tempat ngopi di solo

Mengunjungi 12 Tempat Ngopi di Solo yang Paling Nyaman dan Cocok untuk Berbuka Puasa

Sedang main ke Solo dan ingin bukber dengan teman atau keluarga? Tentunya akan lebih berkesan kalau digelar di tempat yang nyaman.

Apalagi jika kamu sudah lama tidak bertemu, pasti ingin betah berlama-lama agar bisa mengobrol panjang dan catch up dengan satu sama lain.

Nah, semuanya tentu bisa dicapai dengan memilih tempat ngopi yang tepat di Solo.

Selain wisata budaya dan sejarah, Solo juga menawarkan berbagai pilihan wisata kuliner yang menggugah selera. Nikmati ragam makanan lezat dan kopi yang hangat di tempat ngopi di Solo yang paling nyaman dan cocok untuk berbuka puasa berikut!

12 Tempat Ngopi di Solo yang Paling Nyaman

Menikmati secangkir kopi sambil merasakan kenyamanan di Solo menjadi pengalaman tak terlupakan. Inilah 12 rekomendasi tempat ngopi di Solo yang akan memanjakan selera dan memenuhi hasrat para pecinta kopi.

Baca Juga: 10 Wisata di Solo yang Lagi Hits, Keren dan Unik!

1. Grandis Barn

Grandis Barn

Sumber: grandisbarn via Instagram

Lokasi: Jl. Adi Sucipto, Blukukan Dua, Blulukan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat ngopi di Solo pertama yang wajib kamu coba adalah Grandis Barn. Grandis Barn terkenal salah sebagai tempat nongkrong di Solo yang nyaman dan Instagrammable.

Grandis Barn memiliki bentuk menyerupai gudang yang terletak di tengah hutan jati, sehingga suasananya sangat asri.

Dilengkapi lampu kuning di interior gedungnya, kafe ini memiliki suasana hangat dan homey yang bikin kamu betah untuk berlama-lama.

Terdapat berbagai pilihan menu yang dapat kamu pilih, mulai dari sajian nusantara hingga western.

Salah satu menu andalannya adalah Iga Sambal Hijau Daun Mangkoan, dengan rempah yang melimpah dan bumbu yang meresap ke dalam daging.

2. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret

Sumber: datawisata.com

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Salah satu tempat nongkrong lain yang wajib kamu kunjungi adalah Cafe Tiga Tjeret. 

Mengusung dekorasi kafe urban yang unik, kamu dapat melihat berbagai barang yang didaur ulang menjadi hiasan cantik. Mulai dari tempat duduk, tempat tisu, lampu, hingga hiasan dinding.

Menu disajikan dengan konsep prasmanan, sehingga pengunjung dapat langsung melihat dan memilih menu sendiri. Setelah itu, pesananmu akan dikirim ke meja.

Kamu dapat memilih berbagai menu lauk-pauk khas Indonesia seperti tempe mendoan, bakwan, dan lain-lain untuk disajikan bersama nasi pilihan.

Ragam nasi yang dapat kamu coba antara lain adalah nasi lada hitam, nasi teri gurih, dan nasi bandeng.

Berbuka pun akan lebih seru dengan iringan live music di area kafe. Tunggu apa lagi? Jadikan Cafe Tiga Tjeret sebagai salah satu destinasi kuliner kamu, ya!

3. D’Cappello Patisserie

D’Cappello Patisserie

Sumber: stafana.com

Lokasi: Jl. Honggowongso No.30 B, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Para pecinta pastry tidak boleh melewatkan kafe yang satu ini.

Telah berdiri sejak tahun 2016, D’Cappello Patisserie menyediakan berbagai menu cake lezat yang cocok sebagai takjil berbuka.

Selain menu dessert, D’Cappello Patisserie juga menyediakan beragam makanan dan minuman ala western.

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Malam Solo yang Spesial dan Autentik, Tertarik Mampir?

4. Wedangan Pendopo

Wedangan Pendopo

Sumber: wisataindonesia.xyz

Lokasi: Jl. Sri Gading I No. 7, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Wedangan yang satu ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Solo. Bagaimana tidak? Wedangan Pendopo adalah salah satu tempat makan keluarga Presiden Joko Widodo di Solo!

Wedangan Pendopo mengusung tema klasik. Segera setelah memasuki restoran, kamu akan disambut berbagai pernak-pernik vintage: sepeda ontel, radio lawas, serta berbagai iklan-iklan tempo doeloe.

Suasana di dalam restoran pun terkesan hangat berkat sumber penerangan yang berupa lampu kuning.

Menu di restoran ini pun disajikan dalam bentuk prasmanan atau angkringan. Jadi, pengunjung bisa langsung mengambil lauk sendiri.

Menu rumahan yang tersedia pun beragam, di antaranya tempe, tahu bacem, aneka sate, dan berbagai sayur.

5. Cafe Librairie

Cafe Librairie

Sumber: surakarta.go.id

Lokasi: Jl. Lumban Tobing No.2, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kafe satu ini mengusung konsep unik yang memadukan perpustakaan dengan tempat makan, sehingga kamu bisa menikmati hidangan sambil membaca beragam genre buku.

Jika kamu hanya ingin catch up bersama teman-teman, kamu pun tidak perlu khawatir; kamu bisa bebas mengobrol dan menikmati suasana rumahan di kafe ini. Pasti betah deh, berlama-lama!

6. Kedai Tenda Daun

Kedai Tenda Daun

Sumber: larismanis.com

Lokasi: Jl. Kahuripan Timur 3 No.19, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kedai Tenda Daun cocok untuk buka puasa di tengah suasana alam hijau.

Ada kesan homey yang khas di area restoran. Tempat makan yang satu ini memang dirancang khusus untuk memberikan sensasi sedang makan malam di halaman belakang rumah sendiri. 

Kamu tentunya dapat menyantap berbagai hidangan nikmat sambil menikmati keasrian restoran.

Terdapat berbagai pilihan menu menarik yang dapat kamu pilih, seperti macam-macam nasi goreng, sop, rice bowl, dan roti.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati beragam hidangan minuman segar seperti mojito, jus, atau pilihan minuman manis seperti red velvet blend.

7. The Hidden Swargi

The Hidden Swargi

Sumber: apriliandri via Instagram

Lokasi: Jl. Jageran No.1, RT.03 RW04, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Surga tersembunyi bagi para pencinta kopi di Solo, The Hidden Swargi terletak di lokasi yang cukup tersembunyi dan jauh dari hiruk-pikuk kota Solo.

Jadi, suasana kafe cenderung sunyi dan jauh dari suara bising kendaraan. Karena itulah, pengunjung The Hidden Swargi biasanya betah berlama-lama di kafe.

Bagian indoor kafe mengusung tema yang unik, yaitu bangunan joglo yang dibangun ulang untuk menjadi coffee shop.

Bentuk rumah joglonya dipertahankan, tapi dengan sentuhan modern berupa partisi kaca sebagai ganti dinding.

Mengunjungi The Hidden Swargi kurang lengkap tanpa mencicipi berbagai minumannya, mulai dari menu umum seperti espresso, cappuccino, dan caffe latte, hingga aneka mocktail spesial ala The Hidden Swargi.

Lengkapi minuman dengan hidangan yang menggoyang lidah. Terdapat beragam menu western yang dapat kamu pilih, mulai dari chicken wings, fried calamari, hingga pasta.

Baca Juga: Napak Tilas Lewat 7 Destinasi Wisata Sejarah di Solo

8. Coconuts Resto and Cafe

Coconuts Resto and Cafe

Sumber:: fubukiaida.com

Lokasi: Jalan Tejomoyo No. 48, Dawung, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat ini dikenal di kalangan generasi muda Solo dan memiliki 4 lantai yang unik. Lantai 2 memiliki lampu petromaks kuno yang tertata rapi di dinding. Di lantai 4, kamu dapat menikmati pemandangan Kota Sollo dari atap bangunannya.

Coconuts Café menawarkan beragam pilihan menu yang bisa kamu nikmati, seperti pizza, roti panggang, dan hidangan lainnya. Varian kopi yang ditawarkan juga beragam, termasuk Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kopi Wamena, Kopi Flores, dan masih banyak lagi jenis kopi dari berbagai daerah. Harga-harga yang ditawarkan sangat terjangkau, dimulai dari Rp5000 hingga Rp40.000.

9. Cold n Brew

Cold n Brew

Sumber: tripadvisor.co.id

Lokasi: Jalan Veteran No. 136, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jika kamu menyukai suasana nongkrong di malam hari, maka tempat ini menjadi pilihan yang tepat. Kedai kopi ini buka dari pukul 10.00 hingga 23.00, menawarkan berbagai menu lezat serta tempat yang nyaman. Cold n Brew cenderung penuh aktivitas pada sore dan malam hari, terutama setelah jam kerja berakhir. Jika kamu datang sebelum pukul 15.00 pada siang hari, tempat ini akan lebih sepi, cocok untuk mereka yang ingin berfoto.

Bagi yang suka bekerja atau mengerjakan pekerjaan lepas di kafe sambil menggunakan internet, Cold n Brew adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di sini, wifi gratis disediakan untuk pengunjung. Jangan lupa memesan kopi dan kue dari daftar menu untuk menemani tugas dan pekerjaan kamu.

10. Cafe AM-PM

Cafe AM-PM

Sumber: restaurantguru.com

Lokasi: Jalan Brigjen Slamet Riyadi No.408, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka sepanjang hari selama 24 jam, lokasi ini tepat untuk dikunjungi kapan pun. Jika kamu mencari tempat nongkrong tanpa batasan waktu, Café AM-PM di Solo adalah pilihan yang tepat karena buka 24 jam!, kafe ini juga menyediakan hiburan live music yang akan menemani momen nongkrong bersama teman-teman. Dengan suasana yang agak redup, tempat ini sangat populer di kalangan anak muda Solo dan selalu ramai pengunjung setiap hari.

Variasi menu yang disajikan juga beragam. Mulai dari hidangan lokal seperti ayam, ikan, daging, hidangan Chinese, hingga hidangan ala barat tersedia di sini. Bagi pecinta kopi, tersedia berbagai pilihan kopi yang lezat. Selain itu, minuman lain seperti teh, jus, dan cokelat panas juga dapat dinikmati. Menu yang disajikan sangat lengkap, cocok untuk semua orang yang ingin menikmati kuliner di tempat ini.

Baca juga: Nggak Pake Mahal, Ini Dia 7 Spot Wisata Murah Kota Solo!

11. Omah Londo

Sumber: Omah Londo Angkringan via Google Maps

Sumber: Omah Londo Angkringan via Google Maps

Omah Londo sepertinya merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi di Solo, terutama bagi anak muda yang ingin menghabiskan waktu dengan suasana yang nyaman sambil ngopi.

Dengan desain interior yang memadukan unsur Jawa dan Belanda, pengunjung dapat merasakan pesona masa lalu sekaligus menikmati suasana yang cocok untuk generasi muda yang gemar berfoto-foto.

Bangunan ini sendiri adalah warisan bersejarah dari masa penjajahan Belanda, dulu digunakan sebagai rumah dinas manajer pabrik es Saripetojo.

Interior yang dihiasi dengan perabotan bergaya jaman dulu menambahkan sentuhan nostalgia yang kental, membuat pengunjung merasakan atmosfer masa lalu yang masih hidup di dalamnya.

Berlokasi di Jalan KH. Agus Salim No. 2A, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta. Buka pada jam 7 pagi hingga jam 12 malam.

12. Sekutu Kopi

Sekutu Kopi

Sumber: Polevy Ezekiel via Google Maps

Sekutu Kopi adalah destinasi ngopi yang patut dipertimbangkan bagi para pencinta kopi dan pekerja produktif di Solo.

Dengan suasana yang bikin betah, tempat ini menawarkan kebersihan, kenyamanan, serta banyak colokan untuk memudahkan pengunjung yang ingin bekerja sambil menikmati secangkir kopi.

Terletak strategis, Sekutu Kopi dekat dengan hotel-hotel terkemuka dan pusat kota, menjadikannya tempat yang sangat nyaman diakses.

Yang lebih menarik, rasa kopi di sini tidak hanya enak, menu makanan dan minuman yang ditawarkan Sekutu Kopi pun cukup bervariasi dengan harga terjangkau.

Dengan fasilitas Wi-Fi yang kencang, Sekutu Kopi adalah tempat yang ideal untuk bersantai atau bekerja, dan buka mulai pukul 07.00 hingga 22.59 WIB, memberikan fleksibilitas bagi semua orang yang ingin menikmati pengalaman ngopi yang istimewa di Solo.

Ingin Liburan Hemat di Solo?

Ingin Liburan Hemat di Solo

Ingin liburan ke Solo tapi budget terbatas? Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi akomodasi terjangkau yang aman, nyaman, dan praktis buat kamu dan keluarga!

Terletak di tengah kota Solo, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan wisata populer dan mencicipi kuliner lezat khas Solo tanpa pusing memikirkan moda transportasi.

Kamu bisa mengunjungi berbagai tujuan wisata populer cukup dengan jalan kaki saja.

Dengan sistem kode QR yang canggih, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat dibanding hotel kebanyakan. Kode ini juga memastikan bahwa hanya kamu yang bisa masuk ke pod tidurmu.

Keamanan dan kenyamanan sudah terjamin, dapatkan juga fitur pengaturan cahaya agar istirahatmu lebih tenang.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles