_KIM8575

44 Inspirasi Tema Outing Kantor / Perusahaan dan Tips Memilihnya

Outing kantor adalah cara yang luar biasa untuk mempererat ikatan antar anggota tim, meningkatkan semangat kerja, dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. 

Agar dapat merencanakan outing yang berkesan, kakak pasti harus memahami terlebih dahulu unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Nah, pada kesempatan kali ini, Bob akan membantu kakak untuk merancang kegiatan outing kantor yang seru dan tak terlupakan. 

Penasaran apa saja yang harus kakak persiapkan? Langsung simak pembahasan di bawah ini, yuk!

Definisi Outing dan Manfaatnya bagi Lingkungan Kerja

Secara sederhana, pengertian dari outing kantor adalah kegiatan kebersamaan antar anggota tim atau kolega di luar lingkungan pekerjaan sehari-hari. Dalam kegiatan ini, rekan-rekan sepekerjaan diharapkan dapat bersosialisasi, merayakan prestasi, serta meningkatkan hubungan interpersonal secara informal.

Kegiatan outing tersebut diadakan dengan harapan meningkatnya kolaborasi, rasa persaudaraan sambil melepas stres bersama. Dengan terwujudnya harapan-harapan tersebut, produktivitas tiap anggota tim juga berpotensi untuk mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca Juga: Daftar Paket Outbound dan Rekomendasi Tempatnya di Seluruh Indonesia

Menentukan Tema Outing Kantor yang Seru

Tidak hanya tentang memilih tempat yang tepat, pemilihan tema yang seru dan sesuai dengan tujuan outing juga menjadi unsur yang penting dalam kesuksesan pelaksanaannya. Selain menarik perhatian calon peserta, tema yang tepat juga dapat mencerminkan berbagai keseruan tiap kegiatan di dalamnya. Saat merancang tema outing kantor, terdapat beberapa langkah yang perlu kakak lakukan. Simak di bawah ini, yuk!

1. Tujuan yang jelas

Menentukan tujuan adalah fondasi utama dalam pemilihan tema outing kantor. Langkah pertama yang bisa kakak lakukan adalah mendefinisikan apakah tujuan outing ini diadakan adalah merayakan sesuatu, atau menjadi acara yang akan rutin diadakan. Setelah menjawab pertanyaan tersebut kakak akan lebih mudah mengembangkan tiap aspek dari outing ini. 

2. Minat dan preferensi tim

Setelah menentukan tujuan, kakak juga perlu mempelajari minat dan preferensi dari setiap anggota tim. Acara atau kegiatan seperti apa yang sekiranya akan menarik bagi calon peserta. Untuk mengetahui hal tersebut kakak dapat menyebarkan kuesioner sambil melakukan observasi melalui obrolan-obrolan santai di luar pekerjaan. 

3. Pilihan tema yang menarik

Dari tujuan dan minat calon peserta, kakak sudah bisa merumuskan tema outing kantor yang menarik. Sekarang kakak tinggal menentukan tema apa yang sekiranya bisa merepresentasikan kedua unsur tersebut. Misalkan, jika sebagian besar calon peserta memiliki ketertarikan terhadap film horor, kakak bisa mengadakan nonton bareng film horor dengan tema Scary Night.

Dengan menggunakan cara itu, kakak akan lebih mudah menarik perhatian dan antusiasme calon peserta outing yang sedang kakak rencanakan.

Bobocabin Bobobox

4. Kreativitas adalah kunci

Jangan takut untuk mengeksplorasi pilihan tema dan aktivitas outing kantor kakak. Pastikan tema dan judul acara yang kakak pilih juga sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan selama outing ya, kak! 

Sebagai contoh, untuk outing kantor bertemakan Wellness Retreat kakak bisa langsung mencari kegiatan-kegiatan menenangkan pikiran. Kakak mungkin langsung membayangkan kelas yoga, spa, atau menikmati pemandangan indah sambil menyantap hidangan lezat. 

Kakak tentunya bisa melakukan itu semua , akan tetapi, kakak juga bisa melakukan berbagai kegiatan baru, lho! Kakak bisa mencoba sound healing, memanen berbagai sayur dan buah organik kemudian memasaknya, dan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Bebaskanlah ide dan pikiran kakak untuk mengembangkan tema outing kantor dan merencanakan kegiatan-kegiatan di dalamnya!

 5. Pemilihan Mata Acara yang Seru

Pemilihan mata acara yang tepat harus mempertimbangkan karakteristik karyawan, keunikan budaya kantor, serta tujuan dari outing itu sendiri. Apakah ingin meningkatkan kerjasama tim, mengenali potensi tiap anggota, atau sekadar relaksasi dari rutinitas pekerjaan? 

Dengan memahami kebutuhan tersebut, mata acara yang dipilih dapat disesuaikan, mulai dari kegiatan team building, games interaktif, hingga sesi sharing dan refleksi. Sebuah tema outing yang seru tentunya akan meninggalkan kesan mendalam dan memotivasi karyawan untuk bekerja dengan semangat yang lebih tinggi setelahnya.

Dengan langkah-langkah yang tepat, outing kantor kamu akan menjadi momen yang penuh keceriaan dan kenangan tak terlupakan.

Baca Juga: 10 Games Outing Yang Bisa Meningkatkan Kerjasama Kelompok

Contoh Tema Gathering dan Outing Kantor

Tema Teamwork (Kerjasama tim)

  1. Bringing Out The Best in Each Other
  2. Care, Cooperate, Committed
  3. Create dreams come true with Teamwork
  4. Create Success With Teamwork and Knowledge
  5. Empower One Another
  6. I can’t but We Can
  7. Inredible Us
  8. Let’s Help Each Other
  9. Make a Teamwork Get The Dream Work
  10. One Team, One Dream
  11. One Team, One Mission
  12. Stand for All
  13. Strength in Unity
  14. Stronger As One
  15. Teamwork Makes the Dream Work
  16. Together Everyone Achieves More
  17. Together for trust and collaboration
  18. Together We Stand
  19. Trust and Collaboration
  20. Trust each other, empower one another
  21. United for Growth
  22. United We Stand
  23. Unity in Diversity
  24. Work Together in Harmony

Tema Leadership (Kepemimpinan)

  1. Build Great Leader Characteristic for Everybody
  2. Champion for Great Team
  3. More Stronger and Smarter
  4. Push The Limit for Next-Level
  5. Taking One for All
  6. Taking Responsibility for Great Oportunity
  7. Talk less then Responsibility Action
  8. Today a Reader, Tomorrow a Leader

Tema Challenge (Tantangan)

  1. Be Obsessed with Improvement
  2. Bring It On!
  3. Challenge Everything, Assume Nothing
  4. Keep Challenging Your Self to Think Better
  5. Never Ending Improvement For Every Challenge

Tema Kreativitas dan Keseruan

  1. Be Creative
  2. Courage and Work
  3. Happiness is a Part of Great Creativity
  4. Help Each Other is True Happiness
  5. Hope and Experience Make Some Happiness
  6. Inovate, Empower, Perform
  7. Recharge for Loving Happiness

Inspirasi Acara Outing / Gathering Kantor yang Seru

Tema Outing Kantor Inspirasi

Sumber: Helena Lopes via Unsplash

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tema outing kantor akan memberikan gambaran kegiatan dan sentuhan kreativitas pada acara yang kakak rencanakan. 

Pemilihan tema yang tepat juga akan sangat membantu pensuasanaan rangkaian acara outing. Untuk memudahkan kakak dalam menentukannya, Bob sudah merangkum beberapa tema outing kantor yang bisa langsung kakak pilih. Lihat di bawah ini, yuk!

1. Extreme Adventure

Kalau calon peserta outing kantor kakak senang memacu adrenalin, Extreme Adventure adalah tema yang tepat. Kegiatan-kegiatan seperti arung jeram, paintball, rock climbing, canyoning, mengendarai ATV, bahkan skydiving, dapat dilakukan apabila kakak memilih tema ini.

Kegiatan-kegiatan ekstrem seperti di atas, biasanya dapat kakak temukan di kawasan dataran tinggi atau pegunungan. Beberapa daerah yang bisa kakak kunjungi untuk kegiatan-kegiatan tersebut adalah Puncak, Lembang, Batu, hingga Ubud dan Kintamani. Jika lokasi-lokasi tersebut cukup jauh dari tempat domisili kakak dan rekan-rekan, kakak juga bisa menemukan pilihan tempat menginap juga di sana. 

Salah satu pilihan tempat menginap terbaik di kawasan-kawasan tersebut adalah Bobocabin. Bayangkan beristirahat di dalam cabin canggih yang dikelilingi dengan pemandangan alam menakjubkan setelah petualangan seru seharian penuh. Bukan cuma itu, kakak juga dapat menemukan berbagai paket outing seru yang dapat kakak coba dari Bobocabin, lho! 

2. Culinary Night

Memasak Bersama Kelompok

Makan bersama adalah salah satu cara paling mudah untuk membangun kebersamaan. Kegiatan outing yang tergolong sederhana ini tentunya dapat diperkaya dengan menambahkan berbagai mata acara yang seru di dalamnya. 

Salah satu caranya adalah dengan mengangkat konsep potluck. Dalam konsep ini, peserta sebaiknya dibagi menjadi beberapa kelompok, yang kemudian tiap kelompok diwajibkan membawa hidangan yang unik dan berbeda dari kelompok lainnya. Banyak sekali faktor pembeda yang dapat kakak pilih, termasuk di dalamnya adalah negara asal, bahan dasar, dan jenis hidangan. 

Selain itu, kakak juga bisa memeriahkan acara culinary night ini dengan live music, pemutaran film dan lain sebagainya. Semuanya bisa kakak kembangkan sesuai dengan budget dan kebutuhan kakak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat dan Paket Outbound Lembang Terfavorit

3. Movie Night & Costume Party

Bila rekan-rekan kantor kakak suka nonton film, kakak bisa mengadakan movie night. Kakak tinggal memilih film apa yang sedang trending pada platform nonton digital, atau film-film klasik yang ikonik. Nah, untuk memeriahkan acara outing kantor ini, kakak juga bisa meminta rekan-rekan kantor kakak untuk mengenakan kostum sesuai dengan tema film yang akan ditonton.

Misalkan, kalau kakak mengadakan nonton bareng film horor kakak bisa meminta tiap orang yang ikut serta untuk mengenakan kostum hantu atau monster. Agar lebih seru juga, kakak bisa mempersiapkan hadiah untuk peserta dengan kostum terbaik. Selain itu, pastikan kakak juga mempersiapkan snack dan minuman, ya!

4. Sports Day & Game Night

Untuk tema ini, kakak bisa mengeksplorasi berbagai kegiatan olahraga seperti basket, futsal, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Kakak dapat membuat turnamen dengan hadiah, atau mungkin sekedar pertandingan persahabatan saja. Tema ini bertujuan untuk menguatkan kerja sama tim dan membangun jiwa kompetitif yang sportif.

Tidak jauh berbeda dengan sports day, tema outing game night juga bertujuan membangun kerja sama tim dan jiwa kompetitif. Yang menjadi perbedaan adalah kegiatan dalam game night cenderung lebih santai. Untuk permainannya, kakak bisa memilih berbagai permainan papan, kartu, maupun video games. 

5. Rejuvenating Day

Inspirasi tema outing kantor yang satu ini memiliki tujuan untuk menyegarkan kembali tubuh hati dan pikiran rekan-rekan kantor kakak. Untuk kegiatannya kakak dapat memilih berbagai kegiatan yang menenangkan. Termasuk didalamnya adalah spa, sound healing hingga mengikuti kelas-kelas seperti kelas yoga, kelas melukis, dan lain sebagainya.

5 Rekomendasi Tempat Outing Terbaik

Memilih tempat adalah salah satu hal yang paling krusial dari perencanaan kegiatan outing. Pemilihan tempat yang tepat akan memudahkan alur jalannya acara dan tentunya menambah keseruan dari keseluruhan kegiatan outing

Untuk membantu kakak memilih tempat yang tepat, Bob sudah merangkum 5 rekomendasi tempat outing terbaik. Simak sama-sama, yuk!

1.  Vila atau hotel dengan ruang terbuka

Vila sudah menjadi salah satu tempat terfavorit untuk mengadakan kegiatan outing kantor.. Selain fleksibilitas kegiatan yang bisa dilakukan, vila juga cukup menjamin privasi kegiatan outing kantor kakak. Sehingga kakak tidak perlu khawatir akan gangguan eksternal. Selain Vila, hotel yang memiliki ruang terbuka juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk kakak yang berada di kawasan perkotaan.  

Untuk pilihan vilanya kakak bisa menemukan beragam vila dan hotel melalui situs web perjalanan wisata. Pastikan kakak memilih vila atau hotel dengan kapasitas dan fasilitas yang sesuai, ya!

2. Mendekatkan diri dengan alam di Bobocabin 

Istirahat Lebih Berkualitas di Bobocabin

Jika kakak ingin pengalaman yang berbeda untuk outing kantor kakak, Bobocabin adalah pilihan yang tepat! Di sini, kakak dapat menikmati pengalaman menginap di cabin canggih di tengah alam yang hijau dan asri. 

Bukan hanya menjadi tempat menginap, Bobocabin juga menawarkan berbagai paket outing, outbound, dan gathering yang dapat kakak coba. Selain itu, kakak juga bisa memanfaatkan ruang komunal untuk berkumpul dan berinteraksi bersama rekan-rekan kantor kakak. Penasaran paket-paket apa saja yang ada di Bobocabin? Cari tahu di sini yuk!

3. Pusat rekreasi

Pusat rekreasi adalah tempat yang cocok untuk outing dengan tema yang beragam. Karena, selain mencoba wahana yang tersedia, kakak juga dapat memanfaatkan ruang terbuka untuk melakukan kegiatan kebersamaan. 

Bergantung pada daerah pilihan kakak, banyak pusat rekreasi yang dapat kakak kunjungi di Indonesia. Misalkan, untuk kawasan Jabodetabek, kakak bisa mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol, Taman Safari, dan TMII. 

Buat kakak yang ingin mengunjungi kota Bandung, kakak bisa main ke Trans Studio Bandung, Lembang Zoo, dan the Great Asia Africa. Nah, kalau kakak ingin mengadakan outing di sekitar Malang, kakak dapat mengunjungi Jatim Park. Jadi, kakak tidak perlu khawatir harus jauh-jauh jika ingin mencari pusat rekreasi, ya!

4. Kelas-kelas kreativitas

Jika tema outing kantor kakak melibatkan kreativitas, pertimbangkan untuk mengikuti kelas-kelas kreatif seperti melukis, kerajinan tangan, atau memasak. 

Aktivitas semacam ini tidak hanya akan mengembangkan imajinasi dan kreativitas tim, tetapi juga membangun kerjasama dan kebersamaan melalui sambil berkreasi bersama.

5. Museum atau pusat kebudayaan

Pilihan tempat outing kantor yang satu ini, sangat cocok jika kakak dan rekan-rekan kakak memiliki ketertarikan terhadap sejarah dan budaya. Kegiatan yang dapat kakak lakukan di sini juga tidak terbatas pada berfoto dan melihat-lihat objek yang dipamerkan saja. Karena, museum dan pusat kebudayaan sering kali memiliki jadwal penampilan kebudayaan bahkan kelas-kelas pelatihan yang dapat kakak ikuti. 

Beberapa museum dan pusat kebudayaan yang dapat kakak kunjungi termasuk; Monumen Nasional, Museum Fatahillah, Bali Museum, Museum Angkut, dan GWK Cultural Park. 

Dalam mencari tempat outing kantor yang sempurna, pertimbangkan gaya dan minat tim kamu serta tema yang kamu pilih. 

Apapun pilihan kamu, pastikan tempat tersebut dapat menciptakan momen tak terlupakan dan ikatan yang kuat dalam acara outing kantor kamu. 

Baca Juga: Mengenal Masjid Tertua di Malang, Berusia 147 Tahun

Rencanakan outing kantor yang tak terlupakan di Bobocabin!

bobocabin

Selain tema, dan mata acara yang seru, lokasi juga menjadi salah satu faktor krusial dalam membuat kegiatan outing kantor yang mengesankan. Bobocabin siap membantu kakak menghadirkan formula outing kantor yang sempurna!

Saat outing di Bobocabin, kakak akan menginap di dalam cabin canggih yang dikelilingi dengan pemandangan alam yang mempesona. Selain itu, Bobocabin juga akan memfasilitasi kakak dengan ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kebersamaan.

Ingin pengalaman outing seru nggak pake repot? Kakak bisa langsung booking paket outing Bobocabin di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles