebenarnya adalah sate daging kambing seperti yang biasa dijumpai di daerah lain. Bedanya, kamu bisa memilih isi satenya sesuai selera. Misalnya, kamu bisa memilih tanpa jeroan, tanpa lemak, dan lain sebagainya.

Sate bangil sendiri biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, sambal kecap, dan lalapan.

Salah satu sate bangil paling terkenal di Mojokerto adalah Sate Bangil Bang Soleh yang biasa buka pukul 08.00–22.00 WIB.

Tak hanya menyediakan sate bangil saja, kedai Bang Soleh ini juga menyajikan berbagai menu olahan daging kambing lainnya, seperti gulai kambing, sop kambing, kambing gulai, hingga nasi kebuli.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Mojokerto yang Lagi Hits Tahun 2023

3. Es Gronjongan Majapahit

Selain makanan, ada juga minuman khas Mojokerto yang wajib kamu coba, yaitu es gronjongan Majapahit.

Es ini laku keras di berbagai perayaan. Terutama saat bulan Ramadan, es gronjongan Majapahit ini biasanya akan semakin ramai pembeli.

Isi es gronjongan adalah agar-agar yang sudah dipotong-potong, santan beraroma daun pandan, sirup, serta es batu.

Es gronjongan majapahit diakui sebagai minuman khas karena sudah ada sejak zaman dahulu. Kamu bisa mengonsumnya sebagai minuman penutup setelah mengonsumsi makanan khas Mojokerto lainnya.

4. Sambel Wader

Sambal Wader

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Sambal khas Mojokerto ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung, terutama kalau kamu pencinta pedas.

Sesuai namanya, bahan utama sambel ini adalah ikan wader yang banyak dibudidayakan masyarakat lokal.

Pembuatannya tidak begitu sulit: ikan wader yang telah dicuci bersih dicampur dengan bahan-bahan sambal, lalu digoreng sampai matang.

Sambel wader biasa dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan lauk pauk. Dijamin bikin ketagihan!

5. Kerupuk Rambak Mojokerto

Kerupuk ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ataupun dimakan di jalan. Bahan baku pembuatannya adalah kulit sapi yang telah mengalami dikeringkan terlebih dahulu.

Namun, walau utamanya dibuat dari kulit sapi, kerupuk rambak sekarang juga dibuat dari berbagai bahan, seperti udang, ikan, hingga ketela pohon.

6. Kerupuk Memble

Masih seputar kerupuk, makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah kerupuk memble yang renyah dan berbentuk lonjong panjang.

Kerupuk ini unik karena pembuatannya juga cukup rumit. Pada tahap penggorengan, kerupuk ini menggunakan dua wajan sekaligus: satu wajan berisi minyak sangat panas, sedangkan satu wajah lainnya harus dijaga agar tidak terlalu panas.

Karena mengalami dua tahap yang butuh kejelian ini, banyak orang gagal menggoreng kerupuk ini sendiri di rumah karena tidak menggunakan teknik yang benar.

7. Gulai Menthok

Gulai menthok juga salah satu makanan khas Mojokerto yang harus dicoba. Makanan ini tergolong sajian favorit di Mojokerto.

Menthok atau itik yang dipakai dalam gulai biasanya dibudidayakan sendiri oleh masyarakat Mojokerto sehingga kualitasnya terjaga.

Harga santapan gulai pun terbilang cukup terjangkau di Mojokerto. Jadi, jangan lewatkan gulai menthok ketika kamu berkunjung ke kota ini, ya!

8. Bubur Sruntul

Bubur Sruntul

Sumber: @lisna_lisnawati71 via Instagram

https://img.inews.co.id/media/822/files/inews_new/2020/10/03/IMG_03102020_140801__822_x_430_piksel_.jpg

Bubur sruntul terbuat dari tepung sagu yang dibentuk bulat-bulat dan dinamakan sruntul. Cita rasa santapan ini sendiri adalah manis, legit, dan kenyal.

Di Mojokerto, Bubur Sruntul Bu Saudah merupakan salah satu makanan ringan yang paling terkenal kenikmatannya. Akan amat sayang kalau kamu tidak mampir mencicipi saat berkunjung ke Mojokerto!

Baca Juga: Jelajahi 7 Spot Kuliner Legendaris Sekitar Alun-Alun Mojokerto Berikut Ini!

Pengen Healing Jauh dari Hiruk Pikuk Perkotaan?

Lepas Lelah di Bobocabin Padusan

Ingin menjauhi hiruk pikuk perkotaan yang bikin penat? Atau ingin sekadar healing dengan menghirup udara segar? Bobocabin Padusan adalah solusi liburan yang tepat untukmu.

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani tidurmu di tengah asrinya Padusan dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati, dan nikmati juga pemandangan hijau serta sensasi sejuk saat keluar kabin di pagi hari.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles