Tempat Makan di Kota Tua dan Sekitarnya

10 Rekomendasi Tempat Makan di Kota Tua dan Sekitarnya

Liburan ke Kota Tua sangat ideal pada akhir pekan, baik itu bersama keluarga maupun pasangan tercinta.

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Kota Tua. Mulai dari mengunjungi museum, berkeliling dengan sepeda sewaan, berfoto dengan patung-patung ikonis, hingga mencicipi kuliner khas di pinggir jalan.

Tentu saja, ada banyak makanan yang patut dicoba, baik itu dari penjual kaki lima maupun di kafe yang berada di bangunan tua.

Ragam makanannya pun beragam, mulai dari rujak, es selendang mayang, hingga kue-kue Belanda. 

10 Tempat Makan di Kota Tua dan Sekitarnya

Berikut rekomendasi tempat makan di Kota Tua yang wajib dikunjungi versi Bob!

1. Gado-Gado Direksi

Gado-Gado Direksi

Sumber: Taste Atlas

Jika kamu sedang berjalan-jalan di Kota Tua Jakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Gado-Gado Direksi. Tempat makan di Kota Tua ini dianggap salah satu yang terbaik.

Gado-gado Direksi terkenal sebagai hidangan khas Betawi yang menggugah selera. Rasanya yang lezat membuat siapa saja yang mencicipinya langsung ketagihan.

Dalam satu porsinya, Gado Gado Direksi menyajikan berbagai jenis sayuran hijau yang segar, disiram dengan bumbu kacang cokelat yang kaya rasa.

Sebagai pelengkapnya, tersedia kerupuk udang dan emping yang memberikan tambahan tekstur dan cita rasa yang nikmat.

2. Café Batavia

Café Batavia

Sumber: Café Batavia

Salah satu rekomendasi tempat makan di Kota Tua Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Café Batavia.

Café Batavia menawarkan berbagai macam hidangan yang menarik, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan lapar ketika kamu menjelajahi Kota Tua.

Tidak hanya menyajikan hidangan khas Nusantara, Café Batavia juga menawarkan hidangan western dan chinese food yang menggugah selera.

Saat berkunjung, jangan lupa mencoba menu andalan mereka, yaitu Udang Goreng Telur Asin!

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi Aneka Sari Haji Diding

Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi Aneka Sari Haji Diding

Sumber: Wikimedia Commons

Jika kamu berada di sekitar Kota Tua Jakarta, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner di kedai yang sangat populer di daerah ini.

Kedai ini sudah menjadi ikon kuliner legendaris sejak tahun 1960-an dan tetap mempertahankan kelezatan hidangannya hingga saat ini.

Menu yang disajikan di tempat makan di Kota Tua ini sederhana tapi lezat, terdiri dari Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp20.000 per porsi.

Baca Juga: Ternyata, 10 Wisata Malam Jakarta yang Wajib Masuk Wishlist!

4. Kedai Seni Djakarte

Kedai Seni Djakarte

Sumber: Viva

Jangan lupa mampir ke Kedai Seni Djakarte ketika kamu berjalan-jalan di sekitar Kota Tua. 

Kedai ini memanfaatkan bangunan bersejarah sebagai lokasinya, dan mengusung konsep artsy yang membuat pengunjung betah berlama-lama.

Hal menarik lainnya adalah penggunaan lukisan-lukisan karya pelukis lokal sebagai dekorasi dinding. Tidak heran jika Kedai Seni Djakarte menjadi tempat nongkrong favorit para pemuda di Jakarta.

Di tempat makan di Kota Tua ini, kamu dapat menikmati aneka kuliner Betawi yang menggugah selera dengan harga yang terjangkau, yaitu di bawah Rp50.000.

5. Historia Food and Bar

Historia Food and Bar

Sumber: Spotlight Magz

Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Historia Food and Bar ketika berada di Kota Tua. Kafe ini memiliki nuansa vintage dan terkenal dengan kuliner Nusantara yang lezat.

Ada beragam menu yang patut dicoba, seperti nasi sayur babanci, bakwan jagung, jalangkote, dan lainnya.

Selain itu, tempat makan di Kota Tua ini juga menyajikan minuman khas Nusantara seperti es palu butung dan berbagai jenis kopi asli Indonesia.

6. Batavia Market

Batavia Market

Sumber: Mamikos

Jika kamu mencari tempat makan di sekitar Kota Tua Jakarta yang memiliki sentuhan artistik, Batavia Market bisa menjadi pilihan yang tepat.

Batavia Market merupakan restoran dan bar dengan konsep fusion art. Konsep ini menggabungkan berbagai bentuk seni, seperti musik, literatur, arsitektur, seni rupa, desain, dan grafiti.

Tempat makan di Kota Tua ini sangat menarik bagi pengunjung terutama anak muda yang menyukai seni. Selain menikmati kuliner berkualitas, kamu juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya dari para seniman Indonesia terbaik.

Menu makanan di Batavia Market sangat beragam, mulai dari gado-gado, serundeng, nasi goreng jasmine, mini black burger, dan masih banyak lagi.

7. Acaraki Jamu

Acaraki Jamu

Sumber: Otten Coffee

Bagi kamu yang tertarik dengan gaya hidup sehat, ada satu kafe di sekitar Kota Tua yang perlu kamu kunjungi, yaitu Acaraki Jamu.

Tempat makan di Kota Tua ini spesialis dalam menyajikan minuman tradisional Indonesia, terutama jamu, dengan sentuhan modern.

Acaraki Jamu menggabungkan konsep kopi, teh, dan matcha dengan jamu, memberikan pengalaman yang unik. Di sini, kamu juga dapat menemukan berbagai varian cold brewer yang menarik.

8. BangKopi

BangKopi

Sumber: travelingyuk.com

BangiKopi di Kota Tua merupakan salah satu pilihan favorit bagi para wisatawan yang ingin menghilangkan rasa lapar setelah menjelajahi Kota Tua.

BangiKopi Kota Tua memiliki area yang sangat luas, termasuk area khusus untuk perokok. Menu yang disajikan pun cukup beragam, mulai dari hidangan berat, cemilan untuk menemani kopi, hingga berbagai pilihan dessert. Suasana yang nyaman dan lapang ini membuat BangiKopi bisa menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi di Kota Tua.

9. Semasa Kota Tua

Semasa Kota Tua

Sumber: khub.istyle.id

Rekomendasi tempat makan di sekitar Kota Tua Jakarta yang terakhir adalah Semasa di Kota Tua, sebuah kafe yang menawarkan suasana kota Jakarta tempo doeloe yang terkenal.

Kafe ini memiliki daya tarik tersendiri karena berhasil menghidupkan kembali sebuah gedung tua dengan sentuhan yang sangat modern. Kafe ini berlokasi di lantai tiga Gedung Olveh.

Meskipun tidak terlalu besar, Semasa di Kota Tua mampu memikat minat pelanggan untuk datang dan menikmati waktu di sini.

Berbeda dengan kafe lain yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman, di Semasa di Kota Tua ini, kamu hanya akan menemukan pilihan minuman seperti teh dan kopi.

10. Keukenhof Bistro

Keukenhof-Bistro

Sumber: registrye.com

Jika kamu ingin menikmati secangkir teh atau kopi sambil menikmati kue cubit ala Belanda, kamu bisa singgah sebentar ke Keukenhof Bistro.

Nama tempat ini diambil dari nama taman bunga paling terkenal di Belanda, Taman Keukenhof. Oleh sebab itu, kamu akan merasakan nuansa Belanda yang kental ketika berada di tempat ini.

Kafe ini menawarkan berbagai macam hidangan, mulai dari masakan Nusantara hingga hidangan khas Belanda. Menu andalan tempat ini adalah hidangan khas mereka, yaitu poffertjes.

Keukenhof Bistro memiliki area yang tidak terlalu besar dan hanya dapat menampung sekitar 20 pelanggan. Saat kamu masuk, kamu akan menemukan dua ruangan yang terpisah oleh penyekat.

Keukenhof Bistro berhasil membawa nuansa Belanda ke Jakarta, menjadi salah satu daya tarik utama tempat ini.

5 Destinasi Wisata di Daerah Kota Tua Jakarta

Ada baragam destinasi wisata menarik di Daerah Kota Tua Jakarta, diantaranya:

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Sumber Dinas Kebudayaan Jakarta

Museum Fatahillah adalah salah satu tujuan utama wisata di Kota Tua Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Bangunan bersejarah ini memiliki arsitektur menyerupai Istana Dam di Amsterdam, Belanda.

Di dalam museum, kamu dapat menjelajahi berbagai ruangan pengadilan dan bahkan ruang bawah tanah yang dahulu digunakan sebagai penjara.

Walau telah direnovasi berulang kali, Museum Fatahillah tetap memancarkan nuansa kuno yang penuh sejarah setiap kali kamu mengunjunginya.

2. Toko Merah

Toko Merah

Sumber Orami

Toko Merah adalah salah satu tempat wisata yang tak boleh terlewatkan di Kota Tua Jakarta.

Bangunan ini dianggap sebagai bangunan tertua di kawasan tersebut dan terkenal dengan warna merah yang mencolok, menarik perhatian setiap wisatawan yang mengunjunginya. 

Dengan arsitektur zaman kolonial yang khas, bangunan ini memiliki jendela-jendela tinggi yang mencerminkan keindahan masa lalu.

3. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Sumber: Dinas Kebudayaan Jakarta

Destinasi wisata Kota Tua Jakarta berikutnya merupakan jembatan tertua di kawasan tersebut.

Desainnya yang klasik dan vintage menjadi latar yang sempurna untuk mengabadikan momen foto dengan gaya vintage bersama keluarga atau teman-teman.

Jembatan Kota Intan ini dibangun oleh pemerintah VOC pada masa lampau, menambahkan nilai sejarah pada pengalaman wisatamu.

4. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Sumber: Ardzun via Wikimedia Commons

Rekomendasi tempat wisata di sekitar Kota Tua lainnya adalah Stasiun Jakarta Kota. 

Stasiun ini merupakan stasiun tertua di Jakarta yang dibangun sejak tahun 1870 dan dijadikan sebagai salah satu cagar budaya penting di Jakarta.

Dengan arsitektur yang khas, stasiun ini masih berfungsi sebagai stasiun kereta api hingga saat ini. Kamu dapat melihat dan merasakan suasana sebuah stasiun kereta api bersejarah.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Sumber: Sindo News

Pernah mendengar penggalan lagu “nenek moyangku seorang pelaut”? Lagu tersebut terinspirasi dari kejayaan maritim Nusantara yang bisa kamu jumpai di destinasi wisata yang satu ini.

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah salah satu pelabuhan tertua di Nusantara yang telah beroperasi selama era kolonialisasi dan memiliki peran penting di dalamnya.

Saat ini, kamu masih dapat melihat keindahan kapal-kapal pinisi yang kokoh bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, mengingatkan kita akan masa kejayaan maritim Indonesia.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Jakarta yang Keren dan Asyik untuk Liburan Keluarga

Menginap Sehabis Berkeliling Kota Tua? Di Bobobox Kota Tua Aja!

Berlibur di Jakarta Tak Lengkap Tanpa Menginap di Bobobox

Merasa lelah setelah seharian mengeksplorasi beragam tempat wisata serta kuliner legendaris Kota Tua? Kamu wajib mendapatkan kualitas istirahat yang mumpuni untuk mengisi tenaga.

Dari sekian banyak penginapan di sekitar Kota Tua, Bobobox adalah salah satu penginapan yang wajib kamu sambangi. Penginapan futuristik ini dijamin memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan selama beristirahat.

Tidak percaya? Unduh aplikasi Bobobox dan pesan podnya untuk membuktikan.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles